Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Inilah Contoh Bisnis Plan Sederhana untuk UKM

by Surtan Siahaan on 2 October, 2017

tips bisnis _ pinjaman usaha - CekAja.com

Sebelum mulai menjalankan bisnis, ada beberapa tahapan yang harus dilalui calon pengusaha. Salah satunya adalah membuat bisnis plan.

Sebelum kita membahas contoh rencana bisnis secara lebih mendetil, ada baiknya untuk mengetahui fungsi dari rencana bisnis. Pada dasarnya, rencana bisnis memiliki banyak manfaat. Namun, calon pengusaha biasanya membuat rencana ini untuk 4 tujuan.

Pertama, digunakan untuk mencari sumber pendanaan baik melalui pinjaman kredit bank atau investor perorangan. Kemudian kedua, tujuannya untuk merancang strategi bisnis. Di dalam rencana bisnis yang baik biasanya sudah tercantum target-target baik jangka pendek, menengah dan panjang lengkap dengan strategi untuk mencapainya.

Ketiga, mengukur biaya dan kebutuhan. Keempat, meningkatkan nilai bisnis karena dalam sebuah rencana bisnis ada data-data penting yang menunjukkan potensi dari bisnis tersebut.

Rencana usaha punya fungsi sangat penting, karena itu dalam membuat kita tidak boleh sembarangan. Pengusaha yang berniat membuatnya harus mengetahui syarat bisnis plan yang benar. Jika nanti kita sedang membuat sebuah rencana bisnis, pastikan isinya memenuhi syarat-syarat di bawah ini.

Isi yang jelas dan mudah dipahami

Maksud jelas di sini adalah sejauh mana isi proposal mudah dipahami khususnya pernyataan mengenai bidang usaha, legalitas, jumlah tenaga kerja, kompetitor usaha hingga modal yang dimiliki/dibutuhkan. Tanpa kejelasan pada poin-poin tersebut, bisnis yang akan dijalankan akan kesulitan mendapatkan investor atau rekan kerja.

Walau singkat, namun bisa terangkan maksud dan tujuan

Ingat, proposal usaha bukan karya ilmiah. Kita harus sebisa mungkin menjelaskan maksud dengan sederhana dan tidak bertele-tele. Proposal usaha yang singkat juga baik saat mencari pendanaan karena investor kerap tak memiliki waktu lama untuk mempelajari proposal yang bertele-tele.

Usahakan isi lengkap dan sesuai dengan rencana

Meskipun proposal usaha harus dibuat sesingkat dan sepadat mungkin, jangan sampai isinya tidak lengkap. Pastikan seluruh maksud dan rencana kita tertuang di dalamnya. Karena proposal ini menjadi cara dapatkan investor untuk bisnis yang kita bangun.

Selain itu, jangan juga menutup-nutupi sesuatu yang sebenarnya kita rencanakan. Sebab, hal ini bisa berdampak pada kepercayaan investor maupun rekan bisnis di kemudian hari.

Sertakan data-data akurat sebagai pendukung

Proposal yang baik menyertakan data-data yang berkaitan dengan rencana bisnis. Namun, untuk dapat dikatakan sebagai sebuah proposal yang baik, rencana usaha harus memuat data yang akurat tanpa tendensi dari penyusunnya untuk menutup-nutupi fakta yang berkaitan dengan usahanya.

Jika ingin bisnis kuliner, ini contoh proposal usaha restoran skala UKM

tips promosi bisnis_KTA-CekAja.com

Gambaran di bawah ini hanyalah simulasi. Bagi yang berminat untuk menerapkannya membutuhkan penyesuaian terhadap jenis usaha dan rencana promosi. Selain itu, sifat simulasi ini masih sangat makro.

Sementara untuk membuat sebuah proposal usaha yang asli dibutuhkan penjelasan yang lebih detil dan teliti. Sekadar gambaran, berikut ini contoh proposal usaha yang bisa ditiru.

Contoh Proposal usaha

Persiapan

  1. Melakukan riset pasar untuk mendapatkan informasi mengenai peluang, kompetitior dan kendala-kendalanya. Pada tahap ini, kita sudah tahu makanan/minuman apa yang akan disajikan.
  2. Mengurus legalitas seperti perizinan dan lain sebagainya.
  3. Mencari sumber daya manusia/ pekerja seperti koki, kasir dan pelayan restoran.
  4. Menyediakan bahan baku makanan dan minuman.
  5. Menyediakan peralatan mulai dari peralatan dapur hingga meja dan kursi restoran.

Pemasaran

  1. Menentukan konsep interior dan eksterior restoran berikut konsep penyajian dan alat pendukungnya seperti sendok, garpu, piring dan gelas.
  2. Membuat akun sosial media mulai dari Facebook, Instagram, Twitter hingga layanan pesan instan seperti Whatsapp.
  3. Mendaftarkan perusahaan pada layanan jasa antar makanan.
  4. Promosi dan branding melalui sosial media maupun menggunakan perangkat offline seperti spanduk, banner dan lains ebagainya.
  5. Memberikan promo soft opening.
  6. Mengikuti event event kuliner sebagai bagian dari upaya branding.

Estimasi modal

Biaya riset Rp 5.000.000
Desain inetrior + eksterior Rp 15.000.000
Peralatan Rp 25.000.000
Seragam Rp 1.000.000
Rekrutmen Rp 1.000.000
Perizinan Rp 5.000.000
Biaya pemasaran Rp 5.000.000
TOTAL Rp 57.000.000

Estimasi Modal kerja 1 bulan

Bahan baku Rp 1.000.000
biaya-biaya (listrik, air dll) Rp 400.000
Upah pekerja Rp 6.000.000
TOTAL Rp 7.400.000

Estimasi pendapatan selama 1 bulan

Penjualan makanan selama 1 bulan Rp 3.000.000
Penjualan minuman selama 1 bulan Rp 1.000.000
Estimasi keuntungan Rp 2.500.000

 Sumber pendanaan

Modal pribadi Rp 30.000.000
Investor Rp 34.000.000
TOTAL Rp 64.400.000


Masih butuh tambahan modal bisnis? Inilah solusi permodalan untuk usaha kecil menengah

beli reksadana online _ investasi - CekAja.com

Meski sudah memiliki proposal usaha yang baik, ada kalanya seorang calon pengusaha tak kunjung mendapatkan suntikan dana. Oleh karena itu, sebagai pengusaha yang cerdik, kita harus putar otak untuk mencari sumber pendanaan yang lain.

Modal usaha tidak melulu datang dari investor melainkan bisa diperoleh dari pinjaman bank bahkan bantuan pemerintah. Berikut ini daftar sumber pendanaan usaha yang bisa kita manfaatkan.

Pinjaman UKM

Pinjaman modal usaha juga bisa diperoleh dari bank. Beberapa bank seperti BRI, Bank Mandiri, BCA dan Bank Danamon dan bahkan memiliki produk khusus yakni pinjaman UKM. Untuk mengajukannya pun mudah karena bisa dilakukan secara online. Tertarik mendapatkan bantuan modal usaha untuk bisnis skala UKM? Ajukan saja pinjaman modal usaha melalui CekAja.com.

Kredit Usaha Rakyat

Bagi pengusaha skala UKM yang butuh modal usaha, pemerintah memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Ini merupakan bantuan permodalan yang khusus diperuntukkan bagi pengusaha skala mikro, kecil dan menengah. Dana yang bisa diperoleh dari KUR bisa mencapai Rp 500 juta.

 

Tentang Penulis