7 Olahraga yang Bisa Bantu Memperpanjang Usia dan Menurunkan Risiko Kematian Dini

Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh maupun memberikan bentuk tubuh yang ideal, ternyata ada pula beberapa olahraga yang bisa bantu memperpanjang usia lho.

Olahraga yang Bisa Bantu Memperpanjang Usia

Perlu diketahui bahwa orang yang memiliki gaya hidup kurang gerak sekitar 9,5 jam atau lebih justru akan meningkatkan risiko kematian dini dan menimbulkan masalah kesehatan.

Terkadang, aktivitas dan rutinitas yang padat membuat seseorang memiliki kesulitan dalam mencari waktu yang tepat untuk berolahraga.

(Baca Juga: Durasi Ideal Olahraga)

Padahal, dilansir dari merdeka.com, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa aktivitas fisik dalam berbagai intensitas bisa membantu dalam mengurangi risiko kematian dini pada usia paruh baya hingga lanjut.

Banyak orang yang beranggapan bahwa olahraga yang bisa bantu memperpanjang usia hanyalah jogging atau jalan cepat.

Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa jenis olahraga lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan lho. Penasaran apa sajakah itu? Yuk kita simak saja pembahasannya berikut ini!

Olahraga yang Bisa Bantu Memperpanjang Usia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa olahraga yang bisa bantu memperpanjang usia yang bisa kamu lakukan di sela-sela aktivitasmu yang padat, yaitu adalah:

1. Naik Tangga

Naik Tangga - Olahraga yang Bisa Bantu Memperpanjang Usia dan Menurunkan Risiko Kematian Dini

Kamu sering beraktivitas di gedung atau bangunan bertingkat, seperti perkantoran, sekolah, hingga kampus?

Naik tangga bisa dijadikan sebagai salah satu olahraga yang bisa bantu memperpanjang usia dan dapat kamu lakukan di sela aktivitas yang sibuk.

Dilansir dari wolipop.detik.com, sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss menemukan bahwa orang yang lebih memilih untuk menaiki tangga dibandingkan lift atau eskalator ternyata bisa mengurangi risiko kematian dini hingga mencapai 15 persen lho.

Sang ketua penelitian, Dr. Philippe Meyer, mengungkapkan bahwa naik tangga bisa memberikan dampak positif yang cukup besar terhadap kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, data yang diambil dari Harvard Alumni Health Study juga menemukan bahwa menaiki 35 tangga atau lebih dalam seminggu bisa meningkatkan harapan hidup secara signifikan dibandingkan orang yang hanya menaiki 10 anak tangga per minggunya.

2. Olahraga Tim

Olahraga Tim - Olahraga yang Bisa Bantu Memperpanjang Usia dan Menurunkan Risiko Kematian Dini

Olahraga yang bisa bantu memperpanjang usia selanjutnya adalah jenis olahraga yang melibatkan dua atau lebih orang untuk melakukannya, seperti bulutangkis, tenis, dan sejenisnya.

Dilansir dari merdeka.com, studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti dari The Copenhagen City Heart Study menunjukan bahwa orang yang melakukan olahraga tim memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi dibandingkan orang yang melakukan olahraga secara individu.

Selain itu, para ahli juga berpendapat bahwa interaksi sosial yang terjadi ketika melakukan olahraga tim bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan mental sekaligus menjaga keteraturan dalam berolahraga.

Sementara itu, aktivitas olahraga yang dilakukan secara teratur justru akan meningkatkan kemampuan kognitif kamu, seperti daya ingat dan lebih fokus, meskipun sudah bertambah usia.

3. Jalan Cepat

Jalan Cepat - Olahraga yang Bisa Bantu Memperpanjang Usia dan Menurunkan Risiko Kematian Dini

Olahraga yang bisa bantu memperpanjang usia selanjutnya tak lain adalah jalan cepat. Untuk kamu yang sering bermobilitas menggunakan transportasi umum, kamu bisa memanfaatkan waktu berjalanmu dengan melakukan aktivitas jalan cepat, misalkan seperti ketika berjalan dari halte ke kantor atau ketika berpindah dari satu kereta ke kereta lainnya.

Dilansir dari merdeka.com, sebuah penelitian menunjukan bahwa berjalan selama kurang lebih 10 sampai 59 menit setiap minggunya bisa membantu dalam mengurangi risiko kematian dari apapun sebesar 18 persen lho.

Selain itu, dilansir dari wolipop.detik.com, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 silam, menemukan bahwa orang yang terbiasa melakukan jalan cepat 1 meter/detik, sekitar 2,25 mil per jam, memiliki angka hidup lebih lama dibandingkan orang yang memilih untuk berjalan lamban.

Akan tetapi, tentu hal ini juga harus disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan tubuh masing-masing.

Misalkan saja, anak muda berusia 20-an jelas memiliki kemampuan tubuh yang berbeda dengan orang yang sudah menginjak usia paruh baya.

Apabila dirasa kondisi tubuh tidak memungkinkan, janganlah memaksakan diri untuk melakukan jalan cepat dalam jangka waktu yang lama.

4. Yoga

Yoga - Olahraga yang Bisa Bantu Memperpanjang Usia dan Menurunkan Risiko Kematian Dini

Olahraga yang bisa bantu memperpanjang usia selanjutnya adalah yoga. Diketahui bahwa yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa membantu dalam meningkatkan kekuatan, pernapasan, hingga fleksibilitas.

Tak hanya itu, penelitian juga menunjukan bahwa kombinasi yoga dan olahraga aerobik seperti berlari dan berenang bisa membantu dalam menurunkan indeks massa tubuh, kolesterol, serta tekanan darah, yang membuat seseorang juga terhindar dari penyakit jantung.

Dilansir dari merdeka.com, olahraga yoga anti-gravity bahkan bisa membantu dalam menghilangkan ketegangan pada tulang belakang lho, yang umumnya ditimbulkan dari waktu duduk yang terlalu lama karena bekerja.

Dengan merenggangkan tulang belakang, akan memberikan lebih banyak nutrisi ke persendian di bagian belakang, sehingga bisa membuat bagian tersebut menjadi tetap sehat.

Selain itu, gerakan dasar yang ada di meditasi yoga juga bisa membantu dalam menenangkan pikiran serta melepas stress.

5. Mengayuh Sepeda dengan Cepat

Mengayuh Sepeda dengan Cepat - Olahraga yang Bisa Bantu Memperpanjang Usia dan Menurunkan Risiko Kematian Dini

Olahraga yang bisa bantu memperpanjang usia selanjutnya adalah mengayuh sepeda dengan cepat.

Dilansir dari wolipop.detik.com, sebuah studi yang dilakukan kepada para pesepeda di Copenhagen, Denmark, menemukan bahwa pria yang mengayuh sepedanya dengan cepat mampu meningkatkan angka harapan hidup hingga 5 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang bersepeda dengan lambat.

Lantas, bagaimana dengan wanita? Wanita yang juga gemar bersepeda dengan cepat diketahui mampu meningkatkan harapan hidup hingga 4 tahun lebih lama.

6. Berenang

Berenang - Olahraga yang Bisa Bantu Memperpanjang Usia dan Menurunkan Risiko Kematian Dini

Olahraga yang bisa bantu memperpanjang usia selanjutnya adalah berenang. Berdasarkan hasil analisa data dari Aerobic Center Longitudinal Study, menemukan bahwa orang yang rutin melakukan olahraga renang bisa menurunkan risiko kematian mendadak 50 persen lebih kecil dibandingkan yang tidak aktif secara fisik.

Selain itu, dilansir dari merdeka.com, penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 terhadap lebih dari 80 ribu orang, menemukan bahwa berenang memiliki manfaat untuk menurunkan risiko kematian dini hingga 28 persen.

Bahkan, peneliti turut menyebutkan orang yang rutin berenang bisa menurunkan risiko penyakit stroke dan penyakit jantung hingga mencapai 41 persen lho.

7. Olahraga Berintensitas Tinggi

Olahraga Berintensitas Tinggi - Olahraga yang Bisa Bantu Memperpanjang Usia dan Menurunkan Risiko Kematian Dini

Nah, olahraga yang bisa bantu memperpanjang usia yang akan kita bahas terakhir adalah olahraga dengan intensitas tinggi, seperti aerobik, berjalan, berlari, hingga mengayuh sepeda dengan cepat.

Diketahui bahwa olahraga-olahraga tersebut bisa membantu dalam memperpanjang usia lebih lama daripada olahraga dengan intensitas rendah lho.

Diketahui bahwa lima hari mengikuti program jalan santai selama 30 menit ternyata bisa menambah usia 1,3 sampai 1,5 tahun.

Namun berdasarkan laporan dari Washington Post, mengungkapkan bahwa olahraga dengan intensitas tinggi seperti berlari selama setengah jam, lima hari seminggu, justru dapat memperpanjang usia 3,5 sampai 3,7 tahun.

Jadi, itulah beberapa olahraga yang bisa bantu memperpanjang usia. Namun, perlu diingat bahwa olahraga ini hanya menambah kemungkinan harapan manusia dari segi medis, namun bukan serta merta menjadikan kamu berumur panjang.

Sebab, kamu tetap harus mendukungnya dengan aktivitas lain yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan, seperti dengan merubah pola makan dan gaya hidup.

Tak hanya itu, jangan lupa juga untuk memberikan perlindungan ekstra dengan memiliki asuransi kesehatan.

Seiring berjalannya waktu, biaya pengobatan rumah sakit kian meningkat, yang membuat sebagian masyarakat merasa khawatir ketika sewaktu-waktu mengalami masalah kesehatan namun tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar biaya rumah sakit.

(Baca Juga: Olahraga yang Aman Saat Pandemi)

Nah, bersama asuransi kesehatan, kamu bisa tetap mendapatkan fasilitas kesehatan yang mumpuni namun dengan biaya pengobatan yang lebih hemat.

Kok bisa? Karena pihak dari asuransi akan mengcover sebagian biaya pengobatan yang harus kamu keluarkan, namun tentunya disesuaikan dengan program dan besaran premi yang dibayarkan.

Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa hadirnya asuransi kesehatan sangatlah membantu dalam meringankan biaya pengobatan dan rumah sakit.

Lalu, bagaimana jika belum memiliki asuransi kesehatan? Segera ajukan saja di CekAja.com! Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi.

Tak hanya itu, pendaftaran juga bisa dilakukan secara online lho, sehingga proses pengajuan menjadi sangat cepat dan mudah. Kamu bahkan bisa melakukan pengajuan dimanapun dan kapanpun.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com dan nikmatilah sederet manfaatnya!