10 Cara Tradisional Menguruskan Badan, yang Aman dan Efektif!

Sudah lelah melakukan berbagai program diet, tapi belum ada hasil? Sepertinya kamu harus coba cara tradisional menguruskan badan berikut ini, yang sudah menjadi cara diet turun temurun!

Pariwara

Dengan cara tradisional menguruskan badan ini, kamu tidak perlu merasa takut. Pasalnya, cara ini aman untuk dilakukan, karena semua bahan yang digunakan adalah dari bahan alami.

Selain dengan mengkonsumsi rempah-rempah tradisional Indonesia, tidak lupa juga untuk diimbangi dengan latihan fisik, atau mengubah gaya hidup yang lebih sehat.

(Baca Juga: Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bumbu Dapur)

Nah, buat kamu yang mau coba menguruskan badan, namun dengan cara tradisional, alias nggak mau neko-neko seperti ikut program diet, yuk kepoin saja langsung rangkumannya, di bawah ini.

10 Cara Tradisional Menguruskan Badan

1. Fenugreek

Cara tradisional menguruskan badan yang pertama adalah dengan mengkonsumsi fenugreek, atau jika di Indonesia rempah ini biasa dikenal sebaga kelabat.

Fenugreek atau kelabat, merupakan rempah-rempah yang sering ditemukan di dapur, dan dihasilkan dari tumbuhan Trigonella foenum-graecum.

Mengapa Fenugreek bisa dijadikan sebagai bahan alami, untuk menguruskan badan?

Nah, dilansir kompas.com, sebuah penelitian berskala kecil membuktikan bahwa, seseorang yang mengonsumsi ekstrak biji fenugreek, dapat menurunkan asupan lemak hingga 17%, dibandingkan dengan obat plasebo.

Sehingga, hal inilah yang menyebabkan turunnya porsi kalori, yang seseorang konsumsi.

2. Lemon

Nah, untuk cara tradisional menguruskan badan yang berikutnya ini, sepertinya sudah sangat sering dilakukan para pelaku diet.

Pasalnya, si kecut nan segar ini memang sangat multi khasiat, terlebih dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang diketahui, bahwa lemon mengandung tinggi vitamin C, sehingga lemon bisa membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, dan juga menurunkan berat badan berlebih.

Adapun, cara untuk membuat resep ramuan tradisional penurun berat badan dari lemon, sangat mudah! Kamu hanya perlu siapkan satu buah lemon, dan peras.

Campurkan perasan lemon dengan air hangat, dan ramuan tersebut siap diminum. Agar hasil lebih maksimal, minum ramuan ini sebelum makan, setelah bangun tidur. Namun hati-hati buat kamu yang punya penyakit lambung yah!

3. Teh Hijau

Dikenal sebagai ramuan penurun berat badan, cara tradisional menguruskan badan dengan teh hijau, bahkan sudah dilakukan oleh orang Cina, sejak dulu.

Namun, selain untuk menurunkan berat badan, pada zaman dulu orang cina juga menggunakan teh hijau untuk pengobatan.

Mulai dari menstabilkan gula darah, menjaga kesehatan jantung, mempercepat pemulihan luka sampai melancarkan sistem pencernaan manusia.

Nah, dilansir dari merdeka.com, khasiat teh hijau ini ternyata sudah melalui proses uji klinis. Hasilnya, antioksidan yang terkandung dalam ramuan tradisional ini, memiliki delapan kali lebih kuat dari vitamin C dan zat-zat lain.

Bagaimana tidak, itulah mengapa teh hijau sangat populer, terlebih sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan berat badan.

4. Asam Jawa

Biasa digunakan untuk memasak, tahukah kamu bahwa asam jawa, juga merupakan salah satu cara tradisional menguruskan badan.

Buah yang juga memiliki rasa asam namun segar ini, juga memiliki banyak manfaat, bagi kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan berat badan.

Asam jawa yang mengandung flavonoid, dipercaya dapat mencegah penggumpalan darah dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga kaya akan antioksidan dalam tubuh, sehingga, bisa mencegah penuaan dini.

Dalam khasiatnya yang bisa menurunkan berat badan, buah ini ternyata memiliki kandungan asam malat, yang dapat menyehatkan organ pencernaan, dan juga melancarkan BAB.

Tidak hanya itu, serat yang terdapat dalam buah ini, bisa menimbulkan rasa kenyang yang cukup lama, sehingga dapat menekan nafsu makan.

5. Cabe Rawit

Kalian pecinta makanan pedas? Mungki cara tradisional menguruskan badan yang satu ini cocok untuk kamu. Ya, apalagi kalau bukan dengan cabai rawit!

Bumbu dapur yang satu ini, wajib ada di dapur sebagai salah satu rempah paling penting, karena rasa pedasnya.

Namun, dibalik rasa pedas tersebut, cabai rawit juga bisa digunakan sebagai ramuan penurun berat badan. Kok bisa?

Pasalnya, pernah ada riset yang menemukan, komponen capsaicin, dimana capsaicin disebut dapat meningkatkan metabolisme, sehingga jumlah kalori yang dibakar tubuh menjadi lebih banyak.

6. Oregano

Nah, kalau cara tradisional menguruskan badan yang satu ini, mungkin masih jarang dicoba. Tapi, sepertinya secara tidak langsung kamu mungkin pernah mengkonsumsinya.

Jika kamu pernah melihat taburan potongan daun hijau di bagian spageti atau pizza, mungkin kamu sudah tahu rempah oregano.

Pasalnya, oregano merupakan rempah-rempah yang sangat harum dan mengandung komponen carvacrol, yang dipercaya dapat menurunkan berat badan loh.

Bahkan, dalam sebuah riset pada hewan, yakni uji tikus yang mengonsumsi makanan berlemak tinggi, dengan kandungan carvacrol, mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh secara signifikan.

Namun, penemuan ini masih didasari oleh penelitian pada hewan uji. Sehingga, riset pada manusia masih diperlukan dan dilakukan.

Karena, hal tersebut bisa digunakan sebagai bukti, bahwa oregano bisa menjadi cara tradisional menurunkan berat badan yang efektif.

7. Daun Jati Cina

Pernah dengan daun jati cina? Ya, biasa digunakan untuk pengobatan, daun ini ternyata memang menjadi daun, yang sangat populer sejak abad ke-9 oleh masyarakat arab sebagai obat pencahar tradisional.

Dengan khasiat tersebut, maka banyak yang menggunakan daun ini, sebagai cara tradisional menguruskan badan.

Pasalnya, daun ini mengandung zat laksatif yang dapat memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh.

Tidak hanya mengandung zat laksatif, daun jati cina juga dapat menurunkan kadar lemak dan kolesterol jahat, serta sebagai bahan alternatif mengecilkan perut dan melangsingkan tubuh.

8. Jus Jeruk dan Lidah Buaya

Cara tradisional menguruskan badan selanjutnya adalah dengan ramuan jus jeruk dan lidah buaya.

Seperti yang diketahui, selain memiliki manfaat di dunia kecantikan, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk menurunkan berat badan.

Pasalnya, lidah buaya dipercaya mampu membakar lemak dan kalori, lho. Nah, biasanya, para pelaku diet, membuat ramuan lidah buaya dengan cara dibuat jus.

Agar rasanya lebih segar, kamu bisa menambahkan atau dikombinasikan dengan jeruk.

9. Seledri

Kaya akan serat, air, dan antioksidan, seledri juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Sehingga, buat kamu yang sedang diet, seledri bisa dijadikan salah satu cara tradisional menguruskan badan.

Cara kerja seledri di dalam tubuh, adalah dengan adanya kemampuan untuk menjadi cadangan nutrisi bagi tubuh, serta mengelola metabolisme lemak tubuh.

Selain serat, air dan antioksidan, seledri juga mengandung elektrolit, vitamin, serta mineral.

10. Jahe

Bukan hanya dijadikan sebagai bumbu masak, jahe juga bisa dijadikan sebagai cara tradisional menguruskan badan. Masa sih?

Ramuan tradisional yang terbuat dari jahe, dipercaya bisa meningkatkan metabolism, dan membantu pembakaran lemak.

Bahkan, pernah ada penelitian yang dilakukan para ahli dan mengatakan bahwa, jahe ternyata efektif menurunkan berat badan secara tradisional, mengontrol nafsu makan, dan mengurangi lemak berlebih pada perut buncit.

Imbangi Juga dengan Kegiatan Fisik

Tidak hanya mengandalkan cara tradisional menguruskan badan di atas, kamu juga harus aktif bergerak, agar cara tradisional menguruskan badan di atas, bisa bekerja dengan maksimal.

Caranya bagaimana? Yuk intip kegiatan yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan, berikut ini.

  • Tidak melewatkan sarapan pagi
  • Menambah asupan buah dan sayur Buah
  • Aktif bergerak, seperti jalan kaki atau bersepeda
  • Mengonsumsi air putih secara teratur
  • Bangun pagi dan tidak begadang
  • Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak, beralkohol, berpengawet dan lain-lain
  • Olahraga atau sauna

(Baca Juga: 10 Merk Teh Pelangsing Terbaik yang Aman)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait cara tradisional menguruskan badan. Adapun, sebaik-baiknya diet, juga harus diimbangi dengan makanan yang sehat, dan bukannya berhenti makan.

Pasalnya, ada banyak kasus dari para pelaku diet di seluruh dunia, yang benar-benar mengurangi porsi makan yang ekstrim.

Akibatnya, tubuh kekurangan nutrisi, yang seharusnya didapatkan dari makanan. Nah, jangan sampai, hanya karena diet kamu jadi masuk rumah sakit!

Yuk, Meminimalisir Risiko Jatuh Sakit dengan Asuransi Kesehatan!

Dapatkan produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu hanya di CekAja.com!

CekAja.com, menawarkan banyak produk asuransi kesehatan terbaik, dari berbagai perusahaan asuransi ternama di Indonesia, seperti Cigna, Ciputra Life, hingga PFI Mega Life.

Kamu bisa pilih produk asuransi kesehatan yang paling sesuai, untuk dirimu dan juga keluarga, sampai dapat!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan produk asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!

Pariwara