8 Cara Simpan Makanan Saat Mati Listrik Ini Mudah dan Patut Dicoba

Cara simpan makanan saat mati listrik mungkin sangat mudah, apabila makanan tersebut berada di luar kulkas. Namun bagaimana caranya simpan makanan saat mati listrik, ketika makanan tersebut berada di dalam kulkas?

Sebagian dari kamu mungkin berpikir itu hal yang biasa dan mudah dilakukan. Tetapi sebenarnya, cara simpan makanan saat mati listrik, untuk makanan yang ada di dalam kulkas terbilang cukup rumit, loh!

Karena, saat mati listrik kamu tidak tahu kapan listrik akan menyala kembali. Sehingga, kamu harus memastikan bahwa beberapa jenis makanan dan minuman yang ada di dalam kulkas, berada dalam kondisi yang baik-baik saja.

Oleh sebab itu, mengetahui cara simpan makanan saat mati listrik sangat penting. Hal tersebut sangat berguna, dalam mengatasi hal-hal yang tidak terduga semacam ini.

Meskipun, mati listrik tidak selalu terjadi dadakan, karena terkadang PLN memberikan informasi kalau akan melakukan pemadaman listrik di beberapa daerah, dengan jangka waktu tertentu.

8 Cara Simpan Makanan saat Mati Listrik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau mengetahui cara simpan makanan saat mati listrik itu sangat penting. Dan sebenarnya, ada banyak cara simpan makanan yang bisa kamu lakukan, saat terjadi pemadaman listrik.

Lantas, apa saja cara simpan makanan saat mati listrik? Pada pembahasan kali ini, CekAja.com telah merangkum delapan cara simpan makanan saat mati listrik yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. Memasukkan semua jenis frozen food ke freezer

Cara simpan makanan saat mati listrik yang pertama adalah memasukkan semua jenis frozen food ke dalam freezer. Hal itu ditujukan untuk menjaga bahan makanan beku tersebut, agar tetap dingin untuk jangka waktu yang lama.

Memasukkan semua jenis frozen food ke dalam freezer pun, sesuai dengan rekomendasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA).

Selain makanan jenis frozen food yang dimasukkan ke dalam freezer, kamu juga harus memasukkan beberapa bahan makanan lainnya seperti daging, susu dan lain sebagainya yang memang harus dimasukkan ke dalam freezer.

(Baca Juga: 7 Jenis Makanan Tahan Lama)

2. Memastikan kulkas tetap tertutup rapat

Berikutnya kamu juga harus memastikan kulkas tetap tertutup rapat. Cara simpan makanan saat mati listrik ini wajib kamu lakukan, agar suhu dingin di dalam kulkas tetap terjaga dengan baik.

Melansir dari lifestyle.kompas.com, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) mengatakan, kalau pada saat terjadi pemadaman listrik lemari es tetap tertutup rapat, maka lemari es akan tetap dingin hingga empat jam.

Sementara untuk freezer sendiri, jika tertutup rapat maka suhu dinginnya akan bertahan selama 48 jam. Namun jika freezer hanya tertutup setengah, maka suhu dingin tersebut hanya akan bertahan selama 24 jam.

3. Menyiapkan es balok tambahan

Selain dua cara di atas, kamu juga bisa menyiapkan dan menggunakan es balok tambahan, sebagai salah satu cara simpan makanan saat mati listrik. Es balok di sini berguna sebagai es tambahan yang akan menjaga suhu freezer agar tetap stabil.

Tidak hanya itu, es balok juga bisa digunakan untuk memindahkan makanan dari kulkas, ke dalam freezer. Sebanyak 20 kg es balok, diketahui dapat membuat suhu kulkas menjadi dingin selama 18-24 jam.

Apabila persediaan es balok yang kamu miliki sedikit, kamu bisa membeli kantong es, untuk memindahkan es balok ke dalam kantong es tambahan, lalu mengisi kembali kotak pembuat es dengan air putih.

Cara simpan makanan saat mati listrik yang satu ini bisa kamu lakukan, apabila sebelumnya kamu sudah mendapat pemberitahuan, kalau akan ada pemadaman listrik untuk beberapa waktu. Dengan begitu, cara ini menjadi salah satu langkah antisipasi yang wajib kamu lakukan.

4. Menyediakan cooler

Jika kamu memiliki cooler, maka kamu bisa menjadikannya sebagai wadah alternatif, untuk menyimpan makanan dan bahan lainnya dari kulkas agar tetap dingin. Cara simpan makanan saat mati listrik yang satu ini, direkomendasikan oleh Palang Merah Nasional AS.

Merek merekomendasikan untuk mengemas semua jenis makanan dingin ke dalam cooler. Tentu, tujuannya adalah untuk menjaga kesegaran makanan dingin.

Hanya saja, sebelum memasukkan semua jenis makanan dingin ke dalam cooler, kamu perlu memasukkan sejumlah es balok terlebih dahulu baru bahan makanannya.

Seperti yang diketahui, cooler merupakan salah satu barang yang memiliki fungsi seperti kulkas. Sehingga, ketika kulkas padam karena mati listrik, maka cooler bisa dijadikan sebagai alat pengganti kulkas yang bisa digunakan.

5. Mengecek suhu kulkas dan freezer

Cara simpan makanan saat mati listrik yang kelima adalah mengecek suhu kulkas dan freezer. Pengecekan suhu ini dilakukan untuk memastikan, bahwa suhu kulkas masih berada di bawah empat derajat celcius dan suhu freeze masih berada di bawah -17 derajat celcius.

Apabila suhu kulkas dan freezer sudah di bawah suhu yang seharusnya, maka kamu harus segera mengeluarkan semua makanan serta bahan lainnya dari dalam kulkas dan freezer, lalu memindahkannya ke cooler.

Kamu bisa mengetahui apakah suhu di dalam kulkas dan freezer berubah, dengan cara menyimpan alat pengukur suhu di dalam kulkas dan freezer. Kamu bisa mendiamkannya selama beberapa saat, lalu mengeceknya kembali.

6. Pastikan sayur dan buah disimpan terpisah

Selanjutnya, kamu juga perlu memastikan dan menempatkan sayur dan buah secara terpisah di dalam kulkas. Cara simpan makanan saat mati listrik ini ditujukan, agar sayur tidak mudah terkontaminasi dari gas ethylene yang dihasilkan buah.

Pasalnya, gas ethylene yang berperan sebagai hormon pematangan buah ini, dapat membuat sayur yang ada didekatkannya menjadi cepat rusak dan busuk.

Apabila sayur sudah busuk, maka bau busuk tersebut akan menyebar ke seluruh isi kulkas, serta menempel di semua makanan yang ada di dalam kulkas.

Maka dari itu, sejak saat ini pastikan kamu menyimpan sayur dan buah di dalam wadah yang berbeda, meski sedang mati listrik ataupun tidak mati listrik.

Tetapi untuk sayur jenis kecambah, seperti tauge, kamu bisa menambahkan sedikit air pada wadahnya, untuk menjaga kesuburan air.

7. Bungkus makanan dengan aluminium foil

Membungkus makanan dengan aluminium foil juga menjadi salah satu cara siman makanan saat mati listrik. Karena, jika mati listrik bertahan untuk jangka waktu yang lama, maka cepat atau lambat suhu kulkas akan menjadi panas.

Dengan begitu, maka keadaan beberapa makanan, seperti sayur dan buah perlahan menjadi tidak segar, layu, kering, bahkan menimbulkan bau tidak sedap. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membungkus makanan tersebut dengan aluminium foil terlebih dahulu.

Dengan menggunakan aluminium foil, maka semua makananmu dapat disimpan lebih lama. Hanya saja, sebelum dibungkus menggunakan aluminium foil, kamu perlu mencuci terlebih dahulu semua bahan makanan, seperti sayur dan buah, lalu keringkan. Setelah itu, kamu baru bisa membungkusnya dengan aluminium foil.

8. Gunakan wadah untuk menyimpan makanan

Cara simpan makanan saat mati listrik yang terakhir adalah dengan menggunakan wadah penyimpan makanan. Sebab, salah satu faktor penyebab makanan menjadi cepat busuk adalah makanan tersebut tidak disimpan sesuai dengan tempatnya.

Oleh karena itu, wadah menjadi salah satu hal utama yang harus diperhatikan. Jenis wadah yang digunakan pun harus sesuai dengan jenis makanannya.

Untuk bahan makanan seperti daging, ikan, ayam, makanan olahan dan sayuran beku, kamu bisa menggunakan wadah yang tahan beku dan bisa dimasukkan ke dalam freezer.

Sedangkan, untuk bahan makanan seperti sayur dan buah segar, kamu bisa menyimpannya di dalam wadah yang memiliki tutup rapat.

Namun pastikan, bahwa tutup wadah tersebut memiliki katup atau pengatur sirkulasi udara yang baik, agar aliran udara dapat berjalan lancar.

Jenis Makanan yang Masih Bisa Dikonsumsi dan Tidak Setelah Mati Listrik

Selain mengetahui delapan cara simpan makanan saat mati listrik, kamu juga perlu mengetahui apa saja jenis makanan yang harus dibuang dan tidak harus dibuang setelah mati listrik.

Pasalnya, meski disimpan dengan baik, ada beberapa makanan yang tetap menurun kualitasnya. Sehingga, beberapa makanan tersebut perlu dicek lagi kesegarannya dan dipastikan apakah masih bisa dikonsumsi atau tidak.

Lantas, apa saja jenis makanan yang masih bisa dikonsumsi dan yang sebaiknya dibuang setelah mati listrik?

Makanan yang Masih Bisa Dikonsumsi Setelah Mati Listrik

  • Beberapa jenis keju, seperti keju parmesan dan keju roman
  • Buah kalengan, buah segar dan buah kering
  • Butter dan margarine
  • Mentega kacang
  • Minyak zaitun
  • Selai
  • Pie buah
  • Saus sambal, saus tomat, saus BBQ, soy sauce dan hoisin sauce
  • Acar
  • Tortillas
  • Pancake
  • Waffle
  • Mustard
  • Muffin
  • Bagels
  • Sayur mentah yang masih segar
  • Dan lainnya.

Makanan yang Sebaiknya Dibuang Setelah Mati Listrik

  • Biskuit
  • Roti gulung
  • Pasta
  • Salad
  • Adonan kue
  • Telur dan semua jenis olahan yang mengandung telur
  • Susu
  • Yogurt
  • Buttermilk
  • Susu kedelai
  • Susu kacang
  • Krim asam
  • Sup dan semua jenis makanan berkuah
  • Daging
  • Ayam, bebek dan bahan makanan dari unggas lainnya
  • Semua jenis ikan
  • Buah-buahan
  • Tahu
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Cara Setop Belanja Mubazir)

Meski sangat disayangkan untuk dibuang, namun makanan tersebut juga sudah tidak baik untuk dikonsumsi. Sehingga, membuangnya menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu lakukan, untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, apabila kamu masih sangat membutuhkan semua bahan makanan tersebut, jangan khawatir. Kamu bisa menemukannya dengan mudah dan membelinya di supermarket, maupun e-commerce yang menjual kebutuhan pangan.

Agar kegiatan belanja menjadi lebih mudah dan hemat, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Seperti yang diketahui, kartu kredit seringkali memberikan promo belanja menarik untuk para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback atau rewards point.

Dengan begitu, maka kegiatan belanjamu akan menjadi lebih menyenangkan. Nah, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, kini saatnya kamu mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan kartu kredit di CekAja.com pun mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang dan dapatkan semua keuntungannya!