Ini Cara Buka Tabungan Emas di Shopee, Sudah Tahu?

Buat kamu yang ingin berinvestasi emas tapi gak mau ribet, sekarang kamu bisa loh mempelajari terlebih dahulu cara buka tabungan emas di Shopee, untuk bisa menikmati fasilitas tersebut. Kamu sudah tahu belum?

Ini Cara Buka Tabungan Emas di Shopee, Sudah Tahu?

Sejak berkolaborasi dengan Pegadaian di akhir tahun lalu, tepatnya sekitar bulan Oktober 2020, Shopee meluncurkan fasilitas Tabungan Emas yang dapat digunakan para konsumennya.

Kerja sama yang dijalin antara Pegadaian dan Shopee ini, sejatinya ditujukan untuk memperluas akses produk tabungan emas, serta memudahkan masyarakat dalam berinvestasi emas.

Akan tetapi, untuk bisa menggunakan fasilitas tersebut, para konsumen diharuskan untuk membuka tabungan emas terlebih dahulu.

Jika belum tahu bagaimana cara buka tabungan emas di Shopee, pada artikel kali ini CekAja akan memberikan ulasannya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Apa Itu Tabungan Emas Shopee?

Apa Itu Tabungan Emas Shopee

Sebelum kamu tahu lebih jauh tentang cara buka tabungan emas di Shopee, pertama-tama kamu harus tahu dulu informasi dasar seputar tabungan emas Shopee itu sendiri.

Jadi seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tabungan emas Shopee adalah fasilitas hasil kolaborasi antara Shopee dan Pegadaian, yang dihadirkan khusus untuk masyarakat Indonesia, terutama pengguna setia e-commerce berwarna oranye ini.

Layanan tabungan emas ini pun, pada dasarnya merupakan layanan beli dan titip emas, yang akan memberikan kemudahan untuk kamu berinvestasi emas secara aman, terpercaya, dan tentunya terjangkau.

Di Indonesia sendiri, Pegadaian telah dikenal sebagai pelopor program tabungan emas, dan menjadi pihak yang mempopulerkan layanan tersebut ke penjuru Indonesia.

Nah melalui layanan tabungan emas itulah, kamu dan masyarakat lainnya jadi bisa menabung emas melalui aplikasi Shopee yang ada di ponsel, karena bisa diakses secara digital, di mana saja dan kapan saja.

Menariknya, investasi emas di Shopee bisa dilakukan mulai dari Rp500 saja! Dari situ, konsumen bisa mendapatkan banyak keuntungan, yang di antaranya yaitu:

  • Dibebaskan dari biaya penyimpanan tahun pertama
  • Mendapat back-up seluruh tabungan emas dalam bentuk fisik, yang disimpan oleh Pegadaian.

(Baca Juga: Perbedaan Kredit Emas dan Tabungan Emas)

Syarat Buka Tabungan Emas di Shopee

Untuk bisa melakukan sejumlah cara buka tabungan emas di Shopee dengan benar, selain mengetahui informasi dasar tentang layanan tersebut, kamu juga harus tahu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi.

Walaupun, syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk membuka tabungan emas Shopee sebenarnya sangat sederhana, antara lain:

  • Melakukan investasi awal minimal Rp500
  • Untuk selanjutnya, nasabah bisa membeli emas mulai dari Rp5 ribu
  • Melakukan transfer emas ke sesama pengguna Shopee minimal 0,01 gram dan maksimal 100 gram
  • Wajib memiliki saldo mengendap minimal 0,05 gram
  • Mendapatkan buku setelah nasabah berkunjung ke kantor cabang Pegadaian yang didaftarkan.

Cara Buka Tabungan Emas di Shopee

Cara Buka Tabungan Emas di Shopee

Setelah beberapa informasi dasar dan syarat membuka tabungan emas di Shopee sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya, kali ini kamu akan mengetahui bagaimana cara buka tabungan emas di Shopee yang mudah.

Mengapa disebut mudah? Karena sejatinya, nasabah hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini, yaitu:

  • Mengunjungi halaman Tabungan Emas di aplikasi Shopee (bisa ditemukan di menu Pulsa, Tagihan, & Hiburan)
  • Menentukan jumlah emas yang akan dibeli (baik dalam bentuk satuan gram atau rupiah)
  • Melengkapi data untuk proses verifikasi KTP
  • Melakukan proses pembayaran.

Apabila pembayaran berhasil, maka secara otomatis jumlah emas yang dibeli akan tercatat di fitur Tabungan Emas, dalam akun pengguna Shopee.

Perlu diketahui, berat emas yang akan diterima nasabah, akan sesuai dengan harga emas yang tercantum pada saat proses transaksi.

Setelahnya, nasabah akan diberikan waktu enam bulan, terhitung dari pembukaan rekening tabungan emas Shopee, untuk melakukan registrasi ke kantor cabang Pegadaian terdekat. Bagaimana, cara buka tabungan emas di Shopee benar-benar sangat mudah, bukan?

Cara Jual Emas di Tabungan Emas Shopee

Cara Jual Emas di Tabungan Emas Shopee

Tak hanya cara buka tabungan emas di Shopee saja yang mudah, namun cara jual emasnya pun sangat gampang, di antaranya yaitu:

  • Pilih opsi Jual di halaman Tabungan Emas pada aplikasi Shopee
  • Menentukan jumlah yang akan dijual (baik dalam satuan berat atau harga dalam rupiah)
  • Mengisi nama dan nomor rekening bank. Dalam tahap ini, pastikan nama pemilik rekening sama dengan nama yang terdaftar dalam program tabungan emas Shopee (untuk jenis rekening tabungannya hanya bisa rekening BCA, Mandiri, BNI atau BRI)
  • Apabila semua proses berhasil dilakukan, nantinya nominal uang yang sesuai dengan berat atau harga emas yang dijual akan otomatis masuk ke rekening.

Aktivitas penjualan emas yang ada di Tabungan Emas Shopee ini, bisa kamu lakukan menggunakan prinsip trading, yakni beli saat harga tertentu dan jual saat harga lebih tinggi.

Ketika akan menjual emas, kamu pun harus melihat selisih harga. Sebab, itu menjadi margin keuntungan yang akan kamu dapat.

Masih Ragu untuk Membuka Tabungan Emas di Shopee?

Dari semua informasi yang sudah kamu ketahui dengan baik sebelumnya, seharusnya kemungkinan munculnya rasa ragu untuk membuka tabungan emas di Shopee kecil.

Akan tetapi, jika kamu merasa belum terlalu yakin dan berani membuka tabungan emas di Shopee, di bawah ini CekAja berikan beberapa alasan, mengapa kamu perlu membuka tabungan emas di Shopee, yaitu:

  • Shopee dan Pegadaian menerima tabungan emas mulai dari Rp500, untuk memudahkan kamu berinvestasi
  • Mudahnya mencairkan tabungan emas dalam bentuk emas batangan, atau uang tunai yang nominalnya sesuai dengan saldo emas dalam gram
  • Keamanan bertransaksi emas sangat terjamin, karena Shopee bekerja sama dengan Pegadaian, dan telah diawasi langsung oleh OJK
  • Harga emas yang cenderung stabil, tahan terhadap inflasi dan gejolak ekonomi tidak seperti instrumen investasi lainnya.

(Baca Juga: Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik)

Informasi seputar cara buka tabungan emas di Shopee, kini sudah kamu ketahui dengan jelas di pembahasan sebelumnya.

Tak hanya itu, kamu pun sudah mengetahui informasi dasar mengenai tabungan emas Shopee, syarat yang harus dipenuhi untuk membuka tabungan emas, hingga cara menjual emas di tabungan emas Shopee.

Dari semua informasi lengkap yang diberikan, kamu mungkin tertarik untuk coba membuka tabungan emas di Shopee, dan berinvestasi di sana.

Kalau begitu, kamu bisa langsung mengunduh dan menginstall aplikasi Shopee di ponsel, lalu membuka tabungan emasnya.

Nah selain membuka tabungan emas, di aplikasi tersebut kamu juga bisa belanja online berbagai produk fesyen, hingga makanan dan minuman.

Agar kegiatan belanja online nantinya berlangsung praktis, mudah dan hemat, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Sebab, kartu kredit sering memberikan promo belanja menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, mulai dari diskon, cashback hingga rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit dari perbankan ternama dan terpercaya, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!