Cara Klaim Asuransi Kendaraan Mobil di 3 Perusahaan Terbaik dan Serba-Serbinya

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Memiliki kendaraan tidak hanya fokus pada bagaimana cara mengedarainya, apa saja perawatannya dan berapa tanggungan pajak yang harus dibayarkan setiap tahunnya. Namun, kamu juga harus memikirkan bagaimana cara klaim asuransi kendaraan jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu hal pada kendaraanmu.

Masih banyak pemilik kendaraan, khususnya kendaraan roda empat yang kurang memperhatikan pentingnya asuransi dan bagaimana cara mengajukan klaimnya. Karena pada dasarnya, asuransi memiliki peran sebagai pelindung kendaraan dari kerusakan dan berbagai risiko lainnya.

Saat ini, banyak sekali perusahaan asuransi kendaaraan yang memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam mengajukan klaim. Tiga diantaranya akan diulas dibawah ini beserta cara klaim asuransi kendaraannya.

Cara Ajukan Klaim Asuransi Kendaraan Mobil di 3 Jenis Perusahaan

1. Asuransi Mobil Sinarmas atau Simasnet

Asuransi kendaraan mobil yang pertama adalah Simasnet. Sebagai anak perusahaan dari PT. Sinarmas Multi Artha Tbk, Simasnet mendapat izin usaha dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sejak tanggal 21 Oktober 2019.

Asuransi ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan dalam bentuk jasa asuransi mobil dan memenuhi kebutuhan masyarakat modern baik secara offline maupun online.

Asuransi mobil Sinarmas memberikan jaminan asuransi lengkap, diantaranya yaitu jaminan gabungan (Comprehensive) + TPL, jaminan Total Loss Only (kerugian total) + TPL, dan jaminan TPL Only (penggantian pihak ketiga).

Dimana, jaminan-jaminan tersebut diberikan sebagai perlindungan terhadap kendaraan bermotor dari berbagai risiko yang salah satunya adalah kecelakaan.

Jaminan sudah diberikan, selanjutnya kamu hanya tinggal memilih jenis asuransi mobil apa yang akan kamu gunakan. Setelah itu, kamu bisa langsung mengajukan klaim secara online, baik melalui situs resmi asuransi Sinarmas maupun pihak ketiga yang bekerjasama.

Dengan kemudahan tersebut, cara klaim asuransi kendaraannya pun dibuat sangat sederhana. Berikut prosedur klaimnya :

Mengirim Laporan Klaim

Kirim laporan klaim adalah hal pertama yang harus kamu lakukan. Dimana kamu bisa menghubungi ke empat saluran laporan yang disediakan oleh Sinarmas, diantaranya yaitu :

  • Hubungi petugas layanan pelanggan yang tersedia 24 jam di nomor (021) 23567888/50507888
  • Mengirimkan e-mail ke klaim_mbu@sinarmas.co.id
  • Melakukan pendaftaran pada menu layanan konsumen di situs Sinarmas, kemudian registrasi klaim
  • Datang langsung ke kantor cabang asuransi mobil Sinarmas terdekat

Pemisahan Laporan Klaim

Apabila laporan klaim yang diajukan sudah masuk, petugas klaim asuransi mobil Sinarmas akan memisahkan laporan tersebut menjadi dua bagian, yaitu klaim partial loss (kerusakan/kehilangan sebagian) dan stolen (kehilangan total). Laporan klaim dibuat terpisah karena adanya perbedaan prosedur untuk dua jenis klaim tersebut.

Klaim Partial Loss (Kerusakan/Kehilangan Sebagian)

Langkah berikutnya setelah pemisahan laporan klaim adalah menunggu hingga laporannya masuk. Jika laporan untuk klaim partial loss sudah masuk, selanjutnya akan ada jadwal kedatangan pegawai asuransi Sinarmas melakukan survei kendaraan.

Kamu bisa memilih lokasi survei, diantaranya yaitu di rumah, kantor cabang Sinarmas atau kantor tertanggung. Selain itu, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen untuk klaim partial loss yang diantaranya:

  • Formulir klaim yang sudah terisi
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • SIM (Surat Izin Mengemudi)
  • KTP asli (scan atau foto)
  • STPL (Surat Tanda Penerimaan Laporan) dari kepolisian setempat jika mobil kehilangan suku cadang atau interior

Apabila kendaraanmu mengalami kerusakan parah (constructive total loss), ada beberapa dokumen tambahan yang perlu dilengkapi, yaitu :

  • BPKB asli (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor)
  • STNK asli
  • Surat blokir STNK asli
  • Kunci mobil asli dan cadangan
  • Dokumen uji kir (khusus mobil pick up)
  • Dua lembar kuitansi yang masih kosong dengan tanda tangan tertangung, kemudian di tempel materai Rp 6.000,- di salah satunya
  • Faktur pembelian asli
  • Surat tanda penerimaan laporan dari kepolisian
  • Surat pernyataan subrogasi dengan tanda tangan tertanggung di atas materi Rp 6.000,-

Setelah kendaraan selesai disurvei oleh surveyor dan dokumen sudah lengkap, selanjutnya akan diterbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) agar kendaraanmu bisa segera diperbaiki di bengkel.

Klaim Stolen (Kehilangan Total)

Untuk klaim stolen, dokumen yang diperlukan sebagai syarat klaim asuransi mobil sama seperti klaim kerusakan parah. Hanya saja ada tambahan berupa surat keterangan kehilangan asli dari kepolisian di daerah setempat dan surat penyitaan dari kepolisian jika STNK disita polisi.

Jika dokumen-dokumen tersebut sudah lengkap, prosedur selanjutnya sama seperti klaim partial loss, yaitu petugas klaim asuransi mobil Sinarmas akan menerbitkan SPK agar kendaraanmu dapat segera diperbaiki di bengkel atau pencairan klaim jika mobil tidak bisa digunakan lagi atau hilang.

2. Asuransi Mobil Adira Autocillin

Asuransi kendaraan mobil yang kedua adalah Autocillin. Asuransi mobil ini memberikan jaminan untuk kendaraan yang kamu miliki. Diantaranya adalah jaminan Total Loss Only dengan rate untuk premi asuransi mobil yang berbeda-beda sesuai dengan jaminan yang kamu pilih.

Sebelum mengajukan klaim asuransi, ada baiknya kamu menganalisa terlebih dahulu jenis kerugian seperti apa yang akan kamu ajukan klaim. Pada dasarnya jenis kerugian untuk asuransi kendaraan bermotor dan alat berat terbagi dua, yaitu :

Kerugian Sebagian (Partial Loss)

Kerugian atas sebagian objek pertanggungan yang diasuransikan dengan nilai kerugian tidak lebih dari 75% harga pertanggungan. Kerugian ini biasanya terjadi karena kehilangan (Partial Loss Stolen) atau tabrakan (Partial Loss Acciden) dan kejadian lain yang dijamin di dalam polis.

Kerugian Total (Total Loss)

Kerugian atas keseluruhan objek pertanggungan yang diasuransikan, dengan nilai kerugian mencapai 75% harga pertanggungan. Kerugian ini biasanya terjadi karena kehilangan (Total Loss Stolen) atau tabrakan (Total Loss Accident) dan kejadian lain yang dijamin di dalam polis.

Untuk cara klaim asuransi kendaraan mobil di Adira sendiri cukup sederhana. Berikut prosedur cara klaim asuransi kendaraan yang perlu kamu perhatikan, yaitu :

Masukkan Laporan Klaim

  • Kamu dapat memasukkan laporan klaim dengan datang ke kantor Adira Insurance terdekat di sekitar daerahmu
  • Telepon Adira Care ke nomor 1500 456
  • SMS ke nomor 0812 111 3456
  • Melapor via Autocillin Mobile Claim (khusus Autocillin)
  • Melapor via web Adira di https://asuransiadira.com/hubungi

Persiapkan Dokumen

  • Persiapkan dokumen asuransi sesuai dengan produknya
  • Menyertakan form klaim asuransi sesuai dengan produk yang sudah diisi
  • Menyerahkan segera dokumen asuransi serta form klaim yang sudah terisi lengkap ke Adira
  • Foto-foto yang diambil setelah kejadian yang menunjukkan kerugian yang kamu alami

Proses Survei dan Analisa Klaim

Proses survei terhadap objek pertanggungan diperlukan pada beberapa jenis klaim. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara jelas penyebab terjadinya kerugian dan juga sebagai proses penghitungan estimasi total biaya kerugian yang dialami.

(Baca Juga: Jadi Single Parent Kudu Strong, Ini Asuransi yang Penting untuk Dimiliki)

Hasil Analisa Klaim dan Penilaian

Jika seluruh dokumen dan hasil survei sudah selesai di analisa, proses selanjutnya adalah tim klaim Adira akan memberikan penilaian terhadap klaim yang kamu ajukan.

Penggantian Klaim

Tahap terakhir pada cara klaim asuransi kendaraan di Autocilln adalah penggantian klaim. Dimana pada proses ini, penggantian kerugian akan disesuaikan dengan jenis kerugian yang kamu alami.

Untuk asuransi mobil, dokumen pendukung yang kamu perlukan dalam laporan klaim diantaranya sebagai berikut :

  • Fotocopy SIM yang masih berlaku
  • Fotocopy STNK yang masih berlaku
  • Dokumen lain menyesuaikan dengan jenis klaim yang kamu ajukan

Untuk dokumen pendukung lainnya mengacu pada kebijakan di setiap jenis asuransi.

3. Asuransi Mobil MAG (Multi Artha Guna)

Asuransi kendaraan terbaik yang terakhir adalah asuransi Multi Artha Guna (MAG), yang berdiri sejak 14 November 1980. Asuransi mobil MAG terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi mobil all risk MAG dan asuransi mobil TLO MAG.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan jenis yang berbeda, harga asuransi mobil pun berbeda. Biasanya harga untuk asuransi mobil jenis all risk lebih mahal, karena perlindungan yang ditawarkan pun lebih lengkap.

Jika terjadi sesuatu pada kendaraanmu, tidak perlu khawatir, karena cara klaim asuransi kendaraan di MAG cukup mudah. Simak prosedur pengajuan klaim mobil berikut ini.

Prosedur Kecelakaan

  • Berikan formulir klaim yang sudah kamu isi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari perusahaan asuransi
  • Fotocopy polis asuransi mobil
  • Fotocopy SIM
  • Fotocopy STNK
  • Surat keterangan dari kepolisian sekitar daerah kamu (sebagai bahan pertimbangan)

Dokumen Pertanggung Jawaban Pihak Ketiga (Jika Ada)

  • Surat pernyataan mengenai tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga (sebagai jaminan kerusakan dari pemegang polis kepada pihak ketiga)
  • Surat pernyataan tidak memiliki asuransi
  • Fotocopy SIM/KTP dan STNK
  • Surat keterangan dari kepolisian sekitar daerah kamu (sebagai bahan pertimbangan).

Pengajuan laporan klaim dilakukan paling lambat 5 hari setelah kejadian.

3 perusahaan asuransi diatas merupakan perusahaan terbaik dalam memberikan informasi mengenai cara klaim asuransi kendaraan dan prosedur pengajuannya secara mudah. Namun sebelumnya, kamu bisa membandingkan dahulu, perusahaan asuransi mana yang sekiranya cocok untuk kamu.

(Baca Juga: Ini Lho Manfaat Asuransi Properti yang Wajib Kamu Ketahui)

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Mobil Terbaik

Sebelumnya sudah dipaparkan tiga perusahaan asuransi mobil terbaik dan cara klaim asuransi kendaraannya. Namun, jika kamu mempunyai pilihan lain, yang dirasa memiliki cara klaim asuransi kendaraan lebih mudah, simak beberapa tips berikut ini.

  • Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Sebelum kamu memilih dan memutuskan untuk menggunakan layanan asuransi mobil, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai layanan serta jaminan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mobil itu sendiri.

  • Mempertimbangkan Kredibilitas Perusahaan

Kredibilitas suatu perusahaan asuransi menentukan layanan serta jaminan yang diberikan. Pastikan kamu memilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik sehingga dapat memberikan layanan yang mudah dan memuaskan ketika kamu mengajukan klaim.

Untuk mengetahui kredibilitas suatu perusahaan asuransi, kamu dapat mencari informasi selengkap mungkin melalui internet. Lalu kamu bisa lihat keluhan konsumen serta cara penyelesaian yang diberikan perusahaan asuransi tersebut. Hal ini bisa kamu jadikan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

  • Perbandingan Ketetapan Besaran Premi

Besaran premi sangat penting untuk kamu perhatikan, karena dana ini akan anda keluarkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Maka dari itu besaran premi yang ditawarkan setiap perusahaan asuransi perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan jumlah dana yang kamu miliki.

  • Pelayanan dan Kredibilitas Bengkel Mitra Perusahaan

Pastikan bengkel yang bermitra dengan calon perusahaan asuransi kamu adalah bengkel dengan kualitas layanan yang bagus dan memiliki infrastruktur yang memadai. Hal tersebut perlu diperhatikan agar kamu merasa nyaman dan tenang ketika nanti akan berurusan dengan bengkel.

Selain itu, perhatikan juga jumlah bengkel yang bermitra dengan perusahaan asuransi, termasuk posisi lokasi dan jarak jangkauan dari bengkel tersebut ke tempat tinggal kamu. Hal ini akan mempermudah, menghemat waktu serta tenaga kamu dalam mendatangi lokasi bengkel.

  • Fitur Layanan

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah fitur layanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Dimana fitur yang ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi berbeda dan memiliki keunggulannya sendiri.

Semakin banyak dan bagus fitur layanan yang diberikan, kemungkinan jumlah premi yang harus kamu bayarkan pun lebih besar. Maka dari itu, pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan fitur layanan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara klaim asuransi kendaraan mobil dari tiga perusahaan terbaik. Jika kamu ingin mengetahui jenis asuransi yang kamu butuhkan, yuk segera bandingkan dan ajukan hanya di situs CekAja.com!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani