Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Hidup Sehat ala Eyang Habibie: Apa Makanan Favoritnya?

by Tisyrin N. T on 12 September, 2019

Mantan Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9/2019) kemarin. Habibie adalah sosok yang menginspirasi banyak orang karena prestasi dan jasa-jasanya terhadap negara ini. Di sisi lain, Habibie terkenal sebagai seseorang yang cerdas serta menerapkan pola hidup sehat. Intip yuk bagaimana hidup sehat ala eyang Habibie!

hidup sehat ala Habibie

Habibie memegang jabatan sebagai presiden dalam waktu yang sangat singkat yakni sejak 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999. Sebelumnya, beliau pernah menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi  dalam beberapa periode serta sebagai Wakil Presiden RI.

Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun. Di usia senjanya, suami dari mendiang Hasri Ainun Habibie ini tetap terlihat aktif dan produktif. Inilah beberapa pola hidup sehat ala Habibie yang patut kita tiru:

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini rupanya sangat gemar menyantap ikan sejak kecil. Pada berbagai kesempatan, dia mengaku gemar menyantap aneka olahan ikan mulai dari ikan yang digoreng, dibakar, hingga direbus.

Sejak kecil, keluarganya sudah menjadikan ikan sebagai santapan harian. Karena itulah, kebiasaan tersebut tertanam dalam dirinya, hingga saat merantau ke Jerman, kebiasaan makan ikan masih melekat.

Sang istri yang berasal dari Jawa, terbiasa mengolah ikan dengan cara digoreng. Padahal, masyarakat Sulawesi biasa menyantap ikan dengan berbagai variasi olahan. Mengingat Habibie senang sekali makan sup ikan, maka istrinya Hasri Ainun Habibie juga belajar membuat sup ikan untuk suaminya.

Ikan adalah sumber protein dan omega-3 yang tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh, khususnya otak. Berdasarkan studi yang termuat dalam The Journal of American Medical Association, konsumsi ikan secara teratur akan memperbaiki materi otak sehingga akan mencegah degenerasi sel otak dengan cepat dan terhindar dari penyakit Alzheimer.

(Baca juga: Konsumsi Daging Kambing Ternyata Punya 5 Manfaat untuk Kesehatan)
  • Menyantap sayur

Bukan cuma ikan yang sehat, Habibie juga senang sekali melahap sayur. Dia suka berbagai jenis sayur-sayuran. Sayur memang mengandung gizi baik yang bermanfaat untuk tubuh dan otak. Sayur mengandung serat, berbagai jenis vitamin, antioksidan, dan mineral yang penting untuk tubuh.

Konsumsi sayur setiap hari dapat mengurangi risiko terkena serangan penyakit jantung dan diabetes. Konsumsi sayur juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga meningkatkan fungsi penglihatan.

Studi yang dilakukan University of Illinois memperlihatkan bahwa lutein, pigmen yang ada dalam sayuran hijau gelap dapat membantu mempertahankan fungsi kognitif.

Namun, tak sedikit dari kita yang masih enggan mengonsumsi sayur dan buah dalam jumlah banyak bukan? Padahal, The National Health and Medical Research Council (NHMRC) di Australia menganjurkan agar setiap hari setidaknya kita mengonsumsi 5 jenis sayuran dan 2 jenis buah-buahan agar dapat merasakan manfaat yang optimal.

  • Minum susu dan air putih

Selain gemar menyantap makanan bergizi yaitu ikan dan sayur-sayuran, Habibie juga senang minum susu serta banyak minum air putih. Khususnya ketika tinggal di Jerman, pria ini rutin mengonsumsi susu sapi segar. Mengingat udara Jerman yang dingin, konsumsi susu sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina.

Pada berbagai kesempatan, Habibie sering mengingatkan anak-anak Indonesia untuk rutin mengonsumsi susu. Seperti kita ketahui, susu seringkali dikaitkan dengan kesehatan tulang. Hal tersebut karena susu punya kandungan kalsium, kalium, fosfor, protein, serta vitamin K2. Semua kandungan nutrisi tersebut akan mampu menjaga kesehatan tulang.

Sementara air putih sangat bermanfaat untuk menjaga kadar cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Air putih juga akan menjaga kesegaran kulit serta membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan. Nah, selain susu, jangan lupa juga untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup ya seperti eyang Habibie!

(Baca juga: Yuk Intip Manfaat Buah Ini Untuk Kesehatan Anak!)
  • Berenang secara rutin

Bukan hanya pola makan  yang sehat, Habibie pun menjaga kebugaran tubuhnya dengan rajin olahraga yaitu berenang. Di tengah kesibukannya, dia selalu menyempatkan diri untuk berenang setidaknya satu jam dalam sehari.

Nah, tahukah kamu kalau berenang sangat baik untuk kesehatan jantung dan kekuatan otot? Berenang juga punya segudang manfaat lainnya. Berenang akan membakar kalori, yaitu sekitar 500-650 kalori akan terbakar jika kamu berenang selama satu jam.

Gak cuma itu, berenang pun akan membantu kamu untuk relaksasi. Ya, kamu bisa menjernihkan pikiran dengan berenang! Apalagi, olahraga yang satu ini terbilang ramah untuk segala usia. Jadi, maklum saja kalau di usia senjanya Habibie masih rajin berenang.

Bagaimana? Mau meniru gaya hidup sehat ala eyang Habibie? Jangan lupa pula untuk melindungi dirimu dengan asuransi kesehatan ya! Cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.