10 Ide Bisnis Menjelang Ramadhan Terbaik dan Menguntungkan, Patut Dicoba!

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat, untuk kamu menjajal sejumlah ide bisnis menjelang Ramadhan. Karena, ide-ide bisnis ini sifatnya tahan lama, sehingga walaupun disebut “menjelang”, sederet ide bisnis tersebut masih cocok dijalankan selama bulan Ramadhan.

Advertisement

Sebagian dari kamu mungkin sudah tahu dan menebak, sekiranya ide bisnis menjelang Ramadhan apa saja umumnya dijalankan orang-orang dan menguntungkan.

Beberapa ide tersebut di antaranya, yaitu bisnis minuman segar, baju muslim, perlengkapan ibadah, menu katering untuk sahur dan berbuka, serta tak lain tak bukan yakni bisnis menu takjil.

Itu semua merupakan ide bisnis menjelang Ramadhan yang sudah pasti menguntungkan. Tetapi, selain itu sebenarnya masih banyak lagi ide bisnis yang bisa kamu cicip, yang di antaranya akan diulas secara lengkap pada artikel kali ini. Simak bersama-sama, yuk!

Ide Bisnis Menjelang Ramadhan

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kalau kali ini CekAja.com akan memberikan sejumlah ide bisnis menjelang Ramadhan yang menguntungkan.

Di mana, ide bisnis ini tidak hanya seputar kuliner saja, namun juga bisnis yang bergerak di bidang busana mulin, perlengkapan ibadah, hingga gadget.

Semua ide bisnis itu, pada dasarnya sudah menguntungkan. Hanya saja, ketika dijalankan selama bulan Ramadhan, keuntungan yang didapat bisa berlipat ganda. Bagaimana, sangat menggiurkan bukan?

Jika kamu ingin tahu apa saja ide bisnis menjelang Ramadhan terbaik rekomendasi CekAja.com, yuk langsung simak bersama-sama ulasan berikut ini!

1. Bisnis minuman segar

Ide bisnis menjelang Ramadhan pertama yang bisa kamu coba, yaitu bisnis minuman segar. Bisa dibilang, ini merupakan ide bisnis cemerlang, karena minuman segar keberadaannya sangat dicari masyarakat untuk berbuka puasa.

Ya, saat berbuka puasa orang-orang biasanya ingin berbuka dengan minuman yang dingin dan segar untuk melepas dahaga.

Nah, jika kamu menjalankan bisnis minuman segar, maka kamu menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat, khususnya yang beragama Islam.

Minuman segar sendiri ada sangat banyak jenisnya, seperti es buah, es campur, es kelapa muda, es cendol, es tebu dan lain sebagainya.

Kamu bisa menyediakan semua jenis minuman segar tersebut, agar konsumen nantinya bisa memilih jenis minuman yang mereka inginkan saat itu.

Ketika memulai bisnis yang satu ini, pastikan kamu menjualnya dengan rasa yang berkualitas, namun dengan harga terjangkau.

Kalaupun ingin menjualnya dengan harga yang sedikit tinggi, pastikan kamu menyediakan fasilitas terbaik, yang menunjang kenyamanan konsumen. Seperti misalnya, tempat yang rapi, bersih, dan nyaman jika digunakan untuk “dine in”.

(Baca Juga: Bisnis Kuliner yang Menjanjikan di Bulan Ramadhan)

2. Bisnis katering menu sahur dan berbuka

Berikutnya ada bisnis katering menu sahur dan berbuka. Ide bisnis menjelang Ramadhan yang satu ini sepertinya bisa dijadikan ide terbaik, karena saat berpuasa tidak semua orang sempat membuat masakan untuk sahur dan berbuka.

Contohnya seperti pegawai kantoran, baik wanita atau pria yang bekerja sebagai pegawai kantoran, umumnya memiliki aktivitas yang padat, sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk memasak menu sahur dan berbuka.

Karena hal itulah, maka bisnis katering menu sahur dan berbuka, menjadi solusi yang tepat untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Agar bisnis ini berjalan dengan lancar, kamu bisa mulai berjualan di beberapa lokasi strategis, seperti wilayah padat penduduk, sekitar kompleks karyawan, serta kawasan perkantoran.

Selain itu, agar bisnis katering menu sahur dan berbukamu selalu ramai pelanggan, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kualitas rasa.

Pastikan semua menu makanan yang dijual, memiliki cita rasa lezat dan mampu membuat banyak orang rindu dengan makanan-makanan kateringmu.

3. Bisnis aneka menu takjil

Masih seputar kuliner, ide bisnis menjelang Ramadhan yang ketiga, yaitu bisnis aneka menu takjil.

Serupa dengan bisnis minuman segar, bisnis aneka menu takjil juga menjadi ide bisnis yang menjanjikan, karena selama bulan Ramadhan masyarakat yang beragama Islam, sudah pasti berbondong-bondong mencari aneka takjil untuk berbuka puasa.

Dalam hal ini, kamu selaku penjual bisa menyediakan sejumlah aneka takjil yang banyak dicari masyarakat, seperti berbagai jenis gorengan, kolak, bubur sum-sum, kue-kue basah, lontong isi, dan lain sebagainya.

Semua menu takjil tersebut memang tidak perlu semuanya kamu jual. Namun, tidak ada salahnya bukan, jika kamu menyediakan semua menu takjil dengan lengkap?

Tujuannya sudah pasti, agar para konsumen nantinya bisa memiliki banyak pilihan menu takjil, mulai dari yang manis hingga yang asin.

Untuk bisa memulai bisnis ini tidak dibutuhkan modal yang terlalu besar. Apalagi, jika kamu memiliki lahan kosong di area rumah, yang bisa dijadikan tempat berjualan.

4. Bisnis perlengkapan ibadah

Selain bisnis menu takjil, selama bulan Ramadhan kamu juga bisa loh mencoba bisnis perlengkapan ibadah. Pasalnya, ide bisnis menjelang Ramadhan ini, dijamin bawa banyak untung!

Selama menjalankan bulan Ramadhan, setiap orang yang beragama Islam sudah pasti giat menjalankan ibadah. Agar semakin semangat, tidak ada salahnya jika membeli perlengkapan ibadah baru, mulai dari sajadah, mukena, sarung, peci, tasbih, Al-Qur’an hingga baju koko.

Terlebih, semua perlengkapan ibadah tersebut bisa digunakan kembali untuk ibadah sehari-hari, maupun saat Hari Raya Idul Fitri nanti.

Maka dari itu, peluang bisnis perlengkapan ibadah ini sangat menjanjikan. Manfaatkan peluang ini semaksimal mungkin, dan raih keuntungan besar!

5. Bisnis baju muslim

Di urutan kelima ada bisnis baju muslim. Ide bisnis menjelang Ramadhan yang satu ini tak kalah menarik dari ide-ide bisnis sebelumnya, karena baju muslim banyak dicari untuk Hari Raya Idul Fitri nanti.

Maka dari itu, bisnis yang satu ini akan semakin ramai dan tinggi peminat saat mendekati lebaran.

Mungkin, untuk menjalankan bisnis baju muslim ini dibutuhkan modal yang besar. Namun, hal itu akan berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat.

Apalagi jika kamu adalah penikmat fashion, kamu sudah pasti mengikuti tren fashion yang sedang naik saat ini.

Dengan begitu, kamu bisa mengaplikasikannya di setiap baju muslim yang akan dibuat, atau mengaplikasikannya pada saat memilih sejumlah baju muslim yang akan dijual, jika memang serius mencoba peruntungan di bidang ini.

6. Bisnis kue kering

Melipir kembali ke dunia kuliner, ada satu bisnis yang ramai dicari oleh konsumen mendekati Hari Raya Idul Fitri, yaitu bisnis kue kering.

Sebenarnya, sebelum Hari Raya Idul Fitri, bisnis kue kering ini juga sudah ramai dicari saat bulan Ramadhan.

Hal tersebut karena, kue kering sendiri tak jarang dijadikan camilan buka puasa maupun sahur.

Oleh karena itu, buat kamu yang tertarik dan memang bergelut di bidang pembuatan kue, sangat bisa menjajal ide bisnis menjelang Ramadhan satu ini.

7. Bisnis kurma dan buah-buahan lainnya

Menjadi satu hal yang menarik, karena bisnis kurma dan buah-buahan lainnya, menjadi bagian dari ide bisnis menjelang Ramadhan yang wajib dicoba.

Hal itu tentu saja, karena buah kurma memiliki permintaan yang cukup tinggi selama bulan Ramadhan.

Terlebih, mengonsumsi buah kurma sudah menjadi tradisi masyarakat saat berbuka puasa. Sehingga, memulai dan menjalankan bisnis kurma serta buah-buahan lainnya, menjadi pilihan bisnis yang sangat menarik.

Tetapi kamu juga perlu tahu, kalau bisnis kurma ini membutuhkan modal yang cukup besar. Sebab, kurma tidak bisa tumbuh subur di Indonesia. Dengan demikian, kamu perlu mengimpornya dari luar negeri.

8. Bisnis gadget

Siapa sangka, kalau ternyata gadget bisa menjadi salah satu ide bisnis menjelang Ramadhan yang patut diperhitungkan.

Dan tak hanya bulan Ramadhan saja, bisnis gadget pun semakin meningkat permintaannya menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Tentu bisa. Karena, Hari Raya Idul Fitri merupakan sebuah momen penting, yang membuat banyak orang ingin tampil baru dan beda.

Selain itu, menjelang Hari Raya Idul Fitri juga semua pegawai mendapat Tunjangan Hari Raya (THR), yang mana nominal THR sendiri cukup besar, umumnya yaitu satu kali gaji pokok.

Dengan nominal tersebut, banyak orang memanfaatkannya untuk membeli gadget baru. Sehingga, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk memulai bisnis gadget.

9. Bisnis rental mobil

Selanjutnya ada bisnis rental mobil, yang juga menjadi ide bisnis menjelang Ramadhan terbaik versi CekAja.com.

Disebut terbaik karena ide bisnis ini mampu memberikan keuntungan yang besar, khususnya memasuki momen-momen lebaran.

Karena, akan ada banyak masyarakat perkotaan dengan keluarganya, yang akan pergi keluar kota maupun ke suatu tempat menggunakan mobil.

Tetapi, mengingat tidak semua orang memiliki mobil untuk membawa semua keluarganya, maka hadirlah bisnis rental mobil yang bisa menjawab kebutuhan tersebut.

Hanya saja, untuk bisa menjalankan bisnis rental mobil dibutuhkan modal yang besar. Pertama, kamu harus memikirkan jumlah mobil yang akan direntalkan, setelah itu biaya perawatannya, bensin dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kamu pun harus memikirkan segala risiko yang dapat terjadi, baik itu kecelakaan, kerusakan akibat penggunaan konsumen, hilang karena dicuri dan lain sebagainya.

Jadi, jika memang ingin menjalankan bisnis ini, kamu harus siap dalam segala aspek, mulai dari finansial hingga risiko yang akan terjadi.

10. Bisnis parsel lebaran

Ide bisnis menjelang Ramadhan yang terakhir, yaitu bisnis parsel lebaran. Ide bisnis yang satu ini sudah pasti menguntungkan, karena menjelang lebaran banyak orang ingin memberikan parsel kepada keluarga, kerabat, maupun pasangan sebagai hadiah lebaran.

Nah untuk bisa menjalankan bisnis ini, diperlukan kreativitas yang tinggi. Sebab, kamu harus merangkai sejumlah makanan, buah dan lain sebagainya yang ingin dibuat parsel.

Kamu perlu merangkainya sebaik mungkin, agar parsel nantinya terlihat indah dan menarik dipandang.

Kemudian untuk isi parselnya sendiri, itu bisa ditentukan oleh konsumen. Atau kamu juga bisa memberikan sejumlah pilihan, yang mengombinasikan kue kering dengan perlengkapan ibadah, maupun pilihan menarik lainnya.

(Baca Juga: 6 Menu Takjil yang Mudah Dibuat)

Itulah beberapa ide bisnis menjelang Ramadhan yang sudah kamu ketahui secara lengkap ulasannya, di pembahasan sebelumnya.

Dari sejumlah ide tersebut, kamu mungkin tertarik dengan satu di antaranya karena sesuai minat dan kemampuan.

Jika begitu, maka kamu bisa langsung mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan, termasuk modal. Seperti yang diketahui, sesederhana apapun bisnis yang kamu jalankan, tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Maka dari itu, memiliki tabungan dana untuk modal bisnis sangat penting. Tetapi, apabila dana yang dimiliki saat ini belum mencukupi, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai, untuk mendapatkan dana tambahan.

Saat ini, pengajuan pinjaman dana pun bisa dilakukan secara online, salah satunya melalui situs perbandingan seperti CekAja.com.

Di sana, proses pengajuan pinjaman dana bisa dilakukan online, dengan mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sendiri sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman dunai melalui CekAja.com sekarang juga!

Advertisement