Manfaat Buah Kolang-Kaling Untuk Kesehatan, Banyak Khasiatnya!

6 min. membaca Oleh Teti Purwanti on

Pada bulan Ramadan ini sering kali kita menemukan buah kolang-kaling dalam berbagai hidangan untuk berbuka puasa seperti pada kolak dan es buah.

manfaat buah kolang kaling

Teksturnya yang unik dan kenyal membuat buah ini cocok untuk melengkapi berbagai hidangan sehingga bisa menambah kenikmatannya.

Tapi, siapa sangka kolang-kaling juga memiliki manfaat untuk kesehatan, bukan hanya sebagai pelengkap hidangan saja.

Buah yang berasal dari pohon enau ini mempunyai kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan mineralnya seperti protasium, iron, kalsium dapat membuat tubuh jadi segar dan mampu memperlancar metabolisme tubuh.

Kandungan gelatin serta vitamin A, B dan C-nya diketahui punya efek baik bagi tubuh manusia. Tingginya kandungan air yang terdapat dalam kolang kaling cukup tinggi, mencapai 94 persen sehingga bisa memberikan efek yang menyegarkan.

Kandungan nutrisi kolang-kaling

Kolang-kaling mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain:

Serat

Kolang-kaling mengandung serat pangan yang larut maupun tidak larut air. Serat dapat melancarkan pencernaan karena membantu mendorong pergerakan makanan di dalam usus. Hal ini membuat kolang-kaling baik dikonsumsi untuk mencegah konstipasi atau sembelit dan mengurangi kolesterol. Selain itu, serat juga dipercaya dapat “menurunkan risiko terkena” kanker kolorektal.

Kalsium

Dalam setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Kalsium sendiri dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuat tulang. Tidak hanya tulang, bagian tubuh lainnya juga memerlukan kalsium untuk dapat berfungsi dengan baik misalnya saraf, hati, dan otot. Karena tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, maka penting untuk mendapatkan asupan kalsium dari makanan, minuman, atau suplemen tambahan.

Fosfor

Buah yang kecil dan kenyal ini ternyata juga mengandung fosfor yang baik untuk tubuh. Setidaknya terdapat 243 mg fosfor di dalam 100 gram kolang-kaling.

Manfaat fosfor sendiri antara lain memperkuat gigi dan tulang, menghasilkan RNA dan DNA, memperbaiki dan menjaga sel, serta jaringan tubuh. Fosfor juga dibutuhkan tubuh untuk menggerakkan otot, menghasilkan energi, dan menyimpannya. Bahkan, fosfor juga dapat membantu tubuh dalam menjaga keteraturan detak jantung dan fungsi saraf manusia.

Zat besi

Manfaat kolang-kaling lainnya dipercaya didapat dari zat besi yang terkandung di dalamnya. Zat besi sendiri dapat memberikan manfaat untuk tubuh seperti oksigen ke seluruh tubuh dan membawa karbon dioksida ke luar dari darah, serta untuk mengatasi rasa lelah dan anemia defisiensi zat besi.

Selain itu, kolang-kaling juga mengandung gelatin yang cukup tinggi. “Gelatin” membuat perut lebih mudah kenyang dan meredakan nafsu makan, sehingga cocok bagi orang yang ingin mengurangi berat badan. Gelatin juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi, sehingga bermanfaat bagi penderita osteoarthritis.

Selain kandungan nutrisi tersebut, kolang-kaling juga memiliki bermanfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain:

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat kasar di dalam kolang-kaling yang mencapai 39% sangat baik untuk dapat melancarkan pencernaan. Kandungan serat kolang kaling yang tinggi dan kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat kolang-kaling lebih lama saat dicerna di dalam perut sehingga mampu menekan nafsu makan dan menyimpan energi cukup lama.

Serat dari kolang-kaling yang masuk ke dalam tubuh juga membuat proses pembuangan air besar jadi teratur sehingga mampu mencegah kegemukan ataupun obesitas. 

Kolang-kaling lunak paling baik dijadikan sebagai makanan sumber serat karena jenis kolang-kaling ini mengandung serat sebanyak 14,03%.

Asupan serat yang tinggi akan membantu dalam memperlancar pencernaan. Dengan ini, manfaat kolang-kaling berpotensi mengurangi risiko kanker usus, membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah kegemukan.

Selain kadar serat tinggi, kolang-kaling muda juga mengandung pati sebanyak 74,58%. Hal ini membuat kolang-kaling muda cocok dijadikan alternatif untuk makanan diet karena pati akan memberikan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

Mencegah dehidrasi

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan juga dapat mengobati sensasi panas dalam perut. Hal ini bersumber dari kandungan airnya yang banyak dapat sehingga sangat ampuh untuk membantu agar tubuh tetap terhidrasi. Dengan manfaatnya tersebut tak heran bila kolang kaling menjadi salah satu makanan favorit di bulan puasa. Buah ini bisa dibilang dapat mengisi kembali mineral dan nutrisi yang hilang.

Sumber energi

Kolang-kaling juga bisa dijadikan sebagai sumber energi. Buah ini juga diketahui mengandung karbohidrat sebagai salah satu sumber energi untuk tubuh. Tak heran jika Anda makan kolang-kaling dalam jumlah yang cukup akan membuat kenyang. Cocok untuk siapa saja yang menerapkan pola diet sehat.

Mengatasi Radang Sendi

Penyakit radang sendi ini dapat menyebabkan gejala sakit di bagian lutut setelah Anda berjalan beberapa menit atau disaat menaiki tangga. Kolang-kaling juga dapat dimanfaatkan menjadi obat untuk dapat meredakan radang sendi.

Cukup dengan cara merebus kolang-kaling tanpa memakai gula ataupun pewarna atau dijadikan sebagai manisan dengan memakai tambahan gula batu dan daun pandan ataupun jahe.

Konsumsilah sekitar 100-200 gram kolang kaling sebagai camilan tiap harinya. Kandungan 52,9 % karbohidrat galaktomannannya memberikan efek analgesik ataupun pereda sakit sehingga mampu mengurangi rasa sakit di radang sendi.

Dua penelitian di Indonesia menemukan adanya kaitan yang signifikan antara tingkat nyeri penderita rematik (terutama jenis osteoartritis) dengan konsumsi kolang-kaling. Ada perbedaan skala nyeri yang dirasakan sebelum mengonsumsi kolang-kaling dan sesudahnya.

Riset di daerah Kumun, Jambi, nampaknya menguatkan hasil dua penelitian sebelumnya. Pemberian kolang-kaling pada lansia penderita osteoartritis berdampak pada penurunan skala nyeri rematik yang dirasakan oleh penderita.

Rata-rata skala nyeri yang dialami penderita osteoartritis sebelum mengonsumsi kolang-kaling adalah 5,62. Setelah mengonsumsi buah ini, rata-rata skala nyeri rematik turun menjadi 3,31.

Diduga, kandungan senyawa galaktomanan dalam kolang-kaling mampu memberikan efek analgesik (antinyeri), antiperadangan, dan mengurangi kaku (spasme) pada sendi, sehingga keluhan nyeri pada penderita osteoartritis pun dapat berkurang.

Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi dalam kolang-kaling juga sangat baik bagi kesehatan tulang dan sendi.

Menjaga keremajaan kulit dan otot

Kolang-kaling diketahui mengandung gelatin yang cukup mudah dicerna oleh tubuh Anda. Gelatin ini kemudian akan diubah menjadi kolagen yang fungsinya untuk mempertahankan keremajaan kulit, otot, tulang, kuku dan rambut.

Menguatkan tulang

Banyak masyarakat sering mengkonsumsi susu sebagai salah satu sumber kalsium mereka. Tapi susu juga mengandung kalori yang tinggi, sehingga dikhawatirkan membuat bobot tubuh jadi bertambah. Jika kegemukan terjadi, maka sendi akan semakin sakit, karena tulang Anda tidak kuat lagi atau berat menyangga tubuh.

Mencegah osteoporosis

Di dalam setiap 100 gram kolang kaling mengandung sekitar 91 mg kalsium. Sementara dalam susu sapi murni, setiap 100 gramnya mengandung 125 mg kalsium. Tingginya kandungan kalsium pada kolang kaling ini bisa digunakan sebagai salah sumber kalsium alternatif yang baik selain susu. Tentu saja hal ini membuat kolang kaling baik untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

(Baca Juga: Inilah Bahan Alami Untuk Membersihkan Paru Paru)

Kolang-kaling bisa dijadikan alternatif sumber kalsium bagi orang yang menderita intoleransi laktosa. Kondisi ini membuat tubuh penderita tidak bisa melerai laktosa, yakni yaitu bentuk gula yang terdapat dalam susu dan produk olahannya.

Kandungan kalsium dalam kolang-kaling tidak jauh berbeda dari kandungan kalsium dalam susu sapi. Dari hasil penelitian, tiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Angka ini hanya beda sedikit dengan kalsium dalam susu sapi yang berkisar 125 mg per 100 gram.

Obat sakit gatal

Kolang-kaling ternyata juga bisa dipakai sebagai obat gatal. Getah dari kolang kaling yang masih belum diproses sangat manjur untuk digunakan sebagai obat penyakit gatal-gatal. Ini merupakan manfaat kolang kaling yang jarang diketahui.

Makanan diet

Menurut sebuah penelitian, dalam 100 gr kolang kaling ini terkandung sekitar 0,69 gram protein, karbohidrat 4,0 gr, kadar abu sekitar 1 gram dan serat kasarnya 0,95 gram. Kadar air dalam kolang-kaling juga relatif tinggi, yaitu mencapai 94%, sehingga kolang-kaling ini terasa segar saat Anda konsumsi.

Kadar gelatinnya juga cukup tinggi sehingga punya manfaat untuk membantu mempercepat rasa kenyang & mengurangi naf-su makan, sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai jenis makanan diet sehat.

Sumber vitamin yang baik

Kolang-kaling memiliki kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Seperti vitamin A, B dan vit C. Vitamin A tentu saja terbukti ampuh untuk dapat memperkuat penglihatan ataupun mata. Sedangkan vit B baik untuk kulit dan juga sel-sel lainnya di dalam tubuh. Untuk vitamin C tentu saja sudah banyak yang tahu tentang khasiatnya, seperti mencegah sariawan, influenza, menjaga tubuh tetap fit dan sebagainya.

Mencegah Anemia

Selain baik untuk kesehatan kulit, manfaat kolang kaling lainnya dapat mencegah anemia. Hal ini tak lain karena kandungan zat besi dalam kolang-kaling merupakan komponen dari hemoglobin, yang bermanfaat memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Jika zat besi dalam tubuh tercukupi, maka tubuh dapat mencegah terjadinya anemia.

Menyehatkan jantung

Siapa sangka khasiat kolang-kaling juga dapat menyehatkan jantung karena seratnya yang tinggi dapat membantu membersihkan pembuluh darah dari kolesterol, yang memicu penyakit arterioclerosis, ini karena terhalangnya sistem kardiovaskular.

Sebagaimana telah disebutkan di awal, selain sebagai sumber olahan hidangan yang juga cocok untuk berbuka puasa, buah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin, namun tidak berlebihan.

Itulah beberapa manfaat kolang kaling bagi kesehatanmu. Bagaimana? Jadi tertarik untuk lebih menjaga kesehatanmu? Dengan produk asuransi pilihan CekAja.com, kamu dapat memilih asuransi kesehatan yang terbaik bagi kamu dan keluargamu.

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti