8 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Anjing Beserta Tips Memilihnya

Ingin coba memandikan anjing sendiri di rumah? Maka kamu mungkin perlu mengetahui tentang rekomendasi shampo terbaik untuk anjing.

Anjing itu sendiri memang merupakan salah satu hewan peliharaan yang selalu membutuhkan perawatan, terutama perihal kebersihan bulunya.

Dikarenakan hal itulah, para pemilik hewan peliharaan yang lucu dan bersahabat ini dituntut untuk selalu memiliki finansial stabil agar mampu memenuhi seluruh kebutuhan sang anjing, salah satunya adalah grooming.

Akan tetapi, biaya grooming memang terbilang cukup mahal, karena dilakukan dengan ahlinya secara langsung.

(Baca Juga: 7 Tips Memilih Anjing Peliharaan untuk Pemula)

Karenanya, tak jarang para pemilik justru berusaha untuk memandikan sang anjing sendiri di rumah dan hanya melakukan grooming sesekali saja.

Namun sebelum memandikan anjing, perlu diketahui bahwa shampo yang digunakan nyatanya berbeda dengan manusia.

Ditambah lagi bahwa sebagian besar anjing memiliki bulu yang sensitif, sehingga apabila menggunakan shampo yang tidak sesuai, maka bisa menimbulkan kerusakan pada bulu, seperti munculnya kutu dan kerontokan yang tak dapat dihindari.

Oleh karena itu, memilih shampo anjing terbaik sangat diperlukan, agar si anjing tetap memiliki bulu yang sehat dan berkilau.

Tips Memilih Shampo Anjing

Sebelum kita membahas tentang rekomendasi shampo terbaik untuk anjing, alangkah lebih baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu tentang tips memilih shampo anjing itu sendiri.

  • Pilih Jenis Shampo Sesuai dengan Kondisi Kulit Anjing

Tips pertama yang perlu diketahui adalah kecocokan antara shampo dan kondisi kulit anjing. Anjing memiliki beragam ras yang berbeda-beda, dimana masing-masing ras umumnya juga memiliki kondisi kulit yang berbeda pula.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui jenis kulit sang anjing agar tidak salah memilih shampo, yaitu dengan kamu bisa mencari informasi melalui internet, berkonsultasi dengan dokter hewan, atau bertanya langsung ke petugas pet shop terkait pemilihan shampo.

Untuk anjing yang tidak memiliki masalah kulit apapun, maka bebas menggunakan shampo apa saja, dengan tujuan utama adalah dapat membersihkan bulu dari kotoran.

Nah, sedangkan untuk anjing yang memiliki kulit yang mudah terkena iritasi, maka disarankan untuk menggunakan shampo dengan bahan dasar alami.

Untuk anjing yang memiliki kulit sensitif, maka disarankan menggunakan shampo medicated atau shampo kesehatan yang memang diperuntukan bagi anjing berkulit sensitif.

Namun, perlu diketahui pula bahwa jenis shampo ini tidak semerta-merta akan cocok ke semua anjing berkulit sensitif.

Jadi, pastikan kamu membaca review terlebih dahulu sebelum menentukan shampo terbaik untuk anjing manakah yang akan dibeli.

Kemudian untuk anjing yang memiliki penyakit kulit, maka kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan shampo antibakteri yang direkomendasikan langsung oleh dokter hewan terkait.

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati dalam menggunakan shampo ini. Hal tersebut dikarenakan, shampo jenis ini umumnya memiliki kandungan antibakteri yang tinggi, sehingga berpotensi untuk menyebabkan iritasi apabila tidak berhati-hati.

Dan yang terakhir untuk anjing tua atau takut air, kamu bisa menggunakan shampo tanpa air, yang memungkinkan kamu tidak memerlukan air di dalam proses pembersihannya.

Shampo jenis ini juga umumnya mengandung bahan alami yang aman, meskipun dijilat oleh sang anjing sekalipun.

  • Pilih Shampo Sesuai dengan Ras Anjing

Tips selanjutnya dalam memilih shampo terbaik untuk anjing adalah, pilihlah sesuai dengan ras anjing itu sendiri.

Umumnya, shampo anjing dibedakan menjadi dua jenis, yaitu untuk kulit kering dan kulit berminyak.

Seperti yang telah sedikit disinggung sebelumnya, ras anjing yang berbeda-beda juga memiliki kulit yang berbeda-beda pula.

Contohnya, anjing kecil yang lebih sering berada di dalam ruangan ber-AC umumnya memiliki kulit yang mudah kering.

Dengan demikian, shampo yang mengandung pelembap bisa dijadikan sebagai pilihan. Tak hanya itu, ada pula jenis anjing yang memiliki kulit cenderung berminyak dan mudah lengket, sehingga lebih mudah pula mengalami masalah kulit.

  • Pilih Shampo dengan Kemasan Besar

Nah, tips terakhir yang bisa kamu terapkan dalam memilih shampo terbaik untuk anjing adalah, pilihlah shampo dengan kemasan besar, dengan tujuan agar lebih tahan lama dalam hal penggunaannya.

Umumnya, shampo berkemasan kecil justru menjadi lebih cepat habis dan boros. Padahal, kamu mungkin memilih untuk memandikan anjing sendiri di rumah guna meminimalisir pengeluaran grooming mereka.

Namun jika kamu mengurangi grooming dan lebih sering membeli shampo anjing, tentu perbedaan biayanya tidak akan terlalu jauh.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan membeli shampo terbaik untuk anjing dengan kemasan yang lebih besar.

Ditambah lagi bahwa anjing tidak memerlukan mandi setiap hari layaknya manusia, sehingga kamu bisa lebih menekan pengeluaran.

Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Anjing

Setelah membahas tentang tips memilih shampo untuk anjing, barulah sekarang kita membahas tentang beberapa rekomendasi shampo terbaik untuk anjing yang bisa kamu jadikan pilihan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa pilihan shampo terbaik untuk anjing, yaitu adalah:

1. Lello Conditioning Shampoo

Rekomendasi shampo terbaik untuk anjing yang pertama adalah Lello Conditioning Shampoo, yang merupakan produksi brand dari Amerika.

Diklaim mampu menghasilkan busa yang melimpah membuat kamu tak perlu berkali-kali membasahi sang anjing ketika menggunakan shampo ini, yang secara tidak langsung membuat penggunaan menjadi lebih hemat.

Ditambah lagi, shampo ini juga mengeluarkan kemasan besarnya lho, jadi kamu bisa membelinya sekaligus untuk stok di rumah.

Tak hanya itu, salah satu shampo terbaik untuk anjing ini juga memiliki aroma menyegarkan dan tahan lama, yang membuat anjing tak hanya bersih melainkan juga wangi seharian!

Terdapat empat varian yang bisa kamu coba, yaitu San Francisco (pink), Alabama (biru), Mami (orange), dan Washington (hijau).

Dengan kapasitas 1 liter, kamu bisa mendapatkan shampo ini dengan harga Rp97.000. Namun, perlu diketahui bahwa Lello Conditioning Shampoo hanya diperuntukan bagi anjing yang memiliki kulit normal.

2. Hartz UltraGuard Flea & Tick Shampoo

Rekomendasi shampo terbaik untuk anjing selanjutnya adalah Hartz UltraGuard Flea & Tick Shampoo, yang diperuntukan bagi anjing yang sering mengalami gatal-gatal akibat kutu membandel.

Shampo ini memiliki kandungan phenothrin, pyriproxyfen, serta bahan-bahan lainnya yang dijamin ampuh dalam membasmi kutu beserta telur-telurnya.

Tak hanya itu, produk keluaran dari Hartz ini juga mengandung ekstrak lidah buaya lho, sehingga mampu membuat kulit anjing menjadi lebih lembap dan menyuburkan bulu-bulu yang rontok.

Shampo terbaik untuk anjing satu ini bisa kamu dapatkan melalui e-commerce favorit dengan harga mulai dari Rp190 ribu.

3. Hero Pet Brands Vet’s Best No-Rinse Clean Waterless Dog Shampoo

Sesuai dengan namanya, salah satu shampo terbaik untuk anjing ini diperuntukan bagi anjing tua atau anjing yang takut air.

Hal tersebut dikarenakan, kamu tak memerlukan air untuk menggunakan shampo tersebut. Berbentuk seperti busa foam, kamu bahkan bisa langsung mengusapkannya ke bulu anjing lho.

Bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan kurang memiliki waktu untuk memandikan anjing kesayangan, shampo ini bisa dijadikan sebagai pilihan, untuk tetap membuat bulu anjing bersih dan terawat.

Diperuntukan bagi anjing yang memiliki kulit kering, kamu bisa mendapatkannya di beberapa e-commerce favorit dengan harga mulai dari Rp150.000 untuk ukuran 147 ml.

4. Raid All Miconazole Shampoo

Selain kutu, jamur juga merupakan salah satu jenis penyakit yang paling sering menyerang anjing, dimana umumnya disebabkan oleh metode perawatan yang salah atau kondisi bulu yang kurang bersih.

Tak hanya itu, jamur juga bisa tumbuh yang diakibatkan oleh perubahan musim. Apabila tidak segera diatasi, tentu saja jamur ini bisa membuat anjing merasa tidak nyaman, karena rasa gatal yang tak tertahankan.

Bahkan di beberapa kasus, jamur juga bisa membuat kulit anjing menjadi terluka. Oleh karena itu, jika anjing kamu memiliki masalah ini, Raid All Miconazole Shampoo bisa dijadikan pilihan.

Sebab, shampo terbaik untuk anjing satu ini memang dirancang khusus untuk mengatasi masalah pada anjing yang diakibatkan oleh fungus (jamur).

Produk keluaran brand Raid All ini memiliki kandungan miconazole nitrat, salicylic acid, dan sulfur sebagai bahan utamanya yang tak hanya dapat membunuh jamur, melainkan juga anti bakteri, sheborrhea, uv screen, serta anti iritasi yang aman bagi kulit anjing.

5. Pipapet Medicated Shampoo

Rekomendasi shampo terbaik untuk anjing selanjutnya berasal dari brand Pipapet, yang mengeluarkan medicated shampoo untuk anjing berkulit sensitif.

Shampo ini diklaim mampu mengobati berbagai permasalahan pada kulit anjing lho, seperti scabies, hotspot, dermatitis, jamur, demodicosis, ketombe, hingga gatal-gatal.

Nah, salah satu keunggulan dari Pipapet Medicated Shampoo adalah, kandungannya yang ringan membuat shampo ini juga aman digunakan untuk anak anjing dari usia 2 bulan.

Dengan kapasitas 300 ml, kamu bisa mendapatkan shampo terbaik untuk anjing satu ini dengan harga mulai dari Rp130.000.

6. Bioline Dry Clean Shampoo

Shampo terbaik untuk anjing selanjutnya adalah Bioline Dry Clean Shampoo yang sesuai dengan namanya, tak membutuhkan air perihal penggunaannya.

Bioline itu sendiri merupakan salah satu produk dengan teknologi Jerman yang dibuat menggunakan alat dan bahan yang aman bagi kulit anjing.

Bahkan, produk ini diklaim mampu menghilangkan bau sekaligus membersihkan lapisan bulu anjing tanpa harus membilasnya dengan air lho.

Sangat cocok bagi kamu yang memiliki aktivitas sibuk namun tetap bisa menjaga kebersihan bulu anjing kesayangan.

Selain itu, Bioline Dry Clean Shampoo juga mengandung formula khusus yang dapat menetralisir bau tak sedang sekaligus menghasilkan “mantel” bulu yang indah dan terawat.

7. Crown Royale Biovite Soothing Oats & Aloe Shampoo

Shampo terbaik untuk anjing selanjutnya adalah produk keluaran dari Crown Royale, yang diperuntukan bagi anjing yang memiliki kulit sensitif.

Sesuai dengan namanya, shampo ini memiliki kandungan oatmeal dan aloe vera yang dapat membantu menenangkan peradangan kulit serta menjaga kesehatan kulit anjing yang kering.

Jika kamu rutin memandikan anjing menggunakan shampo ini, maka dapat dipastikan kulit anjing yang bersisik bisa lebih cepat teratasi.

Ditambah lagi, Crown Royale Biovite Soothing Oats & Aloe Shampoo juga mengandung panthenol B5 dan vitamin E yang menyehatkan kulit serta baik untuk merangsang pertumbuhan bulu baru.

8. Spectrum Brands FURminator White Coat Ultra Premium Shampoo

Nah, shampo terbaik untuk anjing yang akan kita bahas terakhir adalah produk keluaran dari brand FURminator.

Shampo ini mengandung bahan alami dan vitamin yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan bulu dan kulit anjing.

Tak hanya itu, Spectrum Brands FURminator White Coat Ultra Premium Shampoo juga tidak mengandung paraben dan pewarna buatan yang berbahaya lho, sehingga sangat aman digunakan, bahkan untuk anjing yang masih berusia 6 minggu.

Jadi, itulah beberapa shampo terbaik untuk anjing yang bisa kamu jadikan pilihan untuk anjing kesayangan.

(Baca Juga: 3 Perusahaan Asuransi untuk Hewan Peliharaan)

Agar membeli perlengkapan untuk anjing kesayangan menjadi lebih hemat, jangan lupa menjadikan kartu kredit sebagai salah satu metode pembayarannya.

Sebab, saat ini sudah banyak jenis-jenis kartu kredit yang menawarkan berbagai promo dan diskon menarik yang bisa menekan pengeluaran belanja kamu.

Belum memiliki kartu kredit? Segera ajukan saja di CekAja.com! Selain kamu dapat melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup, seluruh proses pengajuan juga sangat cepat dan mudah lho.

Yuk, segera lengkapi seluruh kebutuhan anjing peliharaan di rumah bersama kartu kredit dari CekAja.com!