Bisnis Laundry Sepatu dengan JULO, Peluangnya Sangat Menjanjikan!

Sulitnya mencari pekerjaan di masa pandemi, seperti menjadi tanda buat kamu untuk mencoba bisnis laundry sepatu dengan JULO. Pasalnya, bisnis laundry sendiri bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Bisnis Laundry Sepatu dengan JULO, Peluangnya Sangat Menjanjikan!

Untuk coba memulai bisnis laundry sepatu dengan JULO, persiapan yang harus kamu lakukan banyak. Tidak hanya soal modal, namun perencanaan pun harus matang.

Maka dari itu, kamu harus tahu dulu keseluruhan informasi tentang bisnis laundry, mulai dari peluangnya, apa saja keuntungan yang didapat, hingga tips menjalankan bisnis laundry yang harus dilakukan.

Nah, semua informasi tersebut tentunya akan kamu dapat di artikel ini. Jadi, yuk langsung simak bersama-sama penjelasan lengkapnya berikut ini!

Seputar Bisnis Laundry Sepatu

Hal pertama yang harus kamu ketahui, jika ingin memulai bisnis laundry sepatu dengan JULO, yaitu informasi dasarnya.

Yang mana, bisnis laundry sepatu ini jika dilihat dari peluang usahanya cukup menjanjikan. Apalagi secara pesaing, bisnis ini memiliki jumlah yang masih sangat sepi.

Tidak hanya itu, potensi bisnis laundry sepatu pun terbilang besar, karena saat ini ada banyak sekali orang yang malas mencuci sepatu.

Mereka lebih ingin yang serba instan dan cepat. Maka dari itu, bisnis laundry ini menjadi salah satu peluang menguntungkan, jika kamu ingin terjun ke dalamnya.

Tetapi, sebelum memulai bisnis laundry sepatu dengan JULO kamu harus tahu dulu, kalau bisnis ini memiliki sistem penjualan jasa kiloan. Artinya, biaya untuk semua sepatu yang di laundry akan dihitung perkilo.

Dengan menggunakan sistem tersebut, maka kamu selaku pebisnis akan lebih mudah mengatur arus keuangannya. Dan jika bisnis ini dikembangkan dengan baik, keuntungan yang didapat pun bisa maksimal.

(Baca Juga: Peluang Bisnis di Bidang Jasa di Masa PPKM)

Sebenarnya, ada banyak alasan yang membuat bisnis laundry sepatu memiliki prospek yang cerah dan menjanjikan, yaitu:

  • Target pasarnya sangat luas, terlebih jika bisnis ini dijalankan di area perkotaan
  • Urusan modal awal bisnis bisa disesuaikan dengan konsep dan budget yang ada
  • Margin profit yang bisa didapat tinggi
  • Peralatan yang dibutuhkan untuk bisnis laundry tidak terlalu banyak, tidak sulit dicari dan dibeli
  • Laundry sepatu adalah jenis bisnis yang bisa dilakukan oleh pemula.

Hal-hal yang Dibutuhkan untuk Memulai Laundry Sepatu

Selain mengetahui informasi dasarnya, kamu juga harus tahu apa saja hal-hal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis laundry sepatu.

Pasalnya dengan mengetahui hal-hal tersebut, kamu jadi bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang.

Apalagi, hal-hal yang dibutuhkan pun pada dasarnya tidak terlalu banyak dan mudah ditemukan, seperti:

  • Mesin cuci
  • Rak untuk menaruh peralatan laundry
  • Rak sepatu
  • Peralatan pendukung lainnya seperti kain pembersih, pengharum sepatu, sikat, detergen, dan lain sebagainya.

Di luar semua peralatan tersebut, kamu juga memerlukan lokasi bisnis. Yang mana untuk lokasi sendiri, sebaiknya kamu mencari lokasi yang ramai dan banyak dilalui orang.

Kemudian untuk ruangannya tidak perlu terlalu luas, yang penting cukup untuk menaruh semua peralatan laundry dan cukup untuk para pekerja beraktivitas dengan leluasa.

Yang pasti, sediakan juga ruang tunggu untuk konsumen yang datang, baik itu untuk laundry atau mengambil hasil laundry, agar konsumen merasa nyaman dan ingin datang lagi.

Modal Awal Bisnis Laundry Sepatu

Jika dari semua keuntungan yang sudah dijelaskan di atas, kamu merasa semakin tertarik memulai bisnis laundry sepatu dengan JULO, maka kamu bisa langsung memperhitungkan modal yang dibutuhkan.

Kali ini, CekAja akan membantu kamu memperkirakan berapa besar modal awal yang harus kamu miliki, untuk bisa memulai bisnis laundry sepatu. Yuk, simak!

Pertama, kamu harus membuat rincian hal-hal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis laundry sepatu, seperti:

  • Desain ruangan, dengan perkiraan dana yang dibutuhkan Rp700 ribu
  • Mesin cuci khusus sepatu, dengan perkiraan dana yang dibutuhkan Rp2,8 juta
  • Rak untuk menaruh perlengkapan laundry, dengan perkiraan dana yang dibutuhkan Rp150 ribu
  • Rak sepatu, dengan perkiraan dana yang dibutuhkan Rp550 ribu
  • Satu paket peralatan laundry sepatu (detergen, pengharum, dan lainnya), dengan perkiraan dana yang dibutuhkan Rp750 ribu
  • Packing sepatu, dengan perkiraan dana yang dibutuhkan Rp100 ribu
  • Biaya air dan listrik per bulan, sekitar Rp300 ribu
  • Biaya lainnya termasuk biaya tak terduga, Rp500 ribu.

Setelah semua hal yang dibutuhkan sudah kamu rincikan dengan baik beserta total biayanya, maka kamu bisa langsung menghitung jumlah keseluruhan dana yang dibutuhkan untuk modal awal.

Dari semua poin di atas, bisa diketahui kalau dana yang harus kamu miliki untuk bisa menjalankan bisnis laundry sepatu, yaitu berkisar Rp5.850.000,-.

Bukan nominal yang sangat besar, bukan? Tetapi tentunya, kamu harus memiliki simpanan uang lebih dari itu, untuk berjaga-jaga jika ada kebutuhan tambahan lainnya yang harus dibeli.

Tips Memulai Bisnis Laundry Sepatu

Informasi dasar, hal-hal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis laundry sepatu dengan JULO, dan rincian hal-hal yang dibutuhkan sudah kamu ketahui lengkap informasinya di pembahasan sebelumnya.

Tetapi, rasanya ada yang kurang jika kamu belum mengetahui tips memulai bisnis laundry sepatu. Sebab, tips ini akan membantu kamu memulai bisnis laundry dengan baik dan tepat.

Adapun sejumlah tips memulai bisnis laundry sepatu yang perlu kamu lakukan, di antaranya yaitu:

1. Penuhi diri dengan pengetahuan merawat sepatu

pengetahuan - Bisnis Laundry Sepatu dengan JULO

Agar bisnis laundry sepatu dengan JULO yang kamu jalankan nantinya berlangsung lancar, maka kamu harus memenuhi diri kamu dengan pengetahuan merawat sepatu yang mumpuni.

Pengetahuan tersebut pun, bisa kamu dapat dari sharing session bersama kolektor sepatu, pebisnis sepatu yang sudah lebih dulu menekuni bidang ini, mencarinya di internet, buku, maupun mengikuti kursus shoe cleaning.

Apabila pengetahuan yang kamu miliki sudah mumpuni, maka kamu nantinya bisa menjalankan bisnis ini dengan sangat baik. Sebab, kamu tahu bagaimana cara merawat sepatu milik seseorang dengan benar, dan memberikan hasil memuaskan.

2. Lakukan pemilihan bahan dan alat dengan baik

pemilihan bahan - Bisnis Laundry Sepatu dengan JULO

Selain memenuhi diri dengan pengetahuan merawat sepatu, kamu juga harus memilih bahan dan alat yang akan digunakan dengan baik.

Karena dengan bahan dan alat tersebut, bisnis laundry sepatu dengan JULO yang kamu jalankan akan mendapat kepercayaan dari banyak orang.

Dalam poin ini, bahan dan alat yang paling penting untuk kamu perhatikan kualitasnya, yaitu detergen, alat-alat pembersih, dan mesin pengering.

Detergen sendiri menjadi barang yang perlu mendapat perhatian lebih, karena merk yang digunakan tidak boleh sembarangan, agar tidak merusak sepatu.

Sementara untuk alat-alat pembersih dan mesin pengering, semuanya dipastikan ramah terhadap sepatu. Walaupun, tidak semua sepatu bisa dicuci dengan mesin otomatis, namun memiliki mesin yang ramah terhadap sepatu sangat penting.

3. Membuat dan melakukan strategi pemasaran yang efektif

melakukan strategi pemasaran - Bisnis Laundry Sepatu dengan JULO

Tips berikutnya yang perlu kamu lakukan untuk memulai bisnis laundry sepatu dengan JULO, yaitu membuat dan melakukan strategi pemasaran yang efektif.

Di sini strategi merupakan elemen yang sangat penting, khususnya untuk mencapai target komersial yang direncanakan.

Kalau melihat secara umum, strategi pemasaran sendiri biasanya ditujukan untuk mereka yang update dengan informasi.

Hal itu karena, strategi pemasaran yang dilakukan di era digital seperti saat ini, rata-rata menggunakan media sosial.

Karena seperti yang diketahui, media sosial mampu menyebarkan informasi secara efektif dan efisien, kepada khalayak luas di seluruh dunia.

Namun disamping penggunaan media sosial, pemasaran juga bisa dilakukan secara offline, menggunakan brosur yang disebar ke target yang dinilai berpotensi.

4. Memberikan pelayanan khusus untuk konsumen

pelayanan khusus konsumen - Bisnis Laundry Sepatu dengan JULO

Tips memulai bisnis laundry sepatu dengan JULO yang terakhir, yaitu memberikan pelayanan khusus untuk konsumen.

Maksud dari pelayanan khusus sendiri, yaitu kamu sebisa mungkin memiliki dan menawarkan hal yang tidak dimiliki bisnis laundry lainnya.

Seperti contoh, kamu menawarkan jasa laundry sepatu berkualitas dengan harga yang sangat murah. Bahkan, kamu juga memberikan fasilitas yang nyaman untuk para pengunjung.

Dengan semua penawaran yang kamu berikan tersebut, tentu pengunjung akan lebih senang laundry sepatu di tempatmu, karena ada sesuatu hal yang tidak dimiliki bisnis laundry lainnya.

Mulai Bisnis Laundry Sepatu dengan JULO

Nah dari semua informasi yang sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya, kamu mungkin semakin tertarik untuk segera memulai bisnis laundry sepatu dengan JULO.

Kalau begitu, kamu harus mulai menyiapkan dana untuk modal usaha, disamping mematangkan perencanaan bisnis yang tengah disusun.

Untuk dana sendiri, kamu memang bisa menggunakan uang tabungan yang dimiliki. Tetapi, jika ternyata dana yang kamu miliki saat ini belum cukup untuk memenuhi modal yang dibutuhkan, maka kamu bisa mengajukan pinjaman JULO untuk mendapat tambahan modal.

Pasalnya, JULO mampu memberikan pinjaman dana mulai dari Rp1 juta – Rp15 juta, dengan suku bunga mulai dari 0,1 persen per hari, atau sekitar 4 – 7 persen per bulan.

Tidak hanya itu, JULO juga memberikan pilihan jangka waktu pelunasan yang cukup panjang, yakni mulai dari 2 – 9 bulan, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Jika dari semua penawaran yang diberikan, kamu merasa JULO adalah pilihan yang tepat, maka sebelum yakin melakukan pengajuan, sebaiknya kamu ketahui dan penuhi dulu semua persyaratan umum dan dokumen berikut ini.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 21 – 50 tahun
  • Tinggal di area pemasaran pinjaman JULO
  • Memiliki penghasilan per bulan minimal Rp2 juta
  • Memiliki rekening bank atas nama pribadi
  • Memiliki dan melampirkan KTP
  • Melampirkan slip gaji, atau surat keterangan penghasilan
  • Melampirkan swafoto dengan KTP.

(Baca Juga: Daftar Bisnis Franchise yang Menguntungkan)

Apabila semua persyaratan tersebut sudah kamu penuhi dengan baik, maka kamu bisa langsung melakukan pengajuan secara online melalui CekAja.com agar lebih mudah.

Sebab, proses pengajuan melalui CekAja.com sangat praktis, cepat dan aman, karena sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai bisnis laundry sepatu dengan JULO sekarang juga!