Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Hari Lupus Sedunia: Mengenal Jenis, Gejala, dan Cara Mencegah Penyakit 1.000 Wajah

by Miftahul Khoer on 10 Mei, 2019

Hari ini, 10 Mei 2019 adalah Hari Lupus Sedunia. Semua orang memperingatinya dengan berbagai cara mulai dari melakukan edukasi kepada masyarakat hingga menggelar berbagai kegiatan yang mendukung perjuangan para pengidap lupus. Apa sebenarnya penyakit lupus dan bagaimana gejala hingga cara mencegahnya?

asuransi kesehatan - CekAja.com

Mengenal Penyakit Lupus

Penyakit lupus menurut Prof. Dr. dr. Heru Sundaru, spPD, K-AI dari RS Medistra Jakarta dikutip dari portal resminya menjelaskan bahwa lupus merupakan salah satu penyakit otoimun yang menyerang organ-organ tubuh.

Dalam keadaan normal, sistem kekebalan tubuh bertugas mempertahankan diri terhadap ancaman dari bakteri, virus, jamur dan lainnya. Namun, penyakit lupus atau otoimun ini malah sebaliknya menyerang organ tubuh manusia.

(Baca juga: 5 Penyakit Mematikan Ini Sering Menyerang Wanita, Namun Bisa Diderita Pria)

Lupus merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menyebabkan seseorang meninggal dunia. Kementerian Kesehatan dalam laporan “Situasi Lupus di Indonesia” yang dirilis pada 2017, mengutip data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat jumlah pengidap penyakit lupus di seluruh dunia mencapai 5 juta orang yang sebagian dari mereka merupakan perempuan usia produktif. Adapun setiap tahunnya ditemukan 100.000 pengidap baru penyakit lupus di dunia.

Mengenal Jenis Penyakit Lupus

Penyakit lupus dibagi dalam beberapa jenis, ayo kita bahas satu per satu:

  • Lupus Eritematosus Sistemik (LES)

Jenis lupus ini bisa menyerang jaringan organ tubuh mana saja dengan tingkat gejala ringan bahkan sampai parah. Jenis lupus ini seringkali dialami masyarakat.

Jenis lupus ini gejalanya datang secara tiba-tiba. Gejala lain adalah depresi, cemas dan merasa tertekan. Jenis lupus ini belum dapat disembuhkan. Adapun pengidap lupus ini diobati untuk mengurangi tingkat gejala serta mencegah kerusakan organ pada penderita.

  • Lupus Eritematosus (LEK)

Jenis lupus ini bisa dilihat dari ruam pada kulit. Lupus ini bisa didiagnosis dengan cara mengenali gambar klinis dan beberapa pengujian melalui biopsi pada ruam.

  • Lupus Imbas Obat

Jenis lupus ini disebabkan karena efek samping dari konsumsi obat. Ada lebih dari 100 obat yang bisa menyebabkan efek samping yang mirip gejala lupus. Gejala lupus akibat obat ini bisa hilang jika kamu berhenti mengonsumsi obat tersebut.

Gejala Lupus

Ada banyak ragam gejala lupus selain yang telah disebutkan di atas. Setiap penderita mengalami gejala yang berbeda. Masing-masing gejala lupus juga bisa bersifat akut, menahun yang timbul tenggelam dan ada juga bersifat gejala umum dan khusus menyerang organ tertentu.

Karena cukup sulit untuk mendeteksinya, maka tidak heran jika banyak ahli kesehatan yang menyebut lupus sebagai penyakit ‘1.000 wajah’.

Untuk gejala umum, penderita akan mengalami serangan seperti sedang flu berupa nyeri sendi, otot pegal, sakit kepala hingga demam. Seringkali juga terjadi bercak merah di sekitar hidung atau pipi. Penderita juga biasanya mengalami penurunan berat badan hingga kurang napsu makan.

Mencegah dan Mengobati

Penyakit lupus bisa menyerang siapa saja. Untuk mencegahnya, kamu bisa memulai hidup sehat dengan tidak atau mengurangi alkohol, rokok hingga makanan cepat saji.

(Baca juga: Mengenal Kanker Darah, Penyakit yang Diidap Ani Yudhoyono)

Seperti diketahui, hingga saat ini industri medis belum menemukan obat khusus untuk menyembuhkannya. Hanya saja, penyakit yang bisa menyebar ke tubuh seseorang bisa diperlambat dengan obat-obatan.

Para Pesohor Pengidap Lupus
  • Toni Braxton

Pelantun hits Unbreak My Heart, Toni Braxton merupakan salah satu selebriti dunia yang diketahui mengidap penyakit lupus atau odapus. Braxton diketahui sempat dirawat di rumah sakit akibat lupus pada 2010.

  • Michael Wayne

Aktor pemeran film The Green Baret dan The Train Robbers satu ini meninggal karena komplikasi. Wayne meninggal pada usia 68 tahun. Lupus yang diderita Wayne bahkan sudah menyerang hingga bertahun-tahun.

  • Seal

Penyanyi asal Inggris ini telah menderita lupus sejak kecil. Bekas luka di wajah Seal yang membentuk pola khusus menandakan ia sebagai pengidap lupus dari efek discoid lupus erythematosus (DLE). Bekas luka tersebut merupakan kondisi kronis odapus. Seal juga harus rela mengalami perontokan rambut permanen.

  • Lady Gaga

Penyanyi fenomenal satu ini diketahui telah mengidap penyakit lupus sejak 2010. Padahal ia sebetulnya khawatir penyakit tersebut akan menyerangnya setelah ia mengetahui bahwa bibinya juga seorang odapus.

  • Selena Gomez

Odapus di kalangan selebriti dunia juga menimpa Selena Gomez. Ia bahkan mengalamai proses transplantasi ginjal yang didonorkan dari sahabatnya bernama Raisa. Sebagai odapus, Gomez menjalani kemoterapi rutin untuk terus melawan lupus.

Nah, itulah sekilah mengenal tentang penyakit lupus yang merupakan penyakit berbahaya. Untuk melindungi diri dan keluarga kamu dari risiko penyakit tersebut, tidak ada salahnya mulai memproteksi diri dengan asuransi kesehatan terbaik yang bisa kamu pilih lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.