Jangan Khawatir, Ini Asuransi PHK dan Asuransi Kredit PHK

7 min. membaca Oleh CekAja on

Sejak pandemi Covid-19 menyambangi Indonesia, banyak industri terpuruk karena adanya anjuran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Mau tak mau perusahaan harus mengurangi jam kerja karyawan, sehingga berdampak pada sedikitnya produksi yang bisa dihasilkan. Menurunnya daya beli masyarakat juga membuat para pengusaha semakin tertekan. Akibatnya gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) tak dapat dihindari.

Jangan Khawatir, Ini Asuransi PHK dan Asuransi Kredit PHK

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, memperkirakan tingkat pengangguran terbuka (TPT) akan semakin bertambah akibat pandemi virus corona atau Covid-19 hingga mencapai 5,23 juta jiwa. PHK bukan hanya menjadi momok bagi bekerja yang terancam kehilangan pendapatan bulanan, namun juga bagi para pengusaha.

(Baca juga: Punya Bisnis Konstruksi? Ini Daftar Penyedia Asuransi untuk Alat Berat)

Sebab para pemilik usaha juga punya kewajiban membayar pesangon para karyawan yang tentunya tidak kecil. Pada masa pandemi seperti sekarang perusahaan bisa kehilangan segalanya jika harus memberi pesangon untuk seluruh karyawan. Disinilah pentingnya keberadaan asuransi PHK bagi pemilik perusahaan.

Mengenai Asuransi PHK & Asuransi Kredit PHK

Asuransi PHK adalah asuransi yang memberikan perlindungan dari resiko akibat kecelakaan dan kepailitan yang dapat menyebabkan terjadinya PHK. Klaim hanya bisa diberikan ketika perusahaan dinyatakan pailit oleh putusan Pengadilan yang berkekuatan hukum tetap sesuai dengan UU Tenaga Kerja No. 13 tahun 2003.

Asuransi PHK dapat melindungi pemilik usaha dari kewajiban pembayaran uang pesangon ketika PHK terjadi. Biasanya uang pertanggungan yang diberikan bisa mencapai 36x gaji untuk setiap karyawan yang di PHK. Setiap karyawan yang sudah mencapai usia kerja 1 tahun berhak mendapatkan pertanggungan ini.

Sementara, asuransi kredit PHK adalah asuransi yang memberikan perlindungan dan menjamin tertanggung selaku penerima kredit/debitur apabila mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Sehingga tidak dapat melanjutkan kewajibannya kepada Bank atau Pemberi kredit (kreditur), maka terhadap resiko-resiko tersebut perusahaan Asuransi sebagai penanggung berkewajiban melunasi pinjaman atau kewajiban tertanggung.

Kesimpulannya asuransi PHK berusaha melindungi pemilik usaha dari kerugian akibat adanya kerugian perusahaan yang mengakibatkan PHK dan kewajiban membayar pesangon.

Semetara asuransi kredit PHK berusaha melindungi keryawan yang terkena dampak PHK, dengan melunasi segala kewajiban pembayaran atau tunggakan pinjaman pada bank untuk setiap tertanggung.

Manfaat Asuransi PHK

Asuransi PHK lebih terasa manfaatnya bagi pemilik usaha karena menanggung resiko kerugian yang kemungkinan menimpa pengusaha. Beberapa manfaat asuransi PHK antara lain:

  • Adanya Pesangon Tepat Waktu

Asuransi PHK menjamin ketersediaan dana untuk menjamin pesangon para karyawan yang terkena PHK. Namun biasanya ada batas maksimum dana yang bisa diberikan.

Mungkin jumlahnya tidak bisa menutupi semua kebutuhan pesangon karyawan, namun setidaknya dapat mengurangi beban pengusaha. Sehingga perusahaan tidak perlu menyediakan dana 100%. Pesangon pun dapat diberikan tepat waktu sesuai perjanjian.

  • Memberikan Hasil Investasi

Karena asuransi PHK biasanya untuk jangka panjang, maka perusahaan asuransi bakal memberikan hasil investasi atas dana yang mereka putar. Besar keuntungan bergantung pada kondisi pasar.

Karena investasi di putar ke instrumen keuangan rata-rata return yang bisa diberikan mencapai 20% pertahun, dengan catatan kondisi pasar saham dalam keadaan baik.

  • Tambahan Asuransi Kematian

Satu lagi nilai plus dari asuransi PHK adalah adanya tambahan manfaat lain seperti asuransi kesehatan dan kematian. Sehingga perusahaan tidak perlu memikirkan soal santunan kematian jika salah satu karyawannya meninggal dunia. Sebab itu menjadi tanggungan perusahaan asuransi. Besar santunan biasanya dihitung berdasarkan lamanya masa kerja tertanggung.

  • Memberikan Rasa aman Karyawan

Sering karyawan mengadakan demonstrasi menuntut kepastian masa depan mereka ketika harus terpaksa di PHK. Salah satu pembahasan yang sering diajukan adalah perihal pesangon.

Nah dengan adanya asuransi PHK pengusaha dapat menginfokan kepada para karyawan bahwa dana pesangon mereka tetap aman, sehingga karyawan bisa tetap fokus bekerja memajukan perusahaan.

  • Menjamin Kecelakaan Kerja Karyawan

Beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi PHK juga menambahkan perlindungan kecelakaan kerja sebagai bagian dari polis asuransi. Sehingga jika pekerja mengalami kecelakaan saat bekerja, biaya perawatan hingga santunan menjadi tanggungan pihak asuransi.

Manfaat Asuransi Kredit PHK

Tadi kita sudah bahas mengenai manfaat asuransi PHK yang memang lebih konsen melindungi pengusaha dari resiko pemberian pesangon. Nah kali ini kita akan membahas manfaat dari asuransi kredit PHK yang konsen ditujukan bagi pekerja atau karyawan. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam program Asuransi kredit ada 3 jenis pertanggungan yang dijamin yaitu:

  • Pembayaran sisa pinjaman tanpa tunggakan dan bunga Pembayaran sisa pinjaman ditambah tunggakan dan bunga maks 3 bulan Pembayaran sebesar pinjaman awal (full limit)
  • Debitur yang dapat dijamin adalah yang berusia 20 – 64 tahun dengan maksimal usia pada saat kredit lunas adalah 65 tahun dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dengan rumusan:

x + n = 65.

x = usia

n = masa Asuransi/masa pinjaman

Setiap perusahaan wajib mempelajari dengan baik proposal penawaran yang diajukan oleh agen/broker terutama atas risiko yang dijamin dan tidak dijamin, persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, cara pembayaran premi, kewajiban tertanggung dalam hal terjadi kerugian atau kerusakan.

Memastikan kesehatan keuangan dari perusahaan Asuransi yang akan menjamin resiko. Menanyakan kartu keagenan dari agen yang menawarkan jika melalui agen.

Mengisi Surat Permohonan Penutupan Asuransi dengan data yang sebenar-benarnya secara lengkap dan ditandatangani oleh calon tertanggung sendiri. Data yang diminta biasanya terkait dengan:

Usia Jumlah pinjaman Masa/lama pinjaman Kondisi Fisik dan kesehatan Kebiasaan hidup Lingkungan tempat tinggal Lingkungan tempat kerja Biasanya terdapat 3 ketentuan yang dipersyaratkan sebelum jaminan diberikan yaitu:

  • Free Cover; dimana penanggung dapat menerima calon tertanggung secara otomatis dengan catatan kondisi tertanggung sedang dalam keadaan sehat dan atau tidak dirawat karena menderita suatu penyakit tertentu.
  • Non Medical; dimana calon tertanggung wajib mengisi lembaran Surat Keterangan Kesehatan Tertanggung terlebih dahulu saat mengajukan permintaan Asuransi, dan apabila dalam SKKT kondisi kesehatan kurang baik atau pernah sakit maka persyaratan berikutnya adalah Medical
  • Medical; dimana calon tertanggung wajib mengisi SKKT/Surat Pernyataan Debitur melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, penerimaan pertanggungan ditentukan berdasarkan hasil pemeriksaan.

Pilihan Asuransi PHK Terbaik

Jika kebetulan Anda memiliki usaha dengan karyawan yang tidak sedikit, keberadaan asuransi PHK ini tentunya sangat dibutuhkan. Selain menjamin ketersediaan pesangon juga mengurangi beban ketika terjadi musibah yang menimpa karyawan. Berikut ini adalah 3 pilih asuransi PHK terbaik di Indonesia.

1. Simas Proteksi PHK

Asuransi Sinar Mas memberikan perlindungan atas risiko-risiko akibat kecelakaan dan kepailitan yang dapat menyebabkan terjadinya PHK.

Jenis pertanggungan yang diberikan :

  • Risiko A

Meninggal dunia akibat kecelakaan.

  • Risiko B

Cacat tetap total akibat kecelakaan dengan maksimum jumlah uang pertanggungan 100% dari risiko A. Risiko cacat tetap total yang di jamin adalah : kebutaan kedua belah mata, kehilangan daya ingat total atau kelumpuhan total selama-lamanya.

  • Risiko D

Biaya perawatan / pengobatan dokter akibat kecelakaan dengan maksimum jumlah uang pertanggungan sebesar 10% dari risiko A.

  • Risiko Sepeda Motor

Menjamin risiko sepeda motor apabila kecelakaan yang terjadi pada saat Tertanggung mengendarai sepeda motor atau sebai penumpang sepeda motor di lokasi pertanggungan.

  • Santunan yang diberikan kepada Tertanggung yang mengalami PHK karena cacat tetap total akibat kecelakaan
  • Santunan PHK karena kepailitan

Memberikan jaminan resiko PHK yang disebabkan karena kepailitan. Yang dimaksud kepailitan adalah perusahaan yang dinyatakan pailit oleh putusan Pengadilan yang berkekuatan hukum tetap sesuai dengan UU Tenaga Kerja No. 13 tahun 2003.

Catatan : Nilai pertanggungan maksimum untuk :

  • Risiko A & B adalah Rp. 250.000.000,- atau 36 kali gaji per bulan, mana yang lebih rendah. Risiko D adalah 10% dari nilai pertanggungan risiko A.
  • Santunan PHK karena risiko B adalah 10% dari nilai pertanggungan risiko B.
  • Santunan PHK karena perusahaan pailit adalah sebesar Rp. 1.500.000,- dibayarkan selama (3) tiga tahun, masing-masing sebesar Rp. 500.000,- tiap bulan.
  • Usia masuk peserta adalah 18 sampai dengan 60 tahun.
  • Peserta adalah karyawan tetap perusahaan/ institusi / koperasi dengan minimum masa kerja (1) satu tahun.

2. Asuransi PHK Tugu Mandiri

TM Severance Program dari PT. Asuransi Jiwa Tugu Mandiri dirancang khusus agar perusahaan selalu siap dalam pendanaan. Dalam memenuhi kewajiban untuk membayar pesangon karyawan ketika terjadi pemutusan hubungan kerja minimal sesuai Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 atau peraturan perusahaan yang berlaku. Selain untuk pembayaran pesangon, TM Severance Program juga dapat diterapkan bagi kepentingan pemberian penghargaan lainnya kepada karyawan.

Manfaat:

  • Tersedianya dana atau pesangon dengan tepat waktu
  • Manfaat asuransi meninggal
  • Memberikan hasil investasi yang optimal
  • Menambah motivasi kerja bagi karyawan karena adanya kepastian dana

Keistimewaan:

  • Tersedia manfaat tambahan berupa produk asuransi kesehatan yaitu : Personal Accident, Hospital Cash Plan dan Critical Illness
  • Flexibel dalam Pembayaran Premi (triwulan, semesteran, tahunan)
  • Tersedia premi top-up
  • Tidak dikenakan biaya penebusan
  • Tersedia dalam mata uang Rupiah
  • Dapat disesuaikan dengan berbagai kepentingan Perusahaan bagi karyawannya
  • Konsultasi Valuasi Tahunan dilakukan oleh aktuaris profesional untuk mengetahui kepastian kewajiban perusahaan dimasa datang
  • Laporan perkembangan dana secara teratur dan dapat diakses secara on-line
  • Dikelola oleh komite investasi gabungan (tim investasi)

Investasi Dana:

Pengelolaan investasi PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri bekerja sama dengan perusahaan manajer investasi (investment management) terkemuka yang memiliki akses secara langsung kepada sumber daya investasi di seluruh dunia. Dana tersebut diadministrasikan secara khusus melalui Custodian Bank terkemuka.

Apabila terjadi hasil investasi yang lebih besar dari dana program dapat digunakan untuk :

  • Menurunkan premi (iuran) tahun-tahun berikutnya
  • Memberikan keleluasaan perusahaan dalam menentukan kenaikan gaji karyawan atau untuk kepentingan kesejahteraan pekerja lainnya

Pembiayaan:

  • Biaya Asuransi Jiwa
  • Dibayarkan secara bulanan, sesuai uang pertanggungan (UP) dan usia peserta
  • Biaya Administrasi
  • Dibayarkan secara bulanan
  • Biaya Pengelolaan Dana
  • Dibayarkan secara bulanan

Pastikan Beli di Broker Terpercaya

Anda bisa mendapatkan produk asuransi PHK dan asuransi kredit PHK melalui agen asuransi yang bersertifikat. Broker Asuransi terutama untuk resiko yang komplit Langsung menghubungi perusahaan. Asuransi yang menjamin resiko tersebut baik melalui call center, internet atau mendatangi langsung.

Sebelum membeli polis sebagai pemilik perusahaan Anda juga wajib memperhatikan detail surat penawaran dari perusahaan dan memastikan agen yang bersertifikat SPPA.

Memastikan data-data dalam SPPA telah sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Bacalah kontrak/polis secara seksama dan jangan ragu untuk bertanya ke agen/perusahaan jika terdapat keraguan atas kondisi polis. Siapkan asuransi PHK agar pesangon karyawan terjamin nyata. Urusan finansial, serahkan pada ahlinya, Cekaja.com memiliki ragam jenis pilihan kebutuhan finansial anda, tak usah ragu karena Cekaja sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang kami

CekAja

CekAja