8 Jenis Alpukat Paling Populer Bercita Rasa Manis yang Wajib Dicoba

Sebagai salah satu buah favorit masyarakat, alpukat ternyata memiliki jenis yang beragam, loh! Mulai dari jenis alpukat paling populer seperti alpukat mentega, hingga jenis alpukat lainnya yang biasa saja.

Semua jenis alpukat tersebut, tentunya memiliki cita rasa sendiri yang lezat dan sangat khas. Contohnya alpukat mentega, ia dikenal karena daging buahnya yang sangat lembut.

Namun selain alpukat mentega, masih ada banyak lagi jenis alpukat lainnya yang harus kamu ketahui.

Terutama jenis alpukat paling populer, yang pada kesempatan kali ini akan CekAja.com ulas secara lengkap, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Kandungan Nutrisi Alpukat

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jenis alpukat paling populer, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu kandungan nutrisi alpukat secara umum.

Yang mana, kandungan nutrisi yang terdapat dalam alpukat banyak sekali, di antaranya yaitu:

  • Besi
  • Folat
  • Fosfor
  • Kalium
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Lemak sehat
  • Magnesium
  • Mangan
  • Protein
  • Serat
  • Tembaga
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B5
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Zink.

(Baca Juga: Cara Cepat Mematangkan Alpukat)

8 Jenis Alpukat Paling Populer

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui kandungan nutrisi alpukat, maka ini saat yang tepat untuk kamu mengetahui jenis alpukat paling populer, yang bisa dijadikan pilihan.

Beberapa jenis alpukat ini disebut populer, karena banyak diburu masyarakat. Tentunya, hal tersebut karena cita rasa yang dimiliki setiap alpukat sangat unik.

Belum lagi teksturnya yang lembut dan legit, membuat beberapa jenis alpukat paling populer ini, dicari-cari masyarakat.

Nah, daripada penasaran apa saja jenis alpukat paling populer tersebut, yuk langsung saja simak ulasan lengkap CekAja.com berikut ini.

1. Alpukat mentega

Jenis alpukat paling populer yang pertama, yaitu alpukat mentega. Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu alpukat mentega? Dikenal karena memiliki daging yang tebal, padat, kenyal dan tidak berair, alpukat ini menjadi salah satu buruan masyarakat.

Buat kamu yang belum tahu, julukan ‘mentega’ tersebut diberikan untuk buah ini, karena memiliki daging buah yang berwarna kuning cerah, layaknya mentega.

Jika tertarik dengan buah yang satu ini, sebelum membelinya pastikan terlebih dahulu, kalau ia sudah memiliki tingkat kematangan yang pas.

Bagaimana cara mengetahuinya? Sangat mudah. Kamu hanya perlu melihat dari warna dan permukaan kulitnya.

Apabila alpukat mentega memiliki warna kecokelatan, dan terasa empuk saat ditekan, maka bisa dipastikan kalau alpukat tersebut sudah memiliki tingkat kematangan yang pas, dan bisa langsung dikonsumsi.

2. Alpukat hass

Selain alpukat mentega, jenis alpukat paling populer yang berikutnya, yaitu alpukat hass. Bisa dibilang, ini merupakan jenis alpukat yang sangat unik.

Bagaimana tidak, pasalnya alpukat yang satu ini memiliki bentuk cenderung bulat dan besar, serta warna kulit cokelat kehitaman, dengan tekstur bergerigi dan kasar.

Untuk daging buahnya sendiri, buah alpukat ini memiliki daging yang cukup tebal dan padat. Apalagi lagi cita rasa yang dimiliki buah ini sangat manis, namun gurih dan nikmat untuk dikonsumsi.

3. Alpukat miki

Di urutan ketiga ada alpukat miki, yang masuk ke dalam jenis alpukat paling populer versi CekAja.com.

Buah yang tumbuh subur di dataran rendah ini, memiliki ukuran yang kecil. Meski begitu, namun buah ini sudah bisa dipanen sejak usia 3 – 4 tahun.

Satu hal yang menarik dari alpukat dengan kulit tebal ini, yaitu ia dapat berbuah sepanjang tahun. Itu artinya, kamu bisa mengonsumsi buah ini kapan saja, tanpa harus menunggu musimnya.

Alpukat miki pun, memiliki bobot berkisar 300 – 600 gram per buahnya, dengan daging buah yang sangat padat dan cukup manis, cocok untuk dijadikan konsumsi sehari-hari.

4. Alpukat aligator

Hayo, siapa di antara kamu yang pernah mendengar, atau bahkan mencoba buah alpukat yang satu ini? Jika belum, yuk berkenalan!

Alpukat aligator merupakan salah satu jenis alpukat paling populer, yang memiliki bentuk bulat lonjong dan membesar di bagian ujungnya, layaknya buah pir.

Dengan ukuran yang cukup besar, yaitu sekitar 70 – 80 cm per buahnya, alpukat ini tentu memiliki daging yang sangat tebal, lembut, tanpa serat, dan bercita rasa manis yang sangat legit.

Jika ingin mengonsumsinya, agar semakin lezat kamu bisa mengolahnya menjadi beberapa varian menu, mulai dari alpukat kocok, jus alpukat, kue cubit alpukat dan lain sebagainya.

5. Alpukat wina

Jenis alpukat paling populer yang selanjutnya, yaitu alpukat wina. Ini merupakan salah satu alpukat unggulan, yang memiliki bobot sekitar 1,3 – 1,8 kg per buahnya.

Apabila kamu belum pernah melihat dan mencobanya, alpukat ini memiliki daging buah yang jauh lebih tebal dibandingkan bijinya.

Apalagi teksturnya yang lembut dan cita rasa manis legit ini, membuat alpukat ini sangat sedap, meskipun disantap begitu saja.

6. Alpukat pluwang

Di urutan keenam ada alpukat pluwang, yang juga masuk ke dalam daftar jenis alpukat paling populer versi CekAja.com.

Bagaimana tidak populer, alpukat ini memiliki bobot per buahnya sangat besar, bahkan bisa dibilang jumbo yaitu sekitar 600 -800 gram, dan ada yang mencapai hingga 2 kg per buahnya.

Untuk cita rasanya sendiri, buah alpukat satu ini bisa dibilang sangat unik, karena tidak manis legit seperti pada umumnya.

Melainkan, buah alpukat ini cenderung memiliki rasa yang gurih dibandingkan manisnya. Sehingga, buat kamu yang tidak terlalu suka manis, buah alpukat jenis ini cocok untuk dikonsumsi.

7. Alpukat kendil

Alpukat kendil merupakan jenis alpukat paling populer, yang memiliki bentuk sangat unik. Tepatnya yaitu menggembung di bagian bawah, dengan ukuran yang cukup besar.

Penyebab buah alpukat ini populer, yaitu karena daging buahnya yang sangat tebal dan bijinya yang kecil.

Sementara untuk rasanya sendiri, buah alpukat ini memiliki cita rasa manis dan gurih, yang bisa dirasakan meski hanya dalam satu kali suapan.

Apabila kamu ingin mengonsumsinya begitu saja, jangan khawatir akan merasakan pahit getir.

Sebab, rasa manis, gurih dan legit buah ini, mampu membuatmu ketagihan untuk mengonsumsinya.

8. Alpukat tanpa biji

Jenis alpukat paling populer yang terakhir, yaitu alpukat tanpa biji. Sesuai dengan namanya, buah yang satu ini tidak memiliki biji satu pun di dalamnya.

Hal itulah yang menjadi keunikan, serta daya tarik dari buah alpukat ini. Sehingga, tidak heran bukan apabila alpukat tanpa biji sangat populer di masyarakat?

Belum lagi dagingnya yang tebal, serta cita rasanya yang sangat lezat, mampu memikat lidah para penikmatnya.

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Setelah di pembahasan sebelumnya, kamu sudah mengetahui apa saja jenis alpukat paling populer, maka kini kamu akan mengetahui apa saja manfaat alpukat untuk kesehatan.

Karena secara umum, manfaat alpukat ada sangat banyak, beberapa di antaranya yaitu:

  • Melancarkan pencernaan
  • Menurunkan risiko kanker
  • Mengurangi risiko depresi
  • Menyehatkan jantung
  • Mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula akibat usia
  • Mencegah osteoporosis
  • Menguatkan tulang
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Melindungi otak dan mengurangi risiko Alzheimer
  • Menurunkan risiko penyakit kronis
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil)

Itulah beberapa informasi seputar jenis alpukat paling populer, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, kamu juga sudah mengetahui sejumlah kandungan nutrisi, serta manfaat yang diberikan buah satu ini.

Jika kamu tertarik untuk mencoba beberapa jenis buah alpukat, dan mendapatkan manfaatnya secara optimal, maka kamu bisa menemukan dan membeli semua jenis alpukat tersebut di supermarket, maupun ecommerce yang menjual berbagai jenis buah.

Agar kegiatan belanja lebih praktis dan hemat, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang juga ingin menikmati promo tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan segudang promo menariknya!