Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Yuk Intip Manfaat Buah Ini Untuk Kesehatan Anak!

by Teti Purwanti on 31 Juli, 2019

Usia balita adalah masa dimana si kecil sangat sering terserang penyakit, terutama demam. Saat itu terjadi, biasanya anak menjadi sangat sulit  menerima asupan makanan, bahkan cenderung melakukan gerakan tutup mulut, alias GTM.

Buah anak

Meski begitu, kadang si kecil masih mau memakan buah-buahan, apalagi yang mengandung banyak air. Selain membuat segar, ternyata beberapa buah juga terbukti bisa membantu meredakan demam si kecil.

Penasaran buah apa saja yang bisa membantu menurunkan demam si kecil? Berikut lima daftarnya:

1. Pisang

Pisang sebagai buah kaya nutrisi pasti sudah sangat akrab bagi ibu dan balita. Bahkan pisang boleh jadi adalah buah yang paling awal dikenal si kecil pasca masa Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

Untuk orang dewasa, pisang juga jadi menu sarapan sehat yang cukup menyenangkan ditambah segelas susu. Pisang sangat mudah dicerna dan merupakan sumber vitamin B6 yang dapat meredakan sakit kepala, depresi, stres, dan bahkan insomnia pada orang dewasa.

Tidak hanya mengandung magnesium yang dapat menguatkan tulang, pisang juga dapat menggantikan potasium yang hilang dari tubuh akibat diare, berkeringat, atau muntah.

Sehingga selain pada saat demam, pisang juga sangat baik dikonsumsi si kecil pada masa penyembuhan.

(Baca juga: 7 Buah Ini Bermanfaat untuk Menurunkan Tingkat Kolesterol)
2. Semangka

Kalau ada buah favorit anak-anak, semangka pasti masuk dalam daftarnya. Selain warnanya yang menarik, semangka yang manis, dan kaya air sangat disukai banyak balita.

Karena kandungan airnya yang tinggi pula, mengkonsumsi semangka kala demam bisa menormalkan suhu tubuh si kecil. Saat demam, si buah hati pasti berselera ketika dihidangkan buah semangka.

Rasa haus dan dahaga ketika demam bisa mudah diusir dengan buah yang satu ini. Pasalnya buah semangka mengandung sekitar 91 persen air.

Tentu buah penurun panas ini akan sangat bermanfaat mencegah terjadinya dehidrasi, saat si kecil demam dan malam minum karena rasa pahit pada mulut mereka.

Semangka juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin B6, kalium, dan karbohidrat. Semangka juga bisa menjadi sumber energi , mineral, dan vitamin yang akan mempercepat proses penyembuhan penyakit yang menyebabkan demam.

3. Pepaya

Seperti pisang, pepaya ada buah favorit bagi anak-anak dan juga orang dewasa yang kerap kali memiliki masalah pencernaan. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi, membuat pepaya manjur untuk menyembuhkan demam.

Tak hanya itu, beta karoten dan vitamin E dalam buah ini mampu mengurangi peradangan di seluruh tubuh sekaligus meminimalisir sesak nafas. Pepaya juga jadi buah favorit karena mudah didapatkan dan juga harga yang terjangkau.

(Baca juga: 5 Sayuran dan Buah yang Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak)
4. Jeruk

Buah yang mengandung vitamin C menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan kepada si kecil ketika sedang demam. Vitamin C yang ada pada buah jeruk dapat membantu tubuh anak terhidrasi kembali dan kandungan gula dapat memberikan energi pada anak.

Tapi buah jeruk tidak cocok bagi perut anak yang tidak terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman asam. Sehingga ibu harus sangat hati-hati dalam memilihkan jeruk.

Untungnya, sekarang ibu punya banyak pilihan jeruk untuk si kecil. Jeruk baby santang dan jeruk medan, dua di antara beberapa jenis jeruk yang punya rasa manis yang dominan dan biasanya disukai si kecil.

5. Air Kelapa

Berbeda dari buah-buah sebelumnya, pada buah kelapa, hanya airnya yang diambil dan dianggap berkhasiat. Air kelapa mengandung banyak elektrolit, potasium, dan vitamin C.

Berikan air kelapa pada anak agar tubuhnya dapat terhidrasi kembali. Pada saat anak demam, ganti air mineral dengan minuman yang mengandung elektrolit seperti air kelapa karena dapat menurunkan demam dengan cepat.

Selain bisa menghindarkan si kecil dari dehidrasi, air kelapa juga dikenal sebagai penetral racun, termasuk kalau si kecil salah minum obat. Kalau sulit menemukan kelapa murni, saat ini juga sudah banyak produk minuman yang mengklaim menjual air kelapa murni tanpa campuran apapun.

Meski begitu, mengonsumsi buah juga sangat baik tanpa harus menunggu sakit loh! Lengkapi juga si anak dengan asuransi kesehatan sebagai langkah mitigasi. Ajukan di CekAja.com dan temukan produk asuransi yang kamu butuhkan.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami