Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Bikin Bangkrut, Tapi Sering Kamu Lakukan Saat Baru Gajian

by Tisyrin on 28 October, 2016

Gajian merupakan hal yang paling menyenangkan bagi karyawan. Sayangnya, tak semua orang pandai mengatur keuangan sehingga gaji yang diterima seringkali hanya numpang lewat alias bangkrut di tengah bulan.

Agar terhindari dari kesulitan keuangan yang berulang setiap bulan, kamu wajib menghentikan kebiasaan yang bisa berakibat fatal bagi keuangan. Beberapa hal ini bisa jadi contohnya.

Hanya mengecek tagihan tapi tidak melunasi

Pernahkah kamu melakukan hal ini, saat tagihan tiba kamu hanya memelototi tagihan kartu kredit lalu menunda pembayaran. Kamu lebih senang membayar ketika mendekati tanggal jatuh tempo. Karena sering menunda, tak jarang kamu pun pada akhirnya telat membayar tagihannya.

Sadarkah kamu bahwa keterlambatan semacam itu akan membuatmu harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi? Misalnya, kamu akan dikenakan denda 3% dari jumlah tagihan. (Baca juga: 10 Tip Sederhana Siapkan Tabungan Pendidikan Anak)

Menabung nanti saja, tunggu ada sisa uang di akhir bulan

Kamu lebih senang menabung setelah menemukan sisa uang di akhir bulan. Cara seperti ini tergolong kurang efektif karena ujung-ujungnya kamu gagal menabung dan gaji amblas entah ke mana. Sebaiknya, langsung sisihkan uang untuk tabungan begitu kamu mendapatkan gaji.

Investasi juga nanti saja, rejeki kan sudah ada yang atur

Kamu terus menunda berinvestasi dengan berbagai alasan mulai dari tak ada dana, tidak paham soal investasi hingga cara pikir yang keliru seperti “toh rejeki sudah ada yang mengatur”.

Jika kamu bisa lebih berpikiran terbuka, investasi akan membuat jumlah uangmu bertambah. Karena itu, investasi bisa menjadi alat bagimu untuk mencapai tujuan di masa depan.

(Baca juga: Mau Ajukan Kredit, Cek Dulu Rasio Keuangan Keluarga)

Belanja suka-suka, mumpung baru gajian

Karena merasa telah bekerja keras, begitu mendapatkan gaji kamu langsung membahagiakan dirimu sendiri. Kamu membeli makanan-makanan enak yang mahal, dan menghabiskan banyak uang untuk hobi tanpa terkontrol. Begitu selesai bersenang-senang, kamu baru sadar bahwa kamu mengeluarkan uang dalam jumlah yang tak sedikit.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami