5 Cara Cek Keaslian Odometer Mobil Bekas, Awas Ketipu!

Saat membeli mobil second, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan salah satunya mengenai keaslian dari odometer mobil tersebut. Dan berikut cara cek keaslian odometer mobil bekas.

Pariwara

Apa Itu Odometer?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, yakni mengenai cara cek keaslian odometer mobil bekas, mari kita bahas tentang pengertian hingga fungsi dari odometer sendiri.

Soalnya terkadang, masih ada saja beberapa pecinta otomotif yang salah mengartikan istilah odometer, dan menganggapnya sama dengan speedometer ataupun takometer.

Odometer merupakan indikator untuk menunjukkan jarak tempuh dari pemakaian mobil.

Fitur ini juga berfungsi untuk menandakan masa servis ataupun ganti oil.

Letaknya berada dekat dengan informasi kecepatan mobil (speedometer), putaran mesin mobil (takometer), serta fuel level atau informasi mengenai jumlah besin di dalam tangki.

Dari odometer ini, kita bisa tahu usia pemakaian mobil. Fungsinya banyak dimanfaatkan oleh mereka yang ingin membeli mobil second.

Apabila jumlah kilometer yang ada di odometer terbilang rendah, itu berarti masa pemakaian dari mobil beserta suku cadangnya masih belum perlu diganti, begitupun sebaliknya.

Dampak Kilometer di Odometer Mobil yang Dipalsukan

Sayangnya, enggak semua pelaku jual mobil second bersikap jujur saat menjajakan barangnya itu.

Malahan, beberapa diantaranya sengaja mengutak-atik kilometer di odometer, agar pembeli tergiur untuk membeli mobil tersebut.

Padahal, terdapat dampak negatif jika menurunkan angka kilometer pada odometer mobil, yaitu rem jadi tdiak bekerja maksimal, bahkan berakibat pada kondisi rem blong.

(Baca Juga: 2 Cara Mengecek Kondisi dan Volume Oli Mobil)

Cara Cek Keaslian Odometer Mobil Bekas

Makanya, sebagai pembeli, sebisa mungkin kamu harus mengetahui cara cek keaslian odometer mobil bekas, agar risiko-risiko tak terduga enggak dialami.

Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini CekAja bagikan informasi mengenai cara cek keaslian odometer mobil bekas, khusus buat kamu.

1. Cek kondisi dashboard

Cara cek keaslian odometer mobil bekas yang pertama adalah dengan memperhatikan kondisi dari dashboard.

Hal ini wajib dilakukan, khususnya untuk mobil yang menggunakan odometer manual.

Apabila terdapat bekas baretan atau congkelan pada bagian tersebut, bisa jadi itu adalah tanda jika odometer telah dimanipulasi.

Karena memang, untuk memutar angka kilometer pada odometer, harus dibuka paksa dengan cara dicongkel.

Lalu, bagaimana dengan mobil yang menggunakan odometer digital?

Nah beruntunglah kamu jika membeli mobil second yang odometernya digital.

Sebab jenis ini sangat minim kecurangan, sehingga kamu enggak perlu terlalu khawatir akan hal tersebut.

2. Periksa kondisi fisik mobil

Cara cek keaslian odometer mobil bekas selanjutnya yaitu dengan memeriksa secara jeli kondisi fisik mobil.

Kiat ini enggak boleh dilewatkan saat kamu akan membeli kendaraan roda empat tersebut.

Dengan memeriksa fisik mobil, baik itu bagian eksterior maupun interiornya, kamu bisa mengetahui masa pemakaian hingga seberapa primanya kondisi dari mobil.

Mobil yang jarang dipakai, biasanya memiliki eksterior dan interior yang bagus bahkan beberapa diantaranya masih terlihat baru.

Untuk bagian interior, kamu bisa mengecek dashboard, setir, jok, pedal, komponen kaki, hingga suara mesin apakah terdengar masih halus atau kasar.

Sementara pada eksterior, kamu bisa memperhatikan bagian bannya sendiri.

3. Perhatikan ban mobil dan tarikan mesinnya

Tadi sudah disinggung sedikit mengenai ban mobil. Nah, maksud dari mengecek bagian ban mobil adalah untuk mengetahui masa pemakaian dari kendaraan tersebut.

Pengecekan ban mobil sendiri juga termasuk cara cek keaslian odometer mobil lho.

Cuma memang, kamu harus tahu dulu apakah ban yang digunakan masih “bawaan” dari pabrik atau sudah diganti.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa mencocokkan tahun ban dengan tahun pembuatan mobil.

Jika tidak sesuai, dan angka kilometer masih rendah, ada kemungkinan bahwa odometernya dimanipulasi oleh pihak penjual.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek tarikan mesin dari mobil second tersebut.

Mobil yang jarang dipakai, biasanya memiliki bunyi mesin yang lebih halus ketimbang yang sering dipakai.

4. Melihat catatan servis

Bukan cuma memperhatikan kondisi ban dan ruang mesin saja, cara cek keaslian odometer mobil bekas juga bisa kamu lakukan dengan melihat buku servis dari mobil tersebut.

Dalam buku servis, biasanya sudah tertera informasi mengenai perawatan yang dilakukan pada mobil.

Mulai dari penggantian part, waktu servis, hingga catatan kilometer yang ditempuh.

Sebaiknya, kalau kamu ingin membeli mobil second, belilah di bengkel resmi yang biasanya telah dilengkapi service record lengkap. Cara ini paling efektif untuk mencegah kecurangan odometer.

Akan tetapi, beberapa pemilik mobil juga biasanya memilih service di luar bengkel resmi.

Untuk kondisi tersebut, satu-satunya solusi yang bisa kamu ambil adalah adalah dengan memeriksa kembali memeriksa kondisi fisik mobil, agar mengetahui keaslian dari odometer.

5. Tahun pembuatan mobil

Cara cek keaslian odometer mobil yang terakhir adalah dengan melihat tahun pembuatan dari mobil tersebut.

Biasanya, mobil yang dipakai sehari-hari memiliki jarak tempuh sekitar 15 hingga 20 ribu kilometer per tahun di odometer.

Apabila angka kilometer di odometer tidak sesuai dengan jarak tempuh semestinya sekaligus usia dari mobil tersebut, kamu bisa langsung bertanya kepada pemiliknya.

Kalaupun sang pemilik adalah penjual yang jujur dan odometer pada mobilnya terbilang rendah meski usia mobil cukup tua. Besar kemungkinan karena pola pemakaian dari sang pemilik.

Nah, itu tadi sederet informasi mengenai cara cek keaslian odometer mobil bekas. Pembelian mobil bekas memang sebaiknya disertakan dengan pengecekan mendalam.

Pasalnya, biarpun harga yang ditawarkan lebih murah, cuma kalau ternyata performanya tidak maksimal justru bisa membuat kamu merugi.

Setelahnya, bila kamu sudah membeli mobil second, jangan lupa untuk melengkapi perlindungannya dengan asuransi kendaraan dari CekAja.com.

(Baca Juga: 2 Cara Mudah Ganti Oli Kendaraan Sendiri)

Beli Asuransi Kendaraan di CekAja, Kenapa Tidak?

Kenapa harus di CekAja? Soalnya melalui layanan kami, kamu bisa membeli asuransi kendaraan terbaik dari rekanan CekAja, seperti Adira Insurance dan Asuransi Sinarmas.

Sehingga, segala risiko kerusakan hingga pencurian bisa diminimalisir sedari awal dengan pembelian polis asuransi kendaraan ini.

Tak perlu repot mendatangi kantor CekAja, sebab seluruh proses pengajuannya bisa dilakukan secara online, yang tentunya lebih praktis.

Yuk, tunggu apalagi? Beli segera polis asuransi kendaraan dari CekAja.com, dan nikmati seluruh perlindungan maksimalnya untuk mobilmu.

Pariwara