6 Keuntungan Endorsement dalam Bisnis Online, Dampaknya Bukan Main!

Keuntungan endorsement dalam bisnis online memang tak bisa disepelekan. Dan berikut CekAja berbagi informasinya khusus buat kamu.

Media sosial sekarang ini enggak cuma digunakan untuk pribadi saja. Banyak pebisnis awam hingga handal, turut menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya.

Salah satu media sosial yang paling dilirik adalah Instagram. Tempat berbagi foto dan video tersebut, seolah telah menjadi alternatif terbaik untuk berbisnis.

Dari Instagram lah, kemudian kita mengenal kata ‘endorsement’. Lantas, apa sih sebenarnya endorsement itu?

Sekilas Tentang Endorsement

Endorsement atau singkatnya endorse adalah aktivitas promosi untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dimiliki oleh suatu pebisnis.

Aktivitas ini biasa dilakukan oleh orang ternama, seperti artis, selebgram, ataupun influencer.

Mereka yang melakukan endorsement nantinya akan diminta untuk mempromosikan suatu produk secara terang-terangan.

Namun tak jarang pula, ada brand yang meminta seorang public figure untuk mempromosikan secara natural dengan kalimat yang persuasif.

Kegiatan endorsement sendiri banyak dilakoni melalui sosial media Instagram. Sosmed yang satu ini memang dianggap efektif untuk melakukan endorsement, karena dampaknya yang tak main-main bagi suatu brand.

Meski begitu, bagi pebisnis awam yang baru akan mencoba jasa endorsement, sangat disarankan untuk memilih seorang public figure yang tepat.

Jika memiliki modal yang cukup, ada baiknya untuk memilih seorang artis atau selebgram yang memang memiliki image kuat dan berpengaruh, sehingga hasil yang didapat pun jelas terlihat.

(Baca Juga: Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Sistem Pre-Order)

Keuntungan Endorsement dalam Bisnis Online

Berbisnis online memang bukan perkara mudah. Kamu harus siap bersaing dengan brand lainnya yang menawarkan produk serupa.

Maka dari itu, peranan seorang selebgram atau artis ternama dibutuhkan.

Karena dengan adanya ‘bantuan’ mereka, kamu dapat mengenalkan brand yang dimiliki ke khalayak umum.

Singkatnya, jasa yang dimiliki oleh selebgram maupun artis adalah endorse. Di mana mereka menerima produk yang kamu punya, lalu memasarkannya melalui sosial media pribadi.

Kegiatan endorsement ini tentu memiliki beberapa keuntungan luarbiasa, terutama bagi bisnis online.

Mau tahu apa sajakah keuntungannya? Berikut CekAja sajikan informasinya buat kamu.

1. Meningkatkan followers dan penjualan

Keuntungan endorsement dalam bisnis online yang pertama adalah meningkatkan followers di sosial media dan marketplace, sekaligus penjualan.

Bagi para pebisnis online, kenaikan jumlah pengikut, baik di sosial media maupun marketplace adalah hal yang utama.

Dengan begitu, secara otomatis mereka pun tentu akan lebih mudah melakukan penjualan, karena loyalitas pelanggan yang tak perlu diragukan lagi.

Bisa jadi, ketika brand tersebut mengeluarkan seri produk terbaru, mereka tak perlu khawatir lagi bila produknya tak laku. Sebab, karena sudah tercipta kepercayaan konsumen atas kualitas dari brand tersebut.

2. Produk dikenal khalayak

Keuntungan endorsement dalam bisnis online yang satu ini memang enggak perlu diragukan lagi.

Terlebih jika suatu brand memilih seorang public figure yang tepat, dalam artian memiliki impact besar untuk urusan memasarkan produk.

Dengan mencoba kegiatan endorsement, pebisnis tak hanya mendapatkan jumlah pengikut di official media sosial mereka. Namun, juga produk yang turut dipasarkan tentu akan lebih dikenal khalayak.

Dari hal itu pula, tingkat penjualan pasti mengalami kenaikan yang cukup pesat, apalagi jika produk yang dijual adalah barang populer pada kategori fesyen, kecantikan, maupun kuliner.

3. Media promosi yang efektif

Tak bisa dipungkiri, bahwa jasa endorsement adalah salah satu ajang promosi yang efektif, dan hampir bisa mencakup semua kalangan.

Betapa tidak, ketika seorang influencer mengunggah suatu produk di sosial medianya dengan iming-iming kalimat yang persuasif, bisa dipastikan bahwa postingan tersebut dilihat oleh followersnya.

Terlebih nih, jika produk yang dipromosikan punya visual yang menarik dan memang lagi booming di kalangan masyarakat. Contoh saja produk kecantikan milik artis Felicya Angelista.

Produk skincare-nya yakni Scarlet, bisa dibilang sukses besar berkat banyaknya promosi yang dilakukan melalui para influencer, selebgram, maupun artis.

(Baca Juga: 8 Cara Membuat Bisnis Plan yang Efektif)

4. Meningkatkan brand awareness

Keuntungan endorsemet dalam bisnis online yang berikutnya adalah dapat meningkatkan brand awareness.

Brand awareness atau diartikan pula sebagai kesadaran merek, merupakan kemampuan konsumen untuk langsung bisa mengenali identitas dari merek tersebut, hanya dengan melihat logo, warna, dan sebagainya dari merek itu.

Brand awareness sendiri dapat diciptakan lewat kegiatan promosi seperti endorsement. Hal ini banyak dilakukan bahkan oleh pebisnis handal sekalipun.

Lewat endorsement, suatu brand yang namanya sudah besar akan lebih mudah untuk menciptakan brand awareness di kalangan masyarakat.

Sehingga, produk mereka terkenal berkualitas dan kian dipercaya.

5. Lebih dipercaya konsumen

Keuntungan endorsement dalam bisnis online yang berikut ini masih erat kaitannya dengan poin di atas.

Setelah brand awareness tercipta, secara otomatis suatu merek akan jauh lebih terkenal dan dipercaya konsumen.

Kepercayaan konsumen dalam dunia bisnis memang sangat ‘diagungkan’ lho. Sebab dari hal itulah, arus pendapatan suatu bisnis dapat berjalan lancar.

Sehingga, jangan heran jika suatu brand marak mencoba berbagai cara untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, salah satunya dengan jasa endorsement.

Apalagi nih jika menggunakan jasa endorsement dari public figure yang punya jumlah followers banyak, seperti halnya Tasya Farasya dan Rachel Vennya.

6. Hemat biaya pemasaran

Keuntungan endorsement dalam bisnis online yang terakhir tentu saja adalah hemat biaya pemasaran.

Dengan jasa endorsement ini, kamu enggak perlu lagi mengeluarkan dana untuk mengiklankan produkmu di tv yang terkenal mahal, bahkan bisa mencapai Rp100 juta untuk penayangan selama 30 detik pada momen prime time.

Jasa endorsement sendiri umumnya memiliki harga yang cukup beragam, tergantung dari kategori pemasaran yang dilakukan, yaitu posting foto di feed, posting video, dan mengunggah postingan di Instagram Stories.

Diantara ketiganya, yang paling mahal biasanya adalah memposting video dengan range harga sekitar Rp1 juta hingga Rp10 juta ke atas.

Tidak hanya dari kategori pemasarannya saja, harga jasa endorsement juga umumnya ditentukan dari siapa public figure yang dipilih.

Semakin banyak followers atau semakin tenar public figure tersebut, maka harga sekali endorsement-nya tentu saja jauh lebih mahal.

Cari Pinjaman untuk Modal Bisnis Terpercaya? Cek di Sini!

Nah, itu dia enam keuntungan endorsement dalam bisnis online. Buat kamu yang menggeluti bidang ini, jangan lupa untuk selalu mencari solusi bila modal usaha menipis.

Salah satunya adalah dengan mengajukan KTA di CekAja.com. Di CekAja tersedia lengkap berbagai jenis KTA dari mitra bank terpercaya.

Selain mengajukan, kamu pun dapat membandingkan dulu produk KTA yang diinginkan, sehingga nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun bujetmu.

Tak perlu khawatir urusan bunga, sebab rata-rata produk kredit tanpa agunan yang dimiliki CekAja memiliki standar suku bunga yang rendah bahkan tergolong eksklusif online.

Pengajuannya juga praktis, kamu dapat melakukannya kapan saja dan dimana saja, karena seluruh prosesnya dilakukan secara online.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung cek KTA dari CekAja.com, dan ajukan kapanpun saat kamu membutuhkannya.