Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Hitung Cicilan Kredit dengan Simulasi Pinjaman Bank

by Tisyrin N. T on 15 Oktober, 2017

tips hemat _ kartu kredit - CekAja.com

Simulasi pinjaman bank sangat membantu calon debitur sebelum mengajukan kredit. Calon debitur dapat mengetahui berapa jumlah cicilan yang akan ditanggung.

Calon debitur yang baik selalu memiliki perhitungan matang sebelum mengajukan kredit ke bank. Hal ini dikarenakan riwayat seorang debitur dalam berurusan dengan bank akan terekam di Bank Indonesia (BI).

Ketika debitur punya riwayat yang buruk dalam menyelesaikan pembayaran cicilan pinjaman ke bank, maka akan mempersulit dirinya sendiri di kemudian hari. Istilah yang sering digunakan adalah masuk dalam daftar debitur yang memiliki riwayat kredit buruk di BI atau masuk blacklist saat dilakukan BI checking.

Karena itu, salah satu cara untuk membantu mengambil keputusan sebelum berurusan dengan bank adalah dengan memanfaatkan simulasi atau kalkulator pinjaman bank. Bagaimana cara menghitung cicilan kredit dengan menggunakan simulasi atau kalkulator pinjaman bank?

Langkah menghitung cicilan kredit dengan simulasi pinjaman bank

Bank memiliki berbagai jenis tawaran kredit antara lain Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Multiguna, dan lain sebagainya.

Berbagai jenis kredit tersebut dapat membantu debitur dalam memenuhi kebutuhan. Debitur bisa mewujudkan rumah impian, mendapatkan pinjaman untuk modal usaha, memiliki kendaraan, hingga mendapatkan pinjaman untuk keperluan konsumtif.

Dengan banyaknya produk tersebut, bukan berarti calon debitur bisa sesukanya dalam mengajukan kredit. Jika tidak hati-hati, bisa-bisa terjebak dalam jeratan utang yang memberatkan.

Karena itu, ikuti cara menghitung cicilan kredit dengan simulasi atau kalkulator pinjaman berikut ini:

Cari tahu rata-rata suku bunga dari jenis pinjaman yang menjadi incaran

Setelah menentukan jenis pinjaman, cari tahu terlebih dahulu rata-rata suku bunga dari jenis pinjaman tersebut. Tujuannya agar kita bisa menghitung jumlah cicilan yang akan dijalani dari suku bunga yang diberlakukan.

Dengan mencari tahu rata-rata suku bunga dari berbagai jenis pinjaman, calon debitur tentu saja sekaligus bisa membandingkan suku bunga dari satu bank ke bank lainnya. Praktik ini akan membuat kita dapat menemukan pinjaman yang memiliki bunga murah dan cicilan ringan.

Cek website resmi bank atau kunjungi situs pinjaman uang online

Untuk mempermudah dalam mencari tahu tentang suku bunga dan membandingkan satu produk bank dengan produk lainnya, kita sebagai calon debitur dapat menemukan simulasi atau kalkulator pinjaman bank di website resmi milik bank.

Namun, jika tidak ingin repot mengunjungi satu persatu website bank, cobalah untuk mengunjungi e-commerce finansial seperti CekAja.com. Dengan mesin perbandingan mutakhir yang dimiliki, akan mempermudah calon debitur dalam mambandingkan, menemukan, dan memilih pinjaman dengan bunga ringan. Jadi, tidak perlu membuang waktu satu persatu untuk mengecek bank.

Gunakan kalkulator kredit yang tersedia

Carilah simulasi kredit bank di website resmi bank yang menjadi incaran. Atau, jika mencarinya melalui CekAja.com, calon debitur dapat menemukan simulasi pinjaman bank dengan sebutan kalkulator, misalnya Kalkulator KTA untuk menghitung pinjaman tanpa agunan.

Masukan data yang diminta termasuk suku bunga

Setelah muncul tampilan simulasi pinjaman bank, calon debitur tinggal memasukan data-data yang dibutuhkan. Biasanya data-data yang diminta adalah jumlah pinjaman, uang muka, hingga suku bunga.  Karena itu, penting sekali untuk mencari tahu rata-rata suku bunga sebelum mengakses simulasi kredit.

Estimasi cicilan akan terlihat

Setelah semua data masuk, estimasi cicilan akan langsung terlihat. Mudah bukan? Gunakan simulasi pinjaman sebelum mengajukan KPR, KKB, atau berbagai jenis pinjaman lainnya.

Manfaat menghitung cicilan kredit dengan simulasi pinjaman bank

Memanfaatkan simulasi atau kalkulator pinjaman tentu memiliki banyak manfaat. Walau terlihat sepele, kalkulator ini bisa menyelamatkan masa depan keuangan. Berikut ini penjabaran manfaatnya :

Mengetahui estimasi cicilan kredit

Manfaat yang sudah pasti adalah bisa mengetahui estimasi cicilan kredit. Ya, sebelum mengajukan pinjaman dalam jumlah besar, jangan hanya terpatok pada brosur. Gunakan simulasi agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Menakar apakah cicilan sesuai dengan kemampuan atau tidak

Manfaat lainnya yaitu bisa melihat apakah besar cicilan sesuai dengan kemampuan atau tidak. Jangan memaksakan mengambil rumah seharga Rp400 juta jika tak mampu membayar cicilannya. Sebagai alternatif, carilah rumah yang lebih murah misalnya Rp200 juta.

Membandingkan produk kredit dari satu bank dengan bank lainnya

Dengan memanfaatkan simulasi, calon debitur juga sekaligus bisa membandingkan produk kredit dari satu bank dengan bank lainnya. Setiap bank bisa mematok suku bunga berbeda, maka calon debitur bisa menghitung simulasi untuk berbagai besaran suku bunga.

Mempermudah dalam mengatur keuangan

Setelah menggunakan simulasi pinjaman bank, calon debitur tentu akan mendapatkan gambaran tentang pinjamannya. Hal ini juga akan membantunya dalam mengatur keuangan setelah menanggung beban cicilan kelak.

Contoh simulasi pinjaman bank

Berikut ini salah satu contoh penggunaan Kalkulator KPR di CekAja.com. Jumlah pinjaman sebesar Rp250 juta, dengan jangka waktu 15 tahun dan bunga 10%. Maka estimasi cicilan per bulannya adalah Rp2,69 juta.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami