Begini Cara Aktifkan Shopee Pinjam, Pengguna Sudah Tahu?

Sebagai pengguna baru, apakah kamu tahu cara aktifkan Shopee Pinjam? Fitur ini ditujukan hanya untuk pengguna Shopee saja lho. Penasaran mengenai fiturnya? Selengkapnya di ulasan berikut ini.

Begini Cara Aktifkan Shopee Pinjam, Pengguna Sudah Tahu?

Fitur Pinjaman Online Kian Menjamur, Salah Satunya SPinjam

Tak hanya tersedia di bank saja, pinjaman berbasis online kini pun dapat kamu temui pada layanan fintech hingga platform belanja online seperti Shopee.

Salah satu marketplace besar di Indonesia ini sudah eksis sejak beberapa tahun belakangan. Layanan yang diberikan terus mengalami perkembangan.

Mulai dari hanya menyediakan Shopee Pay, Shopee PayLater, hingga yang terbaru Shopee Pinjam.

Fitur tersebut bisa dinikmati oleh pengguna Shopee namun memang ada syarat dan ketentuannya sendiri. Yang menghadirkan fitur Shopee Pinjam ini adalah PT Lentera Dana Nusantara.

Perusahaan pinjaman berbasis teknologi itu telah diawasi dan mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Seputar Informasi Mengenai Shopee Pinjam

Seputar Informasi Mengenai Shopee Pinjam

Nah, sebelum kita membahas tentang cara aktifkan Shopee Pinjam, enggak ada salahnya untuk memahami dulu akan prosedur Shopee Pinjam itu sendiri.

Seperti yang dibahas sebelumnya, layanan Shopee Pinjam ini hanya bisa digunakan oleh pengguna terpilih saja.

Tidak hanya itu, Shopee Pinjam juga belum dapat dioperasikan di seluruh wilayah terkait dengan aturan regulasi untuk pinjaman konvensional.

Kemudian menyoal besaran plafonnya, layanan Shopee Pinjam sendiri termasuk salah satu fasilitas pinjaman online yang menyediakan limit kecil, mulai dari Rp200 ribu hingga Rp3 juta saja.

Suku bunga yang dikenakan per bulannya mencapai 2,45 persen, dengan biaya penanganan sebesar 3 persen dan denda keterlambatan 5 persen.

Perihal waktu jatuh temponya, Shopee memberlakukan aturan ‘paling lambat membayar’ per tanggal 5 setiap bulannya. Lewat dari itu, maka akan dikenai bunga denda keterlambatan.

(Baca Juga: Cara Aktifkan Shopee PayLater dan Serba-serbi Mengenai Layanannya)

Apakah Shopee Pinjam Berbeda dengan Shopee PayLater?

Apakah Shopee Pinjam Berbeda dengan Shopee PayLater

Mungkin sebagai pengguna baru, kamu menganggap bahwa Shopee Pinjam dan Shopee PayLater itu adalah layanan yang sama.

Namun yang perlu kamu tahu, bahwa keduanya adalah fitur yang berbeda. Shopee PayLater adalah layanan untuk belanja di platform Shopee dengan metode bayar cicilan di bulan selanjutnya.

Sedangkan, Shopee Pinjam adalah layanan yang murni berupa kredit dari Shopee untuk pengguna terpilih. Kredit yang diberikan berupa dana tunai sesuai dengan pengajuan di awal.

Dana tunai yang telah disetujui oleh pihak Shopee otomatis akan ditransfer ke rekening pribadi pengguna, dan dapat dipakai untuk berbagai kebutuhan termasuk yang sifatnya darurat.

Lalu, Bagaimana Cara Aktifkan Shopee Pinjam?

Bagaimana Cara Aktifkan Shopee Pinjam

Kamu mungkin sudah tak sabar untuk tahu cara aktifkan Shopee Pinjam. Tapi sebelum itu, pastikan bahwa semua persyaratan yang diminta telah dipenuhi, seperti:

  • Menyertakan nomor ponsel dan nomor darurat
  • Menyertakan rekening bank aktif
  • Menyertakan e-KTP untuk verifikasi data

Setelah semuanya terpenuhi, yuk langsung saja ikuti langkah-langkah cara aktifkan Shopee Pinjam, berikut ini:

1. Akses fitur SPinjam

Langkah pertama dari cara aktifkan Shopee Pinjam adalah dengan membuka aplikasi Shopee itu sendiri.

Kemudian, kamu bisa langsung masuk ke menu ‘Saya’. Di menu tersebut, nanti akan terdapat fitur ‘SPinjam’ lalu klik ‘Aktifkan Sekarang’ pada fitur tersebut.

2. Masukkan kode verifikasi

Setelah klik ‘Aktifkan Sekarang’ cara selanjutnya yang adalah dengan memasukkan kode verifikasi OTP.

Ingat, kode OPT yang diberikan pihak Shopee ini tidak boleh dibagikan kepada siapapun, guna keamanan akun kamu di platform Shopee.

3. Upload foto KTP

Langkah ketiga dari cara aktifkan Shopee Pinjam adalah dengan mengunggah foto KTP kamu. Namun ini ada ketentuannya sendiri ya.

Jadi misalnya, jika kamu bukan pengguna SPayLater, otomatis harus mengupload foto KTP sebagai persyaratan pengajuan SPinjam.

Upload foto yang dilakukan juga gak bisa sembarang. Fotonya harus menggunakan kamera belakang dengan posisi KTP masuk dalam frame. Pastikan pula informasi pribadi yang tercantum sesuai dengan informasi pada KTP.

Lalu, jika kamu adalah pengguna SPayLater, coba periksa kembali nama yang tercantum pada aplikasi Shopee, apakah sudah sesuai dengan nama di KTP atau tidak.

4. Masukkan informasi tambahan

Tak lupa setelah langkah ketiga dari cara aktifkan Shopee Pinjam di atas, kamu dapat langsung beralih ke tahapan ini. Yang mana, untuk mengaktifkan Shopee Pinjam diperlukan pula informasi penunjang.

Pastikan juga bahwa data yang diisi dalam kolom informasi tambahan sudah tepat dan nomor handphone pada menu ‘Kontak Darurat’ diawali angka 0.

5. Verifikasi wajah

Cara aktifkan Shopee Pinjam yang selanjutnya adalah dengan melakukan verifikasi wajah. Cara ini dapat dicoba dengan mengarahkan wajah ke frame yang tersedia pada aplikasi di handphone.

Kamu dapat melakukan verifikasi wajah dengan mengambil gambarnya di ruangan dengan pencahayaan maksimal.

Apabila mengalami kendala saat proses verifikasi wajah, seperti sistem eror, coba ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Update layanan Shopee di Google Play atau App Store
  • Coba kembali verifikasi wajah, minimal 2 kali
  • Jika tetap tidak berfungsi, tunggu hingga 10 menit dan pastikan handphone terhubung dengan koneksi internet.
  • Restart handphone lalu mencoba kembali verifikasi wajah dengan frame yang tersedia pada aplikasi Shopee.

Apabila verifikasi wajah berhasil, Shopee akan mengirimkan notifikasi bahwa pengajuan SPinjam kamu sedang diproses. Proses ini biasanya sebentar, hanya memakan waktu beberapa menit saja.

6. Proses persetujuan

Terakhir dari cara aktifkan Shopee Pinjam adalah saat kamu telah melalui banyak tahap di atas, dan sampai pada proses persetujuan.

Proses ini tidak memakan waktu lama. Jika disetujui, maka kamu akan menerima pesan pop up bahwa SPinjam berhasil diaktifkan.

Dari tahapan itu, jelas saja kamu dapat langsung mengajukan pinjaman dana tunai ke Shopee, yang mana nantinya pinjaman yang didapat akan dicairkan langsung ke rekening bank aktif milikmu.

(Baca Juga: Ini Cara Buka Tabungan Emas di Shopee, Sudah Tahu?)

Selain Kebutuhan Konsumtif, Shopee Pinjam juga Tersedia untuk Seller

Selain bisa digunakan untuk kebutuhan konsumtif, Shopee Pinjam juga berlaku untuk para penjual lho.

Itu berarti, cara aktifkan Shopee Pinjam di atas berlaku pula untuk para seller, yang ingin mendapat pinjaman tanpa agunan.

Fasilitas pinjaman yang diberikan kepada penjual ini menggunakan skema limit kredit (revolving), di mana penjual dapat menarik secara berulang limit pinjaman yang masih tersedia.

Masa tenor yang diberikan untuk SPinjam khusus seller cukup beragam, tersedia dalam tenor 3 dan 6 bulan dengan suku bunga sekitar 1,2 hingga 1,5 persen per bulannya.

Menyoal biaya penanganan dan denda keterlambatannya masih sama dengan ketentuan Shopee Pinjam pada umumnya, yakni sebesar 3 persen (biaya penanganan) dan 5 persen untuk denda keterlambatan.

Butuh Pinjaman Dana dengan Plafon dan Tenor Lebih Beragam?

Nah, itu dia informasi mengenai cara aktifkan Shopee Pinjam. Seperti yang kamu tahu, plafon SPinjam ini tergolong kecil, terlebih jika digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya darurat.

Makanya, dibandingkan Shopee Pinjam, mendingan kamu langsung ajukan pinjaman tanpa agunan di CekAja.com.

CekAja menyediakan beberapa produk KTA dengan limit lebih besar dan masa tenor beragam, bahkan hingga 5 tahun dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Suku bunganya juga kompetitif, mulai dari 0,65 persen per bulannya. Selain itu, pinjaman yang kamu ajukan di CekAja juga nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan maupun kemampuan bayarmu.

Sehingga lebih terasa ringan cicilannya dan risiko gagal bayar tentu saja akan minim dialami. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, akses CekAja.com dan ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan kamu.