Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Ini Daftar Makanan Penurun Kolesterol, Cek Yuk!

by Achmad Fauzi on 22 Juni, 2018

Saat momen Idulfitri kemarin banyak makanan istimewa yang disajikan. Mulai dari opor ayam, semur daging, atau rendang. Rasanya tidak lengkap jika merayakan Idulfitri tanpa menyantap makanan-makanan tersebut. Namun, hati-hati kolesterol naik usai Lebaran!

pola makan setelah Lebaran _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Karena itu, jangan berlebihan mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Makanan berbahan dasar santan dan minyak akan memicu naiknya kolesterol. Hal ini tidak baik untuk kesehatan Anda. Jika kolesterol Anda naik, maka bisa merembet ke masalah lain, misalnya akan terkena sakit jantung.

Anda tidak mau seperti itu bukan? Maka dari itu, Anda perlu mengontrol pola makan dengan baik. Misalnya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan kolesterol, sehingga Anda terbebas dari kolesterol tinggi. Seperti dikutip dari Harvard Health Publishing, berikut makanan yang bisa menurunkan kolesterol Anda.

Oat

Selain sebagai peredam rasa lapar di pagi hari, oat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Karena oat mempunyai kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat menyerap kolesterol.

Dengan manfaat itu, mulailah dari sekarang untuk sarapan dengan oat. Sehingga, Anda terbebas dari kolesterol jahat dan bisa semakin semangat bekerja. (Baca juga: INFOGRAFIS: 5 Cara Sehatkan Keuangan Usai Lebaran)

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga mempunyai khasiat untuk menurunkan kolesterol jahat. Kacang juga sangat kaya dengan kandungan serat larut, sehingga cepat menyerap kolesterol dalam tubuh Anda. Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan dapat menurunkan berat badan Anda.

Sangat banyak khasiatnya bukan? Anda bisa mengonsumsi jenis kacang-kacangan diantaranya kacang merah, kacang polong, kacang tanah, kacang almond, dan lain-lainnya. Jika Anda mengkonsumsi kacang-kacangan dengan berat 2 ons sehari maka akan menurunkan kadar kolestrol jahat sebesar 5 persen.

Makanan yang mengandung sterol dan stanol

Stanol dan sterol adalah senyawa kimia yang ada dalam membran sel tanaman tertentu. Manfaatnya pun sama dapat menurunkan kolesterol. Sterol dan stanol dapat ditemukan pada sayuran, minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, sereal dan kacang-kacangan. Selain itu setrol dan stanol juga terkandung di dalam margarin, granola bar, jus jeruk dan cokelat.

Dengan mengkonsumsi sterol dan stanol setiap hari, Anda bisa menurunkan kadar kolestrol jahat mulai dari 6 persen-15 persen. Maka dari itu, mulailah  untuk lebih rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung sterol dan stanol.

Ikan

Ikan juga termasuk makanan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, terutama ikan salmon dan tuna. Kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan dapat menyerap secara perlahan kolesterol jahat.

Ikan juga banyak mengandung vitamin, sehingga akan menyehatkan tubuh Anda jika mengkonsumsinya. Tidak hanya itu, kandungan Omega-3 pada ikan tersebut dapat mencegah jantung berdegub abnormal.

Teh

Banyak manfaat yang Anda rasakan jika meminum teh setiap hari. Bukan hanya untuk mencegah kanker, teh juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Kandungan antioksidan dalam teh ternyata yang melawan kolesterol di dalam tubuh Anda. Dari sebuah penelitian dari USDA, jika Anda mengkonsumsi selama tiga minggu maka kadar kolesterol dalam darah bisa turun hingga 10 persen.  (Baca juga: Bosan Jadi Karyawan? Cek Daftar Ide Bisnis Usai Lebaran!)

Nah, jangan lupa untuk memberikan perlindungan kesehatan terbaik. CekAja.com membantu Anda menemukan asuransi kesehatan pilihan dari lembaga keuangan terpercaya.

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.