Cara Tepat Memilih Asuransi untuk Mobil Bekas, Perhatikan 6 Hal Ini

Tidak hanya sebagai alat transportasi, mobil bekas menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta otomotif. Tidak berbeda dengan mobil keluaran terbaru, mobil bekas pun harus dilindungi dengan asuransi yang tepat. Namun, tak jarang dari pecinta mobil bekas yang belum mengetahui bagaimana cara tepat memilih asuransi untuk mobil bekas ini.

Cara Tepat Memilih Asuransi untuk Mobil Bekas, Perhatikan 6 Hal Ini

Mobil bekas tidak hanya mobil-mobil keluaran terbaru yang sudah tidak terpakai saja. Namun, banyak dari mobil bekas tersebut adalah mobil-mobil tua dan antik yang mempunyai keunikan, kelebihan, dan nilai jual yang cukup tinggi.

Sejatinya, nilai jual dari mobil bekas tergantung pada jumlah ketersediaan mobil dan suku cadangnya, apakah sudah jarang atau masih banyak ditemukan.

Karena semakin langka jumlah ketersediaan mobil dan suku cadangnya, maka semakin tinggi pula harga jualnya.

Mobil bekas masih banyak dicari masyarakat, karena mempunyai tempat tersendiri di hati para pencintanya. Meskipun harga mobil bekas cenderung lebih murah dibandingkan harga mobil baru, namun biasanya memiliki biaya perawatan yang cenderung lebih mahal.

Maka dari itu, kamu memerlukan asuransi untuk melindungi mobil bekas milikmu. Namun, sebelum menentukan asuransi mobil bekas mana yang akan kamu gunakan, ada baiknya ketahui terlebih dahulu tips memilih asuransi yang diperlukan.

Cara Tepat Memilih Asuransi untuk Mobil Bekas

Jika mobil bekas yang kamu idamkan sudah ada di garasi, kini saatnya memilih asuransi terbaik untuk melindungi mobil bekas milikmu. Di bawah ini, beberapa cara tepat memilih asuransi untuk mobil bekas yang sudah CekAja.com rangkum untuk kamu, diantaranya sebagai berikut:

1. Pindah Nama Polis Asuransi Mobil

Cara tepat memilih asuransi untuk mobil bekas yang pertama adalah pindah nama polis asuransi mobil.

Di mana, pengalihan nama polis asuransi tersebut perlu kamu lakukan apabila pemilik mobil sebelumnya sudah memiliki asuransi mobil dan masih berlaku. Karena hal tersebut akan memudahkanmu.

Apabila kamu berencana untuk melanjutkan tanggungan asuransi yang masih berlaku dari mobil tersebut, maka kamu dan pemilik mobil sebelumnya harus membuat surat pernyataan secara tertulis.

Jika surat pernyataan tertulis sudah selesai dibuat, maka tahap selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menginformasikannya kepada pihak asuransi bahwa telah terjadi pengalihan atau pemindahan nama kepemilikan mobil dari pemilik lama ke pemilik yang baru.

Hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan melakukan pengalihan nama polis asuransi yaitu jangka waktu maksimal pemberitahuan kepada pihak asuransi adalah 10 hari, terhitung dari waktu transaksi jual beli dilaksanakan.

Tidak hanya itu, kamu juga harus membaca dan mempelajari terlebih dahulu polis asuransinya.

Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu mengetahui apa saja jenis jaminan asuransi yang ditawarkan, baik jaminan Total Loss Only (TLO) ataupun jaminan All Risks.

Selain itu juga dengan membaca polis asuransi, kamu bisa mengetahui manfaat tambahan yang dapat kamu gunakan nantinya, seperti perlindungan kecelakaan diri, tanggung jawab hukum, hingga ketentuan no claim bonus jika pihak asuransi menyediakan.

Apabila terdapat beberapa hal di dalam polis asuransi yang tidak dimengerti, tidak perlu sungkan untuk bertanya dan meminta penjelasan kepada pihak asuransi.

2. Mengetahui Faktor Perhitungan Premi Asuransi Mobil Bekas

Cara tepat memilih asuransi yang kedua adalah mengetahui faktor dalam perhitungan premi asuransi mobil bekas milikmu. Faktor-faktor tersebut memerlukan perhatian khusus karena akan mempengaruhi besar kecilnya premi asuransi yang akan dibayarkan.

(Baca juga: Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik 2020)

Berikut lima faktor yang mempengaruhi besar kecilnya premi asuransi, diantaranya yaitu :

  • Jenis Jaminan Asuransi

Faktor pertama yang mempengaruhi besar premi asuransi adalah jenis jaminan asuransi. Di mana, jenis jaminan asuransi terbagi menjadi dua, yaitu jaminan all risks dan total loss only (TLO).

Untuk jaminan all risks, premi yang diberikan akan lebih tinggi dibandingkan dengan premi jaminan TLO. Tidak hanya itu, premi untuk jaminan all risks akan lebih besar jika ditambah dengan perluasan jaminan lainnya (komprehensif).

  • Jenis Kendaraan

Jenis kendaraan juga menjadi faktor yang mempengaruhi besaran premi yang harus dibayarkan.

Hal tersebut karena spesifikasi, penggunaan, kondisi hingga harga beli kendaraan tersebut akan dijadikan pertimbangan dalam menentukan besaran premi asuransi mobil.

  • Lokasi atau Domisili Tertanggung

Berikutnya adalah lokasi atau domisili tertanggung. Di mana lokasi atau domisili ini akan mempengaruhi besaran premi.

Seperti misalnya tertanggung berdomisili di daerah yang tingkat kriminalitasnya tinggi atau berada di daerah rawan bencana, maka premi asuransi mobil yang akan dikenakan pun lebih besar.

  • Usia Tertanggung

Usia juga menjadi faktor penentu besar kecilnya premi asuransi. Tertanggung yang berada pada rentang usia di bawah 30 tahun dan di atas 60 tahun, berkemungkinan akan dikenakan premi yang cukup tinggi.

Hal tersebut karena pihak asuransi menilai, rentang usia tersebut merupakan rentang usia yang memiliki potensi kecerobohan dan kurang hati-hati lebih besar.

Selain itu, jika dilihat berdasarkan data statistik kecelakaan, rentang usia tersebut memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kecelakaan.

  • Faktor Lainnya

Faktor lain seperti penambahan system keamanan, rekam jejak tertanggung saat mengemudi dan lain sebagainya juga menjadi faktor yang menentukan besar kecilnya premi yang akan dibayarkan.

3. Memilih dengan Tepat Jaminan Perlindungan

Poin selanjutnya dalam cara tepat memilih asuransi untuk mobil bekas adalah mencari jaminan perlindungan dengan tepat.

Karena, dengan memilih jaminan perlindungan yang tepat, itu akan memudahkanmu ketika hendak mengajukan klaim jika di kemudian hari terjadi sesuatu pada kendaraanmu.

Dengan kamu memilih jaminan asuransi TLO, hal tersebut akan meringankan biaya yang kamu keluarkan. Namun, alangkah lebih baik jika kamu memilih jaminan perlindungan komprehensif.

Jaminan komprehensif tidak hanya memberikan perlindungan yang optimal, tetapi juga memberikan jaminan perlindungan untuk kesehatan dan jiwa tertanggung maupun penumpangnya. Selain itu, jaminan komprehensif akan memberikan perlindungan terhadap tuntutan hukum dari pihak ketiga.

4. Memilih Perusahaan Asuransi Berkualitas Baik

Cara tepat memilih asuransi untuk mobil bekas berikutnya adalah memilih perusahaan asuransi dengan kualitas baik. Di mana, hal tersebut merupakan salah satu cara yang tepat dan kamu bisa menjadikan perusahaan asuransi mobil tersebut sebagai jaminan.

Kualitas asuransi yang baik diantaranya mencakup produk yang ditawarkan bagus, handal dan terpercaya. Selain itu, memiliki reputasi perusahaan yang terkenal baik serta pelayanan yang diberikan oleh pegawainya prima, mudah dan responsif.

(Baca juga: Tips Jitu Agar Klaim Asuransi Mobil Tidak Ditolak)

Beberapa hal tersebut merupakan jaminan dari pelayanan terbaik yang seharusnya kamu dapatkan dari perusahaan asuransi mobil pilihanmu, ketika kamu membutuhkan bantuan dan perusahaan asuransi mobil pilihanmu dapat bekerja dengan baik membantu kesulitanmu.

5. Perlakuan yang Adil

Apapun jenis mobilnya, baik itu mobil baru ataupun mobil bekas, sudah sepatutnya mendapatkan perlakuan yang sama atas jaminan asuransi. Karena, mobil-mobil tersebut merupakan aset berharga yang harus dijaga.

Maka dari itu, perusahaan asuransi mobil manapun yang akan kamu gunakan nantinya, pastikan bahwa jaminan yang kamu pilih akan memberikan layanan terbaik serta perlakuan yang sama rata terhadap semua jenis mobil.

6. Membaca Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Poin ke enam dari cara tepat memilih asuransi untuk mobil bekas adalah membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Karena, bagian ini sangat penting untuk kamu perhatikan dan jangan sampai terlewat.

Syarat dan ketentuan yang berlaku biasanya berisi hal-hal penting seperti pengajuan klaim, penggunaan asuransi serta syarat-syarat lainnya untuk mengajukan asuransi.

Beberapa hal tersebut perlu diperhatikan agar kamu mengetahui apakah hak yang didapatkan mobil bekas sama dengan hak yang didapatkan mobil baru.

Nah, enam cara tepat memilih asuransi untuk mobil bekas sudah dipaparkan diatas. Bagaimana, sudah paham bukan? Kini saatnya kamu memilih asuransi kendaraan terbaik yang akan kamu gunakan untuk melindungi mobilmu.

Jika kamu masih bingung memilih asuransi mana yang akan kamu gunakan, kamu tidak perlu khawatir.

Karena, kamu bisa membandingkan dan mengajukan asuransi kendaraan dengan cepat dan mudah di CekAja.com, perusahaan financial technology yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Yuk, ajukan sekarang!