5 Dompet Virtual Terbaik di Indonesia untuk Mempermudah Transaksi Kamu!

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha pada

Seiring dengan berjalannya waktu, mungkin ada kalanya kamu akan kesulitan untuk memilih, sekiranya apakah dompet virtual terbaik di Indonesia?

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, metode pembayaran dalam melakukan transaksi kian beraneka ragam, mulai dari kartu debit, kartu kredit, hingga dompet virtual, yang memang sedang marak digunakan oleh masyarakat masa kini.

Berbeda dengan kartu debit dan kartu kredit yang pembayaran transaksi dilakukan melalui kartu, dompet virtual ini justru memungkinkan setiap penggunanya untuk melakukan pembayaran dengan hanya bermodalkan smartphone pribadi saja.

Karena caranya yang begitu mudah dan cepat inilah, masyarakat secara perlahan mulai beralih dan meninggalkan uang tunai.

(Baca Juga: Tips Mengelola Dompet Digital)

Ditambah lagi bahwa beberapa dompet virtual bahkan juga sudah bekerjasama dengan segudang merchant, yang memungkinkan para pengguna bisa mendapatkan berbagai promo dan diskon ketika melakukan transaksi.

Lebih praktis dari kartu debit, lebih hemat dari kartu kredit. Tentu saja hal ini begitu menggiurkan, bukan?

Hanya saja, seiring berjalannya waktu, berbagai jenis dompet virtual pun mulai bermunculan, yang tentunya dengan fitur keunggulannya masing-masing.

Dikarenakan hal inilah, banyak orang mulai merasa bingung untuk memilih. Nah, oleh karena itu, untuk membantu kebingungan kalian, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa dompet virtual terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan dalam melakukan transaksi. Yuk disimak bersama-sama!

Apa itu Dompet Virtual?

Sebelum kita membahas tentang dompet virtual terbaik di Indonesia, mungkin masih ada di antara kamu yang merasa asing dengan sebutan ‘Dompet Virtual’.

Bagi yang belum tahu, dompet virtual itu sendiri merupakan sebuah aplikasi elektronik yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai bentuk transaksi secara online tanpa adanya kartu maupun uang tunai.

Untuk menggunakannya, setiap pengguna hanya perlu mengunduh dompet virtual terbaik di Indonesia yang mereka inginkan dan melakukan pendaftaran.

Pada nantinya, mereka hanya tinggal membawa smartphone yang sudah terdapat aplikasi dompet virtual di dalamnya beserta saldo yang sudah terisi.

Perlu diketahui bahwa beberapa jenis dompet virtual yang ada, biasanya menyediakan metode pembayaran yang berbeda.

Ada yang melakukan pembayaran melalui mesin khusus, melalui nomor ponsel terdaftar, ada pula yang hanya tinggal melalui barcode.

Banyak yang menganggap bahwa penggunaan dompet virtual ini relatif lebih aman, karena sudah dilindungi dengan kata sandi yang hanya bisa diakses oleh penggunanya itu sendiri.

Dompet Virtual Terbaik di Indonesia

Setelah kita membahas tentang definisi dari dompet virtual, sekarang saatnya kita membahas tentang dompet virtual terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan dalam melakukan transaksi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa dompet virtual terbaik di Indonesia dan paling banyak digunakan oleh masyarakat, yaitu adalah:

1. Go-Pay

Bagi kamu pengguna setia aplikasi pemesanan transportasi online Gojek, Go-Pay tentu sudah bukan menjadi sesuatu yang asing lagi.

Sebab, Go-Pay itu sendiri memang merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh aplikasi Go-Jek dengan tujuan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan pembayaran ketika menggunakan layanan dari aplikasi Go-Jek itu sendiri, seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Food, dan masih banyak lagi.

Pada awalnya hanya dapat digunakan melalui aplikasi Go-Je saja, seiring berjalanya waktu, salah satu dompet virtual terbaik di Indonesia ini justru mulai berkembang menjadi metode pembayaran yang digunakan secara luas, tanpa perlu melalui aplikasi Go-Jek lagi.

Sebut saja seperti membeli makan di restoran, cafe, hingga berbelanja di e-commerce, seluruh transaksi pembayarannya sudah bisa dilakukan secara langsung menggunakan Go-Pay.

Salah satu keunggulan dari Go-Pay adalah, adanya berbagai promo khusus yang bisa dinikmati oleh para penggunanya.

Bahkan, dompet virtual ini juga sudah terdaftar di Bank Indonesia, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi apabila mengalami kendala yang berhubungan dengan transaksi Go-Pay di kemudian hari.

Untuk pengisian saldonya, kamu bisa menggunakan metode M-Banking, melalui ATM, atau melalui driver Go-Jek ketika tengah menggunakan salah satu layanan yang disediakan dari aplikasi Go-Jek.

2. OVO

Dompet virtual terbaik di Indonesia selanjutnya adalah OVO, yang saat ini juga seringkali disebut sebagai GrabPay, sebuah fitur untuk membayar seluruh layanan yang disediakan oleh aplikasi Grab.

Akan tetapi, berbeda dengan Go-Pay yang memang hanya bisa didapat apabila kamu memiliki aplikasi Go-Jek, OVO justru memiliki aplikasi yang berdiri sendiri.

Sehingga, ketika kamu ingin menggunakan OVO sebagai metode pembayaran, kamu tidak perlu memiliki aplikasi Grab terlebih dahulu.

Selain itu, perlu diketahui pula bahwa saat ini, OVO sudah menguasai kurang lebih sebesar 70 persen pusat perbelanjaan di Indonesia, termasuk bioskop, cafe, parkir, hingga supermarket besar lho.

Ketika kamu sudah memiliki aplikasi OVO dan ingin memiliki aplikasi Grab, maka kamu bisa menghubungkan keduanya, sehingga saldo yang ada di OVO secara otomatis juga bisa kamu kontrol melalui aplikasi Grab.

Cara melakukan pembayaran melalui OVO, kamu hanya perlu menyebutkan nomor telepon yang kamu gunakan untuk membuat akun OVO.

Setelah itu, secara otomatis notifikasi untuk konfirmasi pembayaran akan secara otomatis masuk ke aplikasi OVO kamu. Setelah itu, tinggal klik “OK” dan pembayaran selesai dengan sempurna. Mudah banget kan!

Setiap transaksi yang dilakukan melalui dompet virtual terbaik di Indonesia satu ini, maka secara langsung kamu juga akan mendapatkan OVO point, yang pada nantinya bisa gunakan untuk menikmati layanan lainnya yang ada di Grab.

3. DANA

Dompet virtual terbaik di Indonesia selanjutnya adalah DANA, dengan fitur layanannya yang terbilang cukup lengkap.

Apabila Go-Pay dan OVO sama-sama terhubung dengan aplikasi transportasi online, maka berbeda dengan DANA yang merupakan aplikasi yang berdiri sendiri.

Sehingga, ketika kamu ingin menggunakan DANA sebagai metode pembayaran, kamu wajib memiliki aplikasi DANA yang diunduh melalui Google Play atau App Store di smartphone kamu.

Selain itu, DANA ternyata juga sudah bisa terhubung dengan layanan digital lainnya lho, seperti Samsung Pay, yang mana penggunaannya sangat mudah dan cepat.

Cara pengisian saldo bisa dilakukan melalui M-Banking atau ATM. Pembayarannya pun juga hanya menggunakan kode QR saja, yang membuatnya anti ribet.

Kamu tidak perlu khawatir, karena salah satu dompet virtual terbaik di Indonesia satu ini juga sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia dan telah memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan.

4. LinkAja

Dompet virtual terbaik di Indonesia selanjutnya adalah LinkAja, yang merupakan salah satu produk dari Bank Mandiri.

Di awal perilisannya, pengisian saldo di aplikasi ini tidak dapat dilakukan melalui online, melainkan hanya melalui ATM. Sedangkan untuk pembayarannya, justru menggunakan sistem tCash, sehingga hanya pengguna Telkomsel saja yang bisa menggunakannya.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, fitur-fitur di salah satu dompet virtual terbaik di Indonesia ini sudah mulai berkembang untuk mempermudah masyarakat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan transaksi offline lho, di merchant-merchant yang bekerjasama, yaitu dengan cara scan dan tap.

Karena kemudahannya dalam bertransaksi, tak heran apabila saat ini jumlah masyarakat yang menggunakan Link Aja juga semakin bertambah.

Tak hanya digunakan untuk membayar transaksi offline saja, LinkAja juga menyediakan fasilitas bagi masyarakat yang ingin melakukan pembayaran listrik, air, asuransi, hingga transportasi.

5. JeniusPay

Dompet virtual terbaik di Indonesia yang akan kita bahas terakhir adalah JeniusPay, yang merupakan salah satu fitur terbaru dari bank Jenius BTPN.

Meskipun masih tergolong baru, penggunaannya tak kalah baik dari dompet virtual terbaik di Indonesia lainnya lho.

Telah terdaftar di OJK, JeniusPay bukan hanya bersifat sebagai dompet virtual saja, melainkan juga fungsinya yang seperti all in one.

Selain kamu bisa menerima dan mengirim uang, di Jenius juga terdapat fitur menabung, kartu kredit, pinjaman, hingga pembayaran secara otomatis.

Sehingga, apabila di bank lain pada umumnya kamu harus menuju menggunakan bank virtual account untuk melakukan pembayaran di e-commerce, maka berbeda dengan JeniusPay yang pembayaran secara otomatis sudah terdeteksi, layaknya seperti penggunaan dompet virtual lainnya.

Selama kamu memiliki saldo di rekening aktif, notifikasi pembayaran akan masuk dengan sendirinya.

Jadi, yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan konfirmasi saja. Setelah itu, saldo akan tertarik dengan sendirinya sesuai dengan jumlah transaksi yang kamu lakukan. Mudah banget kan!

Beberapa keunggulan dari Jenius yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan di bank atau dompet virtual terbaik di Indonesia lainnya, melalui jenius kamu bahkan bisa berlangganan aplikasi-aplikasi berbayar lho, seperti Netflix dan Spotify.

Dimana pada nantinya, tagihan akan masuk sendirinya ke aplikasi Jenius, dan saldo rekening aktif kamu juga akan terpotong secara otomatis.

Jadi, berlangganan Netflix dan Spotify sudah tidak harus melalui kartu kredit atau paypal lagi. Pokoknya benar-benar aplikasi all in one banget deh!

Jadi, itulah beberapa dompet virtual terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan dalam mempermudah melakukan berbagai bentuk transaksi.

Permudah Pembayaran Bersama Kartu Kredit di CekAja.com!

Nah, selain menggunakan dompet virtual, kartu kredit juga bisa dijadikan solusi untuk membuat transaksi menjadi lebih mudah dan hemat lho.

Berbeda dengan dompet virtual yang hanya cocok digunakan dalam melakukan transaksi kecil, seperti makan di restoran, berbelanja di supermarket, menonton bioskop dan lainnya, kartu kredit justru lebih sesuai digunakan untuk melakukan transaksi dalam jumlah besar, seperti membeli furniture, barang elektronik, dan barang-barang mahal lainnya, namun dengan harga yang jauh lebih hemat. Lumayan banget kan!

Jadi, sepertinya di era seperti saat ini memang perlu untuk memiliki kartu kredit dan dompet virtual sekaligus, guna mempermudah berbagai bentuk transaksi.

(Baca Juga: Pilih Dana, OVO, atau LinkAja?)

Belum punya kartu kredit? Jangan khawatir! Sebab, CekAja.com hadir untuk membantumu. Selain kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup, seluruh proses pengajuan di CekAja.com juga dilakukan sepenuhnya melalui online lho.

Jadi, kamu tidak perlu lagi repot meluangkan waktu untuk ke luar rumah, apalagi di era pandemi seperti saat ini.

Maka dari itu, yu segera ajukan kartu kredit terbaikmu hanya di CekAja.com dan nikmatilah segudang manfaatnya!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha