Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Jangan Anggap Remeh, Ini 6 Kegunaan Uang Receh yang Tidak Diketahui

by Miftahul Khoer on 5 Maret, 2020

Bagi sebagian orang, uang koin kurang dipandang sebelah mata, malah justru disepelekan begitu saja. Padahal, ada banyak kegunaan uang receh yang mampu membantu pengelolaan keuangan kamu sehari-hari. Seseorang baru akan merasa butuh apabila, ia sudah kelimpungan dengan keuangan bulanan yang mulai menipis.

Seluk-Beluk Bisnis Menjual Koin Kuno, Beneran Untung?

Uang recehan ini tak bisa dianggap sepele. Berapapun besar uang kamu di dalamnya tanpa uang seratus rupiah jumlah tersebut tetap kurang.

Jika kamu pergi ke ATM untuk mengambil uang, dan kebetulan saldo kamu kurang Rp500, uang kamu tak akan bisa ditarik dari ATM.

Atau jika kamu berbelanja ke supermarket dan uang kamu kurang seratus rupiah, kamu tidak akan bisa membawa belanjaan kamu sebelum membayar harga telah dibandrol.

Jika sampai tercecer atau hilang sekalipun, hal tersebut seringkali tidak terlalu menjadi masalah karena uang receh dianggap bernilai kecil tetapi ternyata memiliki manfaat yang tidak bisa dianggap remeh.

Selain bisa dipakai untuk memberi pengamen, ternyata uang receh bisa membantu pengelolaan keuangan sehari-hari kalau kita tahu cara memanfaatkannya. Mau tahu manfaat apa saja yang bisa didapat, berikut ulasannya:

(Baca juga: Cara Pinjam Uang Lewat UangTeman dan Serba-serbinya)

1. Bisa belajar sejarah

Dengan memiliki corak dan ragam gambar ukiran yang berbeda, uang koin yang bentuknya bulat ini tentu sangat menarik bagi anak-anak.

Uang koin ini tak hanya bisa digunakan untuk belanja atau sebagai alat tukar saja, uang koin juga memiliki nilai sejarah yang bisa dijadikan bahan pelajaran bagi siapapun.

Dari uang koin, kamu bisa belajar sejarah uang Indonesia, mulai dari tahun pembuatannya hingga nilai-nilai artistik yang terdapat di dalam setiap ukiran timbul setiap uang koin.

Biasanya di dalam uang koin tersebut terdapat gambar ukiran yang diambil dari kebudayaan, tokoh nasional serta flora dan fauna yang ada di Indonesia. Sungguh menarik bukan?

2. Cara untuk memulai menabung

Sekumpulan koin ini jika kamu amati memiliki nilai keindahan tersendiri. Apalagi jika koinmu itu disimpan di dalam wadah transparan seperti di dalam botol atau toples.

Kamu bisa melihat jumlah koin yang semakin bertambah dari hari ke hari. Hal tersebut juga memacu kamu untuk terus menambah jumlah dari recehan-recehan itu.

Tanpa disadari, apa yang kamu lakukan itu adalah sebagai kegiatan awal dalam menabung.

Jika koin kamu penuh di dalam satu toples, kamu akan memiliki kebanggan bahkan rasa bahagia pada saat melihat koin-koin tersebut.

Dari situ kamu juga akan lebih terpacu untuk bisa mengumpulkan uang koin di dalam toples yang lainnya. Jika kamu penasaran, coba saja mulai dari sekarang, dan akan tahu bagaimana rasanya.

3. Jadi cadangan sebelum gaji

Berburu koin di akhir bulan. Bagi sebagian kamu yang pernah kuliah, mungkin hal ini sudah sering dialami.

Seiring dengan menipisnya uang bekal dan tanggal gajian masih jauh. Kamu akan mulai berburu koin di laci-laci kamar, di bawah kasur, hingga pinggiran-pinggiran jendela kosan.

Uang koin kerap membantu dan jadi penolong saat akhir bulan. Nah, tidak hanya menimpa mahasiswa saja, sebenarnya hal tersebut juga sering dialami oleh pasangan yang berumah tangga.

Pokoknya, jangan sekali kali kamu sepelekan uang recehan. Simpanlah recehan recehan yang berceceran atau sisa belanjaan kamu itu di wadah khusus agar mudah untuk dicari jika sewaktu-waktu kamu kepepet.

4. Simpanan untuk membeli perabotan kecil

Tak ada yang sia-sia, jika kamu jeli dan bisa rutin melakukannya. Begitu pula dengan uang receh atau koin, bila kamu rajin mengumpulkannya.

Lama kelamaan hasil kerja keras kamu akan menampakkan hasilnya dan bisa menunjang berbagai kebutuhan.

Salah satunya bisa untuk belanja perabotan kecil di rumah kamu. Jadi mulai sekarang, stop menyepelekan uang receh.

Kamu tidak bisa memprediksi barang-barang atau perabotan kamu sampai kapan bisa bertahan dan digunakan.

Untuk itu, kamu bisa mulai untuk menyimpan uang recehan kamu sebagai dana simpanan apabila sewaktu-waktu ada perabot-perabot kecil di rumah yang rusak dan perlu diganti. Misalkan bohlam lampu, tempat sampah, kipas angin, gelas, piring.

5. Menghemat pengeluaran

Sebagian orang masih menganggap uang receh itu tidak berguna, namun jangan salah lo, uang recehan ini juga bisa membantu kamu untuk menghemat pengeluaran.

Jika kamu berbelanja ke pasar tradisional atau ke toko kelontongan gak ada salahnya untuk menggunakan uang receh kamu.

Karena toko kelontongan biasanya sangat membutuhkan uang koin untuk kembalian. Selain itu, uang receh juga bisa menjaga uang pecahan besar yang kamu miliki tidak terbagi menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil.

Karena biasanya kalau sudah menjadi pecahan ribuan, uang tersebut tak terasa akan lebih cepat dibelanjakan.

(Baca juga: Cara Menghemat Uang Jajan Ala Mahasiswa Rantau)

6. Untuk Jajan anak

Tak bisa dipungkiri, uang receh koin ini juga punya manfaat dalam keseharian kita.

Salah satunya bisa untuk jajan anak. Biasanya anak kecil di usia balita tidak akan menghabiskan jajanan nya sampai puluhan ribu.

Sebelum kita mengeluarkan uang pecahan Rp50 ribu-an atau Rp100 ribu-an, tak ada salahnya menggunakan uang receh tersebut untuk jajan anak kamu.

Selain bisa menghemat pengeluaran kamu, uang receh mempermudah belanja jajanan dan memberi pelajaran untuk anak kamu agar bisa lebih menghargai uang.

Itulah 6 manfaat yang jarang diketahui orang tentang uang receh atau koin yang bisa menunjang pengelolaan keuangan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan bisa lebih menghargai uang!

Dengan semakin baiknya pengelolaan uang, semakin besar juga kesempatan kamu untuk bisa memulai bisnis dengan mandiri. Dana yang sudah terkumpul bisa menjadi tambahan modal kamu.

Masih kurang? Jangan ragu akses CekAja.com dan temukan produk keuangan yang cocok dengan kebutuhanmu. 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.