Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Dedaunan yang Dipercaya Mampu Jadi Obat Penyakit Kronis, Cek Yuk!

by Teti Purwanti on 17 Juni, 2019

Semakin banyaknya penyakit, semakin banyaknya obat, tetapi semakin banyak pula orang yang memilih kembali ke alam untuk menyembuhkan penyakit. Oleh karena itu, tidak heran saat ini banyak orang yang lebih memilih berbagai macam hal yang terdapat di alam untuk dijadikan obat termasuk dedaunan.

dedaunan obat

Terdapat beberapa dedaunan yang dipercaya bisa jadi obat berbagai penyakit kronis. Apalagi di Indonesia, tersedia beragam tanaman yang memiliki banyak manfaat. Apa saja daun-daunan yang dipercaya bisa membantu proses penyembuhan penyakit tersebut? Berikut daftarnya!

1. Daun sirsak

Pohon sirsak dibawa oleh pemerintah Belanda pada pada abad ke-19. Adapun buah ini berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Buahnya sangat menyegarkan karena memiliki kombinasi rasa manis dan asam yang pas.

Namun, siapa sangka kalau ternyata selain buahnya, daun sirsak juga memiliki beragam manfaat. Daun sirsak misalnya dipercaya dapat menghambat sel kanker. Bahkan dengan mengonsumsi rebusan air daun sirsak, dapat menghambat sel kanker hampir sama seperti melakukan kemoterapi. Hasilnya, sel kanker sulit tumbuh dan berkembang dalam tubuh.

Selain menahan sel kanker, rebusan buah yang juga dikenal dengan nangka belanda ini juga bisa mengendalikan kolesterol. Tidak berhenti di situ, daun sirsak juga bahkan bisa mengatasi masalah ketika tekanan darah di arteri meningkat alias darah tinggi yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit termasuk stroke.

(Baca juga: Penyakit yang Rentan Serang Lelaki, Apa Saja? Cek Yuk!)
2. Daun pepaya

Daun pepaya sudah sangat lazim dimasak menjadi sayuran atau dimakan rebusan dengan sambal. Siapa sangka selain enak dikonsumsi tanaman ini juga berkhasiat untuk membantu menyembuhkan penyakit kronis.

Daun pepaya yang sangat pahit ini ternyata memiliki sifat penangkal radikal bebas atau kandungan sifat anti-kanker. Studi penelitian dalam Journal Ethnopharmacology menyatakan, bahwa jus daun buah pepaya dapat melawan kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit kronis. Contoh zat kanker yang dapat dicegah seperti kanker serviks, kanker payudara, kanker pankreas, kanker hati, dan kanker paru-paru. Manfaat lainnya, juga dapat membuang racun dalam tubuh yang bisa menjadi cikal bakal kanker.

Selain kanker, daun pepaya juga ternyata bisa membantu menyembuhkan penyakit demam berdarah yang cukup tinggi menyebabkan kematian. Pepaya mengandung enzim papain yang berguna untuk meningkatkan trombosit. Selain mengobati, dengan rutin mengonsumsi daun ini juga bisa mencegah demam berdarah.

3. Daun kelor

Orang Indonesia lebih banyak percaya kalau daun ini bersifat mistis, nyatanya daun ini kaya manfaat bahkan bisa dibilang superfood dan disarankan untuk dikonsumsi. Daun kelor mengandung vitamin A, C, dan E, kalsium, kalium, dan protein, serta bisa melawan radikal bebas dan juga penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker paru, dan kanker kulit.

Daun kelor juga baik untuk penderita diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Hal itu bisa dilakukan daun kelor sebab daun ini mampu mengurangi kadar lipid dan glukosa.

4. Daun binahong

Tidak seperti daun-daun sebelumnya, daun binahong bisa dibilang baru dikenal oleh orang-orang. Binahong baru mulai naik daun setelah diketahui bahwa memiliki banyak manfaat. Adapun bentuknya, daun ini menyerupai daun sirih dan merambat.

Selain di Indonesia, daun binahong juga ditemui di Korea Selatan, China, bahkan beberapa negara di Afrika. Di negara-negara tersebut, daun binahong juga banyak digunakan untuk membantu menyembuhkan beragam penyakit, misalnya kanker.

Daun binahong mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas pembentuk kanker. Untuk kamu yang memiliki sakit maag, daun binahong juga bisa membantu menyembuhkan dengan rutin meminum air rebusannya tiga kali sehari sebelum makan.

(Baca juga: Hari Lupus Sedunia: Mengenal Jenis, Gejala, dan Cara Mencegah Penyakit 1.000 Wajah)
5. Teh hijau

Teh tentu tidak asing karena merupakan salah satu minuman favorit. Namun, khusus teh hijau memiliki beragam manfaat, antara lain membantu membunuh sel kanker karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Teh hijau juga banyak digunakan untuk membantu menurunkan berat badan saat dikonsumsi secara teratur.

Apakah kamu familiar dengan dedaunan yang berkhasiat sebagai obat tersebut? Selain untuk mengobati, dedaunan ini juga sangat bisa digunakan untuk pencegahan. Bagaimana pun mencegah tentu lebih baik dari mengobati bukan?

Yuk lindungi diri dengan asuransi kesehatan terbaik. Cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami