Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Hitungan Kalori Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Ini Bisa Jadi Pilihan Olahragamu!

by Vera Khairifah on 15 Juni, 2020

Waktu saat di rumah aja bukan berarti dihabiskan dengan bermalas-malasan tanpa berolahraga. Enggak usah takut ribet, sebab ternyata membersihkan rumah juga bisa jadi pilihan olahraga, lho. Ini dia hitungan kalori saat melakukan pekerjaan rumah yang dihimpun dari berbagai sumber.

Hitungan Kalori Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Ini Bisa Jadi Pilihan Olahragamu!

1. Mem-vacuum dan mengepel

Mem-vacuum dan mengepel - Hitungan Kalori Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Ini Bisa Jadi Pilihan Olahragamu

Membersihkan debu dan kotoran di lantai dengan vacuum cleaner dan mengepel memiliki gerakan yang hampir sama. Yakni kamu akan berdiri sambil menggerakkan alat ke semua sisi lantai yang ingin dibersihkan.

Rupanya, hitungan kalori saat melakukan pekerjaan rumah ini adalah 200 hingga 400 kalori per 60 menit, dengan hitungan rata-rata 4 kalori per menit.

Hitungan maksimal hingga 400 kalori per 60 menit itu memungkinkan diraih jika kamu menggunakan alat pel konvensional, dimana kamu perlu memeras bagian kain pel terlebih dulu sebelum membersihkan lantai.

Tips agar lebih banyak kalori yang terbakar saat mem-vacuum maupun mengepel yakni kaki ikut melangkah maju atau mundur saat menggerakkan alat pel atau vacuum cleaner. Di saat bersamaan, gerakan tangan juga bisa kamu buat seperti mendorong dengan maksimal, agar otot lengan semakin kencang.

2. Menyapu

Menyapu - Hitungan Kalori Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Ini Bisa Jadi Pilihan Olahragamu

Siapa sangka jika hitungan kalori saat melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu mampu membakar hingga 136 kalori per 30 menit. Jika kamu rajin menyapu rumah setidaknya dua kali sehari, bayangkan jumlah kalori yang bisa terhempas dari tubuhmu. Cocok untuk jadi olahraga alternatif kan?

Jika kamu mau lebih banyak kalori yang terbakar saat menyapu, maksimalkan gerakan tangan saat menggerakkan sapu ke semua sisi ruangan.

3. Mencuci Piring

Mencuci Piring - Hitungan Kalori Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Ini Bisa Jadi Pilihan Olahragamu

Dengan mencuci piring, 160 kalori di dalam tubuhmu akan terbakar dalam waktu 30 menit. Jadi jangan buru-buru kesal jika melihat tumpukan piring kotor di atas wastafel-mu, ya.

Selain itu, kamu bisa membakar lebih banyak kalori hingga 100 kalori jika bolak-balik meletakkan piring dan gelas yang sudah dicuci ke dalam lemari atau rak.

(Baca Juga: Manfaat Buah Kolang-Kaling Untuk Kesehatan, Banyak Khasiatnya!)
4. Mencuci Pakaian

Hitungan kalori saat melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci pakaian juga cukup besar, lho. Sebab kamu perlu memisahkan pakaian berdasarkan jenis bahan dan warna, kemudian mengangkutnya dan memasukkan ke dalam mesin cuci, lalu menjemurnya.

Gerakan saat mencuci pakaian walau menggunakan mesin cuci saja cukup kompleks, hingga mampu membakar 280 kalori. Jika mencuci pakaian dengan tangan, maka jumlah kalori yang terbakar sudah pasti lebih banyak.

5. Membersihkan Mainan Anak

Membersihkan Mainan Anak - Hitungan Kalori Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Ini Bisa Jadi Pilihan Olahragamu

Bagi para ibu, membersihkan mainan anak yang berserakan di lantai rasanya sudah sering dilakukan. Bahkan dalam satu hari, kegiatan ini bisa dilakukan beberapa kali.

Energi yang terkuras dalam hitungan kalori saat melakukan pekerjaan rumah ini sekitar 65 kalori per 15 menit, atau rata-ratanya 4 kalori per menit.

Tips agar lebih banyak kalori yang terbakar saat membersihkan mainan anak ini adalah dengan melakukan gerakan merangkak, lalu terapkan pose cat cow seperti yang ada di dalam gerakan yoga. Tahan gerakan ini selama 30 detik sampai 1 menit. Pose ini berguna untuk meregangkan otot-otot punggung yang tegang.

6. Mengelap Lemari dan Rak

Mengelap Lemari dan Rak - Hitungan Kalori Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Ini Bisa Jadi Pilihan Olahragamu

Sementara itu, saat kamu membersihkan lemari dan rak dari debu, ada sekitar 167 kalori yang terbakar dalam setiap 30 menit.

Untuk menguras lebih banyak kalori, kamu bisa melakukan tips berikut. Yakni saat mengelap rak bagian bawah yang lebih rendah tingginya dari tinggi badanmu, lakukan gerakan squad untuk mengencangkan bokong. Sedangkan saat mengelap rak bagian atas, kamu bisa berdiri dengan satu kaki jika memungkinkan.

(Baca Juga: 5 Jenis Makanan Diet yang Aman Bagi Penderita Maag)
7. Mengganti Sprei Kasur

Mengganti Sprei Kasur - Hitungan Kalori Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Ini Bisa Jadi Pilihan Olahragamu

Sprei kasur yang kotor dapat memicu iritasi kulit dan munculnya jerawat di mukamu. Makanya, usahakan selalu mengganti sprei kasur setiap satu atau dua minggu sekali. Hitungan kalori saat melakukan pekerjaan rumah ini adalah 2 kalori per menit.

Tips agar lebih banyak kalori yang terbakar saat mengganti sprei adalah memaksimalkan gerakan tangan saat memasukkan ujung sprei ke semua sisi kasur.

Lakukan gerakan side lunge saat memasukkan ujung sprei ke dalam kasur. Gerakan ini sangat baik untuk pembentukan otot tubuh bagian bawah. Kemudian, berdiri dengan tegak saat melipat selimut.

8. Mendekor Ulang Ruangan

Mendekor Ulang Ruangan - Hitungan Kalori Saat Melakukan Pekerjaan Rumah Ini Bisa Jadi Pilihan Olahra

Mau suasana kamar atau ruangan rumah lainnya terasa lebih baru? Mendekor ulang ruanganlah pilihannya. Selain bikin fresh tampilan interior rumah, mood penghuninya juga dijamin jadi lebih baik setelah melakukan pekerjaan rumah ini.

Ternyata, kamu bisa membakar hingga 167 kalori dalam 30 menit saat mendekor ulang ruangan. Selain itu, ada tambahan 100 kalori yang terhempas jika kamu memindahkan beberapa furniture dan barang lainnya.

Jadi, gimana nih? Pekerjaan rumah mana yang kamu paling sukai dan kamu pilih sebagai olahraga alternatif di rumah?

Kamu juga perlu melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Pilih saja sesuai kebutuhan mu dengan asuransi premi murah, hanya melalui proses mudah dan cepat di CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast