Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Belanja Bulanan Bikin Tekor? Hindari 4 Kesalahan Ini!

by Miftahul Khoer on 1 Juli, 2019

Awal bulan biasanya menjadi waktu yang paling bahagia bagi para pekerja atau karyawan. Maklum, mereka bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan termasuk kegiatan-kegiatan konsumtif macam makan bareng keluarga, nonton, beli baju baru hingga belanja bulanan untuk kebutuhan sehari-hari.

belanja bulanan hemat _ kartu kredit - CekAja.com

Sayangnya, kegembiraan ini sering membuat kamu lupa diri atau gak bisa mengontrol pengeluaran terutama saat belanja bulanan di swalayan atau supermarket. Ujung-ujungnya, kamu gak sadar kalau apa yang kamu belanjakan telah menguras isi dompet. Padahal masih banyak keperluan yang harus dibayarkan.

Nah, untuk mengetahui apa saja penyebab yang selalu bikin kantong kempes saat belanja bulanan, mari simak beberapa poin berikut ini.

Gak bikin daftar belanjaan

Apa sih yang disebut belanja bulanan itu? Yup, seperti kita ketahui bersama, kebutuhan bulanan yang biasa kita beli di supermarket atau swalayan misalnya antara lain perlengkapan mandi, kebutuhan dapur, hingga kebutuhan pribadi.

Sebagai contoh, setiap kali kamu menerima gajian bulanan, kamu dan keluarga langsung pergi belanja tanpa mencatat apa saja kebutuhan yang betul-betul prioritas seperti sabun mandi, sampo, deterjen, deodoran, pasta gigi, susu buat bayi, sayuran, buah-buahan hingga bumbu masak.

Tanpa mencatat daftar belanjaan prioritas, maka kamu gak bisa mengontrol untuk membeli apapun yang menurut kamu terlihat sangat menggoda untuk dibeli. Ujung-ujungnya, apapun akan kamu beli tanpa benar-benar sadar bahwa gak semua barang yang dibeli memang diperlukan untuk waktu sebulan ke depan.

Baiknya, catatlah daftar belanjaan yang sekirannya benar-benar dibutuhkan selama sebulan ke depan. Kamu bisa mencatat via note di ponsel kamu atau juga melalui kertas. Apapun caranya, kamu harus bisa mengontrol pengeluaraan pas belanja bulanan.

(Baca juga: Pahami Cara Cek Saldo Bank Mega Biar Gak Bablas Pakai Uang Belanja)
Malas membandingkan harga sebelum membeli

Kehadiran akses internet saat ini sangat memudahkan banyak orang untuk melakukan apa saja tak terkecuali belanja kebutuhan pokok bulanan. Dengan mengakses internet kamu bisa mencari tahu banyak informasi tentang harga-harga kebutuhan pokok yang dijual secara online maupun offline.

Sayangnya, selama ini masih banyak orang yang berbelanja tanpa terlebih dahulu membandingkan harga-harga dari satu toko dengan toko lain. Akhirnya seringkali orang membeli barang atau produk di satu tempat yang lebih mahal ketimbang di tempat lain.

Untuk itu, rajin-rajinlah mencari tahu informasi harga terkini yang biasa diinformasikan supermarket atau swalayan baik melalui brosur atau pun melalui media sosial akun resmi masing-masing. Ini bisa menjadi referensi ke mana kamu akan belanja bulanan untuk memperoleh harga yang lebih kompetitif.

Cuek dengan banjir promo dan diskon

Dalam beberapa tahun terakhir, kehadiran marketplace secara masif di Indonesia macam Tokopedia, Bukalapak, hingga Shopee membuat pola konsumen dalam berbelanja semakin berubah. Konsumen kini banyak yang beralih untuk berbelanja secara online ketimbang belanja langsung pergi ke toko.

Sayangnya, masih banyak yang belum sadar dan mengetahui akan kehadiran mereka. Masih banyak orang yang lebih ingin belanja langsung ke supermaret atau swalayan ketimbang secara online. Tentu tak harus menyalahkan siapapun. Karena belanja online atau offline adalah pilihan siapapun.

Namun yang jelas, tak sedikit pula produk-produk yang dijual di marketplace menawarkan harga diskon dan promo yang jauh lebih murah, bahkan dibarengi dengan gratis ongkos kirim. Nah, mulai sekarang, coba deh kamu gak cuek lagi dengan kehadiran-kehadiran banjir promo dan diskon biar dompet kamu gak ludes-ludes amat saat berbelanja.

(Baca juga: Cara Hemat Listrik Rumah Tangga yang Tahun Depan Tarifnya Bakal Naik)
Harus serba bermerek

Salah satu kesalahan yang harus dihindari saat berbelanja kebutuhan bulanan adalah harus serba bermerek. Inilah yang menjadikan uang kamu gampang ludes saat belanja. Sudah umum diketahui, sebagian besar barang bermerek memiliki harga yang lebih tinggi ketimbang produk yang kurang terkenal. Padahal, untuk kebutuhan sehari-hari yang penting adalah kenyamanan bukan soal gengsinya.

Nah, buat kamu yang biasa belanja kebutuhan bulanan, coba mulai deh untuk beli produk-produk yang harganya lebih terjangkau tapi tetap punya fungsi yang gak kalah dengan harga yang lebih mahal. Sebagai contoh, kamu bisa beli produk seperti deterjen, pembersih lantai, sayuran hingga buah-buahan buat dikonsumsi sehari-hari dari produk-produk lokal yang harganya jauh lebih miring.

Nah itulah beberapa kesalahan yang harus mulai dihindari saat berbelanja bulanan. Kesalahan-kesalahan di atas tentu akan sangat berdampak terhadap pengeluaran bulanan kamu sehingga menyebabkan tongpes alias kantong kempes. Padahal masih awal bulan lho.

Yuk, kantongi kartu kredit terbaik untuk memudahkan transaksi belanja bulananmu. Nikmati aneka promo menariknya. Cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami