Barang Utama yang Harus Diselamatkan saat Banjir Melanda!

Di Daerahmu sering banjir? Sepertinya kamu wajib tahu barang utama yang harus diselamatkan saat banjir melanda, agar kamu bisa bertahan hidup, beberapa hari ke depan dan menyelamatkan kehidupan di masa depan.

Pasalnya, masih banyak korban banjir yang kurang belajar dari pengalaman. Jadi, ketika saat banjir datang, ia hanya sibuk menyelamatkan barang, yang tidak terlalu penting yang ia lihat saja, karena panik.

Ketika air sudah tinggi, lalu ia baru menyadarinya, bahwa setelah itu mereka akan membutuhkan beberapa barang, untuk kehidupan selanjutnya.

Entah kamu akan bertahan di rumah yang masih terendam banjir, atau di pengungsian, kamu tetap harus tahu apa saja, barang utama yang harus diselamatkan saat banjir.

Banyak Barang Penting Hilang, Basah, dan Rusak Saat Banjir

Ketika banjir datang, terlebih dengan waktu yang cepat, mungkin kamu akan panik, dan berusaha menyelamatkan diri. Sehingga, kamu lupa dan berpikir keras, untuk memilih barang apa yang harus diselamatkan pertama kali.

(Baca Juga: Cara Menghadapi Gempa Bumi Terlengkap yang Wajib Diketahui)

Namun, singkatnya waktu yang dimiliki, ditambah panik, barang utama yang harus diselamatkan saat banjir itu pun, akhirnya tak selamat.

Entah hilang terbawa arus, basah (terlebih barang yang terbuat dari kertas, seperti surat-surat penting), dan rusak seperti HP dan barang elektronik lainnya.

Kalau sudah begitu, ibaratnya kamu kehilangan masa depan. Seperti contoh saja kamu kehilangan akta atau ijazah, yang bermanfaat untuk melamar pekerjaan, dan urusan penting lainnya.

Jadi, setelah menyelamat diri, penting juga untuk menyelamatkan barang-barang penting berikut ini. Yuk langsung saja intip!

Barang Utama yang Harus Diselamatkan saat Banjir

1. Air Bersih untuk Minum

Barang utama yang harus diselamatkan saat banjir yang pertama adalah air minum yang bersih.

Seperti yang diketahui, ketika banjir semua sumber air, aliran air, akan terkontaminasi, dan kotor. Sehingga, hal tersebut akan berdampak pada krisis air bersih.

Ketika banjir, terlebih kamu terjebak, maka kamu akan sangat membutuhkan air bersih, untuk dikonsumsi agar tubuh tidak dehidrasi.

Bagaimana jika lupa menyiapkan air bersih? Mungkin hanya bisa mengandalkan air yang ada dan kotor.

Maka tak heran, jika ketika bencana alam banjir terjadi, maka penyakit yang paling sering muncul adalah diare dan muntaber.

2. Handphone atau Telepon genggam

Barang utama yang harus diselamatkan saat banjir selanjutnya adalah handphone atau telepon genggam.

Mengapa? Bukan untuk foto-foto mengambil gambar, dan mendengarkan musik dikala bosan. Tapi Hp digunakan untuk berkomunikasi.

Benda yang satu ini, tidak boleh dilupakan, arena akan sangat membantu untuk mencari bantuan, atau sekadar memberitahukan sanak saudara.

Terlebih, jika kamu berada di pengungsian, yang terdapat banyak orang. Sehingga, kamu bisa dengan mengabarkan teman atau saudara, yang ingin membantu.

3. Obat-obatan

Di saat bencana alam melanda, seperti banjir, obat-obatan juga menjadi salah satu barang utama yang harus diselamatkan saat banjir.

Pasalnya, obat-obatan sangat penting, ketika berada di tengah bencana. Jika kamu memiliki persediaan obat, kamu bisa langsung mengkonsumsinya.

Jika tidak, kamu harus menunggu bantuan memberikan obat, terlebih dalam kondisi banjir, seluruh jalanan tidak bisa dilewati, dna apotik tutup.

Tidak hanya untuk dirimu sendiri, obat-obatan dan P3K, juga sangat penting untuk menolong orang lain, yang membutuhkan pertolongan.

4. Dokumen Penting

Selanjutnya, barang utama yang harus diselamatkan saat banjir adalah dokumen penting, milik kamu, keluarga, rumah, dan kendaraan.

Apa saja dokumen yang masuk ke kategori penting? Dokumen penting itu adalah KTP, Kartu Keluarga, Akta Lahir, Buku Tabungan, ijazah, Akta rumah, atau dokumen-dokumen kelengkapan lainnya.

Tidak hanya dokumen umum, dokumen pendukung juga penting diselamatkan, yang mungkin tidak bisa dibuat kembali, seperti dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan, pendidikan dan lain-lain.

Agar selamat dalam kondisi yang aman, sebaiknya dokumen disimpan dalam wadah waterproof, dan dimasukan di dalam tas anti air juga.

Setelah selamat, jangan tinggalkan dokumen di rumah. Karena sebisa mungkin kamu harus bawa dokumen tersebut, bahkan hingga ke pengungsian.

5. Baju Bersih

Jangan hanya saat liburan saja, kamu menyiapkan baju bersih. Ketika air mulai melanda kawasan banjir, maka kamu juga wajib selamatkan baju bersih.

Tidak mungkin bukan, selama berhari-hari kamu menggunakan satu baju, basah, dan kotor?

Selain tidak nyaman, kamu juga lebih mudah untuk terserang penyakit. Bencananya belum usai, kamu sudah sakit duluan.

Kamu bisa siapkan baju, selimut, jaket, handuk, alat mandi, khusus di satu wadah, dan dimasukan ke dalam tas, persis seperti ketika kamu ingin liburan.

Dengan menyelamatkan baju bersih, ketika kamu harus ke pengungsian, kamu sudah siap dengan persiapan baju bersih. Jadi, selama di pengungsian, kamu juga akan tetap sehat.

6. Konsumsi atau Makanan

Jangan tunggu bantuan, barang yang harus diselamatkan saat banjir, berikutnya adalah konsumsi atau makanan.

Terlebih, jika kamu terjebak di dalam rumah, dan petugas keselamatan, sulit untuk menjangkau rumahmu. Jadi, kamu sendiri harus sudah menyiapkan makanan untuk stok beberapa hari kedepan.

Mungkin, untuk korban yang berhasil dibawa ke pengungsian, akan mendapatkan bantuan makanan sosial dari pemerintah.

Tapi, untuk yang terjebak di rumah yang terendam, selama berhari-hari, belum tentu bisa makan. Apalagi, jika ada bayi di dalam rumah tersebut.

Maka, paling tidak siapkan makanan yang bisa dimakan, tanpa dimasak dan tahan lama, seperti snack, buah kering, kacang-kacangan, protein bar, sosis siap makan, air galon, dan lainnya.

7. Uang Tunai

Tidak kalah penting, uang tunai juga termasuk salah satu barang utama yang harus diselamatkan.

Bukan karena berharga dan bernilai, uang tunai juga bisa membantu kamu, ketika kamu butuh membeli sesuatu.

Karena, jika kamu kebanjiran dan mengungsi di tempat yang aman, kamu bisa hidup untuk beberapa ke depan, dengan uang tunai yang kamu selamatkan.

Jadi, sebaiknya siapkan uang tunai, kalau bisa dalam jumlah yang memadai, untuk hidup beberapa hari kedepan, bersama keluarga ketika mengungsi.

Nah, jika barang-barang diatas adalah barang utama yang harus diselamatkan saat banjir. Kamu juga harus tahu, apa saja barang penting yang harus disiapkan, sebelum banjir datang!

Adapun beberapa peralatan banjir ini, sebaiknya dimiliki dan dipersiapkan. Terlebih, saat ini curah hujan, masih terus turun dan mungkin masih akan terus terjadi, hingga pertengahan tahun 2021.

(Baca Juga: Butuh Pinjaman Untuk Renovasi Rumah? Ini Pilihannya)

Meskipun banjir di daerahmu sudah berlalu, tidak ada salahnya bukan, mempersiapkan peralatan banjir, sebagai antisipasi bencana banjir, di kemudian hari.

Peralatan yang Perlu Disiapkan Sebelum Banjir

  • Power Bank

Mungkin warga zaman sekarang, tidak akan lupa dengan HP. Jadi ketika mengalami situasi genting, mungkin kamu akan tetap ingat dengan HP.

Tapi, belum tentu ingat dengan power bank! Dalam kondisi banjir, biasanya seluruh aliran listrik mati, dan kamu butuh daya listrik untuk mengisi baterai HP.

Jadi, tidak begitu bermasalah ketika HP mulai kehabisan baterai, sebelum kamu menemukan tempat yang aman, dan terdapat sumber listrik.

  • Pelampung

Bencana alam banjir, sangat berhubungan dengan air. Ada banyak kondisi banjir yang biasa ditemui.

Namun, apapun kondisi banjirnya, rendah, sedang, hingga banjir yang bisa merendam atap rumah, kamu harus tetap siapkan pelampung.

Karena, kita tahu arus air ketika banjir seperti apa. Jadi, bisa berenang atau tidak, tetap utamakan keselamatan, dengan menggunakan pelampung, ketika menerjang banjir.

  • Perahu Karet

Tidak kalah penting dari pelampung. Kebanyakan rumah yang berada di daerah rawan banjir, biasanya sudah menyiapkan perahu karet, sebagai antisipasi banjir.

Ketika banjir datang, kamu bisa menyelamatkan diri ke tempat, yang lebih aman, dengan perahu karet pribadi.

  • Tas Besar Anti Air

Tas besar anti air ini, sangat penting dimiliki atau disiapkan, untuk membawa barang utama yang harus diselamatkan saat banjir.

Seperti HP, dokumen penting, baju bersih, obat-obatan, dan lain-lain.

  • Sleeping Bag

Ketika banjir, biasa kamu akan tinggal di pengungsian. Namun, di pengungsian, kamu tentu tidak akan mendapatkan pelayanan bak hotel.

Karena, kamu hanya disediakan ruangan besar, dan beralas tikar bersama dengan pengungsi lainnya.

Agar tidurmu tetap aman, nyaman, dan tidak masuk angin, bisa siapkan sleeping bag. Dengan begitu, kamu bisa tetap tidur nyenyak, tubuh tetap bugar, tanpa mengganggu pengungsi lain.

Nah, itu dia beberapa barang utama yang harus diselamatkan saat banjir. Jadi, jangan sampai kamu panik dan lupa dengan barang-barang penting, yang ada di rumahmu.

Rumah Juga Perlu Direnovasi Pasca Banjir

Bahkan, rumah yang terendam banjir, ditinggalkan, dan rusak, perlu diselamatkan. Jadi, setelah nyawa, barang-barang penting, tempat tinggal juga, tetap perlu dijaga.

Setelah banjir surut dan kembali ke rumah, pasti akan ada banyak material rumah, yang rusak, terbawa arus, hingga lapuk.

Rumahmu istanamu, artinya kamu harus membersihkan rumah hingga merenovasinya, agar rumah bisa menjadi tempat yang nyaman dan sehat, untuk ditinggali kembali.

Setelah bencana, mungkin kamu tidak memiliki cukup banyak uang, untuk merenovasi rumah. Sehingga, mengajukan pinjaman KTA bisa dijadikan solusinya.

Terlebih, kini kamu bisa mengajukan pinjaman KTA melalui CekAja.com secara online, dan sangat praktis.

Jadi, sambil membersihkan rumah dari sisa lumpur, kamu bisa mengajukan pinjaman KTA di CekAja.com.

CekAja.com juga menyediakan banyak produk KTA, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Yuk, ajukan sekarang juga KTA terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan renovasi rumah segera, agar kerusakan tak semakin parah.