Cara Membuat QR Code yang Mudah, Cepat dan Gratis. Yuk Coba!

Cara membuat QR code kini sudah semakin mudah, karena kamu bisa membuatnya sendiri melalui handphone menggunakan beberapa aplikasi tambahan, untuk membantu mempercepat proses pembuatannya. Seperti yang diketahui, QR code kini sudah banyak digunakan dimana saja, mulai dari kemasan produk, poster konser, stiker dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba membuat QR code sendiri, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa cara membuat QR code melalui handphone, secara lengkap khusus untuk kamu. Yuk simak ulasannya bersama-sama!

Sekilas tentang QR Code

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat QR code, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu sekilas informasi tentang QR code, mulai dari definisi hingga sejarah singkat hadirnya QR code sampai saat ini.

Jika melihat dari definisi, QR code pada dasarnya adalah singkatan dari Quick Response Code. Yang mana, QR code ini merupakan kode yang dipindai (scan) dalam dua dimensi, yaitu vertikal dan horizontal.

Oleh karena itu, QR code menjadi perubahan atau perkembangan terbaru dari barcode. Karena pada masanya, barcode hanya menggunakan satu dimensi. Berbeda dengan QR code yang kini sudah menggunakan dua dimensi.

Dua dimensi vertikal dan horizontal yang digunakan QR code ini, membuatnya mampu menampung lebih banyak informasi dibandingkan barcode. Dengan begitu, QR code dinilai mampu memberikan informasi dan respon yang cepat.

(Baca Juga: Perbandingan Gopay dan OVO)

Kehadiran QR code pada awalnya diusung oleh perusahaan Jepang bernama Denso Wave Corporation. Hal tersebut dikarenakan, Denso memiliki keinginan untuk membuat alat pindai yang memiliki respon cepat.

Atas dasar keinginan tersebut, akhirnya Denso mulai membuat alat pindai QR yang sifatnya adalah open source dan mulai dipublikasikan pada 1994.

Di awal kehadirannya, fungsi QR code lebih ditujukan untuk melacak kendaraan bagian manufaktur di Jepang.

Namun seiring perkembangan zaman, fungsi QR code menjadi semakin luas dan kini banyak digunakan sebagai media promosi produk, jasa dan lain sebagainya yang dapat mempermudah aktivitas manusia.

Bentuk pola yang digunakan QR code sendiri adalah persegi. Hal tersebut dikarenakan, persegi menjadi bentuk pola yang hampir tidak akan muncul di dunia bisnis. Dengan begitu, bentuk pola tersebut menjadi lebih mudah dibaca.

Lebih dari itu, QR code menariknya mampu menyimpan data jenis alphanumeric hingga 4.296 karakter, numerik hingga 7.089 karakter, kode binary hingga 2.844 byte serta huruf kanji hingga 1.817 karakter.

Jenis-jenis QR Code

Jika berbicara tentang jenis, sejatinya QR Code terdiri dari dua jenis, yaitu Static QR Code dan Dynamic QR Code.

Static QR Code ini merupakan jenis QR code, yang berisi tautan untuk ke sebuah halaman website yang tetap (statis). Sehingga, penggunaan QR code jenis ini membuat konten QR code tidak diubah.

Sementara, Dynamic QR Code merupakan jenis QR code yang berisi sebuah URL singkat, yang nantinya akan dialihkan ke halaman website yang lain. Dengan begitu, penggunaan QR code jenis ini membuat QR code dapat digunakan secara berulang dan terus menerus.

Cara Kerja QR Code

Mengetahui cara kerja dari QR code nyatanya menjadi hal penting yang perlu kamu ketahui, sebelum membahas bagaimana cara membuat QR code.

Mengingat, QR code kini sudah banyak digunakan untuk banyak keperluan dimana saja, seperti untuk kegiatan promosi produk, jasa, periklanan, registrasi formulir online, mengunduh file foto atau dokumen, hingga transaksi pembayaran kini sudah menggunakan QR code.

Cara kerja dari QR code sebenarnya sangat mudah. Sebab, kamu hanya perlu memiliki ponsel yang telah dilengkapi dengan aplikasi pembaca kode QR dan akses internet GPRS, WiFi atau 3G, untuk bisa menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju melalui kode QR.

Apabila semua hal yang dibutuhkan tersebut sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah kamu perlu mengaktifkan program pemindai QR code.

Caranya yaitu dengan mengarahkan kamera ke kode QR, lalu program tersebut akan secara otomatis membaca serta memindai kode tersebut yang sudah berisikan data-data, seperti alamat situs dan lain sebagainya.

Apabila QR code benar berisikan alamat situs, maka kamu bisa langsung mengunjungi situs tersebut tanpa harus mencarinya secara manual di mesin pencarian, atau bahkan di beberapa media sosial.

Cara Membuat QR Code

Setelah mengetahui beberapa informasi terkait QR code, mulai dari definisi, sejarah singkat, jenis-jenis QR code hingga cara kerjanya. Maka kini saatnya untuk kamu mengetahui bagaimana cara membuat QR code yang mudah dan cepat.

Karena seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau kamu bisa membuat QR code sendiri melalui handphone untuk beberapa jenis tujuan, seperti untuk alamat website, media sosial dan lain sebagainya.

Maka dari itu, untuk tahu lebih jelas bagaimana cara membuat QR code sendiri, di bawah ini CekAja.com akan mengulas beberapa cara membuat QR code yang mudah dan cepat. Adapun beberapa cara membuat QR code tersebut, di antaranya:

Cara Membuat QR Code Melalui Handphone

Sejatinya, ada banyak cara membuat QR code melalui handphone yang bisa dilakukan. Hanya saja, kali ini CekAja.com akan mengulas cara membuat QR code di handphone Android dan iOS.

Cara Membuat QR Code di iOS

Cara membuat QR code di iOS sangat mudah. Namun untuk bisa memulainya, kamu membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu proses pembuatan QR code.

Untuk iOS sendiri, kamu bisa menggunakan aplikasi QR Reader yang dapat diunduh secara gratis di App Store.

Perlu diketahui, aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuat QR code saja. Tetapi, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memindai atau membaca QR code.

Untuk bisa membuat QR code sendiri, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi QR Reader terlebih dahulu. Setelah aplikasi berhasil diunduh, kamu bisa langsung mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi QR Reader dan klik ikon panah ke bawah di bagian sudut kanan atas layar
  • Klik ikon QR code di bagian bawah
  • Tekan tombol tambah (+) di bagian sudut kiri atas, untuk memulai proses pembuatan QR code
  • Pilih salah satu jenis QR code yang tersedia, apabila kamu ingin menggunakan QR code yang mengarah pada media sosial Twitter, maka kamu bisa memilih opsi “Profil Twitter”
  • Setelah itu, masukkan beberapa informasi yang ingin kamu masukkan terkait Twitter, termasuk nama akun pengguna, lalu klik Create di bagian sudut kanan atas
  • Kemudian, QR code akan dibuat dan muncul di daftar QR code khusus yang pengguna buat
  • Jika QR code sudah dibuat, pengguna bisa langsung melihat pratinjau-nya, melakukan perubahan nama atau langsung membagikannya dengan orang lain.

Kamu selaku pengguna bisa membagikan atau mengirimkan QR code ke beberapa aplikasi atau layanan yang sudah terintegrasi dengan iOS, seperti misalnya iMessage, Dropbox atau Google Drive.

Selain itu, kamu juga bisa menyimpan QR code ke galeri dengan cara mengetuk opsi “Simpan Gambar”.

Cara Membuat QR Code di Android

Cara membuat QR code di Android pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan di iOS, karena sama-sama membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk membantu proses pembuatannya.

Di Android sendiri, kamu bisa menggunakan aplikasi QR Code Generator yang dapat diunduh secara gratis di Play Store.

Setelah kamu berhasil mengunduh aplikasi tersebut, kamu bisa langsung membuat QR code dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi QR Code Generator yang sudah diunduh
  • Setelah itu, klik Text di bagian atas untuk memilih jenis QR code yang akan dibuat
  • Pilih salah satu jenis QR code yang tersedia, apabila kamu ingin menggunakan QR code yang mengarah ke email, maka kamu bisa memilih opsi “Email
  • Jika opsi email sudah dipilih, selanjutnya kamu bisa langsung memasukkan alamat email, lalu klik Generate di bagian sudut kanan atas
  • Kemudian, QR code akan dibuat dan pengguna akan diberikan beberapa opsi, seperti menyimpan gambar QR code atau langsung membagikannya dengan orang lain.

Apabila kamu selaku pengguna ingin langsung membagikannya ke beberapa aplikasi dan layanan, maka kamu bisa membagikannya langsung ke Google Drive, Dropbox, Hangouts bahkan mengirimkannya melalui pesan teks biasa.

(Baca Juga: 5 Fakta Aplikasi Layanan Pay Later)

Itulah beberapa informasi terkait cara membuat QR code melalui handphone. Bagaimana, sangat mudah bukan untuk dilakukan? Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi pihak ketiga tersebut, agar proses pembuatan QR code berjalan lancar.

Pasalnya, QR code kini tidak hanya digunakan sebagai media untuk promosi, tetapi juga digunakan sebagai salah satu alat transaksi non-tunai, yang dapat diakses dengan mudah hanya dengan menggunakan gadget.

Dengan begitu, maka QR code dapat dikatakan sebagai pengganti kartu debit dan kartu kredit. Hal tersebut karena, QR code dapat terkoneksi langsung dengan rekening tabungan yang ada di kartu debit atau kartu kredit.

Sehingga, kamu tidak perlu lagi mengisi saldo di aplikasi smartphone. Sebab, semua transaksi yang kamu lakukan menggunakan QR code, akan langsung menarik sejumlah saldo di rekening tabungan kartu debit atau kartu kredit.

Oleh karena itu, kedua jenis kartu tersebut sangat penting untuk kamu miliki. Namun, apabila kamu hanya belum memiliki kartu kredit, jangan khawatir. Karena, kini kamu bisa mengajukannya dengan mudah dan cepat secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang dan dapatkan semua kemudahan proses transaksi beserta keuntungannya!