Bahaya Lemon untuk Wajah, Jangan Sembarangan!

Tahukah kamu, bahwa bahaya lemon untuk wajah, nyatanya belum banyak diketahui orang. Sebab, secara turun temurun, kandungan lemon dipercaya dapat membantu memperbaiki masalah kulit, yang berminyak dan berjerawat.

Tips kecantikan di internet pun, banyak menganjurkan penggunaan lemon, sebagai obat jerawat alami. Memang, kandungan buah lemon dipercaya dapat membantu masalah kulit wajah, namun tidak untuk dioleskan langsung ke kulit.

Banyak produk perawatan kulit yang menggunakan bahan aktif buah lemon dalam komposisinya, akan tetapi, kandungan lemon di dalam produk skincare, sudah diproses sedemikian rupa sehingga aman diaplikasikan untuk wajah.

Perlu diwaspadai dan dihindari bahaya lemon untuk wajah, jika mengoleskan langsung air perasan lemon ke area wajah yang berjerawat. Sebab akan menimbulkan efek yang lebih parah, terlebih untuk kulit wajah yang sensitif dan tipis.

Kandungan Buah Lemon

Mengutip dari Hello Sehat, lemon merupakan astringent alami yang dapat membantu mengurangi minyak di wajah dan berbagai senyawa yang terkandung di dalam lemon dapat membantu merawat kulit.

Lemon juga mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati yang menutupi lapisan luar kulit.Sifat anti bakterinya pun dapat mencegah bakteri berkembang biak di permukaan kulit.

Lemon yang mengandung vitamin C ini dapat membantu melawan radikal bebas dan menghasilkan kolagen untuk mencegah penuaan dini.

(Baca Juga: Rekomendasi Skincare untuk Wajah Glowing )

Melansir dari CNN Indonesia, para ahli dermatologis tidak menyarankan penggunaan lemon secara langsung dioleskan pada kulit wajah.

Meracik sendiri lemon bahkan mencampurkannya dengan bahan lainnya untuk perawatan kulit juga sebaiknya dihindari jika tidak memiliki kapasitas dan pengetahuan untuk membuatnya.

Menurut seorang ahli dermatologi, Marnie Nussbaum, meskipun lemon terdaftar sebagai bahan kandungan dalam produk pembersih atau serum, bukan berarti mengoleskan langsung ke kulit wajah dapat memberikan manfaat yang sama.

Sebab, produk skincare yang mengandung lemon sudah diformulasikan khusus dengan menggunakan konsentrasi tertentu agar menghasilkan manfaat yang optimal dan pastinya aman.

Bahaya Lemon untuk Wajah

Tidak selalu bahan alami dapat memberikan manfaat lebih baik dibandingkan produk perawatan kulit kimiawi.

Berikut ulasan bahaya lemon untuk wajah yang perlu kamu waspadai. Simak yuk!

1. Wajah Menjadi Kusam dan Sensitif

Bahaya lemon untuk wajah yang pertama, menjadikan wajah kusam dan sensitif. Sebab, lemon memiliki kandungan asam yang sangat tinggi yaitu pH di angka 2, sehingga tidak cocok bila digunakan secara langsung pada kulit wajah.

Sementara pH alami kulit wajah antara 4 hingga 5,5. Air perasaan lemon memiliki pH yang tidak bisa ditolerir oleh wajah.

Kandungan asam yang terlalu tinggi tidak membuat wajah cerah, tapi bisa menyebabkan wajah lebih kusam dan mudah iritasi.

Iritasi kulit menjadi efek samping paling umum dari penggunaan asam buah. Kandungan asam pada lemon sangat tinggi dan bisa mengiritasi kulit.

Setelah menggunakan perasan lemon, kulit mungkin akan lebih kering, kemerahan, dan mengelupas. Efek ini bahkan bisa lebih buruk bagi pemilik kulit sensitif.

2. Wajah menjadi Lebih Kering

Bahaya lemon untuk wajah selanjutnya menjadikan kulit wajah kering. Penggunaan perasan lemon secara langsung terhadap kulit wajah bisa membuat kulit menjadi lebih kering kasar dan iritasi.

Penggunaan jangka panjang juga bisa membuat kulit wajah terasa perih seperti luka, bahkan seperti meradang.

3. Wajah Lebih Sensitif terhadap Sinar Matahari

Bahaya lemon untuk wajah juga bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari dalam jangka panjang karena penggunaan lemon sebagai perawatan wajah terlalu sering.

Lemon mengandung furocoumarins yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit jika terpapar langsung oleh sinar matahari.

Kamu bisa melakukan pencegahan kerusakan pada kulit wajah dengan menggunakan tabir surya di siang hari dengan SPF minimal 30 agar meminimalisir terjadi kerusakan kulit karena sinar matahari.

4. Wajah Timbul Bercak

Pemakaian perasan lemon langsung pada kulit bisa menyebabkan kondisi bernama Chemical Leukoderma dan vitiligo. Timbulnya penyakit ini dikarenakan bahaya lemon untuk wajah.

Kondisi kulit jangka panjang ditandai dengan bercak kulit yang kehilangan pigmennya disebabkan oleh penggunaan bahan kimia spesifik yang menghancurkan melanosit epidermis.

5. Wajah mengalami Peradangan

Lemon mengandung senyawa bernama Furanocoumarins dan Psoralens, sehingga lemon bahaya untuk wajah.

Jika kedua senyawa ini terpapar sinar UV dari matahari, maka mengakibatkan iritasi kulit yang cukup parah, biasanya disebut Phytophotodermatitis.

Phytophotodermatitis adalah jenis reaksi kulit terhadap buah jeruk. Ketika zat jeruk terpapar oleh kulit lalu terkena sinar UV, maka terjadilah reaksi peradangan yang menyebabkan gejala seperti kemerahan, bengkak, dan melepuh.

Phytophotodermatitis hanya mempengaruhi epidermis dan dapat berlangsung selama beberapa minggu.

Perasan lemon atau buah jeruk lainnya jika dioleskan langsung pada kulit wajah akan meningkatkan risiko sunburn atau sengatan matahari.

Alternatif Selain Lemon untuk Wajah

Adapun bahan alami lain yang memiliki kandungan baik untuk wajah, yaitu:

  • Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi obat herbal yang paling sering digunakan untuk kondisi kulit topikal.

Sebab, komponen gel dari lidah buaya dapat menyembuhkan dari masalah ringan pada kulit, efek antiinflamasi lidah buaya dapat membantu mengobati peradangan jerawat, seperti pustula dan nodul.

  • Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan kaya akan antioksidan dan nutrisi untuk kulit. Teh hijau mengandung antioksidan khusus yang dikenal sebagai epigallocatechin gallate (EGCG).

Hasil studi ilmiah menunjukkan bahwa antioksidan dalam teh hijau efektif meremajakan sel-sel kulit mati.

  • Yoghurt

Tekstur lembut pada yoghurt dianggap membantu mengunci kelembaban di kulit. Masker yoghurt untuk wajah dioleskan dua atau tiga kali seminggu akan membuat kulit lebih lembut dan kenyal.

Hasil studi ilmiah juga menunjukkan bahwa masker yogurt berpotensi mencerahkan kulit. Asam laktat yang ada dalam yogurt menghambat produksi enzim yang disebut tirosinase.

Nah, itu dia ulasan mengenai bahaya lemon untuk wajah yang perlu kamu ketahui agar wajah tidak iritasi atau menimbulkan masalah wajah lebih serius nantinya.

Melansir dari Labmuffin, produk skincare yang mengandung lemon biasanya sudah diproses sedemikian rupa oleh ahli kimia untuk menghilangkan senyawa-senyawa berbahaya.

Pengukuran kandungan yang tidak jelas pada masker wajah buatan sendiri adalah salah satu alasan mengapa terjadi reaksi alergi terhadap bahan-bahan alami, meskipun seharusnya tidak.

Jadi, harap berhati-hati dengan proporsi saat membuat masker lemon atau bahan dapur lainnya jika merasa kurang kapasitas pengetahuan soal kandungan dan dampaknya ya.

Selain waspada terhadap bahaya lemon untuk wajah dan kesehatan lainnya. Akan lebih baik jika kamu sudah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

(Baca Juga: Keuntungan Mengajukan Asuransi Kesehatan)

Perlindungan terhadap segala risiko kesehatan agar kamu merasa tenang dan aman. Berbagai manfaat yang bisa dirasakan salah satunya bisa menutup biaya rumah sakit dan pengobatan.

Jika kamu tertarik untuk memiliki asuransi kesehatan terbaik untuk perlindungan diri dan keluarga, segera ajukan di CekAja.com.

Sebab, CekAja.com menawarkan berbagai produk asuransi terbaik Indonesia yang terpercaya dan nyaman. Proses pengajuannya pun secara online membuat cepat dah mudah.

Yuk, kunjungi laman CekAja.com untuk membandingkan produk terbaik asuransi kesehatan di Indonesia yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu.