Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Hal Buruk yang Bisa Terjadi Jika Tidak Punya Dana Darurat

by Surtan Siahaan on 9 Desember, 2015

Dana darurat adalah tujuan finansial yang sering disepelekan orang. Padahal, dana darurat bisa menghindarkan dari hal buruk yang bisa saja terjadi. Khususnya kerugian finansial.

Tidak ada seorang pun yang dapat menebak jalan kehidupan. Kadang mulus, tapi tidak mustahil berubah menjadi sulit dilalui. Untuk itu, perencanaan dan antisipasi dalam segala sektor kehidupan mutlak diperlukan.

Dalam bidang keuangan, dana darurat adalah bagian dari perencanaan dan antisipasi tersebut. Jika kamu tidak memiliki dana daurat, banyak hal buruk yang bisa membuat keadaan semakin parah.

Berikut ini sejumlah hal buruk yang bisa menimpa kamu jika tidak memiliki dana daurat:

Terlilit utang

Satu satunya jalan jika membutuhkan uang cepat adalah utang atau mencairkan tabungan. Jika tidak memiliki tabungan, maka jalan keluar satu-satunya tinggal berutang. Padahal, hal ini bisa kamu hindari jika memiliki dana darurat.

Ingat, dana darurrat ini harus berbentuk uang atau sesuatu yang mendekati. Alasannya agar mudah bertransaksi saat bencana datang mendadak.

(Baca juga: 3 Perlindungan Asuransi Kesehatan yang Wajib Dimiliki Wanita)

Keluarga terbengkalai

Jika kamu adalah seorang kepala keluarga, wajib hukumnya menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk darurat. Sebab, bisa saja kamu kehilangan pekerjaan sehingga tidak memiliki pendapatan tetap untuk jangka waktu tertentu.

Jika kamu punya dana darurat, kehidupan keluarga kamu tidak akan terancam setidaknya hingga kamu menemukan pekerjaan yang baru.

Sakit parah

Setiap orang pasti pernah sakit. Dan sudah bukan rahasia umum jika kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia berbanding lurus dengan harga. Makin baik layanan kesehatan, biasanya akan diikuti dengan makin mahalnya biaya.

Jika kamu tidak punya asuransi kesehatan, sudah pasti kamu harus berobat dengan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang kamu biayai sendiri. Jika mempunyai dana darurat, kualitas layanan kesehatan yang kamu dapatkan akan makin baik.

(Bca juga: Pentingnya Asuransi Kesehatan Buat Anda yang Doyan Makan)

Melahirkan anak

Anak seharusnya menjadi anugrah. Meksi tidak direncanakan, kelahiran anak adalah hal yang patut kita syukuri. Tapi kelahiran anak yang tidak direncanakan akan membawa kesulitan.

Alasannya adalah dana persalinan dan perawatan bayi yang tidak disiapkan. Ingat, dana bersalin tidak murah apalagi jika si anak tidak bisa dilahirkan secara normal.

Berapa dana darurat yang harus disiapkan

Menyiapkan dana darurat tidak bisa sembarangan. Lakukan perhitungan yang cermat agar manfaat yang kita dapatkan maksimal. Berikut ini asumsi perhitungan dana darurat yang ditawarkan perencana keuangan Ligwina Hananto seperti yang dikutip dalam http://kolom.kompas.com/ligwina/tipsapp/detailtips/14

Lajang :4x biaya hidup bulanan
Menikah :6x biaya hidup bulanan
Memiliki 1 anak :9x biaya hidup bulanan
Memiliki 2 anak atau lebih :12x biaya hidup bulanan
Freelancer / Self employed / Small Business Owner :12x biaya hidup bulanan

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami