Cek 5 Aplikasi Ponsel yang Buat Anak Betah Belajar di Rumah

5 min. membaca Oleh CekAja on

Jika kamu punya anak usia sekolah dan terlihat sibuk sekali dengan gadget, jangan langsung marah-marah. Siapa tahu, anakmu bukan sedang asyik main game, tetapi justru sedang serius belajar. Nah, bagaimana bisa?

Cek 5 Aplikasi Ponsel yang Buat Anak Betah Belajar di Rumah

Smartphone juga bisa dimanfaatkan untuk belajar berkat adanya layanan bimbingan belajar alias bimbel online.

Kini, para pelajar bisa mengakses layanan bimbel online lewat website dan aplikasi yang disediakan.

Hanya bermodalkan gadget dan kecepatan internet yang memadai, pelajar bisa dengan mudah mengakses berbagai materi pelajaran dengan cara yang berbeda.

Agar semakin menarik, para penyedia layanan bimbel online bahkan menggaet artis idola anak muda seperti Iqbaal Ramadhan dan Maudy Ayunda untuk kepentingan promosi. Maka tak heran, jika layanan bimbel online diminati jutaan pengguna.

Education Technology

Layanan bimbel online yang terbilang populer antara lain Zenius Education, Prime Mobile, Ruangguru, dan Quipper.

Bimbel online tersebut tergolong education technology (edtech) yaitu startup bidang pendidikan. Maraknya startup jenis ini tak bisa dipandang sebelah mata lho!

Untuk Ruangguru misalnya, disebut-sebut berpotensi jadi Unicorn selanjutnya di Indonesia. Unicorn adalah sebutan untuk startup yang valuasinya mencapai lebih dari 1 miliar dolar Amerika Serikat. Saat ini baru terdapat empat unicorn di Indonesia yaitu Tokopedia, Bukalapak, Traveloka dan Go-Jek.

(Baca juga: Cek Fakta Unicorn yang Bikin Geger Debat Capres)

Nah, selain dalam bentuk bimbel online, ada pula edtech dalam berbagai bentuk lain misalnya edtech yang fokus pada pendidikan bahasa asing.

Edtech juga bisa berupa marketplace untuk tenaga pengajar. Selain itu, edtech juga dapat menghadirkan software untuk membantu kegiatan belajar mengajar.

Keberadaan edtech tentu sangat berperan di dunia pendidikan. Khusus untuk bimbel online, akan membantu meningkatkan kemampuan akademis para pelajar. Bimbel online memberikan layanan hampir serupa dengan bimbel konvensional, yaitu menyajikan materi dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Inilah sekilas gambaran tentang beberapa layanan bimbel online dalam bentuk website dan aplikasi:

Zenius Education

Zenius Education atau Zenius.net telah menarik minat hingga lebih dari 11 juta pengguna. Zenius menyajikan materi pelajaran SD hingga SMA. Ada pula seluruh materi UTBK SBMPTN yang dibahas tuntas dalam format video.

Para pengguna Zenius juga bisa mengunggah kumpulan soal SBNMPTN tahun-tahun sebelumnya. Dengan begitu, pelajar dapat menjadikannya sebagai bahan tryout mandiri.

Zenius menawarkan sistem membership. Jika berlangganan, pelajar dapat mengakses lebih dari 66.000 video materi pelajaran, soal, serta pembahasannya. Terdapat pula lebih dari 3.400 paket latihan soal.

Tarif untuk membership selama 1 bulan adalah Rp165.000. Sedangkan untuk jangka waktu 3 bulan Rp220.000 dan 6 bulan Rp330.000.

Untuk jangka waktu yang lebih lama yaitu membership 9 bulan dipatok Rp407.000 dan 12 bulan Rp440.000.

Quipper

Quipper telah diakses oleh sedikitnya 5 jutaan pengguna. Untuk menarik lebih banyak pengguna, bimbel online yang satu ini bahkan menggaet penyanyi tenar Vidi Aldiano untuk menjadi salah satu pengajar.

Vidi merupakan artis yang tetap mengutamakan pendidikan, dia adalah lulusan S2 University of Manchester Inggris.

Quipper menjadi solusi untuk para siswa SMP dan SMA yang ingin meningkatkan kemampuan akademis. Mereka bisa mengakses ribuan video pembelajaran.

Bagi yang sedang bersiap-siap menghadapi ujian kelulusan, dapat mengakses materi persiapan UN dan SBMPTN.

Semua materi sesuai dengan standar kurikulum nasional. Selain yang berbayar, tersedia pula materi gratis. Jika ingin lebih puas, para pelajar bisa mengambil paket materi berbayar.

Para pelajar pun bisa menikmati belajar dengan seru dengan membayar biaya mulai dari Rp540.000 hingga Rp1 jutaan saja.

Ruangguru

Ruangguru terbilang lengkap menyajikan video belajar, les privat, latihan soal, hingga tryout untuk jenjang SD-SMA.

Asyiknya, terdapat berbagai fitur menarik seperti group chat untuk belajar bersama tutor yang siap menjawab berbagai pertanyaan.

Selain itu, pengguna juga bisa berkonsultasi dengan tutor melalui aplikasi live chat. Tak heran, jika pengguna Ruangguru telah mencapai 9 jutaan.

Harga paket yang ditawarkan oleh Ruangguru bermacam-macam. Untuk Paket Digitalbootcamp SMA + Ruangbelajar SMA (1 tahun ajaran) misalnya, bisa didapatkan Rp1,35 juta. Untuk les privat mulai dari Rp100.000 per jam.

Atau untuk paket SBMPTN Rp250.000 hingga Rp2,18 juta. Sementara untuk Ruanglesonline Rp20.000 per 30 menit (tanya jawab dengan tutor).

Prime Mobile

Bimbel online lainnya adalah Prime Mobile. Bimbel ini siap mengantarkan para pelajar sukses menghadapi UTS, UAS, US/M, UN/USBN hingga SBMPTN. Pelajar bisa melahap soal-soal yang prediktif lengkap dengan pembahasan berupa teks maupun video.

Prime Mobile menawarkan Paket Reguler mulai dari Rp200.000 untuk Paket Aktivasi 1 Bulan. Sementara untuk 3 bulan Rp350.000, 6 bulan Rp550.000, dan 12 bulan Rp950.000.

Rumah Belajar

Selain keempat bimbel online berbayar di atas, ada pula bimbel online yang bisa diakses secara gratis termasuk Rumah Belajar. Rumah Belajar adalah bimbel online yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Baca juga: Cara Persiapkan Biaya Pendidikan dengan Modal Minim)

Tak mau kalah dengan bimbel online besutan swasta, Rumah Belajar juga tampil interaktif dengan animasi dan video.

Rumah Belajar menyediakan bank soal, buku sekolah elektronik, hingga kelas maya. Untuk mengaksesnya bisa mengunjungi situs belajar.kemdikbud.go.id atau dengan menggunggah aplikasinya.

Kelebihan Bimbel Online

Layanan bimbel online merupakan suatu terobosan yang menawarkan berbagai kelebihan jika dibandingkan layanan bimbel konvensional.

Ini beberapa kelebihan yang ditawarkan bimbel online:

  • Hemat biaya

Meskipun banyak layanan bimbel online yang tidak gratis, biaya yang dikeluarkan untuk menikmatinya terbilang lebih hemat dibandingkan bimbel konvensional.

Jika ingin menggunakan bimbel online, cukup bermodalkan kuota internet serta membayar biaya bimbel sesuai yang ditentukan.

Sedangkan untuk bisa mengakses layanan bimbel konvensional, bukan hanya keluar biaya bimbel saja, tetapi juga biaya transportasi hingga uang jajan.

Tarif bimbel konvensional pun terbilang jauh lebih mahal dibandingkan dengan bimbel online. Dengan begitu, pada dasarnya menggunakan bimbel online dapat menghemat pengeluaran orang tua.

  • Fleksibel

Tentu saja layanan bimbel online sangat fleksibel dari berbagai segi. Pengguna bisa belajar kapan saja dan di mana saja, yang terpenting memiliki gadget yang memadai.

Dengan begitu, pelajar pun akan lebih mudah dalam mengatur waktu antara sekolah, mengikuti bimbel, dan istirahat.

  • Tidak membosankan

Layanan bimbel online juga tampil dengan lebih kreatif karena menyajikan berbagai format materi sehingga tidak akan membuat siswa mudah bosan.

Materi dalam bentuk video misalnya, tentu sangat disukai oleh para pelajar. Para pelajar pun akan lebih mudah menyerap materi yang tersaji.

  • Jangkauan luas

Bimbel online memiliki jangkauan yang luas sehingga para pelajar di mana saja bisa mengksesnya asalkan terdapat jaringan internet. Di daerah tertentu yang jarang terdapat bimbel konvensional yang berkualitas, pelajar bisa memanfaatkan bimbel online.

Nah, itulah sekilas mengenai maraknya bimbel online. Pendidikan adalah modal penting bagi setiap orang untuk menjalani kehidupan.

Persiapkan dengan baik biaya pendidikan anak dengan cara investasi. Cek berbagai pilihan investasi di CekAja.com!

Tentang kami

CekAja

CekAja