7 Aplikasi Meeting Online Terbaik untuk Temani Masa WFH

5 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Perusahaan tempat kamu bekerja masih WFH? Kalau iya, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi meeting online terbaik ini biar koordinasi antar tim divisi tetap terorganisir dengan baik.

Aplikasi Meeting Online Banyak Digunakan Seiring dengan Kebijakan WFH

Lonjakan kasus Corona di Indonesia masih terus terjadi pasca masa PSBB dilakukan.

Akibatnya, banyak perusahaan yang kembali menerapkan kebijakan work from home, dan menganjurkan karyawannya untuk menggunakan aplikasi meeting online.

Penggunaan aplikasi meeting online ini tentu saja memudahkan pekerjaan seluruh karyawan.

Hanya bermodalkan jaringan internet yang stabil, mereka masih bisa melakukan rapat meski harus berjarak.

BSSN Menyarankan untuk Berhati-hati Menggunakan Aplikasi Meeting Online

Walau dinilai efektif, namun Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyarankan agar masyarakat lebih berhati-hati saat menggunakan aplikasi meeting online.

Bahkan BSSN juga mengeluarkan panduan keamanan dalam menggunakan video conference, guna mencegah hacker dan melindungi seluruh isi data perusahaan saat rapat virtual dilakukan.

Dilansir dari laman Berita Satu, para hacker ini menggunakan dua taktik untuk menyerang korbannya.

Pertama, dengan memanfaatkan konten bertemakan virus Covid-19 untuk dijadikan umpan phising dan mencuri informasinya.

Kedua, menyamar sebagai lembaga pemerintahan dan mengeluarkan berbagai informasi resmi berupa rilis pers, grafik, hingga infografis sebagai umpan phising nya juga.

Nah, masih melansir dari laman Berita Satu, berikut sejumlah panduan keamanan dalam memakai aplikasi meeting online versi BSSN.

  • Gunakanlah aplikasi meeting online yang memang resmi dan merupakan versi terbaru
  • Disarankan untuk memakai aplikasi dengan pengelolaan server berada di organisasi pengguna atau dalam wilayah Indonesia
  • Jika server aplikasinya berada dalam organisasi, sebaiknya konfigurasi terlebih dulu untuk jaringan lokal
  • Setiap partisipan yang akan bergabung wajib memiliki akses VPN
  • Gunakan aplikasi meeting online terbaik yang memiliki fitur enkripsi, link communication, dan sejenisnya yang bisa diaktifkan saat meeting berlangsung
  • Pilih aplikasi yang punya fitur “pembatasan” pada saat seluruh partisipan bergabung
  • Ganti selalu ID, PIN, ataupun password setiap pelaksanaan meeting usai dilakukan

(Baca Juga: 8 Aplikasi Video Call Terbaik)

Rekomendasi Aplikasi Meeting Online Terbaik

Mau tahu apa saja aplikasi meeting online terbaik versi CekAja? Kepoin sederet daftarnya di sini!

1. Microsoft Teams

Aplikasi meeting online terbaik yang pertama jatuh pada Microsoft Teams.

Aplikasi ini berada dalam layanan Microsoft Office 365, yang memang diperuntukkan bagi para karyawan dengan sistem kerja jarak jauh.

Pengoperasiannya yang mudah dan bisa digunakan baik lewat laptop maupun handphone, menjadi alasan utama untuk menggunakan Microsoft Teams.

Bahkan aplikasi ini enggak hanya dimanfaatkan untuk melakukan video conference perusahaan saja.

Namun juga biasa digunakan untuk bertukar pesan instan, mengirim data antar karyawan, hingga sekedar telepon biasa.

2. Google Meet

Tak mau ketinggalan dari pesaingnya, Google juga meluncurkan aplikasi meeting online terbaik yang diberi nama Goole Meet. Aplikasi ini kian tenar terutama di masa wfh.

Mengutip dari laman Warta Kota, Google Meet setidaknya telah diunduh hingga 3 juta pengguna per hari pada kuartal I 2020.

Keunggulan dari aplikasi ini terletak pada fitur yang disematkan.

Di mana Google Meet terintegrasi sepenuhnya dengan G Suite, untuk memudahkan penggunanya bergabung ke rapat daring langsung dari acara kalender atau undangan email user lain.  

Seperti klaimnya, aplikasi ini mampu menampilkan semua agenda rapat yang akan berlangsung, baik saat kamu bergabung melalui laptop ataupun ponsel.

Bahkan, edisi G Suite Enterprise yang dirancang khusus oleh Google Meet juga memungkinkan semua peserta untuk melihat jadwal rapat pada hari itu, sekaligus membuat nomor telepon untuk tiap rapat.

Sehingga, semua peserta tak akan lagi mengalami masalah akses, termasuk saat tidak memiliki kuota data dikala akan mengikuti rapat.

3. Cisco Webex

Walau masih terdengar asing di Indonesia, namun aplikasi meeting online terbaik ini rupanya telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaaan besar di dunia, yang termasuk dalam daftar Fortune 500.

Berkapasitas maksimal 100 orang, Cisco Webex mampu menyuguhkan kualitas gambar yang baik dengan suara latar selama meeting yang jauh dari kata kebisingan.

Aplikasi ini juga dapat dipakai sepuasnya dan tanpa ada batasan waktu selama rapat daring berlangsung.

Fitur yang disuguhkan pun gak kalah unggul dengan Teams dan Google Meet.

Mulai dari screen sharing, Google Assistant, hingga fitur merekam percakapan selama teleconference berlansung.

4. WhatsApp

Siapa bilang WhatsApp hanya digunakan untuk chatting saja?

Aplikasi yang seringnya dipakai oleh kalangan orang dewasa ini sebetulnya juga bisa dimanfaatkan untuk meeting lho.

Hanya dengan membuat grup divisi dan klik tombol bergambar video atau telfon di bagian kanan atas tampilan, aplikasi ini sudah bisa dipakai untuk meeting bersama rekan kerja dengan kapasitas minimal delapan orang.

5. Slack

Serupa dengan WhatsApp, Slack juga digadang-gadang sebagai salah satu aplikasi meeting online terbaik, yang keseluruhan fiturnya dianggap mampu menggeser fitur e-mail.

Aplikasi percakapan yang condong berbasis grup ini, tidak hanya bisa digunakan untuk chatting saja.

Seringnya, Slack juga dipakai untuk meeting dengan kualitas gambar cukup baik, serta berbagi dokumen di saat itu pula.

Sayangnya, kapasitas penggunaan untuk melakukan video conference di aplikasi ini masih terbatas, yakni hanya 15 orang dalam satu kali panggilan telepon.

6. Jitsi Meet

Selain WhatsApp, rata-rata aplikasi meeting online terbaik yang tadi disebutkan sepenuhnya berbayar, terlebih jika pengguna ingin terus menggunakan layanan dari aplikasi tersebut.

Namun untungnya, hal itu tidak berlaku pada aplikasi Jitsi Meet.

Aplikasi ini lebih unggul dari segi pelayanannnya, karena pengguna bisa memakai Jitsi Meet secara cuma-cuma alias gratis.

Hebatnya lagi nih, Jitsi juga melengkapi layanannya dengan berbagai fitur super canggih.

Mulai dari screen sharing, chatting selama meeting berlangsung, terkoneksi dengan layanan Youtube, hingga bebas digunakan tanpa batasan jumlah peserta.

7. Skype

Aplikasi meeting online terbaik yang terakhir tentu saja Skype.

Aplikasi yang rilis pada Agustus 2003 silam ini, memungkinkan penggunanya untuk melakukan audio ataupun video call hingga 50 orang dalam satu kali panggilan.

Sebelumnya, Skype hanya bisa dipakai oleh 25 pengguna dalam satu kali panggilan, baik itu suara maupun video.

Berkat fitur teranyarnya ini, Skype digadang-gadang mampu menyaingi aplikasi meeting online terbaik lainnya sekelas Facebook Messenger.

Aplikasi ini bisa dipakai untuk melakukan rapat daring tanpa perlu mendaftar, atau bahkan harus mengunduh terlebih dulu.

Hanya dengan mengakses laman Skype.com dan klik fitur “Buat rapat gratis”, kamu sudah bisa mengundang 50 orang untuk melakukan rapat secara gratis di website tersebut.

(Baca Juga: Review Aplikasi Zoom Beserta Biaya Berlangganannya)

Mau Berlangganan Aplikasi Meeting? Pakai Kartu Kredit Biar Makin Hemat

Itu tadi beberapa pilihan aplikasi meeting online terbaik, yang bisa kamu gunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaanmu di masa wfh ini.

Beberapa aplikasi tersebut atau diluar dari yang direkomendasikan CekAja, seperti Zoom biasanya bakal lebih nyaman digunakan, setelah menjadi member alias berlangganan. 

Berlangganan disini berarti pengguna harus membayar setiap bulan biaya dari berlangganan tersebut. Pembayarannya sendiri rata-rata memakai kartu kredit.

Selain lebih praktis, kartu kredit juga dinilai lebih hemat, karena artinya kamu tak perlu menyisakan uang untuk membayar biaya berlangganan.

Terus, bagaimana jika belum memiliki kartu kredit? Gampang! Ajukan saja di CekAja.com.

Lewat CekAja, kamu bisa membandingkan sekaligus apply secara online kartu kredit dari mitra bank ternama yang dimiliki portal finansial terbaik ini.

Bahkan kamu bisa memanfaatkan penawaran dan promo terbaru, yang pastinya bikin segala transaksi lebih hemat.

Untuk pengguna baru, kamu bakal menerima penawaran menarik berupa gratis biaya iuran tahun pertama lho. Gimana, lebih untung bukan?

Yuk, ajukan kartu kredit di CekAja sekarang juga, dan nikmati berbagai manfaatnya untuk tiap transaksi yang dilakukan.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri