4 Daftar Pinjaman Online untuk PKL Terbaik Proses Cepat, Apa Saja?

Ternyata ada loh, sejumlah daftar pinjaman online untuk PKL. Meski para pedagang kaki lima terkesan menjalankan bisnis yang sederhana, namun dibalik kesederhanaan itu ternyata dibutuhkan modal yang cukup besar.

Mungkin ukuran besar di sini, berbeda dengan anggapan besar menurutmu dan beberapa orang lainnya.

Tetapi untuk bisa menjalankan bisnis kaki lima dengan kedai seadanya, dana yang dihabiskan untuk modal awal bisa mencapai Rp20 juta.

Kok besar sekali, untuk apa saja dana itu dihabiskan? Tentu untuk sewa tempat, membangun tenda sederhana, gerobak dan beberapa peralatan dagang yang dibutuhkan lainnya.

Maka dari itu, hadirnya beberapa daftar pinjaman online untuk PKL, menjadi solusi terbaik bagi mereka yang membutuhkan dana tambahan untuk modal usaha.

Jika kamu ingin tahu apa saja daftar pinjaman online untuk PKL yang bisa dijadikan pilihan, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa di antaranya, secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Pinjaman Tunai untuk PKL

Sebenarnya, pinjaman dana tunai untuk PKL bisa didapat, tanpa harus melakukan pengajuan melalui pinjaman online.

Lalu, bagaimana caranya? Sudah pasti dengan mengagunkan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki para PKL.

Karena dengan mengagunkan sertifikat HGB, para PKL bisa mendapatkan pinjaman dana tunai mulai dari Rp10 juta – Rp50 juta.

Ada satu hal yang menarik dari jenis pinjaman ini, yaitu pembayaran cicilannya tidak dilakukan setiap bulan, melainkan setiap hari. Hal ini dilakukan, mengingat pendapatan yang dimiliki PKL harian, bukan bulanan.

Tetapi perlu diketahui juga, kalau pinjaman tunai ini tidak bisa didapat hanya dengan mengagunkan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), namun juga membutuhkan Surat Penunjukan Penempatan PKL. Yang mana, surat tersebut bisa diperoleh dari Pemda setempat.

(Baca Juga: Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya)

Daftar Pinjaman Online untuk PKL

Selain dari mengagunkan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), kamu dan para PKL lainnya juga bisa mendapat pinjaman dana dari pinjaman online.

Meski sejauh ini belum ada pinjaman online yang hadir khusus untuk PKL, namun ada beberapa daftar pinjaman online yang bisa diajukan oleh para PKL.

Lantas, apa saja daftar pinjaman online untuk PKL tersebut? Di bawah ini CekAja.com akan mengulas empat daftar pinjaman online untuk PKL, yang di antaranya yaitu:

1. Modalku

Di urutan pertama ada Modalku, yang menjadi bagian dari daftar pinjaman online untuk PKL.

Menawarkan invoice financing, Modalku memberikan plafon pinjaman hingga Rp2 miliar, dengan masa tenor mulai dari 15 – 90 hari.

Tidak hanya itu, pinjaman Modalku juga bisa diajukan tanpa jaminan apapun. Namun sayangnya, pinjaman ini hanya bisa diajukan oleh orang-orang yang berada di area layanan Modalku, yaitu Jabodetabek, Bandung dan Surabaya.

Apabila kamu tertarik dengan pinjaman yang satu ini, maka kamu bisa mengajukannya, dengan terlebih dahulu memenuhi beberapa persyaratan berikut ini.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 21 – 60 tahun
  • Memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 1 tahun, dalam bentuk PT, CV atau perorangan
  • Memiliki omzet usaha yang tercatat di rekening bank.

2. Investree

Berikutnya ada P2P Lending Investree, yang juga menjadi satu dari sekian banyak daftar pinjaman online untuk PKL, yang bisa digunakan.

Sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Investree memungkinkan para penggunanya, untuk mengajukan pinjaman dengan aman.

Untuk para pedagang kaki lima sendiri, Investree menawarkan invoice financing atau tagihan, yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha.

Caranya, yaitu dengan memberikan tagihan tersebut ke Investree, lalu para pelaku usaha atau PKL akan diberikan pinjaman oleh Investree untuk masa tenor tertentu.

Namun biasanya, Investree akan menalangi tagihan usaha sebesar 80 persen, dari nilai tagihan yang ada.

Kemudian untuk pengembalian pinjamannya sendiri, Investree memberikan waktu mulai dari 1 – 3 bulan.

3. KoinWorks

Selain dua jenis pinjaman di atas, ada juga KoinWorks yang bisa dijadikan pilihan pinjaman online terbaik.

Hal tersebut karena, KoinWorks menawarkan limit yang cukup besar, yaitu hingga Rp2 miliar dengan jangka waktu pelunasan 24 bulan.

Selain itu, KoinWorks juga memberikan bunga flat sebesar 0,75 – 1,67 persen per bulan. Kamu pun harus membayarkan sejumlah biaya, seperti biaya administrasi Rp100 ribu, biaya asuransi jiwa sebesar 0,24 persen, dan biaya persetujuan kredit mulai dari 2 – 4 persen.

4. Akseleran

Daftar pinjaman online untuk PKL yang terakhir, yaitu Akseleran. Seperti yang diketahui, ini merupakan pinjaman online yang dihadirkan khusus untuk para pelaku usaha, baik itu usaha skala kecil maupun besar, seperti PT, CV dan firma.

Akseleran menawarkan batas pinjaman mulai dari Rp75 juta – Rp200 juta, dengan masa tenor hingga 24 bulan.

Hanya saja, besaran pinjaman yang diberikan Akseleran, disesuaikan dengan grade pinjaman tersebut, yang didapat dari hasil analisis kelayakan usaha dan risiko.

Sementara itu, pinjaman online ini juga memberikan suku bunga tetap per tahun, sebesar 6,48 persen – 17 persen.

Jika kamu dan PKL lainnya tertarik dengan pinjaman satu ini, kamu bisa memenuhi syarat pengajuannya terlebih dahulu sebelum melakukan pengajuan, seperti berikut ini.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki usaha yang sudah berjalan sekitar satu tahun lebih
  • Usaha berada di wilayah Jabodetabek, Bandung dan Banten
  • Berhasil mencetak keuntungan bersih di satu tahun terakhir
  • Memiliki laporan keuangan yang akan di cross check dengan rekening tiga bulan terakhir
  • Menyusun proposal pinjaman, serta melengkapi beberapa dokumen pendukung yang dibutuhkan.

(Baca Juga: Daftar Pinjaman Online untuk Bisnis Dimsum)

Itulah beberapa daftar pinjaman online untuk PKL terbaik, yang bisa dijadikan pilihan. Dari semua pinjaman online tersebut, kamu bisa memilih satu di antaranya, yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Untuk pengajuannya sendiri, bisa langsung melalui aplikasi milik setiap pinjol, maupun melalui situs perbandingan seperti CekAja.com.

Jika melalui CekAja.com, kamu selaku pengguna bisa mengajukan pinjaman dengan nominal sesuai kebutuhan.

Tidak hanya itu, proses pengajuan pinjaman melalui CekAja.com pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!