Cara Ikut Lelang Mobil via Online, Cepat dan Mudah

Pembelian mobil secara lelang, memang belum begitu terkenal di tengah masyarakat. Adapun, bila kamu tertarik, tapi masih bingung bagaimana cara ikut lelang mobil via online, mari simak informasi berikut ini.

Advertisement

Proses lelang bisa dilakukan secara onsite, namun di tengah kondisi pandemi ini, akan lebih baik jika kamu menggunakan sistem online untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 jika berkumpul dengan banyak orang.

Jangan khawatir, sistem online lelang saat ini sudah terjamin aman dan nyaman, pilihlah balai lelang yang terpercaya dan resmi ya. Seperti, IBID Balai Lelang Serasi, JBA, dan Bidwin.

Langkah-langkah Cara Ikut Lelang Mobil via Online

  • Cari kendaraan yang diminati, lalu cek jadwal lelang via website balai lelang pilihan kamu.
  • Cek detail kondisi kondisi fisik unit dan dokumen objek lelang via website.
  • Registrasi dan beli Nomor Peserta Lelang (NPL). Isi data diri dan lakukan pembelian NPL melalui website resmi. Pembayaran NPL bisa melalui Virtual Account dan kartu kredit.
  • Pilih jadwal lelang online yang sedang berlangsung. Kamu bisa langsung memilih kendaraan yang diinginkan sesuai daftar lot kendaraan yang tersedia. Tenggat waktu lelang tertera pada bagian informasi kendaraan.
  • Ikuti alur proses lelang online. Kamu bisa langsung melakukan penawaran (bidding) secara online sesuai yang diinginkan.
  • Jika kamu memenangkan lelang, pelunasan sisa pembayaran wajib dilakukan selambatnya 5 (lima) hari kerja setelah lelang. Namun, jika kamu kalah, biaya pembelian NPL dikembalikan 100 persen ke nomor rekening terdaftar, selambatnya 3 (tiga) hari kerja setelah lelang.
  • Setelah melunasi pembayaran unit dan pembayaran administrasi. kamu dapat mengambil kendaraan beserta dokumennya.

Tips Membeli Lelang Mobil via Online

Membeli mobil bekas di balai lelang menjadi salah satu cara mendapatkan kendaraan yang diinginkan dengan harga yang kompetitif.

1. Pahami tata cara lelang

Setiap balai lelang, sebenarnya memiliki tata cara masing-masing, dalam melelang kendaraan bekas.

Sebelum ikut lelang, kamu perlu pahami bahwa balai lelang hanya melelang kendaraan bekas apa adanya.

2. Kenali transaksi administrasi lelang

Saat ikut lelang mobil secara offline maupun online, kamu pasti akan diminta menyetorkan sejumlah deposito sebagai jaminan atau tanda keseriusan kamu sebagai peserta lelang.

(Baca Juga: Tips Beli Mobil Bekas Secara Kredit)

3. Teliti dan Detail dalam Pengecekan

Meskipun balai lelang telah menyediakan berbagai fitur online yang memudahkan kamu untuk mengenali unit yang diincar saat lelang, akan jauh lebih baik dan tenang jika kamu mengecek langsung terlebih dahulu.

Kamu bisa menyempatkan diri untuk cek unit secara fisik di lokasi unit. Jangan lupa, cek dokumen seperti BPKB dan STNK ya.

4. Perhatikan nomor rangka dan nomor mesin

Salah satu unsur penting selain memperhatikan eksterior, interior, dan mesin mobil. Nomor rangka dan nomor mesin juga perlu kamu cek kesesuaiannya dengan informasi unit yang diberikan balai lelang.

Sangat berisiko jika kamu tidak mengecek, atau membeli unit yang nomor rangka dan nomor mesinnya tidak terbaca.

5. Pastikan jaringan internet stabil

Jangan sampai kamu melewatkan unit incaran atau kalah bid hanya karena jaringan internet kamu tidak stabil.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil Lelang via Online

Kelebihan

  • Harga unit yang dibandrol dibawah harga pasaran bahkan dealer mobil bekas. Potensial penghematan kamu bisa sekitar 30%
  • Model vintage yang dicari orang. Para kolektor mobil antik tentu tak akan melewatkan lelang mobil dengan model-model kuno tersebut dengan harga yang wajar.
  • Fleksibel mengikuti lelang di mana saja via online
  • Banyak pilihan unit dengan berbagai jenis, tipe, dan kondisi. Peserta yang memiliki anggaran terbatas bisa punya lebih banyak opsi yang bisa disesuaikan dengan kemampuan.
  • Lebih praktis dan cepat, ketimbang membeli di dealer. Setelah proses pembayaran dilunasi dalam waktu 3 (tiga) hari, peserta yang menang dapat membawa pulang mobilnya.
  • Bekas kendaraan armada, adapun beberapa perusahaan atau pemerintah yang sering mengadakan pembaruan pada armada mereka setelah beberapa tahun atau beberapa kilometer. Manfaat dari kondisi ini, unit kendaraan tersebut memiliki dokumentasi lengkap serta mendapatkan perawatan maksimal dari tempat asalnya.

Kekurangan

  • Kondisi apa adanya, biasanya pemilik showroom pun mengikuti lelang mobil untuk diperbaiki dahulu sebelum dijual di showroom dengan harga yang lebih tinggi.
  • Dokumen penting tersendat, karena biasanya mobil lelang merupakan mobil kredit macet yang disita atau diambil paksa oleh penagih utang dan telah berpindah tangan beberapa kali, maka dokumen penting seperti BPKB dan STNK sering kali masih ada di pemilik kendaraan atau pihak perusahaan pembiayaan. Namun, ada balai lelang yang akan membantu proses pengambilannya dari perusahaan pembayaran.
  • Kurangnya test drive
    Balai lelang mungkin tidak akan menawarkan test drive pada kamu. Kendati kamu sudah mendapatkan banyak informasi mengenai kondisi kendaraan, serta pengamatan visual secara mandiri, namun itu semua tidak menjamin unit kendaraan yang kamu bawa pulang memiliki kondisi terbaik untuk langsung dipakai.
  • Biaya Tersembunyi
    Mungkin ada biaya tersembunyi yang kamu tidak sadari. Biaya untuk dokumen pendaftaran bahkan uang ekstra untuk mendapatkan sertifikat kelaikan jalan, jika unit tersebut belum memilikinya.
    Maka dari itu, sangat penting untuk memastikan berapa biaya proses lelang serta mendapatkan segala informasi lengkap mengenai mobil yang di lelang.

Cara Titip Jual Mobil pada Lelang

Sebelum Lelang

  • Hubungi tim customer service balai lelang pilihan kamu dan pastikan kamu memiliki unit kendaraan yang ingin dilelang atau dijual.
  • Customer datang langsung ke balai lelang untuk membicarakan dan menjelaskan perjanjian kerjasama (MOU) berikut mekanisme, komisi, dan ketentuan lainnya serta serah terima unit yang akan dilelang.
  • Pihak balai lelang akan memeriksa keadaan unit kendaraan pada saat diterima.
  • Setelah melihat kondisi unit kendaraan, pihak balai lelang akan memberi masukan/rekomendasi tentang harga dasar (limit) kendaraan. Harga dasar final tetap kamu yang tentukan sepenuhnya.

Ketika Lelang

  • Kendaraan akan dilelang berdasarkan nomor lot yang telah diberikan oleh tim Balai Lelang pilihan kamu.

Setelah Lelang

  • H+1 setelah lelang selesai, tim balai lelang akan mengirimkan laporan hasil lelang pada kamu.
  • 6 hari kerja setelah lelang, tim balai lelang akan memberikan pembayaran dan hasil lelang/penjualan unit kendaraan kamu.
  • Laporan resmi akan diberikan setelahnya.
  • Unit kendaraan yang belum terjual, dapat diambil atau diikutkan kembali pada lelang selanjutnya.

(Baca Juga: Mobil Bekas Tahun Muda Di Bawah Rp100 Juta)

Nah, itu dia beberapa cara dan keuntungan jika kamu ingin mengikuti lelang mobil secara online, membeli ataupun menjual. Namun, pastikan kondisi keuanganmu dulu ya sebelum mengikuti lelang mobil secara online ini.

Sebab, cara main lelang secara online mengharuskan pemenang lelang wajib melunasi total harga lelang selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja terhitung sejak tanggal lelang.

Untuk kamu yang tertarik mengikuti lelang mobil via online ini namun terkendala soal biaya cepat, kami dari CekAja.com menawarkab solusi terbaik melalui kartu kredit.

Apalagi untuk kamu yang mengikuti lelang mobil via online untuk dijual kembali atau menjadi bagian dari usaha dan kekurangan modal.

Melalui CekAja.com, kamu bisa mengajukan pinjaman online dari berbagai partner lembaga keuangan terbaik di Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hingga modal usaha kecil, menengah, hingga skala besar seperti jual-beli mobil melalui lelang via online ini.

Yuk, segera ajukan kartu kredit pilihan terbaikmu melalui CekAja.com dengan proses online, mudah, aman, dan nyaman.

Advertisement