10 Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Cepat, Efektif, dan Permanen!

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari pada

Bau kaki masih jadi masalah utama ketika kamu lepas sepatu? Intip nih, cara menghilangkan bau kaki dengan cepat, efektif, dan permanen, berikut ini!

Keluhan bau kaki, memang sering menjadi masalah yang paling menjengkelkan. Terlebih, jika kamu sedang bertamu ke rumah orang lain, dan harus bertelanjang kaki.

Pastinya, kamu akan merasa risih dengan bau kakimu sendiri bukan? Tapi, apakah kamu tahu apa penyebab bau kakimu sendiri?

Penyebab Bau Kaki

Nah, sebelum membahas terkait cara menghilangkan bau kaki, yuk ketahui dulu sekilas informasi tentang masalah kaki yang satu ini.

Tahukah kamu, bahwa bau kaki ditimbulkan akibat kaki, yang mengeluarkan keringat. Nah, keringat ini bisa keluar disebabkan beberapa faktor.

Mulai dari stres, setelah olahraga, hingga suhu yang panas di dalam sepatu. Terlebih, bakteri yang ada di permukaan kaki, juga bisa mempengaruhi timbulnya bau kaki.

Umumnya, keringat yang dihasilkan tubuh, akan menguap oleh udara dan panas matahari.

Namun, hal tersebut tidak terjadi apabila keringat di kaki, tertutup oleh sepatu dan kaus kaki.

Karena, keringat akan terperangkap di sela-sela jari kaki, di dalam kaus kaki dan sepatu, yang kedap udara.

(Baca Juga: 12 Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Efektif)

Nah, hal itu juga lah, yang membuat bakteri mudah tumbuh dan berkontribusi, untuk menciptakan bau tidak sedap.

Bau Kaki akan Menempel di Sepatu Meski Sudah Dilepas

Bau kaki memang dihasilkan oleh keringat dari kaki, namun keringat akan menempel di sepatu, dan akan tetap meninggalkan bau, meski sepatu sedang tidak digunakan.

Terlebih, sepatu bekas pakai tersebut, tidak langsung dicuci, dan malah kamu simpan di tempat yang lembab dan gelap.

Hal tersebut, akan membuat sepatu tambah menimbulkan bau. Tapi, ada gak sih, orang yang keringatnya gak bikin bau?

Ada! Karena nyatanya, keringat bau atau keringat berlebih, bisa disebabkan oleh perubahan hormonal seseorang.

Biasanya, kondisi tersebut, sering terjadi pada orang yang sedang mengalami masa pubertas, selama kehamilan, hingga saat menopause.

Mau keringatmu berlebih atau bau, sebaiknya kamu tetap harus mengetahui cara menghilangkan bau kaki, dengan cepat, efektif, secara permanen berikut ini. Yuk, langsung saja intip caranya!

10 Cara Menghilangkan Bau Kaki

1. Garam

Cara menghilangkan bau kaki yang pertama adalah dengan menggunakan garam, atau lebih tepatnya air garam.

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, garam juga dikenal untuk berbagai perawatan tubuh, termasuk menghilangkan bau kaki.

Pasalnya, garam bisa menjadi alternatif, karena bisa mengurangi kelembapan pada kaki, dan sekaligus membasmi bakteri penyebab bau kaki.

Kamu bisa menggunakan garam dapur, garam laut, atau garam Himalaya, untuk menghilangkan bau kaki.

Caranya mengaplikasikannya pun sangat mudah. Kamu hanya tinggal mencampurkan garam secukupnya, dengan air hangat di dalam baskom, dan rendam kaki selama 20 menit.

lakukan cari tersebut rutin, setiap[ hari, niscaya bau kaki akan berkurang perlahan, bahkan bisa selamanya.

2. Kantung Teh

Cara menghilangkan bau kaki yang cepat berikutnya adalah dengan menggunakan kantung teh.

Tidak perlu banyak-banyak, kamu hanya perlu menggunakan dua kantung teh saja, untuk membantu menghilangkan bau kaki.

Pasalnya, larutan teh yang mengandung asam, bisa bantu menutup pori-pori pada kaki, sehingga bisa mengurangi jumlah keringat pada kaki.

Untuk cara mengaplikasinya, cukup dengan melarutkan teh pada satu baskom air hangat. Setelah itu, rendam kaki kira-kira selama 30 menit.

Agar hasil maksimal, lakukan rutin seminggu sekali. Selamat mencoba!

3. Baking Soda

Selain garam, bahan dapur yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki, adalah dengan baking soda.

Baking soda, disebut bisa mengurangi keringat dan bakteri yang ada di kaki, karena mengandung zat yang bisa menetralisir pH keringat.

Caranya, kamu hanya cukup siapkan air hangat di dalam baskom, lalu larutkan baking soda sebanyak satu sendok makan.

Rendam kaki, selama kurang lebih 15-25 menit. Lakukan cara tersebut setiap malam, sebelum tidur, selama satu minggu berturut-turut.

Selain mengaplikasikan dengan cara melarutkan, baking soda juga bisa digunakan, dengan cara ditaburkan ke dalam sepatu sebelum digunakan.

4. Obat Kumur

Siapa bilang obat kumur hanya bisa menghilangkan bau mulut saja? Karena nyatanya, obat kumur juga bisa menjadi salh satu cara menghilangkan bau kaki!

Diciptakan untuk membasmi bakteri, maka obat kumur juga bisa digunakan untuk membasmi bakteri, penyebab bau kaki.

cara mengaplikasikannya, cukup siapkan obat kumur kemasan 250 ml, dan baskom berisi air.

Setelah itu, campurkan obat kumur dan air, dan rendam kaki, selama kurang lebih 15 menit.

5. Bedak Bayi

Bedak bayi dikenal dengan baunya yang wangi, dan lembut. Sehingga bedak bayi juga dipercaya untuk menghilangkan bau kaki.

Pasalnya, bedak bayi diketahui sangat baik dalam menyerap keringat, sehingga kaki tidak mudah lembab.

Aroma khas wangi bayi, juga sangat menolong, agar kakimu wangi dan tetap kering.

Cara menggunakannya, cukup taburkan bedak bayi pada kaki dan sepatu sebelum digunakan. Jika bedak sudah menipis, bisa ditambahkan lagi, sesuai kebutuhan.

6. Kopi

Cara menghilangkan bau kaki, yang selanjutnya adalah dengan kopi. Pasalnya, kopi memiliki aroma yang menyengat dan khas.

Sehingga, kopi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki yang efektif. Caranya aplikasinya juga sangat mudah, yakni dengan mencampur kopi dengan air sedikit demi sedikit hingga berbentuk pasta.

Kemudian, kamu bisa langsung balurkan pada kaki, dan diamkan selama 15 menit lalu bilas.

7. Lemon

Tidak hanya berkhasiat jika dikonsumsi, buah lemon ternyata juga bermanfaat sebagai perawatan kecantikan. Salah satunya, sebagai cara menghilangkan bau kaki.

Lemon, mengandung anti bacterial yang konon bisa membasmi bakteri penyebab bau pada kaki.

Cara mengaplikasikannya, adalah dengan menyiapkan 6 buah lemon yang siap diperas. Selanjutnya, campurkan sarinya dengan 1 baskom air hangat. Rendam kedua kaki ke dalam baskom selama 15 menit.

8. Rutin Potong Kuku, Membersihkan dan Merendam Kaki

Kebersihan kuku, tidak hanya bisa dilihat dari seberapa sering kamu mencuci kaki, tapi perhatikan juga kuku kakimu.

Karena, kuku yang kotor, bisa menjadi salah satu faktor penyebab bau kaki. Selain itu, kuku kaki yang tidak terawat akan menjadi tempat bersarangnya bakteri, penyebab bau kaki.

Sehingga, disarankan untuk rajin memotong kuku kaki agar bakteri tidak bersarang. Bersihkan pula pinggir-pinggir kuku kaki.

Sebelum memotong kuku, sebaiknya rendam dulu kaki dengan air hangat, agar kuku lebih mudah dibersihkan, dan sel kulit mati lebih mudah lepas.

9. Rutin Ganti Kaus Kaki dan Jemur Sepatu

Mencuci kaos kaki dan sepatu dengan sabun yang wangi saja tidak cukup, jika cara menjemurnya salah.

Pasalnya, masih banyak terjadi kasus dimana kaus kaki dan sepatu telah dicuci dengan bersih, namun tidak dijemur dengan cara yang tepat.

Sehingga, kamu harus pastikan bahwa kaus kaki dan sepatu, terjemur dengan benar, di bawah panas matahari langsung, agar kuman dan bakteri yang bersembunyi akan mati.

Pastikan, sebelum digunakan, kaus kaki dan sepatu benar-benar kering!

10. Hindari Makanan yang Menyebabkan Bau Kaki atau Keringat Berlebih

Tidak hanya mengatasi dari luar, cara menghilangkan bau kaki, juga bisa dilakukan dari dalam, yakni dengan tidak mengkonsumsi makanan, yang menyebabkan bau kaki.

Makanan seperti apa? Makanan yang dimaksud adalah seperti rempah-rempah, daging merah, alkohol, kafein, junk food.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Kaki Lecet saat Pakai Sepatu)

Karena, makanan tersebut dapat mengganggu proses produksi keringat sehingga keringat yang dihasilkan akan bau. Maka, hindarilah makanan-makanan tersebut.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait cara menghilangkan bau kaki, dengan cepat, efektif, dan permanen.

Jika, kamu sudah melakukan hal-hal di atas, tapi masih belum memberikan hasil, bisa jadi karena kamu malas cuci sepatu, dan karena hanya punya satu sepatu saja.

Terlebih, ketika musim hujan, sepatu rentan basah dan susah kering Jadi, pastikan kamu tidak hanya menggunakan satu sepatu yang sama, dan memiliki setidak dua sepatu untuk digunakan selang seling.

Yuk, Beli Sepatu untuk Cadangan di Musim Hujan!

Tidak nyaman bukan, jika harus menggunakan sepatu yang masih belum kering, setelah kehujanan kemarin?

Yuk, beli sepatu cadangan, untuk mempersiapkan musim hujan! Hal ini juga bisa membantumu terbebas dari bau kaki juga loh!

Tak perlu khawatir, karena kamu bisa memilih berbagai jenis sepatu yang diinginkan dengan harga yang bisa disesuaikan.

Terlebih, kini kamu bisa dengan mudah membeli sepatu, melalui online. Agar lebih hemat, kamu juga membeli sepatu menggunakan kartu kredit,

Membeli sepatu dengan kartu kredit, bisa membuatmu berkesempatan mendapatkan promo menarik, seperti diskon, cashback, hingga cicilan nol persen!

Menarik bukan? Yuk, gunakan kartu kreditmu untuk hal yang bermanfaat!

Bagaimana Jika Belum Punya Kartu Kredit?

Ajukan saja secara online, melalui CekAja.com! Karena, di CekAja.com, kamu bisa dengan mudah menemukan produk kartu kredit terbaik, sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Terlebih, CekAja.com juga menyediakan banyak pilihan kartu kredit, dari berbagai perusahaan perbankan ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan beli sepatu kesukaanmu sekarang!