Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Penyakit yang Rentan Serang Lelaki, Apa Saja? Cek Yuk!

by Teti Purwanti on 24 Mei, 2019

Ustaz Arifin Ilham meninggal disebabkan oleh kanker nasofaring. Kanker ini terutama banyak menyerang pria. Namun, penyakit yang kerap kali menyerang para lelaki ternyata bukan hanya itu saja.

penyakit lelaki

Beberapa penyakit juga lebih rentan menyerang laki-laki dari perempuan. Setidaknya ada lima gangguan penyakit yang sangat rentan menyerang pria. Simak ulasannya!

1. Penyakit jantung

Penyakit jantung dipicu oleh usia, riwayat keluarga dan ras, merokok, kolesterol darah tinggi, tekanan darah tinggi, kurang olahraga, obesitas (kegemukan), dan diabetes. Kenapa lelaki lebih sering mengidap penyakit ini? Karena lelaki dianggap memiliki waktu lebih rendah untuk mencegah perkembangannya. Ditambah lagi, sebuah penelitian menyebutkan, wanita 10 tahun lebih lambat terkena serangan jantung dibanding pria.

Penyakit jantung bisa muncul dalam berbagai cara, dengan berbagai gejala yang berbeda-beda pada setiap orang. Namun dari gejala tersebut, dapat menyebabkan masalah yang serius.

Komplikasi yang serius pun bisa terjadi jika penyakit ini tidak segera dideteksi lebih lanjut, salah satunya adalah stroke. Darah tinggi adalah penyebab utama dari stroke dan penyakit jantung.

Stroke juga menjadi salah satu penyakit yang lebih banyak menyerang pria dibandingkan wanita. Boleh jadi karena penyakit ini kerap satu paket dengan penyakit jantung. Selain itu, stroke juga menjadi pembunuh pria di urutan ketiga setelah jantung dan kanker.

(Baca juga: Hari Lupus Sedunia: Mengenal Jenis, Gejala, dan Cara Mencegah Penyakit 1.000 Wajah)
2. Kanker paru-paru

Beragam jenis kanker berada di urutan kedua dalam hal membunuh paling banyak pada lelaki. Salah satu kanker yang paling banyak menyerang pria adalah kanker paru-paru.

Risiko terkena kanker paru-paru meningkat dengan paparan asap rokok. Faktor lain yang penting adalah riwayat keluarga, tingkat polusi udara, dan ekspos terhadap radon atau asbes. Meski begitu, kanker paru-paru masih paling sering disebabkan oleh produk tembakau.

Menurut American Lung Association, setiap tahunnya banyak pria yang terdiagnosis terkena kanker paru-paru karena memiliki riwayat merokok di masa lalunya. Walaupun kanker paru-paru bisa terjadi karena beberapa faktor, tetapi merokok tetap menjadi salah satu penyebab utama.

3. Kanker prostat

Selain kanker paru-paru, penyakit lain yang sering menyerang lelaki adalah kanker prostat. Ditambah lagi, sangat sulit untuk mendeteksi kanker ini pada tahap awal. Biasanya tidak ada gejala penyakit sebelum menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Kanker prostat paling sering dideteksi keberadaanya pada orang yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker prostat juga. Selain itu, usia lanjut dan diet yang tinggi lemak juga bisa menjadi penyebab penyakit ini.

Karena itu, ubahlah pola hidup dengan banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar. Beralihlah ke produk susu rendah lemak, hindari daging merah, dan olahraga teratur.

(Baca juga: Mengenal Kanker Darah, Penyakit yang Diidap Ani Yudhoyono)
4. Depresi

Ternyata justru lelaku yang lebih rentan melakukan bunuh diri dibandingkan wanita. Depresi yang didiagnosis pada kebanyakan pria adalah salah satu alasan yang harus disalahkan. Pria yang merasa gagal dan depresi biasanya jarang mendapatkan perawatan yang tepat sehingga menyebabkan kasus bunuh diri marak terjadi.

Pria menunjukkan gejala yang berbeda dari wanita ketika merasa sedang tertekan. Pria mengungkapkan kesedihannya dalam bentuk kemarahan, merokok, perilaku mengambil risiko, bekerja berlebihan, penyalahgunaan alkohol, dan narkoba.

Pria yang sangat depresi cenderung berpikir bunuh diri menjadi cara tercepat untuk mengakhiri semua penderitaan. Mencari bantuan medis segera adalah satu-satunya jalan keluar dari masalah ini. Apalagi, saat ini banyak menjamur lembaga konseling bagi orang-orang yang merasa butuh bantuan psikologis.

5. Penyakit organ hati

Organ hati adalah kelenjar terbesar sekaligus merupakan organ terbesar kedua dalam tubuh manusia. Tidak sembarangan, organ ini memiliki fungsi yang amat penting. Sayangnya, bagian penting ini tidak dijaga dengan baik, terutama pada pria perokok dan alkoholik.

Menurut American Cancer Society, alkohol dan tembakau dapat meningkatkan risiko pria terkena penyakit pada organ hati. Beberapa penyakit organ hati yang paling sering terjadi pada pria adalah sirosis, hepatitis, sumbatan pada saluran empedu, atau kanker hati dan beberapa penyakit hati lainnya.

Kanker hati juga lebih banyak menyerang pria, karena diduga wanita memiliki hormon yang dapat melindungi dirinya dari kanker hati. Selain itu, gejala penyakit ini memiliki gejala yang tidak spesifik. Banyak orang awam yang kurang peduli atau tidak menyadari gejala penyakit ini. Bahkan, penderita mengira hanya menderita maag atau liver saja.

Nah, itulah beberapa penyakit yang rentan menyerang para lelaki. Hati-hati ya! Lindungi dirimu dengan asuransi kesehatan terbaik, cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami