Daftar Negara yang Mewajibkan Asuransi Perjalanan Luar Negeri

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Perjalanan ke luar negeri kini semakin dibatasi akibat pandemi Covid-19. Setiap Negara pun menghimbau warganya bepergian hanya untuk kegiatan mendesak dan urusan bisnis saja. Jika kamu ingin pergi ke luar negeri, simak dulu daftar Negara yang mewajibkan asuransi perjalanan luar negeri untuk setiap pendatang.

Daftar Negara yang Mewajibkan Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Alasan Negara Mewajibkan Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Pentingnya bepergian ke negera lain dengan asuransi perjalanan luar negeri mungkin tidak disadari semua orang. Padahal, berbagai risiko sangat mungkin terjadi bagi para pendatang ini. Apalagi, di musim pandemi seperti sekarang.

Banyak Negara yang kini mewajibkan asuransi perjalanan luar negeri bagi siapa saja yang ingin datang ke negaranya. Ada beberapa alasan, di antaranya sebagai berikut:

  • Negara tujuan tak ingin menanggung kerugian akibat risiko yang dialami WNA. Sebab WNA yang datang bisa saja jatuh sakit, mengalami kecelakaan, atau bahkan meninggal dunia dan tidak memiliki biaya atau deposit yang cukup membayar biaya kesehatan di Negara tersebut.
  • Negara tujuan ingin menekan laju persebaran virus dan penyakit berbahaya dengan mewajibkan siapapun yang datang ke negaranya untuk menjalani tes kesehatan. Tes ini bisa saja tidak gratis, dan akan lebih mudah jika kamu membayarnya dengan asuransi.

Manfaat Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Sebenarnya, peraturan Negara-negara yang mewajibkan asuransi perjalanan luar negeri semata-mata juga ingin memastikanmu melindungi diri dari segala risiko. Agar kamu semakin yakin mengasuransikan dirimu, simak manfaat asuransi perjalanan luar negeri berikut ini:

  • Manfaat perlindungan atas kerugian keterlambatan perjalanan
  • Manfaat perlindungan atas kerugian kehilangan bagasi atau barang pribadi lainnya
  • Manfaat perlindungan atas kerugian penghentian perjalanan
  • Manfaat penggantian biaya layanan kesehatan darurat untuk kondisi sakit akibat penyakit, akibat kecelakaan, maupun layanan kesehatan saat masa karantina
  • Manfaat perlindungan atas isi rumah yang ditinggalkan di Negara asal
  • Manfaat penggantian biaya evakuasi medis dan pemulangan jenazah

(Baca Juga: Pentingnya Asuransi Kesehatan saat Ingin Balik ke Jakarta)

Syarat Bepergian ke Luar Negeri Saat New Normal

Di masa new normal, ada beberapa syarat yang wajib dipatuhi setiap orang yang ingin bepergian baik ke dalam maupun luar negeri. Berikut syarat umum yang harus kamu penuhi agar bisa pergi ke negeri orang:

  • Menerapkan protokol kesehatan. Seperti selalu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara rutin.
  • Menunjukkan identitas diri seperti KTP
  • Menunjukkan surat hasil tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku selama 7 hari atau surat hasil Rapid Test dengan hasil non-reaktif yang berlaku selama 3 hari ke depan.
  • Melengkapi visa ke Negara yang dituju. Setiap Negara memiliki aturan kunjungan selama masa new normal, yang informasi lengkapnya bisa kamu dapatkan melalui kantor kedutaan Negara terkait.
  • Ketika sampai di Negara tujuan, kamu mungkin akan kembali menjalani tes PCR atau Rapid Test, serta wajib menjalani masa karantina di tempat yang sudah ditunjuk oleh pemerintah maupun penginapan yang ditunjuk resmi sebagai tempat karantina pengunjung luar negeri.

Pada intinya, setiap Negara memiliki peraturan kunjungan masing-masing. Bahkan ada sebagian Negara yang sebelumnya membebaskan visa untuk warga Indonesia yang berkunjung mengubah kebijakannya ini. Untuk tahu lebih lanjut, pastikan kamu menghubungi pihak kedutaan negera terkait, ya.

Daftar Negara yang Mewajibkan Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Berikut rincian lengkap daftar Negara yang mewajibkan asuransi perjalanan luar negeri:

1. Republik Kuba

Republik Kuba - Daftar Negara yang Mewajibkan Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Republik Kuba atau dikenal juga dengan sebutan Kuba merupakan Negara kepulauan di Karibia, bagian tengah Benua Amerika. Walaupun merupakan Negara kecil, Kuba cukup ketat memberi persyaratan bagi WNA yang ingin datang ke negaranya.

2. Negara-negara Eropa dengan Visa Schengen

Negara-negara Eropa dengan Visa Schengen - Daftar Negara yang Mewajibkan Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Beberapa negara di Eropa tergabung dalam perjanjian Schengen yang kemudian menyepakati bahwa kunjungan WNA ke semua Negara ini hanya menggunakan satu visa saja, yakni Visa Schengen.

Ada total 26 negara yang tergabung dalam perjanjian Schengen. Yakni Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Itali, Latvia, Swiss, Swedia, Slovenia, Spanyol, Norwegia, Polandia, Slovenia, Malta, Belanda, Portugal, Lituania, Leichtenstein, dan Luxemburg.

Tak heran, jika semua Negara ini juga kompak untuk mensyaratkan WNA yang ingin berkunjung agar memiliki asuransi perjalanan luar negeri.

(Baca Juga: Asuransi Perjalanan Visa Schengen)

3. Antartika

Antartika - Daftar Negara yang Mewajibkan Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Kamu tentu tahu bahwa Negara yang terletak di ujung Selatan bumi ini memiliki cuaca yang ekstrem. Jika kamu ingin mengunjungi Negara ini, asuransi perjalanan luar negeri rasanya memang sangat dibutuhkan untuk melindungi dirimu.

4. Uni Emirat Arab (UEA)

Uni Emirat Arab UEA - Daftar Negara yang Mewajibkan Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Negara federasi yang menjadikan Abu Dhabi sebagai Ibu Kotanya ini juga mewajibkan WNA untuk melindungi diri dengan asuransi perjalanan. Selain itu, kamu juga membutuhkan visa untuk diterima di Negara yang kaya dengan sumber daya minyak bumi ini.

5. Qatar

Qatar - Daftar Negara yang Mewajibkan Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Terakhir, negara tetangga UEA yakni Qatar juga memberlakukan peraturan yang sama soal asuransi perjalanan bagi para WNA. Sebelumnya, Qatar membebaskan visa untuk turis Indonesia yang ingin berwisata kurang dari 30 hari.

Namun, di masa new normal ini ada baiknya jika kamu mengecek kembali peraturan tersebut melalui pihak kedutaan, ya.

Itulah dia daftar Negara yang mewajibkan asuransi perjalanan. Pastikan kamu selalu menjaga kesehatan dan mematuhi segala peraturan di Negara tujuan.

Kebutuhan belanja di luar negeri kini juga semakin mudah dengan pembayaran menggunakan kartu kredit. Kamu berpeluang mendapatkan barang diskon dengan harga termurah berkat promo kartu kredit yang bisa di pakai di seluruh dunia.

Pilih produk kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan cicilan ringan hanya melalui CekAja.com. Bandingkan terlebih dulu, dan segera ajukan. Prosesnya cepat dan mudah karena dilakukan serba online. Pengajuan kartu kredit termudah hanya di CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah