8 Biaya Kartu Kredit Selain Bunga yang Wajib Diketahui Sebelum Apply

Menjadi salah satu pertimbangan sebelum memiliki kartu kredit adalah mengenai biaya kartu kredit selain bunga. Karena biasanya biaya tahunan pun dibebankan kepada pemegang kartu kredit.

Mau Bikin Kartu Kredit? Cek Dulu Biaya Kartu Kredit Selain Bunga Biar Gak Kaget

Memiliki kartu kredit pada zaman sekarang adalah hal yang lumrah. Kartu kredit sekarang bukan lagi untuk gaya-gayaan tetapi lebih kepada fungsinya yang membantu kita dalam melakukan pembayaran. 

Dengan memakai kartu kredit untuk transaksi jual beli yang kita lakukan membuat prosesnya lebih praktis. Apalagi sebagai pemilik kartu kredit kita bisa mendapat banyak keuntungan loh. 

(Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit Dengan Cashback Melimpah)

Keuntungan itu bisa berupa cashback, reward points, diskon harga, fasilitas airport lounge gratis dan lainnya. Kita juga tak perlu membawa uang dalam jumlah banyak. 

Hanya dengan sekali gesek saja maka barang yang kita inginkan bisa langsung didapatkan. Jika kita baru akan membuat kartu kredit untuk pertama kalinya tentu harus tahu bagaimana ketentuan, syarat, serta biaya-biaya lainnya. 

Perlu diingat bahwa memiliki kartu kredit kita selalu akan mendapat tagihan setiap bulannya. Mungkin pada bulan pertama tagihan akan terasa wajar. 

Tapi bulan berikutnya bisa saja membengkak karena tagihan beserta bunga yang harus dibayar. Selain mendapatkan banyak keuntungan itu ada juga biaya kartu kredit selain bunga yang harus kita perhatikan. 

Apa Saja Biaya Kartu Kredit Selain Bunga

Bunga transaksi dari pemakaian kartu kredit memang lebih mahal daripada bunga pinjaman lainnya. Tetapi ini sebanding dengan berbagai kemudahan dan keuntungan yang didapatkan pemilik kartu kredit. 

Pada kartu kredit selalu ada biaya-biaya lain sebagai tambahan. Jika kita tidak memperhitungkan biaya kartu kredit selain bunga bisa-bisa malah membuat kita merugi. 

Jadi biaya kartu kredit selain bunga sebenarnya apa saja? Pastikan kalau kita tahu biaya-biaya seperti di bawah ini.

1. Iuran Tahunan

Biaya pertama yang masuk biaya kartu kredit selain bunga adalah iuran tahunan. Iuran tahunan adalah iuran yang harus kita bayarkan untuk bisa mendapatkan fasilitas dan servis dari pihak penerbit kartu kredit. 

Nilainya juga berbeda tergantung jenis kartu kreditnya dan banknya. Ini adalah salah satu biaya pertama yang akan kita lihat saat mengajukan permohonan kartu kredit. 

Kita juga bisa cari kartu yang tidak mengenakan biaya tahunan atau temukan promosi yang membebaskan biaya pertama. Jika kita sudah memiliki kartu kredit yang mengenakan iuran tahunan, pertimbangkan untuk beralih ke yang tidak. 

Jika kita sedang membandingkan dua jenis kartu kredit yang perbedaannya tidak terlalu signifikan lebih baik pilih yang tidak ada iuran tahunan. Tapi harus diingat juga bahwa syarat untuk mendapatkannya bisa kita penuhi.

2. Biaya Keterlambatan

Biaya kartu kredit selain bunga selanjutnya ada biaya keterlambatan. Ini adalah biaya yang harus kita keluarkan ketika kita gagal melakukan pembayaran minimum sebelum tanggal jatuh tempo. 

Sebagian besar perusahaan kartu kredit mengenakan biaya keterlambatan. Beberapa akan membebaskan biaya keterlambatan pertama kita tergantung pada keadaan. 

Biasanya pada beberapa penerbit kartu kredit akan menerapkan biaya sebesar 3% dari total tagihan. 

Hal yang perlu kita lakukan agar kita terhindar dari keterlambatan pembayaran adalah dengan memakai fitur auto-debet jika kita memakai bank yang sama atau fitur pengiriman tagihan lewat email.

3. Biaya Over Limit

Saat mengajukan permohonan kartu kredit pasti kita mengetahui seberapa limit dalam transaksi belanja serta limit tarik tunai yang bisa kita lakukan. 

Ketika kita memakai kartu kredit sampai melebihi limit tersebut maka kita akan dikenakan biaya over limit yang sudah ditentukan saat pengajuan permohonan. Ada yang mengenakan biaya mulai dari Rp 40.000 sampai diatas Rp 150.000. 

4. Biaya Tarik Tunai

Biaya kartu kredit selain bunga yang lainnya adalah biaya tarik tunai. Salah satu fasilitas yang bisa dilakukan oleh kartu kredit adalah bisa tarik tunai di mesin atm yang ditentukan. 

Biaya penarikan tunai dibebankan saat kita menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan uang tunai.  Biaya tersebut dibebankan untuk setiap transaksi penarikan tunai dan dibebankan sebagai tambahan biaya kartu kredit lainnya, seperti biaya ATM. 

Biaya penarikan tunai adalah persentase dari jumlah transaksi biasanya 5% atau bisa juga lebih besar. Sebaiknya hindari menggunakan kartu kredit untuk uang muka. 

Jika kita memiliki opsi untuk membayar menggunakan kartu kredit, lakukanlah. Jika kita tidak memiliki pilihan selain membayar tunai, gunakan uang dari rekening tabungan, dana darurat, atau sumber lain.

(Baca Juga: Kartu Kredit Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Sultan)

5. Biaya Ganti Kartu

Biaya penggantian kartu masuk dalam biaya kartu kredit selain bunga yang dibebankan jika kita meminta kartu kredit fisik baru. 

Kemungkinan kita akan kehilangan atau kartu kredit kita rusak akan selalu ada. Jadi jika hal itu terjadi maka kita harus meminta kartu yang baru. Tentu tidak gratis. 

Biasanya hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu saja. 

6. Biaya Transaksi Luar Negeri

Biaya transaksi asing dibebankan saat kita melakukan pembelian dalam mata uang asing. Kita tidak harus berada di luar negeri untuk dikenai biaya transaksi luar negeri karena sekarang banyak situs belanja online luar negeri seperti Amazon, eBay dan lainnya. 

Biaya ini biasanya terdiri dari 2 bagian. Pertama adalah biaya dari Credit Card Network misal Mastercard atau Visa yang besarnya 1-2 %. Lalu ada biaya dari pihak penerbit kartu kreditnya sebesar 1,5-2,5 % dari total transaksi.

7. Biaya Pencetakan Tagihan Bulanan

Biaya kartu kredit selain bunga selanjutnya adalah biaya pencetakan tagihan bulanan. Jika kita menginginkan tagihan bulanan dicetak maka kita harus membayar biayanya. 

Nominalnya tergantung dari masing-masing penerbit kartu kredit. Tapi ada juga penerbit yang tidak membebankan biaya tersebut.

8.Biaya Penukaran Reward

Pasti banyak yang belum tahu kalau biaya kartu kredit selain bunga salah satunya adalah biaya penukaran reward points. Jika kita menukar reward points dengan voucher, cashback atau hadiah biaya ini bisa muncul loh.

Nah itulah beberapa biaya kartu kredit selain bunga yang harus kita perhatikan lebih dulu sebelum kita membuat kartu kredit. 

Sejatinya memiliki kartu kredit adalah untuk membantu pembiayaan kita atas transaksi-transaksi yang kita lakukan. Jadi harus lebih bijak ya dalam memilih maupun menggunakannya.   

Ada banyak manfaat yang bisa kita nikmati saat memiliki kartu kredit. Tentu saja dengan syarat kita menggunakannya dengan benar dan disesuaikan dengan gaya hidup dan kebutuhanmu. 

Seperti potongan belanja, promo liburan, tiket pesawat, hotel, dll.

Nah, kartu kredit apa sih yang sesuai untuk kebutuhanmu?

Yuk, buruan cari tahu infonya di CekAja.com sebelum apply kartu kredit favoritmu.