Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Jawab Pertanyaan Ini Jika Tidak Ingin Jatuh Miskin di Tahun 2018

by Rafly Aditia on 27 November, 2016

resolusi kaya 2018 - CekAja

Tak terasa sebentar lagi kita memasuki akhir tahun 2017. Kamu pun perlu mengintrospeksi dan mengevaluasi diri agar resolusi finansial 2018 dapat dijalani dengan lebih baik, lancar, dan tanpa hambatan.

Tentu setiap orang ingin memiliki kondisi finansial yang lebih baik di tahun 2018 nanti, tetapi kamu juga perlu melihat bagaimana kondisimu saat ini dan bagaimana persiapanmu dalam mengarungi tahun 2018. Untuk kamu yang ingin kaya raya dan tidak mau jatuh miskin, maka jawab beberapa pertanyaan berikut ini:

Sudahkah kamu punya penghasilan tetap?

Pertanyaan ini harus kamu jawab, apabila kamu memiliki penghasilan tetap yang cukup entah itu dari pekerjaan atau bisnis yang dijalankan maka dirimu siap menghadapi tahun 2018.

Sementara kalau belum punya penghasilan tetap dan masih saja menganggur, berarti potensi mengalami kesulitan finansial di tahun 2018 nanti cukup besar. Oleh karena itu segera cari pekerjaan atau mulai bisnis dari sekarang.

(Baca juga: Trik Kelola Gaji Jadi Investasi)

Apakah kamu punya daftar pengeluaran bulanan?

Orang yang sukses dan kaya secara finansial baisanya memiliki catatan keuangan yang baik. Untuk itu apabila kamu tidak ingin jatuh miskin karena hobi belanjamu yang bisa mematikan isi atm, mulailah untuk membuat daftar pengeluaran bulanan. Maksudnya agar gaji tidak cepat habis di awal bulan.

Selalu bingung saat ada keperluan mendadak?

Kalau kamu masih sering kelabakan saat ada keperluan mendadak, maka kamu perlu berpikir kembali apa yang salah dalam hidupmu selama ini. Yup, kamu masih belum punya investasi dan dana darurat. Padahal kedua hal tersebut sangatlah penting demi menjalani hidup yang tentram secara finansial.

Sering telat bayar tagihan?

Kalau kamu masih suka telat saat bayar tagihan atau cicilan kartu kredit, segera perbaiki kondisi keuanganmu. Jangan terlalu sering belanja barang-barang yang tidak dibutuhkan, tahan nafsu belanja yang kerap kali menggila. Gunakan kartu kredit dengan bijak dan cari penghasilan tambahan di luar gajimu sebagai pegawai kantoran saat ini.

Gaji yang dimiliki kerap habis seminggu sebelum gajian?

Apabila gaji yang kamu dapatkan habis sebelum tanggal gajian selanjutnya, segera introspeksi diri. Mungkin dirimu terlalu boros dan sering buang-buang uang untuk hal tidak penting atau bisa juga pekerjaan saat ini memang tidak memberikan gaji yang cukup. Untuk itu kamu perlu menahan biaya konsumsi bulananmu atau mencari pekerjaan lain dengan gaji yang lebih baik.

(Baca juga: Mau Beli Mobil? Ini 5 Mobil Terlaris Tahun 2016 di Indonesia)

Apakah kamu panik saat jatuh sakit?

Jika dirimu selalu panik saat jatuh sakit karena harus mengeluarkan banyak uang, itu berarti kamu berpotensi jatuh miskin di tahun 2018 nanti. Siapa yang bisa menggaransi bahwa kamu tidak akan terkena penyakit serius di tahun depan nanti? Oleh karena itu, sebaiknya kamu berlangganan asuransi kesehatan guna menanggung segala risiko dan kerugian yang menghampiri.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami