3 Ide Resepsi Pernikahan Ketika Pandemi yang Unik dan Anti Mainstream

Buat kamu yang ingin menikah dalam waktu dekat ini, sebaiknya kamu cari tahu dulu sejumlah ide resepsi pernikahan ketika pandemi. Pasalnya, pernikahan yang dilangsungkan selama masa pandemi, harus mengikuti beberapa aturan, khususnya yang berkaitan dengan protokol kesehatan.

Advertisement

Ide resepsi pernikahan ketika pandemi pun, saat ini sudah sangat banyak. Kamu mungkin sering menemukan ide resepsi pernikahan dalam bentuk intimate wedding.

Yang mana, kedua keluarga mempelai hanya mengundang orang-orang terdekatnya, sebagai tamu undangan. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir risiko penyebaran virus Covid-19.

Namun selain intimate wedding, sebenarnya masih ada beberapa ide resepsi pernikahan ketika pandemi lainnya yang bisa dijadikan pilihan.

Jika ingin tahu apa saja ide resepsi pernikahan ketika pandemi tersebut, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Ide Resepsi Pernikahan Ketika Pandemi

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kalau kali ini CekAja.com akan memberikan sejumlah ide resepsi pernikahan ketika pandemi, yang bisa dijadikan pilihan.

Nah, dari banyaknya ide resepsi pernikahan yang ada, di bawah ini telah dirangkum tiga di antaranya, yang terdiri dari:

1. Intimate Wedding

Intimate wedding merupakan salah satu ide resepsi pernikahan ketika pandemi terbaik, yang bisa dijadikan pilihan.

Bagaimana tidak, pasalnya dengan mengambil konsep intimate wedding, kamu membantu meminimalisir risiko penularan Covid-19.

Hal itu karena, dalam konsep intimate wedding kamu hanya diperbolehkan mengundang teman dekat, kerabat, saudara dan lain sebagainya yang memiliki hubungan dekat denganmu.

Selain itu, keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari konsep intimate wedding ini, yaitu kamu bisa menekan budget pernikahan. Dengan begitu, kamu akan lebih hemat biaya dibandingkan pernikahan pada umumnya.

(Baca Juga: Dekorasi Pernikahan Sederhana dan Murah)

2. Drive Thru

Meskipun terkesan tidak mungkin, namun drive thru ternyata juga menjadi ide resepsi pernikahan ketika pandemi paling kreatif yang patut dicoba.

Selain itu, drive thru juga bisa jadi solusi terbaik, untuk kamu yang ingin menggelar resepsi dan mengundang banyak tamu undangan, namun tetap ingin memperhatikan protokol kesehatan.

Sebab dengan mengambil konsep drive thru, tamu tidak diperbolehkan untuk turun dari kendaraan. Mereka hanya boleh membuka kaca mobil atau kaca helm motor.

Jadi secara fisik, antara tamu undangan dan pengantin tidak ada kontak langsung. Dengan demikian, risiko penularan virus Covid-19 dapat ditekan.

Sebelum menyampaikan ucapan selamat, para tamu undangan yang hadir akan dicatat terlebih dahulu data dirinya, kemudian melakukan pemeriksaan suhu dan diberikan cairan penyanitasi tangan.

Selain itu, tamu undangan pun diwajibkan untuk memakai masker, meskipun hanya berada di dalam kendaraan.

Setelah semua hal itu dilakukan dengan benar, kendaraan tamu undangan dipersilahkan masuk menuju pelaminan, lalu memberikan salam namaste sebagai pengganti jabat tangan.

Bagaimana, secara keseluruhan ide resepsi pernikahan ketika pandemi ini sangat menarik bukan? Jika iya dan kamu ingin coba memakai ide resepsi ini, maka kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp100 juta.

3. Virtual Wedding Green Screen

Ide resepsi pernikahan ketika pandemi yang terakhir, yaitu virtual wedding green screen.

Buat kamu yang masih asing, virtual wedding green screen adalah ide resepsi pernikahan virtual, yang dilakukan dengan cara shooting di studio yang dikelilingi green screen, atau latar berwarna hijau.

Nah, jika menggunakan virtual wedding green screen, nantinya background hijau tersebut akan langsung di replace live dan di streaming-kan.

Virtual wedding green screen bisa dibilang merupakan ide baru dalam bidang pernikahan, yang dicetuskan oleh perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif di Yogyakarta, yaitu GM Production.

Yuri Apreto selaku Direktur GM Production mengatakan, kalau dirinya yang pertama kali menjadi pencetus ide pernikahan unik satu ini.

Ya, ide resepsi pernikahan ketika pandemi ini, ternyata baru tercipta sekitar pertengahan tahun lalu, tepatnya Mei 2020 pada saat job GM Production sedang kosong-kosongnya, akibat pandemi Covid-19.

Tips Menggelar Resepsi Pernikahan Ketika Pandemi

Setelah mengetahui beberapa ide resepsi pernikahan ketika pandemi, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui sejumlah tips menggelar resepsi pernikahan saat pandemi.

Karena, tips menggelar resepsi pernikahan yang akan kamu ketahui ini, sangat berguna dalam mempermudah proses persiapan berbagai kebutuhan pernikahan selama pandemi.

Untuk itu daripada berlama-lama, di bawah ini telah dirangkum lima tips menggelar resepsi pernikahan ketika pandemi, yang di antaranya yaitu:

Menentukan waktu dan estimasi biaya pernikahan

Menentukan waktu dan estimasi total biaya pernikahan, merupakan hal pertama yang penting untuk dipersiapkan.

Dalam persiapan dana pernikahan ini, pastikan kamu tidak menguras tabungan. Sisakan sekitar 15 persen dari kekayaan bersih saat ini, untuk pegangan dan dana darurat.

Kamu bisa mengalokasikan dana sekitar 10 – 15 persen dari total biaya untuk membeli seserahan, kamudian 10 – 15 persen lainnya untuk kebutuhan administratif tak terduga yang harus dibayarkan.

Hindari penggunaan dana darurat untuk biaya resepsi pernikahan

Meski estimasi biaya pernikahan sudah diperhitungkan dengan baik, namun tetap saja kamu perlu mengontrol diri untuk tidak menggunakan dana darurat sebagai biaya resepsi pernikahan.

Karena fungsi dana darurat sendiri, yaitu untuk mengantisipasi risiko hilangnya pendapatan setiap bulan akibat pemutusan hubungan kerja, maupun memenuhi kebutuhan sehari-hari yang sifatnya darurat.

Hindari berhutang

Selain menghindari penggunaan dana darurat, kamu juga pelu menghindari yang namanya berhutang. Sebab, berhutang hanya akan menambah masalah dalam pernikahan.

Sebaiknya daripada berhutang, kamu gunakan saja dana darurat yang sudah dialokasikan sebelumnya. Atau jika tidak, kamu bisa mengubah konsep pernikahan yang lebih sederhana.

Jangan sampai kamu mengajukan pinjaman hanya untuk membayar jasa vendor pernikahan, katering dan lain sebagainya yang belum lunas.

Hindari penyajian makanan secara prasmanan

Seperti yang diketahui, resepsi pernikahan yang diselenggarakan saat pandemi Covid-19 sangat berisiko.

Maka dari itu, penting bagi kamu memperhatikan segala sesuatunya dengan baik, termasuk cara pengajian makanan.

Biasanya dalam resepsi pernikahan, makanan disajikan dalam bentuk prasmanan. Namun dalam kondisi seperti ini, kamu sebaiknya menghindari penyajian makanan dengan cara prasmanan.

Karena dengan tidak menggunakan prasmanan, kamu jadi bisa mencegah risiko penularan virus Covid-19 ke para tamu undangan melalui sendok sayur, centong nasi dan peralatan saji lainnya.

Sediakan wadah cuci tangan dan hand sanitizer

Tips terakhir yang perlu kamu lakukan dalam persiapan pernikahan, yaitu menyediakan wadah cuci tangan dan hand sanitizer.

Ini merupakan hal penting yang wajib ada di setiap resepsi pernikahan, untuk mencegah risiko penularan virus Covid-19.

Jadi, sebelum memasuki area pelaminan, para tamu undangan wajib mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

Selain itu, jika kamu ada dana lebih, persiapkan juga beberapa perlengkapan lain seperti masker, tisu basah dan kering, untuk menjaga protokol kesehatan yang diterapkan selama resepsi pernikahan berlangsung.

(Baca Juga: Ide Hadiah Pernikahan Bermanfaat)

Itulah beberapa informasi yang sudah kamu ketahui seputar ide resepsi pernikahan ketika pandemi, dan tips menggelar resepsi pernikahaan ketika pandemi yang harus dilakukan.

Semua informasi tersebut, tentunya sangat berguna bagi kamu yang sedang merencanakan maupun melakukan persiapan pernikahan.

Maka dari itu, semua informasi itu sangat penting untuk diperhatikan sebaik mungkin. Selain itu, jika kamu tertarik dengan salah satu ide resepsi pernikahan di atas, maka kamu bisa langsung mencari informasi dan vendor yang bisa merealisasikan ide tersebut.

Namun kamu perlu tahu, kalau biaya yang dibutuhkan untuk merealisasikan ide-ide itu cukup besar. Sehingga, kamu perlu mempersiapkan biayanya sedini mungkin.

Tetapi, apabila dana yang terkumpul dan dana yang sudah kamu miliki sebelumnya masih belum mencukupi, maka kamu bisa mengajukan pinjaman dana.

Dengan catatan, kamu memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap setiap bulannya, agar cicilan pinjaman bisa dibayar tepat waktu.

Apabila soal pekerjaan dan penghasilan bukan suatu kendala yang berarti, maka kamu bisa langsung melakukan pengajuan pinjaman dana secara online melalui CekAja.com.

Pasalnya, di CekAja.com proses pengajuannya sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sendiri sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman dana tunaimu sekarang juga!

Advertisement