Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami, Bebas Nyeri Tanpa Efek Samping

4 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Sakit kepala memang seringkali menjadi masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas. Apabila kamu sering mengalami sakit kepala, maka cobalah cara mengobati sakit kepala secara alami ini yang pastinya bebas nyeri dan tanpa efek samping.

Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami

Bagi sebagian orang, sakit kepala adalah penyakit biasa yang kerap terjadi saat kelelahan atau tekanan darah meningkat. Sehingga satu-satunya solusi yang dipilih agar penyakit ini tak lagi muncul adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti aspirin dan ibuprofen.

Tapi, terlalu sering meminum obat-obatan untuk meredakan sakit kepala justru membawa dampak buruk bagi kesehatan loh. Bahkan menurut sumber yang beredar, menggunakan obat pereda nyeri secara berlebihan akan menyebabkan rasa sakit yang melemahkan.

Kamu tentu enggak ingin kan kembali merasakan sakit kepala hingga mengganggu aktivitasmu sehari-hari? Nah mendingan gunakan alternatif lain seperti mengonsumsi obat sakit kepala alami.

Tapi sebelum membahas lebih dalam mengenai hal tersebut, sebaiknya pahami dulu informasi mengenai pengertian dan jenis sakit kepala, hingga gejalanya berikut ini.

Pengertian Sakit Kepala dan Bermacam Jenisnya

Seperti namanya, penyakit ini tentu saja menyerang bagian kepala yang disertai dengan rasa nyeri baik yang tergolong ringan hingga berat dalam waktu beberapa jam atau hari. Sakit kepala bisa saja terjadi pada salah satu sisi atau bahkan seluruh bagian kepala.

Tidak hanya karena faktor kelelahan, penyebab sakit kepala pun faktanya beragam, seperti gangguan pada sistem saraf pusat dan meningkatnya tekanan darah.

Dikutip dari Alodokter, secara umum ada tiga jenis sakit kepala yang sering kali dialami, seperti:

  • Migrain

Migrain merupakan penyakit yang menyerang salah satu sisi kepala. Penyakit ini akan membuat penderitanya mengalami kepala berdenyut hingga berhari-hari karena beberapa faktor tertentu, mulai dari kebiasaan hidup yang tidak benar, kualitas tidur buruk, hingga stres berlebih.

  • Sakit Kepala Tegang

Sakit kepala tegang atau tension headaches adalah penyakit yang menyerang kedua sisi kepala dan leher. Penyakit ini akan membuat penderitanya merasakan nyeri seolah bagian kepala sedang diikat kencang dengan tali, yang mana penyebab utamanya sendiri karena stres berlebih.

  • Sakit Kepala Cluster

Seperti halnya migrain, sakit kepala cluster terjadi hanya pada satu sisi kepala yang mana rasa nyerinya terjadi secara tiba-tiba. Sakit kepala cluster atau cluster headaches, biasanya hanya berlangsung 15 menit dan paling lama 3 jam. Sehingga penderitanya akan mengalami kendala saat tengah beraktivitas.

(Baca Juga: Obat Alami Rematik Paling Sederhana, Mulai dari Minyak Ikan hingga Yoga)

Bagaimana Gejala Sakit Kepala yang Patut Diwaspadai?

Meski umumnya penyakit ini membuat penderitanya mengalami nyeri pada bagian kepala, namun ada beberapa gejala lainnya yang patut diwaspadai dimana kamu harus segera menerima pertolongan medis, diantaranya:

  • Muntah
  • Leher kaku
  • Kejang
  • Penglihatan buram
  • Sulit berbicara
  • Lumpuh di satu sisi tubuh
  • Demam tinggi
  • Hilang kesadaran

Sebaliknya jika kamu tidak mengalami gejala-gejala di atas, maka kamu bisa mencoba cara mengobati sakit kepala secara alami yang akan CekAja bahas lebih dalam di bawah ini.

Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami

1. Rutin minum air putih

Rutin minum air putih - Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami Bebas Nyeri Tanpa Efek Samping

Cara mengobati sakit kepala secara alami yang pastinya praktis adalah dengan rutin mengonsumsi air putih. Mengingat salah satu jenis sakit kepala yang paling sering terjadi adalah karena dehidrasi.

Orang-orang yang mengalami masalah kesehatan seperti dehidrasi biasanya tinggal di wilayah beriklim panas ataupun dataran tinggi.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai dengan perbanyak minum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan. Idealnya, air putih yang harus dikonsumsi sekitar 2,3 liter per hari (khusus wanita dewasa) hingga 2,5 liter per hari (khusus pria).

2. Mengonsumsi air rebusan jahe

Mengonsumsi air rebusan jahe - Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami Bebas Nyeri Tanpa Efek Samping

Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi air rebusan jahe sebagai cara mengobati sakit kepala secara alami. Karena seperti yang kita tahu, jahe merupakan ramuan tradisional yang mengandung anti inflamasi dan antioksidan untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya sakit kepala karena peradangan pembuluh darah.

Untuk membuat air rebusan jahe, kamu bisa menyiapkan tiga irisan jahe dengan ukuran seperempat. Kemudian mencampurkannya dalam teh dan meminumnya selagi hangat.

Meski minuman ini membuat kamu rileks namun yang perlu diperhatikan hawa panas pada jahe juga tidak baik untuk penderita hipertensi atau sakit kepala tegang. Jadi, pastikan kamu tahu jenis sakit kepala yang dialami sebelum membuat obat tradisional ini ya.

(Baca Juga: Jenis Meditasi untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Ayo Hidup Sehat!)

3.  Kompres dengan bungkusan es batu

Kompres dengan bungkusan es batu - Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami Bebas Nyeri Tanpa Efek Samping

Jika tak suka meminum air rebusan jahe, cara mengobati sakit kepala secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan es batu sebagai media kompres kepala.

Sensasi dingin dari es batu bakal membuat otot kepala rileks, terutama untuk kamu yang mengalami pusing di bagian belakang kepala hingga leher.

Untuk mencoba cara alami ini, kamu hanya perlu menyiapkan sebongkah es batu yang dibalut dengan handuk. Usapkan secara perlahan di bagian kepala yang berdenyut atau bisa juga menempelkannya di dahi.

4. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat - Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami Bebas Nyeri Tanpa Efek Samping

Tidak hanya menggunakan kompresan es batu saja, kamu juga bisa mencoba obat sakit kepala alami yakni mandi air hangat. Tujuannya untuk membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks, sehingga rasa nyeri hingga berdenyut di bagian kepala berkurang.

Untuk menambah sensasi nyaman saat mandi menggunakan air hangat, tuangkan tiga hingga lima tetes minyak lavender yang dipercaya mampu mengatur kadar hormon serotonin. Hormon ini bertugas sebagai pengatur suasana hati.

5. Lakukan pijatan lembut

Lakukan pijatan lembut - Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami Bebas Nyeri Tanpa Efek Samping

Cara mengobati sakit kepala secara alami berikutnya adalah dengan melakukan pijatan lembut pada bagian pelipis, kepala, leher, hingga bahu selama kurang lebih 30 menit.

Apalagi jika kamu menggunakan dia hingga tiga tetes minyak esensial yang dicampur ke dalam minyak khusus memijat. Efeknya tentu saja akan membuat gejala sakit kepala menjadi lebih ringan dan tidak berdenyut kembali.

Nah itulah beberapa cara mengobati sakit kepala secara alami. Agar perlindungan semakin maksimal, kamu tentu membutuhkan produk asuransi kesehatan yang bisa dipakai kapan pun dan dengan jaringan rumah sakit yang luas untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Tak perlu repot mencari review produk asuransi kesehatan yang bagus, gunakan saja layanan CekAja untuk membandingkan sekaligus mengajukan asuransi kesehatan yang pastinya lengkap dan bantuan klaim cepat.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri