Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Deretan Pompa ASI Elektrik Terbaik 2020. Kamu Sudah Punya?

by Nadhillah Kusindriani on 25 Februari, 2020

Beberapa jenis pompa ASI elektrik terbaik kini menjadi incaran para ibu. Pasalnya, pompa ASI elektrik tidak hanya menjadi teman para ibu yang memiliki anak bayi, melainkan juga membantu menyediakan ASI selama bekerja.

pompa asi elektrik terbaik

Sejatinya, ada dua jenis pompa ASI, yaitu pompa ASI manual dan elektrik. Namun, yang menjadi favorit para ibu adalah pompa ASI elektrik. Hal tersebut karena cara penggunaannya yang mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga.

Meskipun pemakaian pompa ASI elektrik diperbolehkan, ibu tetap harus menjaga dan memperhatikan kebersihannya. Untuk kamu yang ingin membeli pompa ASI elektrik, ada baiknya simak terlebih dahulu ulasan CekAja.com mengenai pompa ASI elektrik terbaik, mulai dari tips memilih hingga cara membersihkannya. Yuk simak bersama-sama!

Tips Memilih Pompa ASI Elektrik

Sebelum membeli pompa ASI elektrik terbaik, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih pompa ASI elektrik. Maka dari itu, berikut ini tips memilih pompa ASI elektrik, di antaranya yaitu:

Sebisa mungkin kamu memilih pompa ASI yang dapat menghasilkan cukup banyak ASI dalam satu kali pompa. Sebab, jika kamu memilih pompa ASI dengan kemampuan menghisap yang kecil, maka kamu hanya akan membuang-buang waktu.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih pompa ASI elektrik adalah ritme hisapannya. Dengan ritme yang alami dan sesuai dengan kekuatan hisapan mulut bayi, itu akan membuatmu merasa nyaman karena terasa seperti sedang menyusui secara langsung.

Daya tahan mesin pompa ASI elektrik juga perlu diperhatikan. Karena, beda bentuk pompa ASI beda pula daya tahan mesin yang digunakan.

Untuk itu, pilih lah jenis pompa ASI dengan daya tahan tinggi, hal tersebut berpengaruh pada kecepatan ritme hisapan pompa ASI. Namun, kamu juga bisa memilih pompa ASI dengan daya tahan mesin yang sesuai dengan kebutuhan mu.

Biasanya ketika membeli pompa ASI, kamu juga akan mendapat botol penampung ASI. Hanya saja, ukuran botol yang diberikan berbeda dan tidak menutup kemungkinan jika botol penampung yang kamu terima ukurannya tidak sesuai dengan kapasitas ASI mu.

Ukuran botol susu bayi pada umumnya adalah 120 ml sampai 160 ml, namun ada juga botol susu dengan ukuran 100 ml. Maka dari itu, sebelum membeli pompa ASI elektrik, ada baiknya kamu memastikan terlebih dahulu ukuran botol susu yang diberikan merek tersebut.

Memilih corong pompa ASI yang sesuai dengan bentuk payudara juga perlu kamu perhatikan. Sebab, corong yang sesuai dengan payudara akan membuat mu nyaman ketika memompa. Tidak hanya itu, corong yang sesuai juga membantu mengeluarkan ASI secara maksimal.

Mengingat kebersihan pompa ASI sangat penting, maka dari itu ada baiknya jika kamu memilih pompa ASI yang mudah untuk dibersihkan dan disterilkan.

Terakhir namun menjadi hal krusial yang perlu diperhatikan adalah budget. Pastikan kamu membeli pompa ASI elektrik yang sesuai dengan budget.

Jangan sampai kamu menjadi kesulitan hanya karena membeli pompa ASI elektrik yang melebihi budget dan kemampuan finansial mu. Pastikan kamu bijak dalam memilih, ya!

(Baca Juga: Manfaat Ruang Laktasi Bagi Busui Kantoran)
7 Pompa ASI Elektrik Terbaik

Tips memilih pompa ASI elektrik terbaik sudah kamu ketahui sebelumnya. Kini saatnya CekAja.com memberikan tujuh daftar pompa ASI elektrik terbaik beserta kisaran harganya. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Medela Freestyle Double Electric Breast Pump

Medela Freestyle Double Electric Breast Pump - Deretan Pompa ASI Elektrik Terbaik

Merek Pompa ASI: Medela

Kisaran Harga: Rp5.560.500,-

Pompa ASI elektrik terbaik yang pertama adalah Medela Freestyle Double Electric Breast Pump. Pompa ASI elektrik yang satu ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya yaitu memiliki dua corong dan juga mendapatkan baterai yang dapat diisi ulang.

Fitur dua corong tersebut membuat mu mendapatkan ASI yang lebih banyak dengan waktu memompa yang singkat. Hal tersebut karena kedua payudara mu dipompa dalam waktu yang bersamaan.

Tidak hanya itu, jika membeli pompa ASI elektrik ini, kamu akan mendapatkannya satu paket dengan tas trendi, sehingga peralatan memompa akan tersimpan rapi dan kamu tidak kesulitan membawa seperangkat alat pompa ASI elektrik dari Madela ini.

2. Real Bubee Intelligent Microcomputer Double Electric Breast Pump

Real Bubee Intelligent Microcomputer Double Electric Breast Pump - Deretan Pompa ASI Elektrik Terbaik

Merek Pompa ASI: Real Bubee

Kisaran Harga: Rp210.000,-

Selanjutnya adalah Intelligent Microcomputer Double Electric Breast Pump. Pompa ASI elektrik ini memberikan 18 model ritme pemompaan. Di mana, kamu cukup menekan tombol yang tersedia untuk memperlambat atau mempercepat ritme pemompaan sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya itu, produk Real Bubee yang satu ini juga menggunakan motor pompa dengan getaran rendah dan tidak berisik, sehingga kamu akan merasa nyaman ketika memompa dua payudara sekaligus dan bayi tidak akan terganggu dengan suara mesin pemompa.

Demi kenyamanan ibu, pompa ASI ini menyediakan kelebihan lain di antaranya mode stimulasi atau mode hisapan bayi yang bisa digunakan. Produk ini juga menggunakan kabel micro USB yang bisa dihubungkan dengan power bank, charger smartphone dan lain sebagainya.

3. Madela ASI Elektrik Swing

Madela ASI Elektrik Swing - Deretan Pompa ASI Elektrik Terbaik

Merek Pompa ASI: Medela

Kisaran Harga: Rp1.499.900,-

Pompa ASI elektrik terbaik berikutnya adalah Madela ASI Elektrik Swing. Sama seperti produk-produk pompa ASI elektrik lainnya, pompa ASI keluaran Madela yang satu ini juga memberikan fitur berupa mode hisapan bayi dengan sensasi seperti sungguhan.

Pompa ASI ini secara otomatis akan berpindah fase sesuai dengan tahapannya. Di mana pada tahap pertama, pompa ASI ini akan memijat payudara ibu secara lembut selama kurang lebih dua menit untuk menstimulasi ASI agar keluar.

Setelah itu, hisapan pompa ASI semakin kuat agar ASI keluar dengan deras dan banyak. Namun jika kamu ingin kekuatan memompa yang lebih besar, kamu bisa mengubahnya dan menyesuaikan dengan kebutuhan mu.

4. Mooimom Natural Comfort Electric Breast Pump

Mooimom Natural Comfort Electric Breast Pump - Deretan Pompa ASI Elektrik Terbaik

Merek Pompa ASI: Mooimom

Kisaran Harga: Rp2.780.000,-

Keempat ada Natural Comfort Electric Breast Pump. Produk pompa ASI elektrik keluaran Mooimom ini memiliki desain portabel, maka dari itu diberikan kabel USB untuk mengisi daya agar bisa digunakan dimana saja dan kapan saja.

Mempunyai membran katup yang baik membuat kualitas ASI yang sudah dipompa terjaga dengan baik kebersihannya. Tidak hanya itu, pompa ASI yang satu ini di dalamnya juga terdapat breast shield untuk melindungi payudara dari rasa sakit. Terlebih, breast shield tersebut juga dapat menyesuaikan semua ukuran payudara.

5. Spectra 9S Electric Breast Pump

Spectra 9S Electric Breast Pump - Deretan Pompa ASI Elektrik Terbaik

Merek Pompa ASI: Spectra

Kisaran Harga: Rp2.050.000,-

Menjadi salah satu pompa ASI elektrik terbaik incaran para ibu, Spectra 9S Electric Breast Pump memiliki fleksibilitas sumber tenaga. Terlebih, suara mesin yang dihasilkan pompa ASI ini sangat lembut, sehingga tidak membuat suara yang mengganggu ibu dan bayi.

Spectra 9S memiliki sumber daya yang berasal dari baterai. Tidak hanya itu, pompa ASI ini juga dilengkapi dengan adaptor dan micro USB yang dapat kamu gunakan dengan menghubungkannya ke powerbank atau pun smartphone.

Memiliki berat sebesar 200 gram, pompa ASI ini mempunyai dua ritme hisapan dan lima tingkat kekuatan memompa untuk bisa mendapatkan Let Down Reflex (LDR). Selain itu, ada pula sistem tertutup yang menjaga kualitas ASI agar selalu berada pada kondisi higienis.

Hal tersebut dikarenakan aliran udara untuk ASI terpisah dengan aliran udara yang ada di sekitar motor penggerak. Pompa ASI elektrik yang satu ini juga memiliki fitur auto off selama 30 menit yang bisa kamu gunakan untuk menghemat daya.

6. Philips Avent Comfort Twin Double Electric Breast Pump

Philips Avent Comfort Twin Double Electric Breast Pump - Deretan Pompa ASI Elektrik Terbaik

Merek Pompa ASI: Philips

Kisaran Harga: Rp620.000,-

Keenam ada Philips Avent Comfort Twin Double Electric Breast Pump. Produk pompa ASI elektrik yang satu ini sangat cocok untuk kamu working mom dengan jadwal super sibuk.

Pasalnya, pompa ASI keluaran Philips ini memiliki double pump yang mampu memompa kedua payudara mu secara bersamaan, sehingga akan sangat menghemat waktu.

Memiliki bantalan pijat yang lembut pada corong yang pendek, membuat payudara terhindar dari rasa sakit. Selain itu, produk yang didesain dengan unik ini dapat digunakan dengan nyaman di segala posisi, dari duduk tegak hingga bersandar ASI yang dipompa tetap lancar mengalir ke dalam botol penampung.

7. Pigeon Breast Pump Electric Pro

Pigeon Breast Pump Electric Pro - Deretan Pompa ASI Elektrik Terbaik

Merek Pompa ASI: Pigeon

Kisaran Harga: Rp1.600.000,-

Pompa ASI elektrik terbaik yang terakhir adalah Pigeon Breast Pump Electric Pro. Pompa ASI yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memompa ASI tanpa suara berisik dari mesin pompa.

Hal tersebut karena penggunaan teknologi silent motor yang membuat suara dari mesin pemompa ASI sangat kecil dan tidak akan membangunkan bayi yang sedang tidur.

Tidak hanya itu, corong pompa ASI Pigeon ini mengusung teknologi Comfort ProperFit Flange yang mampu memompa ASI secara efisien dan nyaman.

(Baca Juga: Ibu Menyusui Wajib Mengonsumsi Salmon, Kenapa?)
Kelebihan dan Kekurangan Pompa ASI Elektrik

Nah, deretan pompa ASI elektrik terbaik sudah kamu ketahui di atas dengan segudang keunggulannya. Meski begitu, pompa ASI elektrik memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, seperti yang dijelaskan berikut ini.

Kelebihan Pompa ASI Elektrik
  • Lebih menghemat waktu
  • Dilengkapi fitur pengaturan unggulan yang membuatnya semakin nyaman saat digunakan
  • Memiliki model pompa ASI yang variatif
  • Lebih menghemat tenaga
  • Membantu ibu-ibu yang bekerja agar tetap bisa memompa dan mendapatkan ASI
  • Mampu meningkatkan produksi ASI selama proses memompa
Kekurangan Pompa ASI Elektrik
  • Harga lebih mahal
  • Lebih berat dan sulit dibawa kemana-mana
  • Lebih berisik ketika digunakan
Cara Membersihkan dan Merawat Pompa ASI

Apabila kamu sudah memiliki pompa ASI elektrik terbaik versi mu, maka kamu juga harus merawatnya dengan menjaga kebersihan seperangkat alat pompa ASI. Di bawah ini beberapa cara membersihkan pompa ASI, yaitu:

  • Cermati Bagian Pompa ASI

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memperhatikan dengan benar bagian pompa ASI mana saja yang bisa dicuci, di antaranya yaitu botol, corong, leher dan katup. Sedangkan bagian yang tidak boleh dicuci adalah selang pompa ASI dan mesinnya.

  • Cuci Pompa ASI Menggunakan Air Panas

Setelah itu, lepaskan semua bagian pompa ASI tersebut, seperti botol, corong, leher dan katup untuk dicuci dengan merendamnya ke dalam air panas yang telah dicampur dengan sabun pencuci botol.

Pastikan kamu menggunakan wadah khusus untuk mencuci peralatan pompa ASI dan tidak mencampurkannya dengan alat dapur lain. Hal tersebut perlu kamu perhatikan agar kebersihan alat pompa ASI terjaga dengan baik.

Tidak hanya itu, sebisa mungkin tempat menaruh alat pompa ASI setelah dicuci terpisah dengan alat makan lainnya, guna menghindari pompa ASI terkena kuman atau pun bakteri yang ada di tempat cuci piring.

  • Keringkan Pompa ASI Secara Menyeluruh

Jika sudah dicuci bersih menggunakan air hangat, berikutnya keringkan semua alat pompa ASI. Alangkah lebih baik jika kamu mengeringkannya dengan tissue atau lap khusus mengeringkan pompa ASI.

Kamu juga perlu membersihkan wadah dan alat-alat yang digunakan saat membersihkan pompa ASI. Jika sudah selesai, biarkan wadah dan alat-alat tersebut sampai kering untuk kemudian digunakan kembali.

Deretan pompa ASI elektrik terbaik sudah dipaparkan di atas, mulai dari tips memilih pompa ASI elektrik yang baik hingga cara membersihkan dan merawat pompa ASI elektrik.

Nah, untuk kamu yang ingin membeli pompa ASI elektrik bisa langsung memilih satu dari beberapa rekomendasi di atas yang sesuai dengan kebutuhan mu.

Kamu bisa membelinya di offline store ataupun melalui e-commerce. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya. Jika kamu tidak memiliki kartu kredit, jangan khawatir. Langsung saja ajukan dengan mudah dan cepat di CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis