Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Cek Saldo BPJS Kini Lebih Cepat

by lhmdi on 26 April, 2016

bisnis untuk orang introvert_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Melakukan cek saldo BPJS baik yang bersifat Ketenagakerjaan dan Kesehatan merupakan pilihan yang sering dilakukan oleh masyarakat ketika sedang aktif bekerja.

Secara umum, BPJS Ketenagakerjaan sendiri merupakan sebuah fasilitas serta tanggung jawab yang diberikan oleh sebuah perusahaan atau tempat bekerja untuk menjamin keselamatan kerja serta kesehatan karyawan, selama masih berstatus aktif bekerja.

Akan tetapi pengecekan saldo ini biasanya dilandasi oleh beberapa hal, diantaranya adalah ketika seorang karyawan akan mengundurkan diri dari pekerjaannya, atau mengalami Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK hingga masa pensiun.

Peran pemerintah melalui BPJS 

Melalui BPJS, pemerintah mencoba memfasilitasi kebutuhan karyawan dan keinginan perusahaan dalam memberikan hubungan timbal balik yang baik. Melalui BPJS pula pemerintah mengajak setiap perusahaan bertanggung jawab agar mendaftarkan karyawannya sebagai peserta dalam bentuk asuransi. Sistem pembayaran iuran BPJS ketenagakerjaan pun biasanya dilakukan oleh kedua belah pihak, baik dari karyawan dan juga perusahaan.

Hanya saja, porsi perusahaan untuk membayarkannya lebih besar. Secara umum, tenaga kerja atau karyawan hanya membayar sekitar 3% dari gajinya setiap bulan. Sementara itu, sisanya dibayarkan oleh perusahaan. Dana yang terkumpul kemudian dikelola oleh BPJS sebagai bentuk investasi.

Setiap tahunnya, saldo BPJS sendiri akan bertambah, begitu pula ketika kamu berpindah pekerjaan dari kantor lama menuju kantor baru. Lalu, bagaimana melihat catatan saldo BPJS Ketenagakerjaan yang selama ini sudah kamu miliki? Secara umum terdapat beberapa cara untuk melakukan pengecekan saldo BPJS.

  1. Layanan SMS

BPJS bekerjasama dengan operator telekomunikasi di Indonesia membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan terhadap saldo BPJS mereka dengan menggunakan layanan sms.

Namun, sebelum melakukan pemeriksaan, BPJS akan meminta kamu untuk mendaftar terlebih dahulu dengan format pengiriman SMS REG # NoBPJS # Tanggal lahir # Nama Ibu Kandung lalu kirim ke 2757.

Setelah mendapatkan notifikasi dan kamu sudah terdaftar, sekarang saatnya cek saldo BPJS via sms 2757 dengan cara ketik Saldo #NomorID.

  1. Layanan website

BPJS juga membuka layanan cek saldo dengan mengunjungi laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs. Di laman ini kamu hanya memerlukan alamat email serta nomor pin sebagai akses untuk melihat nilai saldo.

Agar mendapatkan akses ini, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu dan mengklik aktivasi yang diberikan BPJS sebagai bukti bahwa kamu bisa cek saldo dan keterangan lainnya.

Lebih cepat dengan aplikasi ponsel pintar

Baru-baru ini, BPJS Ketenagakerjaan melakukan inovasi yang lebih dalam lagi untuk memfasilitasi keinginan masyarakat dalam memanfaatkan dana BPJS yang mereka miliki. Sebuah terobosan dilakukan BPJS dengan  membuat aplikasi khusus untuk cek saldo BPJS. Sayangnya, aplikasi ini baru bisa digunakan bagi pemilik ponsel pintar dengan sistem operasi Android dan iOS.

Aplikasi yang diberi nama BPJSTK Mobile Gen 2 ini dibuat dengan fitur-fitur yang memudahkan mendapatkan informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan yang dimilikinya. Beberapa fitur andalan dari aplikasi ini pengguna dapat melakukan pendaftaran hanya dengan menggunakan data kependudukan.

Setelah mendaftar, maka e-mail atau surat elektronik dan pin yang diberikan dapat digunakan untuk menghitung simulasi jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, hingga jaminan pensiun serta beragam informasi lainnya seperti layanan pengaduan.

Agar lebih mudah, maka BPJS membuat perhitungan ini sendiri digunakan menggunakan kalkulator yang disematkan dalam aplikasi, sehingga pengguna tidak perlu lagi menghitung menggunakan kalkulator yang berada di luar aplikasi.

Lebih menariknya lagi, BPJS bekerjasama dengan berbagai merchant-merchant khusus dan mengadakan sebuah program Co-Marketing yang dapat dinikmati bagi peserta BPJS ketenagakerjaan. Beberapa merchant yang bekerjasama dalam program ini diantaranya adalah layanan tentang pemberian kredit, elektronik, kebutuhan konsumtif, layanan pendidikan, jasa transportasi, bahkan layanan untuk melakukan perjalanan seperti pemesanan hotel.

Layanan yang memberikan promosi dan diskon besar ini juga disematkan dalam fitur aplikasi ponsel pintar BPJSTK Mobile Gen 2.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.