Bayar Cicilan Tepat Waktu, Dapatkan 6 Keuntungan Ini

4 min. membaca Oleh CekAja on

Bayar cicilan menjadi kendala tersendiri bagi sebagian orang. Ada beberapa hal yang membuat pembayaran ini sering tertunggak, salah satunya manajemen keuangan yang buruk. Padahal, seorang peminjam akan memperoleh manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan jika membayar cicilan lebih awal sebelum tanggal jatuh tempo.

Keuntungan Bayar Cicilan Tepat Waktu

Jika caramu mengelola buruk, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap cash flow keuangan, cicilan pun jadi korban. Namun jika manajemen keuanganmu baik, tentu kamu juga tidak akan kesulitan ketika harus membayar cicilan. Nah, apakah kamu termasuk yang sedang memiliki pinjaman? Kira-kira, apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu sering membayar cicilan lebih awal? Yuk, kita simak aja langsung seperti apa penjelasannya berikut ini! 

1. Bebas ‘teror’ debt collector

Tentu kamu tidak mengharapkan ada debt collector yang datang menagih utang ke rumah, bukan? Beberapa pihak mungkin sangat tegas bertindak ketika seorang nasabah telat membayar cicilan hingga terpaksa mendatangkan sosok penagih tersebut ke hadapanmu. Siapapun pasti tak akan nyaman dibuatntya. Tapi jika disiplin dan lebih awal membayar cicilan, kamu tidak mungkin dihadapkan dengan ‘sangarnya’ debt collector.

Nasabah yang baik, sebelum mengajukan pinjaman, mereka harusnya berpikir dahulu secara matang, mempertimbangkan risiko yang mungkin apabila melakukan pinjaman. Artinya, segala tanggung jawab harus dipikul, termasuk risiko ditagih paksa oleh pihak tersebut jika tidak disiplin membayar cicilan. Meskipun, kini sudah ada larangan industri keuangan menagih ke debitur oleh debt collector. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No 11/POJK.03/2020 tentang stimulus perekonomian nasional.

2. Lebih dipercaya

Biasanya pihak jasa keuangan akan melihat track record atau riwayat seorang nasabah secara detail. Apabila seorang nasabah tersebut baik ketika melakukan pembayaran cicilan, tentu saja kamu akan lebih dipercaya. Dan hal tersebut akan memudahkan kamu ketika sewaktu-waktu mengajukan pinjaman kembali. 

Ketika kamu lancar melakukan pembayaran, maka kamu berpeluang mendapatkan skor kredit yang baik. Pihak jasa keuangan biasanya akan mempertimbangkan skor kredit seorang debitur. Dan skor kredit ini biasanya dibagi beberapa kategori, seperti Kredit Lancar, Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK), Kredit Diragukan dan Kredit Macet. Jadi, dari kategori tersebut pihak jasa keuangan akan memberikan penilaian apakah debitur tersebut bisa dipercaya atau tidak.

(Baca Juga: Selama PSBB, Transaksi Non Tunai Merchant Ini Melesat)

3. Tak kena denda 

Denda keterlambatan bisa dibebankan kepada seorang debitur yang menunggak pada saat pembayaran cicilan. Sistem pinjaman di lembaga keuangan manapun, denda keterlambatan membayar selalu ada. Nah, jika kamu telat terpaksa harus membayar denda dan itu bikin kamu rugi, karena jumlah uang yang harus dibayarkan nantinya akan bertambah lebih besar. Apalagi jika jenis pinjaman kamu memiliki sistem yang memberikan denda per hari. Umumnya, denda pinjaman terkecil adalah 0,1% per hari.

Saat kami terkena denda, jumlah utang kamu makin menumpuk dan nantinya bisa mengganggu keuangan kamu lho. Tapi jika kamu selalu tepat waktu dan lebih awal membayar cicilan, kamu tidak akan terkena denda. Jadi penting bagi kamu saat ini untuk memperhatikan cicilan kami agar kamu terbebas dari denda yang akan menyulitkan keuangan kamu. Semakin kamu disiplin ketika membayar cicilan, semakin kamu terlatih untuk mengatur keuangan kamu.

4. Pikiran tenang

Semua orang pasti butuh ketenangan dalam hidupnya. Tapi tak jarang pula orang yang bisa tenang dalam kehidupan sehari-harinya, salah satu masalah yang sering dirasakan yakni karena kesulitan ekonomi dan mengatur keuangan. Akhirnya seseorang terpaksa mencari jalan lain dengan meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan lalu mereka pun akhirnya terlilit utang karena telat membayar cicilan dan membuat tidak tenang pikiran.

Beda halnya dengan kamu yang sudah terbiasa dengan membayar cicilan tepat waktu, pasti akan merasakan perasaan dan pikiran tenang, karena kamu telah menunaikan tanggungjawab secara baik.  Sama halnya dengan membayar cicilan. Pikiran tidak akan tenang apabila kamu belum menunaikan tanggungjawab kamu.

5. Menjaga nama baik

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan ketika kami bayar cicilan lebih awal yaitu kamu bisa menjaga nama baik kamu sendiri. Riwayat pinjaman dan cicilan kamu tentu akan tercatat oleh pihak jasa dan lembaga keuangan terkait. Nama baik kamu init penting lho agar kamu diberikan kemudahan dan mendapatkan kepercayaan. Siapa tahu butuh uang pinjaman lagi kan.

Jika kamu rutin bayar cicilan tanpa melewati batas waktu, nama kamu tercatat sebagai debitur yang telah masuk kategori skor lancar yang patuh pada aturan. Artinya kamu adalah debitor yang baik. Dan tentu saja nama baik kamu tetap terjaga, dan jika kamu mengajukan permohonan kredit lagi, prosesnya akan lebih cepat beda halnya dengan mengajukan pertama kali.

6. Peluang dapat cashback

Buat kamu yang pengen cicilan kamu aman dan dapat bonus cashback, caranya ya tentu harus menjadi debitur yang taat membayar cicilan. Peluang cashback ini bisa kamu dapatkan lho di beberapa lembaga keuangan berbasis fintech. Banyak kemudahan dan bonus yang ditawarkan oleh lembaga keuangan. 

Ada bonus cashback yang ditawarkan oleh pihak jasa keuangan pinjaman online untuk debitur yang selalu membayar cicilan tepat waktu bisa mendapatkan uang hingga ratusan ribu tiap bulannya. Tapi bagi kami yang ingin langsung membelanjakannya juga bisa, karena saldo tersebut bisa ditukarkan untuk membeli pulsa, token listrik dan lain-lain.

Itulah 6 keuntungan apabila kamu menjadi debitur yang  selalu bayar cicilan tepat waktu. Justru dengan menunggaknya, kamu malah rugi! Dapatkan fasilitas cicilan lain seperti KTA Permata Bank hanya melalui CekAja.com.

(Baca Juga: Gojek Keluarkan Gosure, Berikut Produk Asuransi yang Ditawarkan)

Tentang kami

CekAja

CekAja