Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Jangan Dulu Berhenti Kerja Sebelum Baca Artikel Ini

by Ariesta on 18 Januari, 2016

berhenti kerja _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Apakah kamu sedang bingung haruskah keluar pekerjaan sekarang atau nanti? Apakah kamu sudah benar-benar memikirkan konsekuensi jika berhenti kerja?

Kemampuan dasar yang harus dipikirkan para pencari kerja dan pengangguran adalah bagaimana harus bertahan hidup, yakni saat kamu tidak lagi menerima gaji dari perusahaan. Kamu mungkin punya alasan yang kuat untuk berhenti kerja. Tapi apakah kamu keluar di saat yang tepat dengan jumlah tabungan memadai? Sudahkah kamu memikirkan konsekuensi finansial jika keluar dari pekerjaan?

Jangan dulu berhenti bekerja jika kamu belum benar-benar siap. Berikut hal-hal yang perlu kamu pikirkan dua sampai tiga kali sebelum mengajukan surat permohonan diri.

Apakah kamu yakin langsung mendapat pekerjaan baru?

Sebaiknya tunda dulu niatmu untuk keluar sampai mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, gaji lebih tinggi, dan jenjang karier lebih menjanjikan. Mencari pekerjaan di saat kamu berstatus pengangguran tidak semudah yang kamu pikirkan.

Sama halnya dengan menikah, butuh kesabaran untuk menemukan pekerjaan terbaik. Kecuali kalau kamu mengalami penindasan, pelecehan seksual, dan merasa sangat tertekan, tunda dulu surat pengunduran dirimu sampai kamu mendapatkan yang baru. Jangan pula keluar saat kamu masih dalam proses wawancara.

Sebuah penelitian di Filipina mengungkap, kalau kamu sudah menganggur selama delapan bulan, kesempatan untuk diundang wawancara menurup sebesar 45% dibandingkan orang yang baru beberapa bulan menganggur.

(Baca juga: Kamu Berhak Bungkam Jika Mendapat Pertanyaan Ini dalam Wawancara Kerja)

Seberapa banyak simpananmu?

Siapkah kamu menghadapi kondisi tanpa pemasukan? Dan yang terpenting, berapa banyak simpanan yang bersifat cair (uang tunai, bukan deposit atau investasi) yang bisa diambil kapan saja di bank dalam situasi emergensi?

Ahli finansial merekomendasikan agar kamu mempunyai dana cadangan yang mencakup 6 kali sampai 12 kali gaji. Jangan sampai kamu mengambil pekerjaan baru yang tidak kamu sukai atau membayarmu lebih rendah hanya karena sudah kehabisan uang.

cekaja-daftar-kartu-kredit

Siapkah kamu meninggalkan semua kenyamanan dan fasilitas perusahaan saat ini?

Keluar dari pekerjaan bukan hanya meninggalkan gaji yang biasa kamu terima, melainkan juga kompensasi dan benefit. Ini termasuk ongkos transportasi (jika ada), uang makan, pulsa, akses internet, jaringan, keanggotaan gym, asuransi kesehatan, diskon tiket pesawat, kebiasaan makan enak di event perusahaan, dan lain-lain.

Sekilas benefit tersebut mungkin tidak seberapa. Tapi jika dijumlahkan mungkin hampir setara dengan gajimu perbulan. Hal ini juga berlaku di saat kamu tidak berniat melamar pekerjaan baru tetapi membangun bisnis sendiri.

Apakah kamu berhenti di saat yang tepat?

Jangan keluar sebelum menerima bonus lebaran, bonus natal, atau bonus tahun baru. Kalau kamu sudah berkeluarga, baiknya jangan keluar saat tahun ajaran baru anak-anak sekolah dimulai. Jika memungkinkan, berhentilah di saat off season sehingga jika tidak langsung mendapatkan pekerjaan baru, pengeluaran kamu tidak terlalu banyak. (Baca juga: Hal Terlarang yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Berhenti Kerja)

Tentang Penulis