12 Generasi Toyota Corolla yang Mendunia, Mana Favoritmu?

6 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Kehadiran generasi Toyota Corolla sukses menggebrak dunia otomotif dunia. Keseluruhan generasinya bahkan selalu hadir meramaikan segmen pasar mobil di Indonesia.

Sekiranya sudah 50 tahun lebih Toyota Corolla hadir di tengah pasar otomotif dunia. Mobil berjenis sedan ini diproduksi oleh produsen otomotif asal Jepang, Toyota.

Bisa dibilang Corolla adalah seri paling laris yang namanya langsung booming kala Toyota merilis mobil tersebut pada 1966 silam.

Tingginya permintaan akan Corolla, membuat Toyota langsung memulai produksinya ini di berbagai negara, seperti Amerika, Eropa, Afrika, dan Asia.

Meski pengerjaan proyek Toyota Corolla pertama terkesan buru-buru, namun siapa sangka jika mobil sedan compact ini menjadi mobil terlaris di dunia, bahkan melampaui penjualan Volkswagen Beetle.

Kilas Balik Perjalanan Toyota Corolla

Tidak hanya di dunia, hampir semua generasi Toyota Corolla juga berjaya di pasar otomotif Indonesia.

Bahkan pada 2015 lalu, Penjualan Corolla melesat dengan rekor 1.239 unit yang terjual.

Sementara, untuk catatan penjualannya di dunia, Toyota Corolla berhasil mencapai angka 44,1 juta unit yang laku, tepatnya pada Februari 2017 lalu.

Dengan angka penjualan yang fantastis tersebut, enggak heran kalau Toyota Corolla sempat mendominasi pasar mobil sedan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah dari masing-masing generasi Toyota Corolla? Berikut ini CekAja sajikan informasinya untuk kamu.

1. Generasi Toyota Corolla Pertama (1966)

Generasi pertama dari Toyota Corolla pertama kali diproduksi oleh Jepang pada 1966.

Corolla seri pertama merupakan uji coba yang dilakukan Toyota untuk bertaruh dalam pasar mobil dunia.

Butuh waktu sekitar dua tahun bagi produsen otomotif Jepang tersebut, untuk memasarkan mobilnya di Amerika.

Selain Amerika dan Jepang, Toyota juga mencoba peruntungannya dengan mengimpor Corolla generasi pertama ini ke Australia.

Tampilan dari Toyota Corolla generasi pertama kala itu menyesuaikan dengan semua jenis mobil sedan yang dipasarkan.

Mobil sedan ini hadir dengan bentuk lampu utama yang bulat dan posisi spion yang menghadap ke kaca depan mobil.

Untuk urusan performanya, Toyota Corolla generasi pertama dibekali mesin bertenaga 60 hp dengan kapasitas 1.100 cc, yang terdiri dari tiga kode sekaligus, kode KE10 (Sedan), KE15 (Coupe), dan KE16 (Wagon).

(Baca Juga: 5 Cara Cek Keaslian Odometer Mobil)

2. Generasi Toyota Corolla Kedua (1970)

Pada generasi kedua, barulah Toyota bisa mengekspansi produk Corolla nya ke Indonesia. Corolla generasi kedua ini hadir di pangsa pasar otomotif dunia pada 1970.

Dari sisi desain, Toyota Corolla generasi kedua ini sebetulnya tidak terlalu berubah.

Hanya saja pada model KE20 ini, Toyota membekali produk mobil sedannya tersebut dengan mesin 3K. Kapasitasnya sekitar 1.200 cc, dengan sistem transmisi manual 4 percepatan.

Karena generasi kedua adalah debut pertama Toyota di pasar otomotif Indonesia, mobil sedan ini nyatanya cukup diminati masyarakat tanah air, dan dijuluki sebagai Corollet Betawi.

3. Generasi Toyota Corolla Ketiga (1975)

Memasuki tahun 1975, Toyota kembali mengibarkan namanya dengan merilis Toyota Corolla generasi ketiga. Generasi ini juga sukses terjual, khususnya di pasar Amerika.

Soalnya saat itu, Amerika tengah mengalami krisis bahan bakar, yang membuat orang-orang di sana beralih ke mobil kecil nan ekonomis, seperti Toyota Corolla ini.

Dari segi mesin, Corolla generasi ketiga ini masih tampak sama dengan generasi keduanya, yaitu menggunakan desain lampu bulat dan dibekali mesin 3K dengan kapasitas 1.200 cc.

Sementara untuk desainnya, Corolla generasi ketiga memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari sebelumnya, yang mana pada bagian depan dan belakang dibuat lebih terlihat boxy.

Di Indonesia sendiri, Corolla seri ini mendapat julukan khusus dari konsumen yakni Corolla Veteran.

4. Generasi Toyota Corolla Keempat (1980)

Semakin populer di Indonesia, Toyota Corolla generasi keempat yang dirilis pada 1980 silam hadir dengan tampilan eksterior yang sangat berbeda dan dinilai lebih aerodinamis.

Toyota Corolla generasi keempat ini didesain serba kotak, bahkan pada bagian lampu utamanya pun turut mengalami perubahan.

Mobil sedan yang terkenal dengan nama Toyota Corolla DX ini menggunakan kode bodi KE70, dengan mesin 4K berkapasitas 1.300 cc. Sistem transmisinya memakai manual 4 percepatan.

Meski termasuk mobil jadul, namun Toyota Corolla yang satu ini masih sangat populer di kalangan pecinta mobil lawas bergaya retro Jepang.

5. Generasi Toyota Corolla Kelima (1983)

Mengusung gebrakan baru, Toyota menghadirkan Corolla generasi kelima dengan penggerak roda depan yang diklaim lebih nyaman pemakaian.

Seri kelima ini punya sebutan khusus, yaitu GL. Varian GL sendiri terbagi menjadi dua edisi, yang mana kedua jenisnya menggunakan mesin karburator yang berbeda.

Pada edisi Corolla GL tahun 1983-1985, Toyota membekali mobil tersebut dengan mesin berkapasitas 1,3 cc SOHC karburator. Edisi ini menggunakan mesin berkode 2A.

Sementara, pada edisi kedua yang dipasarkan pada 1985 sampai 1987, Corolla GL menggunakan mesin berkarburator DOHC dengan kapasitas 1.300 cc. Edisi ini dibekali mesin baru berkode 2E.

Walaupun dipasarkan dengan dua edisi sekaligus, sayangnya Toyota Corolla generasi kelima ini enggak bisa bertahan lama di Indonesia, selayaknya Corolla generasi keempat yang populer.

6. Generasi Toyota Corolla Keenam (1988)

Dengan kode bodi AE92, generasi keenam dari Toyota Corolla ini juga sangat laku di pasaran, terutama pada pangsa pasar otomotif Indonesia.

Generasi keenam Corolla ini dijuluki Toyota Corolla Twincam, karena teknologi mesin yang disematkan adalah camshaft ganda, serta dengan sistem transmisi otomatik.

Saat itu, Toyota memperkenalkan generasi terbarunya ini dalam 3 pilihan mesin sekaligus, yaitu:

  • Mesin 2E berkapasitas 1.300 cc
  • Mesin 4A-FE berkapasitas 1.600 cc
  • Mesin 4A-GE berkapasitas 1.600 cc dengan daya energi yang lebih besar

7. Generasi Toyota Corolla Ketujuh (1993)

Great Corolla adalah generasi ketujuh dari seri Corolla milik Toyota.

Lekukan bodinya yang tampak aerodinamis, membuat mobil sedan ini banyak diminati oleh konsumen yang gemar dengan mobil bergaya sporty.

Great Corolla mengusung bodi berkode AE101 dan tersedia dalam 2 pilhan mesin.

Keduanya masih serupa dengan mesin pada generasi terdahulu, yaitu menggunakan mesin 2SE 1.300 cc berkaburator, dan mesin 4A-FE 1.600 cc berkaburator DOHC.

8. Generasi Toyota Corolla Kedelapan (1996)

Memasuki era 1996an hingga 2000an, Toyota menghadirkan generasi terbaru yang diberi nama New Corolla dan All New Corolla.

Dua varian terbaru dari generasi kedelapan ini dulunya dianggap sebagai mobil sedan compact dikelasnya.

Keduanya hadir dengan desain 4 pintu dan dilengkapi dual airbag, serta berkode bodi AE111.

Pada model New Corolla, Toyota menyematkan mesin 4A-FE berkapasitas 1.600 cc DOHC injeksi.

Sementara untuk model face-lift nya yakni All New Corola, menggunakan mesin 7A-FE berkapasitas 1800 cc DOHC injeksi dengan 2 pilihan sistem transmisi.

9. Generasi Toyota Corolla Kesembilan (2001)

Pada seri kesembilan ini, Toyota mulai mengubah imagenya menjadi mobil sedan mewah dengan mesin lebih tangguh dan eksterior yang lebih besar, dari beberapa generasi sebelumnya.

Saat itu, wajah baru Corolla ini diberi nama Toyota Corolla Altis.

Corolla Altis menggunakan mesin 1ZZ-FE dengan kapasitas 1.800 cc. Sistem transmisinya memakai manual 5 percepatan dan otomatik 4 percepatan.

Menyoal fitur keamanannya, Corolla Altis telah dilengkapi dengan perangkat airbag, anti-lock braking system, sekaligus rem cakram di masing-masing roda, sehingga laju kendaraan dapat dikontrol lebih maksimal.

10. Generasi Toyota Corolla Kesepuluh (2006)

Sukses dengan seri Corolla Altis, Toyota kembali menghadirkan generasi Corolla kesepuluh dengan menyematkan nama Altis, yaitu Grand New Corolla Altis.

Pada seri ini, Toyota menggunakan mesin yang lebih bertenaga, yaitu 2ZR-FE dengan kapasitas 1.800 cc dan 3ZR-FE berkapasitas 2.000 cc.

Hebatnya lagi, kedua mesin tersebut telah dipadukan dengan sistem transmisi otomatik CVT yang paling tangguh.

11. Generasi Toyota Corolla Kesebelas (2014)

Masih menggunakan nama sama, Toyota All New Corolla Altis yang merupakan seri kesebelas dari Corolla ini, menggunakan mesin yang lebih bertenaga, yaitu 2ZR-FE berkapasitas 1.800 cc, dengan dual VVT dan fitur Sport Drive Mode.

Walaupun pilihan mesin yang dibekali Toyota hanya 2ZR-FE saja, namun seri kesebelas ini gak kalah unggul, karena banyaknya fitur pengaman yang disematkan.

Mulai dari fitur emergency brakes signal, airbag berjumlah tujuh buah, hingga vehicle stability control, ada di seri kesebelas Corolla ini.

12. Generasi Toyota Corolla Keduabelas (2019-sekarang)

Generasi terakhir dari Toyota Corolla yang hingga sekarang masih bertengger di pasar otomotif Indonesia adalah Corolla dengan varian hybrid.

Ini adalah generasi paling baru dan pertama dari Toyota Corolla yang menggunakan mesin hybrid (2ZR-FE) dan mesin pembakaran internal (2ZR-FBE).

Bahkan, Toyota juga mengusung Toyota Safety Sense pada bagian fitur mobil ini.

(Baca Juga: Ini Harga Terbaru dari Mobil Mitsubishi Xpander)

Nah, itu dia dua belas generasi Toyota Corolla. Beberapa diantaranya kini masih dipasarkan di pasar otomotif Indonesia. Kisaran harganya kira-kira sekitar Rp300 juta keatas.

Karena harganya yang enggak murah, tentu kamu harus memberikan perlindungan maksimal pada mobil keluaran Toyota ini bukan?

Perlindungan tersebut bisa kamu dapat dengan membeli polis asuransi kendaraan dari CekAja.com.

Kenapa Harus CekAja?

Dengan CekAja, kamu bisa membeli polis asuransi kendaraan secara online dari mitra terbaik kami, yaitu Adira Insurance dan Asuransi Sinarmas.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati diskon penggunaan asuransi sampai 20 persen saat mengajukannya lewat CekAja.

Gimana, lebih untung bukan?

Yuk, akses laman CekAja sekarang juga, dan beli asuransi kendaraanmu di sini biar keuntungannya makin berlimpah.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri