7 Fakta Unik Baju Balap MotoGP yang Super Canggih, Sudah Tahu?

Buat kamu para pecinta ajang balap MotoGP, informasi tentang fakta unik baju balap MotoGP perlu banget diketahui.

Pariwara

Enggak hanya terlihat keren, baju balap ini juga dilengkapi beberapa fitur canggih yang memberi perlindungan keamanan tinggi bagi para pembalap.

MotoGP adalah salah satu ajang balap motor paling bergengsi di tingkat internasional. Setiap musimnya, MotoGP menggelar serangkaian lomba balap di beberapa sirkuit berkelas dunia.

Kepopuleran MotoGP membuatnya meraih banyak perhatian penonton. Enggak heran jika pembalap potensial dan handal yang berlaga di sini mudah terkenal.

Sebut saja nama pembalap seperti Michael Doohan, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan masih banyak lagi lainnya.

Di sirkuit, pembalap bisa memacu motornya hingga kecepatan 300 km per jam. Dengan kecepatan itu, mereka harus berlomba memperebutkan posisi tercepat yang mendahului garis finish.

Tidak hanya masalah kelihaian mengendalikan kecepatan motor dan menguasai jalanan, pembalap juga harus disertai baju balap yang berkualitas.

Bayangkan saja jika dalam kecepatan tinggi, salah satu di antaranya mengalami insiden kecelakaan. Nyawa lah yang menjadi taruhannya.

Fitur canggih yang memberikan perlindungan serta keamanan ekstra bagi pembalap ini menjadi fakta unik baju balap MotoGP yang mungkin saja belum kamu ketahui.

Pada artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut soal beberapa fakta unik baju balap MotoGP. Yuk, simak informasi selengkapnya.

(Baca Juga: Tiket MotoGP Sirkuit Mandalika, Ini Harga dan Cara Pesannya!)

Fakta Unik Baju Balap MotoGP

Berikut ini tujuh hal yang menjadi fakta unik baju balap MotoGP:

1. Bahan Kulit Melindungi 10 Kali Lebih Kuat

Fakta unik baju balap MotoGP yang pertama dibahas adalah bahan atau material pembuatnya. Baju balap MotoGP dibuat dari bahan kulit yang tebal namun tetap cukup ringan.

Kulit khusus dipilih dan didesain sedemikian rupa hingga mampu melindungi kulit pembalap 10 kali lebih kuat dibandingkan dengan bahan jeans berkualitas terbaik.

Perlindungan ini sangat bermanfaat untuk menahan gesekan antara aspal dan kulit pembalap jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan.

Enggak heran, jika banyak momen pembalap terjatuh yang tidak mengalami cedera atau luka, dan bisa langsung melanjutkan balapan.

2. Dilengkapi Peranti Keselamatan

Kedua, baju balap MotoGP juga dilengkapi dengan fitur perlindungan untuk keselamatan dasar. Peranti pada bagian bahu dan siku tersedia dengan bahan yang kuat.

Meskipun begitu, bagian dalam peranti ini memiliki bantalan empuk sehingga nyaman digunakan para pembalap.

Selain kepala yang dilindungi oleh helm, bagian bahu dan siku sangat penting untuk dilindungi dari risiko benturan keras.

Fakta unik baju balap MotoGP dari sisi fitur perlindungan lainnya ialah adanya pelindung siku (elbow protector) yang memudahkan pembalap saat berkendara di area tikungan.

3. Airbag dengan Reaksi Cepat

Siapa bilang pembalap motor tidak dibekali dengan airbag? Inilah salah satu fakta unik baju balap MotoGP yang menarik.

Di bagian dalam baju balap bagian dada, terdapat airbag dengan tingkat kepekaan yang tinggi.

Sehingga saat terjadi kecelakaan, airbag ini akan bereaksi cepat melindungi pembalap dari risiko benturan, khususnya di bagian dada.

Airbag ini akan segera mengembang penuh dalam waktu 20 milidetik berkat adanya 6 sensor sensitif yang mampu mendeteksi adanya risiko benturan.

(Baca Juga: Mengenal Rompi Airbag untuk Pemotor Held eVest, Beserta Cara Kerja dan Harganya)

4. Ada Wadah Air Minum di Dalam Baju

Kalau kamu masih bertanya-tanya soal asupan minuman pembalap saat pertandingan sedang berlangsung, maka pasti kamu belum tahu fakta unik baju balap MotoGP yang satu ini, kan?

Dalam waktu balapan yang cukup lama, pasti pembalap merasa haus.

Rasa haus tentu tak bisa dianggap sepele karena bisa menimbulkan dehidrasi yang berujung pada berkurangnya konsentrasi saat balapan.

Hal ini tentu juga menjadi perhatian khusus tim desain. Makanya, disediakanlah wadah air minum pada bagian punuk baju balap.

Setidaknya 300 ml air minum bisa ditampung oleh wadah ini, dan kemudian disalurkan ke area dekat mulut pembalap melalui selang yang terhubung ke helm.

5. Fasilitas Lengkap, Bobot Cukup Ringan

Fakta unik baju balap MotoGP selanjutnya adalah soal bobotnya. Dengan fasilitas lengkap dan fitur canggih di atas, baju balap harusnya memiliki bobot yang sangat berat.

Bahan kulit yang melindungi seluruh bagian tubuh, peranti keselamatan, airbag, hingga wadah air minum yang menyatu membuatnya sangat berat.

Akan tetapi, para desainer baju balap MotoGP membuat semuanya seringan mungkin. Faktanya, bobot baju balap ini tidak sampai 15 kg.

Angka ini 10 kali lebih ringan dibandingan baju astronot (sekitar 125 kg) yang juga memiliki fasilitas khusus yang lengkap.

6. Baju Balap Tak Bisa Asal Ganti

Kemudian, fakta unik baju balap MotoGP lain yang perlu kamu tahu adalah soal masa adaptasi pembalap saat mengenakan baju balap.

Mereka membutuhkan waktu untuk menyesuaikan tubuh dengan baju balap ini. Baju balap juga harus sangat sesuai dengan postur pembalap.

Oleh karena itu, baju balap tidak bisa asal ganti jika terjadi kerusakan.

Solusi pembetulan ulang baju balap biasanya diprioritaskan jika ditemukan kerusakaan akibat kecelakaan.

Tapi jika stok baju balap masih tersedia, maka pembalap bisa mengganti dengan yang baru.

Sebab dalam satu musim, setiap pembalap mendapatkan set 4 baju balap, 3 pasang sepatu, 3 pasang sarung tangan, dan 4 pasang base layer untuk bagian dalam baju balap.

7. Sangat Awet Digunakan

Kualitas terbaik memberikan fakta unik baju balap MotoGP yang sangat awet digunakan.

Jika dalam satu musim baju balap tidak mengalami kerusakan apapun, maka baju balap itu masih bisa digunakan kembali.

Bagian tertentu yang perlu diganti hanya slidding-pad pada siku dan lutut.

Itulah daftar fakta unik baju balap MotoGP yang mungkin saja baru kamu ketahui. Nonton ajang balap sekelas MotoGP bakal makin lancar jika kamu berlangganan layanan TV berbayar.

Pembayaran tagihannya bisa lebih mudah dilakukan dengan menggunakan kartu kredit bunga rendah.

Dapatkan pilihan kartu kredit terbaik dari berbagai bank dan proses pengajuan yang sangat mudah lewat CekAja.com.

Sistem perbandingan canggih kami akan membantumu mendapatkan rekomendasi kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, cicilan ringan, dan suku bunga kompetitif.

Untuk mengajukan kepemilikan kartu kredit, kamu cukup mengisi formulir online dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Yuk, segera cek kartu kredit yang pas untukmu dan ajukan via CekAja.com!

Pariwara