Kerajinan Dari Tanah Liat Yang Cocok Untuk Dekorasi Rumah Kekinian

Mungkin sempat terlihat usang, namun kerajinan dari tanah liat saat ini banyak diminati untuk mendekorasi rumah agar terlihat lebih eksotis dan natural.

Banyak orang ingin membuat rumah yang dimiliki dapat mencerminkan diri mereka, dan sesuai dengan karakter mereka. Maka dari itu banyak yang mencoba untuk memberi sentuhan lain di rumahnya dengan kreatif.

Salah satunya adalah dengan menghadirkan kerajinan dari tanah liat di rumah. Ada banyak orang yang menyukai tanah liat, karena tanah liat memiliki warna orange kemerahan alami yang khas yang benar-benar membuatnya terlihat natural seperti berasal dari bumi.

Dengan begitu, barang kerajinan dari tanah liat memang terlihat sangat natural dan juga eksotis jika dipajang di sudut sudut favorit rumah.

Tanah liat juga biasa disebut terra cotta. Faktanya, kata ‘terracotta’ secara harfiah diterjemahkan menjadi ‘bumi yang dipanggang’ dalam bahasa Italia. Dan memang proses pembuatan kerajinan dari tanah liat ini melalui proses pembakaran, agar tanah liat menjadi keras dan sempurna.

Pas sekali kan! Selain digunakan dalam batu bata atau atap, tanah liat adalah media utama tidak hanya untuk pot tanaman tetapi juga untuk patung kuno seperti patung-patung Yunani kuno dan yang paling terkenal dari semuanya, Tentara Terracotta Tiongkok kuno.

Dan inilah mengapa banyak yang mencari kerajinan tanah liat untuk mendekorasi ruangan di rumah. Oleh karena itu tak ada salahnya kita memberikan rekomendasi kerajinan dari tanah liat yang pas untuk dekorasi rumah kamu.

Apa saja itu? Tetap disini ya!

(Baca Juga: Pilihan Alat Rumah Tangga Canggih dan Super Praktis )

Kerajinan Dari Tanah Liat

Kerajinan dari tanah liat memang mampu memberikan kesan tradisional. Selain itu barang-barang kerajinan dari tanah liat juga tahan lama.

Apa saja kerajinan dari tanah liat yang cocok untuk mendekor rumah kamu? Mereka antara lain:

1. Guci dan Kendi Hias

Kerajinan dari tanah liat yang paling populer adalah guci dan kendi hias. Dua barang ini selalu laris manis di borong masyarakat.

Guci memiliki bentuk dan ukuran yang beragam. Guci yang besar biasanya dipakai untuk mengisi sudut rumah yang kosong.

Selain guci juga ada kendi hias. Biasanya ini hadir dalam bentuk yang mini. Guci dan kendi hias mini bisa dipajang di lemari hias atau di meja.

Kendi yang besar juga bisa dipakai sebagai pancuran di depan rumah loh. Seperti rumah jaman dulu yang selalu menyediakan kendi pancuran air di rumah. Saat ini akan lebih estetik, apalagi di masa pandemi kita harus menjaga kebersihan sebelum masuk ke rumah.

2. Alat Makan dan Minum Antik

Kerajinan dari tanah liat selanjutnya yang bisa dipakai untuk mendekorasi rumah adalah alat makan dan minum antik. Alat makan dan minum ini bisa berupa gelas beserta piring kecilnya, mangkuk, poci atau lainnya.

Biasanya kerajinan dari tanah liat ini selain bisa menghiasi ruangan makan kita bisa juga dipakai sesuai fungsinya. Pasti akan indah sekali jika alat makan dan minum ini dipakai untuk makan dan minum.

Rasa tradisionalnya pun tidak akan hilang. Selain itu, misalnya saja jika kita menggunakan poci tanah liat untuk menyeduh teh, rasa nya akan berbeda dari seduhan teh di teko biasa yang terbuat dari plastik atau kaca. Ada rasa wangi yang lebih dan lebih tahan panas juga.

3. Roster Tanah Liat

Saat ini kerajinan dari tanah liat hadir dengan beragam bentuk. Salah satunya adalah roster tanah liat.

Roster ini adalah lubang angin yang memiliki bentuk estetik, jadi selain dimanfaatkan sebagai lubang angin, pagar pembatas, juga sekaligus dapat menghiasi rumah. Bentuknya bisa dipilih bahkan ada beberapa yang bisa membuat sesuai pesanan.

Memakai roster tanah liat di pagar rumah atau dinding bisa menambahkan kesan tradisional di rumahmu loh.

4. Lukisan Timbul

Kerajinan tanah liat tidak hanya barang-barang seperti guci atau pot. Salah satu yang unik adalah lukisan timbul.

Jika kamu penyuka lukisan tapi ingin yang berbeda pakai saja lukisan timbul dari tanah liat. Tekstur dan warnanya yang sangat khas bisa menambah nilai estetik rumah.

Ini bisa ditaruh di tempat yang seharusnya ada lukisannya atau bisa juga dibuat di pilar-pilar rumah. Kesan tradisional, natural, dan eksotik akan terpancar dari rumahmu. Pasti akan sangat keren ya!

5. Ubin Lantai

Tidak ada yang menyangka bahwa kerajinan dari tanah liat bisa menjadi ubin lantai. Ubin lantai dari tanah liat ini juga memiliki berbagai ukuran sehingga bisa membuat desain lantai rumah yang  bernuansa etnik.

Jadi, tidak melulu menggunakan keramik atau granit ya. Rumah dengan ubin tanah liat sepertinya sekarang juga mulai trend lagi.

Jika kamu memiliki nilai seni tinggi maka ubin lantai dari tanah liat bisa dibentuk sesuai keinginanmu.

6. Lampu Taman

Salah satu kerajinan dari tanah liat yang bisa menghiasi luar ruangan adalah lampu taman. Mungkin kamu bosan dengan lampu taman yang itu-itu saja.

Karena biasanya kita melihat lampu taman yang biasa, terbuat dari plastik, PVC, atau kaca dan besi. Lampu taman dari tanah liat sepertinya lebih menarik dan unik.

Lampu taman dari tanah liat ini bisa menjadi pilihan. Bentuknya juga unik sehingga saat lampu menyala akan memberi kesan redup, hangat, dan tenang.

7. Patung Dekorasi

Selanjutnya ada kerajinan dari tanah liat yang sering kita lihat yaitu patung dekorasi. Patung-patung dari tanah liat bisa kita temukan dimana saja dan itu bisa menjadi inspirasi dekorasi rumahmu.

Ada banyak pilihan untuk patung dari tanah liat seperti bentuk hewan atau tumbuhan yang simple atau bahkan bentuk yang abstrak sehingga terkesan lebih artistik. 

dan yang paling sering kita temui di Indonesia mungkin patung tanah liat berwujud suku Asmat, atau Indian.

(Baca Juga: Cara Mengolah Sampah di Negara Maju )

8. Vas Bunga dan Pot

Ini dia kerajinan dari tanah liat kesayangan ibu-ibu. Di masa pandemi ini ada banyak orang yang jadi hobi menanam tanaman.

Mulai dari tanaman hias biasa sampai yang langka. Nah ini kesempatan buat kamu untuk bisa membuat vas bunga atau pot dari kerajinan tanah liat menjadi hiasan rumahmu.

Jadi bukan sekedar untuk menanam tanaman kesayangan saja nih. Pastikan pilih yang bentuk atau motif yang unik.

Nah itulah dia beberapa kerajinan dari tanah liat yang bisa kita rekomendasikan untuk mendekorasi rumahmu. Kerajinan dari tanah liat ternyata bukan saja untuk hiasan semata loh karena ada beberapa yang bisa dimanfaatkan sesuai fungsinya seperti alat makan tadi.

Rumah memang harus menjadi tempat paling nyaman dan aman bagi keluarga yang menghuni rumah tersebut. Makanya tak heran jika kita membuat suasana rumah seindah mungkin.

Namun tetap, tingkat keindahan setiap orang berbeda satu sama lain. Jadi dalam menghias pun pastinya berbeda.

Tapi satu yang pasti, jika rumah mengalami kerusakan, kita harus cepat melakukan perbaikan. Jangan membiarkan bagian rumah rusak terlalu lama. Karena jika itu dilakukan, maka biaya perbaikan yang harus dikeluarkan pun semakin banyak.

Untuk mengatasi masalah darurat itu, jika kita tak memiliki dana darurat kita bisa memanfaatkan KTA Cekaja yang bisa didapatkan di CekAja.com.

Ada beragam pilihan KTA di CekAja.com yang bisa didapatkan dengan proses yang cepat, mudah, dan aman. Jadi tunggu apalagi, ajukan KTA Cekaja secara online yuk.