Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Cek 5 Rekomendasi Wisata Kuliner Murah di Yogyakarta !

by Estrin Vanadianti Lestari on 21 Oktober, 2019

Selain terkenal dengan destinasi wisatanya, kota Yogyakarta ternyata juga memiliki keunikan lain. Ya, kota yang dijuluki sebagai kota pelajar itu juga ngehits tentang wisata kuliner murahnya, saking murahnya bahkan ada yang dijual kurang dari Rp10 ribu lo.

Disematkannya julukan sebagai kota pelajarlah yang konon membuat harga jual apapun di Yogyakarta menjadi lebih murah dan ramah bagi kantong pelajar. Terlebih untuk urusan makan. 

Atas dasar itulah tingkat kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke Yogyakarta, selalu menunjukkan tren yang menanjak. Data dari Dinas Pariwisata DIY menunjukkan bahwa jumlah pengunjung ke Yogyakarta pada tahun 2018 lalu hampir mencapai 6 juta orang.

Nah pada tahun ini, diharapkan sekitar 6,4 juta orang wisatawan bakal masuk dan memadati Yogyakarta. 

Backpacker ke Yogya? Siapa Takut

Buat kamu yang berniat untuk traveling ala backpacker, Yogyakarta mungkin sangat cocok untuk dijadikan tujuan. Pasalnya, di kota ini kamu bisa menghemat pengeluaran terutama untuk makan.

Kamu tidak akan dibuat miskin jika ingin mengisi perut, karena rata-rata harga makanan di Yogyakarta memang akan semurah itu, jadi jangan kaget ya.

Disamping itu, berkunjung ke Yogyakarta juga akan menciptakan pengalaman berwisata yang sangat berkesan. Bahkan, karena keramahan penduduknya hingga semua harga barang dan jasa yang ditawarkan sangat rendah, membuat kamu selalu ingin kembali ke kota ini.

Tidak jarang banyak juga wisawatawan yang kembali ke Yogyakarta hanya sekada untuk mencicipi lezatnya kuliner khas Yogyakarta yang gak bikin kantong bolong.

Daripada penasaran, yuk langsung saja intip beragam pilihan wisata kuliner di Yogyakarta harga murah, yang paling direkomendasikan untuk kamu, dengan harga di bawah Rp10 ribu saja!

(Baca juga: Ini 8 Tempat Kuliner di Bandung yang Murah Meriah, Kuy Kepoin!)
1. Angkringan Kedaulatan Rakyat “KR” – Mulai Rp1.000

Untuk rekomendasi yang pertama tempat wisata kuliner di Yogyakarta harga murah, adalah Angkringan KR atau yang dikenal juga dengan Angkringan Pak Jabrik. Jenis kuliner satu ini sejatinya bukanlah hal baru di Yogyakarta.

Bahkan Angkringan sudah menjadi ciri khas atau trademark dari kota yang sempat menjadi Ibukota negara pada tahun 1946 dan 1949 itu. Selain murah, kamu bisa langsung memilih makanan yang kamu sukai, tinggal tunjuk dan bayar. 

Untuk harga, jangan takut, makanan yang tersaji di Angkringan KR dibandrol mulai dari Rp1.000 per buah. Ketika kamu berkunjung ke Yogyakarta, jangan bingung kalau kamu akan menemui banyak sekali Angkringan.

Langsung saja cari dan pilih Angkringan KR, disana kamu bisa langsung merasakan hangat dan romantisnya kota Yogyakarta. 

Nah membincang nama Angkringan, KR sendiri merupakan akronim dari Kedaulatan Rakyat, nama koran harian asal Yogyakarta. Nama itu sengaja dibubuhi di belakang nama Angkringannya karena lokasinya yang berada di depan kantor koran Kedaulatan Rakyat di Jalan P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis. 

Angkringan KR menyediakan berbagai macam menu makanan. Mulai dari sego kucing, tahu goreng, aneka macam gorengan, tempura, sosis tusuk, sate kerang, tempe mendoan, sate usus, hingga telur puyuh.

2. Gudeg Pagi Ibu Dewi – Mulai Rp7.000-9.000

Satu lagi tempat wisata kuliner di Yogyakarta yang murah adalah Gudeg Pagi Ibu Dewi. Seperti namanya, penjual yang bernama Ibu Dewi ini menjual makanan khas Yogyakarta berupa gudeg setiap pagi.

Sehingga, Gudeg Pagi Ibu Dewi merupakan tempat wisata kuliner yang paling cocok untuk berburu sarapan. Berlokasi di daerah Karangwuni, Jalan Kaliurang km 5,5, Guded Pagi Ibu Dewi sudah bisa dicicip mulai pukul 5.30 WIB.

Kamu yang ingin menjajal kelezatan Gudeg Pagi Ibu Dewi disarankan untuk datang saat pagi sekali. Karena biasanya Gudeg Pagi Ibu Dewi sudah ludes sekitar sekitar jam 8 pagi.

Soal harga, kamu tak perlu khawatir, kamu hanya perlu menyiapkan Rp7.000 hingga Rp9.000 untuk menikmati seporsi gudeng ceker atau gudeg ayam suwir. Bagaimana, murah meriah bukan?

3. Kedai Rakjat Djelata – Mulai Rp4.000

Menu kulineran murah di Yogyakarta selanjutnya adalah Kedai Rakjat Djelata. Dari namanya yang unik tentu kamu sudah dapat menebak betapa murahnya harga makanan disini.

Kedai Rakjat Djelata, yang artinya rakyat biasa (bukan bangsawan, bukan hartawan atau bukan orang kaya) ini memiliki banyak menu makanan dengan harga mulai dari Rp4 ribu saja.

Dengan desain interior khas Yogyakarta, membuat kedai ini terkesan jadul dan sangat sederhana. Berlokasi di Jalan Doktor Sutomo No. 54, Baciro, Gondokusumo, Yogyakarta, Kedai Rakjat Djelata menyediakan menu makanan tradisional. 

Mulai dari aneka sayur seperti sayur asem, sayur lodeh, gudeg, gule manten anyar, tempe bace, brongkos, hingga ketan kedaton.

Tidak hanya makanan, kamu juga bisa memesan minuman yang dibanderol mulai dari  harga Rp2 ribu. Minuman yang disediakan diantaranya ada Es Buto Ijo, Cincau Ireng, Bandrek, Buaya Darat, hingga Es Banyoe Geni.

4. Dewi Ratih Lesehan – Serba Rp10.000

Wisata kuliner murah di Yogyakarta lainnya adalah Dewi Ratih Lesehan. Tempat makan ini masuk ke dalam deretan tempat makan murah di bawah Rp10.000, karena memang menu makannya yang dijual serba Rp10.000. 

Kamu tidak perlu khawatir soal ukuran porsi, karena dengan harga Rp10.000, kamu sudah bisa memesan berbagai macam paket pilihan yang nikmat, dan pastinya bikin perut kenyang.

Berlokasi di daerah Klebengan dekat Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta, Dewi Ratih Lesehan menyediakan menu makanan mulai dari nasi dengan nila bakar, nasi dengan cumi rica-rica, nasi dengan ayam goreng, dan masih banyak lagi.

Untuk minumannya, di sini juga tersedia aneka jus, susu, kopi, minuman kemasan, teh, jeruk peras, dan lain-lain.

(Baca juga: Mau Wisata Kuliner di Manado Harga Murah? Ini Rekomendasinya)
5. Soto Rembang – Mulai Rp7.000-8.000

Masih berada di area dekat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Soto Rembang juga sangat direkomendasikan, sebagai tempat wisata kuliner murah di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

Berlokasi tepat di belakang Bale Bebakaran, Soto Rembang dikenal dengan rasanya yang enak dan khas. Maka tak heran jika kebanyakan mahasiswa dan wisatawan, senang berkunjung ke sini.

Soto yang berisi sohun, ayam suwir, toge, daging sapi iris, bawang goreng, irisan daun seledri dan kuah bening ini dijual dengan harga Rp7.000-8.000 saja. Namun, jika kamu ingin tambahan lauk seperti gorengan, kamu hanya perlu keluarkan uang Rp500 per satuannya.

Untuk minumannya pun, kamu juga hanya perlu mengeluarkan uang Rp2.000-3.000 saja. Jadi cukup dengan Rp10.000, kamu sudah bisa dapat semangkuk Soto Rembang dan satu gelas minuman dan dua buah gorengan.

Bagaimana, mengenyangkan dan tentunya murah meriah bukan? Pasyikan juga travelling kamu sudah dibekali dengan dana tunai yang cukup. Ajukan di CekAja.com untuk mendapatkan dana tunai cepat dari produk bank pilihan kamu.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk